Cari Artikel di Blog Ini

Kamis, 06 Oktober 2016

Puluhan Pesawat Tempur TNI Akan Bombardir Pulau Natuna

Sebanyak 73 pesawat dikerahkan dalam latihan tempur di Kepulauan Natuna. Latihan tempur terbesar Ankasa Yudha 2016 itu mengerahkan berbagai jenis pesawat, mulai dari pesawat tempur, intai, angkut, dan helikopter dari berbagai jenis.

Puluhan Pesawat Tempur TNI Akan Bombardir Pulau Natuna

Beberapa di antaranya, pesawat tempur F-16 Fighting Falcon, SU 27/30 Sukhoi, pesawat tanpa awak (drone), Hawk-100/200, Golden Eagle T-50i. EMB-314 Super Tucano, helikopter SA-330 Puma, NAS-332, pesawat terbang tanpa awak (PTTA), C-295, C-130 Hercules, C-212, maupun pesawat Boeing VIP/VVIP juga dilibatkan dalam latihan tempur tersebut.

"Iya (latihan) yang terbesar dari yang sebelum-sebelumnya," ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya, Kamis (6/10/2016).


Pangkoopsau I Marsda TNI Yuyu Sutisna menambahkan, dalam latihan ini pesawat-pesawat tersebut melakukan pertempuran udara, dan operasi serangan udara strategis (Osus). Pesawat juga melakukan operasi lawan udara ofensif (Oluo), serangan udara langsung (Sul), bantuan tembakan udara (Btu), penerjunan logistik cargo dropping system (Cds), maupun heli box.

Latihan juga melibatkan unsur pasukan baret jingga Paskhasau dalam penerjunan pengendali tempur. Dia menambahkan, pasukan elite TNI AU ini melakukan operasi perebutan dan pengendalian pangkalan udara (OP3U) melaksanakan pertahanan udara titik dengan menggunakan meriam Oerlikon dan rudal QW-3, serta SAR Tempur. (Baca: Perkuat Pertahanan, TNI Siap Tempatkan Pesawat Tempur di Biak)

Latihan puncak ini disaksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna, dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi. Ikut menyaksikan juga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. (SindoNews)

2 komentar:

  1. seharus nya Tni Au..hrs memiliki minimal 2 skwadron Su 27 su 30, dan 2 skwadoron Su 35, dan untuk kedepanya bisa langsung ke fakpak krn itu pesawat heavy fighter, krn F16 kt hanya pespur fighter ringan wlpun sdh di updrade..untuk latih tanding F16 dan Su 27 sj mumgkin msh superior sukhoi27 ...krn klw kt mengandalkan IFX mungkin terwujud msh bgtu lama..jgn dilupakan rudal nasional kt hrs bisa membuat dgn ranch 100 km, 300 km 500 km krn itu untk daya gempur...tanpa itu kt tdk disegani lawan.. lihat korut dgn rudal nya AS berpiki klw mau menyerang korut, wlpun korut tdk mempunyai pespur yg secanggih korsel..tp rudal balistic nya , membuat negara lain ketar ketir..

    BalasHapus
  2. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    BalasHapus

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters