Banyaknya kendaraan taktis desain anak bangsa,
ternyata mempunyai klasifikasi yang berbeda maupun kegunaannya. Sampai
saat ini TNI mengunakan beberapa tipe kendaraan taktis import dari
luar. Setelah merasakan pahitnya embargo alutsista berserta suku
cadangnya dari negeri barat yang terlalu menghubungkan HAM daripada
keamanan negara terhadap alutsista
TNI, maka Dephan mengedepankan produk nasional yang mandiri untuk
keperluan
pertahanannya. Selain membuat bangsa menjadi mandiri, banyak ilmu yang
didapat dari perkembangan alutsista dan sangat berguna untuk kedepannya.
Untuk
Militer dibutuhkan kendaraan dengan kemampuan 4-Wheels Drive (4WD atau 4
x 4) yaitu kendaraan taktis yang memiliki tenaga penggerak pada keempat
rodanya, dengan tujuan mampu digunakan dalam segala kondisi jalan. Cara
kerja dari kendaraan 4 x 4 adalah mesin dihubungkan dengan differensial
tengah (transfer case) yang membagi tenaga ke roda belakang dan roda
depan. Karena pada saat menggunakan penggerak 4 roda, penggunaan energi
lebih tinggi. Biasanya penggerak 4 roda hanya digunakan pada saat
dibutuhkan saja, dengan mengaktifkan melalui tombol atau tuas tertentu.
Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Minulyo Suprapto mengatakan, kendaraan taktis yang dimiliki oleh TNI saat ini belum standar, yakni terdiri dari beberapa produk seperti CJ-7 (USA), Beijing BJ2020 (China), Isuzu Oz (Jepang), KIA KM-420 (Korea), Landrover (Inggris), UAZ (Rusia) dan Overland (Inggris) buatan tahun 1979 -1981. Konsekuensi dari keanekaragaman tersebut berdampak pengoperasionalan dan pemeliharaan termasuk suku cadang sehingga berpengaruh terhadap biaya pemeliharaan satuan.
Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Minulyo Suprapto mengatakan, kendaraan taktis yang dimiliki oleh TNI saat ini belum standar, yakni terdiri dari beberapa produk seperti CJ-7 (USA), Beijing BJ2020 (China), Isuzu Oz (Jepang), KIA KM-420 (Korea), Landrover (Inggris), UAZ (Rusia) dan Overland (Inggris) buatan tahun 1979 -1981. Konsekuensi dari keanekaragaman tersebut berdampak pengoperasionalan dan pemeliharaan termasuk suku cadang sehingga berpengaruh terhadap biaya pemeliharaan satuan.
Kendaraan
Taktis Militer meskipun bentuknya hampir sama namun klasifikasinya
berbeda. Klasisikasi yang berbeda ini akan menentukan penggunannya. Dari
prototipe kendaraan yang telah dibuat tersebut tidak ada yang satu
kelas.
Berikut klasifikasi menurut kelas (mungkin kelas-nya kurang tepat, karena kurang informasi yang resmi mengenai kendaraan tersebut) beserta kendaraannya :
Berikut klasifikasi menurut kelas (mungkin kelas-nya kurang tepat, karena kurang informasi yang resmi mengenai kendaraan tersebut) beserta kendaraannya :
Kelas 1/4 ton :
Jip KIA KM 420 Marinir
KIA KM 420 Marinir (foto formil kaskus) |
Menurut Jane's Magazine di tahun 2003, Indonesia mengimpor 140 unit jip KIA KM 420 untuk keperluan militer. Kendaraan ini termasuk kelas 1/4 ton.
Spesifikasi KIA KM 420 :
⚜ Panjang : 4,000 mm
⚜ Lebar : 1,745 mm
⚜ Tinggi : 1,915 mm
⚜ Berat Kosong : 1,570 kg
⚜ Mesin : FE DOHC 2.0, Turbo Charger Intercooler 1998 cc, 4 silinder
⚜ Kecepatan Maksimum : 130 km/jam
⚜ Kecepatan Maksimum : 130 km/jam
⚜ Transmisi : Synchromesh, dengan 5 kecepatan
⚜ Kapasitas Tangki : 53 Liter, Gasoline
⚜ Kapasitas : 2 + 4
⚜ Kapasitas : 2 + 4
Kelas 1/2 ton :
P2 Komando
P2 Komando (foto SSE) |
P2 Komando adalah kendaraan taktis khusus untuk komando, dibuat atas permintaan TNI atas kebutuhan kendaraan yang layak dan lincah untuk digunakan untuk menjalani tugas pengamanan.
Desain kendaraan P2 ini bentuknya mengambil desain rantis VBL produksi negara Perancis maupun yang dibuat Turki rantis Otokar Cobra, berbentuk monocoque body. Selain P2 Komando, PT SSE merilis juga versi APC maupun untuk Polisi. Dan Kepolisian Sri Langka pun memesan beberapa unit versi APC dengan turret cupola.
DMV 30 A Dirgantara Indonesia
DMV 30 A (foto elangguntur) |
Purwarupa rantis DMV-30A ini menyerupai rantis SSE lainnya, P2 V1. Tak lain karena Global Design Centre (GDC) ikut andil pada proses pembuatan rantis SSE tersebut di Tanggerang. Kontrak kerjasama berakhir pada Agustus 2007, Berdasarkan pengalaman tersebut, Pihak GDC mengembangkan rantis DMV-30A ini lebih sempurna, baik desain maupun engineering.
Bila
dilihat desain DMV-30A terlihat minimalis dengan perpaduan panjang
berbentuk persegi dan tajam. Untuk sementara PT-DI baru mendesain DMV buat
kapasitas 4 personil versi komando, kedepan akan dibuatkan versi
panjang buat angkut pasukan (APC). Dari kedua tipe ini pula nantinya
bisa di desain untuk jenis ambulance, scout, Commob (Comuncation
mobile). Selain memenuhi kebutuhan Korpaskhasau, PT DI siap menerima
pesanan dari kesatuan TNI lainnya.(baca DMV 30)
Spesifikasi DMV-30A :
⚜ Panjang : 4,009 mm
⚜ Lebar : 1,900 mm
⚜ Tinggi : 1,781 mm
⚜ Berat Kosong : 3,300 kg
⚜ Mesin : Turbo Diesel Injection, 2,500 cc
⚜ Transmisi : Manual Operastion, 4 speed
⚜ Kapasitas Tangki : 140 Liter
RPP Bengpuspal TNI-AD
RPP Bengpuspal TNI AD (foto kaskuser) |
Dalam rangka menuju kemandirian dalam
pengadaan RPP buatan Indonesia, serta pengembangan Sumber Daya Manusia
dalam Rancang Bangun Peralatan Ranpur TNI, dalam wadah organisasi di
bawah naungan Dephan dan Universitas Indonesia melaui Bengkel Pusat Peralatan Direktorat Peralatan TNI-AD (Bengpuspal AD) di Bandung, menciptakan prototipe RPP (Ranpur Pengangkut Personel).
RPP dengan chasis dan axle dari Land Rover
serta body armoured steel yang merupakan hasil kerjasama antara
Balitbang Dephan, Fakultas Teknik UI mendesain bersama dan urusan pengerjaannya diserahkan ke Bengpuspal TNI-AD dan selesai dikerjakan pada tahun 2003.
Ini
adalah ranpur ketiga yang telah diproduksi Bengpuspal AD, yang pertama
pada tahun 1982 meluncur ranpur Ahmad Yani yang telah mendapat predikat
"Battle Proven" karena telah beroperasi di Tim-tim, dan yang kedua
adalah ranpur Nanggala yang juga dikirim ke medan operasi di Aceh
menghadapi separatis.
Ranpur
asal hasil karya Karacondong, Bandung ini telah diuji lapangan untuk
mengejar kemampuan jelajah dinamis dan dirancang berdasarkan permintaan
TNI akan kendaraan tempur yang taktis buat mengakut pasukan ke medan
operasi.
Karena tidak adanya respon lanjut dari TNI, maka prototipe rantis ini seperti hilang infomasi lanjutnya.
Spesifikasi RPP Bengpuspal AD :
⚜ Awak : 10 pasukan
⚜ Panjang : 4.715 mm
⚜ Lebar : 2.045 mm
⚜ Tinggi : 2.390 mm
⚜ Berat kotor : 4.000 kg
⚜ Berat kosong : 3.000 kg
⚜ Kapasitas Tangki : 90 Liter
⚜ Kecepatan : 80 km/jam
⚜ Jarak jelajah : lebih 400 km
⚜ Mesin : Isuzu 4JB IT Diesel Turbo Charge, 4 silinder
Beijing BJ2020 (Komodo)
Beijing BJ2020 4x4 (Foto PT Alam Indomesin Utama) |
Kendaraan
taktis buatan China ini digunakan TNI dan diberi nama Komodo. Tidak ada
infomasi yang jelas keberadaannya hanya beberapa foto dari Alam
Indomesin Utama yang terindentifikasi nomor militer TNI AD. Melihat
bentuk dari rantis ini sepertinya payload kendaraan ini dibawah 1 ton.
Komodo ini basisnya adalah mobil Beijing BJ2020, yang telah mengalami retrofit oleh PT Alam Indomesin Utama.
Spesifikasi Umum Beijing 4x4 :
⚜ Make : Beijing
⚜ Model : BJ2020 Kuangcao
⚜ Year : 1998
⚜ Engine : 2444 ccm (148,38 cubic inches)
⚜ Engine type : in-line, 4-cyl
⚜ Maximum power : 84.00 PS (61,69 kW or 82,59 HP) at 3800 Rev. per min.
⚜ Maximum torque : 173.00 Nm (17,51 kgf-m or 126,96 ft.lbs) at 2200 Rev. per min.
⚜ Fuel type : Gasoline
⚜ Transmission type : Manual, 4-speed
⚜ Power per weight : 0.0542 PS/kg
⚜ Drivetrain : 4WD
⚜ Passenger space : 4020 litres (1056,69 gallons)
⚜ Weight : 1550 kg (3400,11 pounds)
⚜ Total length : 3870 mm (151,64 inches)
⚜ Total width : 1760 mm (68,95 inches)
⚜ Total height : 1880 mm (73,63 inches)
⚜ Wheelbase : 2310 mm (90,45 inches)
⚜ Make : Beijing
⚜ Model : BJ2020 Kuangcao
⚜ Year : 1998
⚜ Engine : 2444 ccm (148,38 cubic inches)
⚜ Engine type : in-line, 4-cyl
⚜ Maximum power : 84.00 PS (61,69 kW or 82,59 HP) at 3800 Rev. per min.
⚜ Maximum torque : 173.00 Nm (17,51 kgf-m or 126,96 ft.lbs) at 2200 Rev. per min.
⚜ Fuel type : Gasoline
⚜ Transmission type : Manual, 4-speed
⚜ Power per weight : 0.0542 PS/kg
⚜ Drivetrain : 4WD
⚜ Passenger space : 4020 litres (1056,69 gallons)
⚜ Weight : 1550 kg (3400,11 pounds)
⚜ Total length : 3870 mm (151,64 inches)
⚜ Total width : 1760 mm (68,95 inches)
⚜ Total height : 1880 mm (73,63 inches)
⚜ Wheelbase : 2310 mm (90,45 inches)
Kelas 3/4 ton :
PT 44 Gudel
PT 44 Gudel (Foto Sharsono) |
Nama PT 44 sendiri merupakan singkatan dari Pacific Tecnology 4x4 Gudel (Kerbau) dirancang AIPO - Pacific Technology.
Semua pengembangannya Gudel dilakukan oleh PT Indoraya Automotive Design yang difokuskan pada kebutuhan TNI, tidak untuk market luar negeri.
GVW
PT44 Gudel itu bisa sampai 8 Ton, artinya kendaraan ini bisa jadi muatannya diatas kendaraan HUMVEE tapi seimbang
dengan kendaraan Jackal APC. Idenya adalah untuk merubahnya menjadi fully
protected vehicle bila diperlukan tanpa merubah chasisnya lagi.
Kendaraan
Militer PT 44 Gudel ini punya kemampuan tangguh dan garang. Bisa untuk
angkut pasukan, ambulance, sebagai platform peluncur roket, penarik
meriam, maupun serang ringan dengan machine gun. Dalam suatu diskusi di forum militer, PT Gudel ini payload standarnya mencapai 1,5 ton. Tapi waktu
ditenderkan beberapa waktu lalu kendaraan yang berbasis Hino ini ikut
dalam kelas 3/4 ton bersama Pindad Rantis 4x4 dan Jeep J-8.(baca PT 44 Gudel)
Komodo Pindad 4x4
Komodo 4x4 (foto dhephrest) |
Kendaraan ini merupakan jawaban atas permintaan Presiden RI Sby untuk menciptakan kendaraan taktis kelas dunia. Tantangan berupa konsep kendaraan taktis kelas dunia ini ternyata sedang dipersiapkan oleh Pindad dan rampung dalam dua bulan kemudian. Kendaraan itu diharapkan bisa dipergunakan tentara semua angkatan dan juga bisa dipakai di negara lain (eksport). Diharapkan Rantis lokal ini bisa sejajar dengan Hummer produksi Amerika Serikat (AS).
3/4 Ton Pindad
(foto angkasareader) |
Kendaraan militer ini dirancang sesuai kebutuhan serta kegiatan taktis lapangan. Rantis tersebut mampu mengangkut personil sebanyak 10 orang karena memiliki double cabin untuk empat personel termasuk pengemudi dan bak belakang yang mampu dinaiki enam personil dengan perlengkapan perorangan.
Rantis 3/4 Ton Pindad ini juga dapat dikembangkan sebagai kendaraan ambulance, kendaraan unit komunikasi dan kendaraan yang dipersenjatai SLT/SMB/Peluncur rudal.
RPP-M Pindad
RPP-M Pindad |
Kendaraan ini merupakan penyempurnaan dari rantis APR1 oleh Pindad, rencananya kendaraan ini akan dijadikan basis untuk wahana mobile anti aircraft missile dari Mistral.
Penyempurnaan dan uji coba lanjutan telah dilaksanakan oleh Pindad, sampai kini kendaraan ini masih belum digunakan oleh TNI.
Tidak banyak informasi mengenai rantis ini. Rantis ini diberi nama RPP-M yang berarti kendaraan tempur pasukan militer.
Spesifikasi RPP-M :
⚜ Panjang : 4,520 mm
⚜ Lebar : 1,740 mm
⚜ Tinggi : 1,920 mm
⚜ Berat Kosong : 3,200 kg
⚜ Berat Tempur : 3.900 kg
Kelas 1,5 ton :
Rantis/Garda 4x4
Rantis Garda 4x4 (foto AIU) |
Kendaraan
Taktis (Rantis) 4 x 4 yang dikenal dengan 4-Wheels Drive (4WD atau 4 x
4) yaitu kendaraan taktis yang memiliki tenaga penggerak pada keempat
rodanya. Fungsinya adalah untuk mendapatkan traksi yang memadai dalam
segala kondisi jalan.
Penyerahan prototipe Rantis hasil
Working Group
TNI kepada Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono. Pertama keluar
kendaraan ini bernama Garda 4x4, kemudian berubah menjadi Rantis 4x4.
Kendaraan tersebut dapat digunakan di medan yang berat seperti tanjakan terjal, jalan licin ataupun jalan yang berlumpur. Selain dari personel TNI juga disertakan mitra industri untuk mendukung kegiatan pengerjaan teknis yakni PT AUTOCAR, PT Pindad, PT Yudistira, PT Petrodrill, PT Gajah Tunggal, PT Krakatau Steel, PT Pilar Mas Kursindo, PT Indo Pulley Perkasa dan PT Alam Indomesin Utama. “Untuk tampilan Rantis 4 x 4 tetap mengacu pada filosofi Hummvee USA, karena terbukti cukup tangguh, stabil dan flexible,” kata Kolonel Kav Rihananto.
Kendaraan tersebut dapat digunakan di medan yang berat seperti tanjakan terjal, jalan licin ataupun jalan yang berlumpur. Selain dari personel TNI juga disertakan mitra industri untuk mendukung kegiatan pengerjaan teknis yakni PT AUTOCAR, PT Pindad, PT Yudistira, PT Petrodrill, PT Gajah Tunggal, PT Krakatau Steel, PT Pilar Mas Kursindo, PT Indo Pulley Perkasa dan PT Alam Indomesin Utama. “Untuk tampilan Rantis 4 x 4 tetap mengacu pada filosofi Hummvee USA, karena terbukti cukup tangguh, stabil dan flexible,” kata Kolonel Kav Rihananto.
Prototipe rantis yang di
gelar selama Rapim TNI tahun 2012 adalah merupakan hasil kerja dari
Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI, yang tergabung dalam Working
Group 1, dan rencananya akan dilanjutkan dalam Working Group 2 dengan
melibatkan beberapa konsorsium.
Adapun Rantis yang akan dibuat adalah tipe komando dan tipe angkutan personel dengan spesifikasi berat kendaraan 2.500 kg, berat muatan 250 – 1.500 kg, panjang 480 – 540 cm, lebar 200 cm, tinggi 183 cm, jarak bebas dasar 39 cm, lintas kedalaman air 78 cm, Vmaks di jalan raya 120 km/jam, mesin diesel 4200 cc – 6000 cc Turbo Charger Intercooler, sistem kemudi power steering, sistem rem hydraulik dengan cakram depan dan belakang + Anti Blocking System (ABS), Transmisi Automatic, suspensi independen Suspension Modul Portal, daya jelajah 500 km, sistem komunikasi VHF, HF dan Intercom Set.(Baca Rantis 4x4)
Adapun Rantis yang akan dibuat adalah tipe komando dan tipe angkutan personel dengan spesifikasi berat kendaraan 2.500 kg, berat muatan 250 – 1.500 kg, panjang 480 – 540 cm, lebar 200 cm, tinggi 183 cm, jarak bebas dasar 39 cm, lintas kedalaman air 78 cm, Vmaks di jalan raya 120 km/jam, mesin diesel 4200 cc – 6000 cc Turbo Charger Intercooler, sistem kemudi power steering, sistem rem hydraulik dengan cakram depan dan belakang + Anti Blocking System (ABS), Transmisi Automatic, suspensi independen Suspension Modul Portal, daya jelajah 500 km, sistem komunikasi VHF, HF dan Intercom Set.(Baca Rantis 4x4)
Kelas 2,5 ton :
P1 Pakci
P1 Pakci Kopassus |
Rantis
PAKCI yang diproduksi PT SSE, Tanggerang ini mengusung mesin turbo diesel V6 Toyota
Land Cruiser kapasitas 4.200 cc. Lapisan baja setebal enam milimeter
yang membalut bodi, membuat bobotnya yang monocoque membengkak
jadi empat ton. Walau cukup berat, PAKCI terlihat oke ketika beraksi
dalam demo pembebasan sandera di Lanud Halim Perdanakusuma (4/10/04).
Hanya tarikan pertama, sedikit ketinggalan dibanding defender, "Karena
sistemnya matik," kata pengemudi dari Sat 81.
Sistem penggerak sengaja dibuat 4x4 jika sewaktu-waktu harus menghadapi
medan berat. Karena khusus di desain untuk perang kota, rantis PAKCI
memiliki kemampuan manuver lincah. Kapasitas tanki bahan bakar mencapai
80 liter solar.
Sementara
ruang kabin yang lega mampu menampung 10 pasukan bersenjata lengkap.
TNI AD sudah membuat sebanyak empat unit yang semuanya di operasikan Sat
81 Gultor.
Amadani
Amadani (foto old soldier@kaskus) |
Sepintas kendaraan ini menyerupai kendaraan buatan rusia, tidak ada informasi yang resmi apakah kendaraan ini mengambil desain darinya.
Spesifikasi umum Amadani :
⚜ Mesin : Type GM VB, 6,2L Diesel fuel Injection
⚜ Tenaga : 150 Hp
⚜ Kapasitas Bensin : 160 liter
⚜ Transmisi : GM 3L80 automatic
⚜ Suspensi : Independent double A-frame
⚜ Kecepatan maksimum : 110 km/jam
⚜ Berat kotor : 2100 kg
⚜ Daya angkut : 2500 kg
⚜ Kapasitas : 2 + 2 Kendaraan militer ini dirancang sesuai kebutuhan serta kegiatan taktis lapangan. Rantis ini juga dapat dikembangkan sebagai kendaraan ambulance, kendaraan unit komunikasi dan kendaraan yang dipersenjatai SLT/SMB/Peluncur rudal.
Acmat
Acmat Marinir (foto Ardava) |
ACMAT (Ateliers de Construction Mécanique de L'Atlantique, juga dikenal sebagai ALM-ACMAT) adalah perusahaan Prancis yang bergerak dalam pembuatan kendaraan tipe cross country dan taktis militer sejak tahun 1958. VLRA (Véhicules de Liaison, de Reconnaissance et d'Appui) merupakan kendaraan produksi ACMAT untuk fungsi pengintaian, kawal, dan pendukung yang dirancang untuk beroperasi di medan tempur yang sulit. Kendaraan ini tersedia dalam varian 4x4 dan 6x6. Truk ini dipakai oleh Angkatan Bersenjata Prancis dan 40 negara lainnya di dunia.
ACMAT VLRA telah dikembangkan ke berbagai versi karena dari awalnya kendaraan ini dirancang untuk menjadi platform yang fleksibel dan mampu melakukan banyak misi, sehingga dapat dipakai untuk penggunaan sipil maupun militer. Model yang dikembangkan mencapai 80 buah dan untuk fungsi militer kendaraan ini dapat diperlengkapi dengan senapan mesin 7,62 mm atau 12,7 mm serta peluncur granat otomatis 40 mm.
Kelas 5 ton :
Alvis Mamba MK.2
Alvis Mamba MK2 Kopassus |
Rantis ini masuk jajaran militer Afrika Selatan pertama kali pada tahun 1995, sedangkan untuk versi Indonesia merupakan buatan Alvis yang uniknya versi MK2 SWB atau juga disebut Alvis 8 dirancang khusus untuk militer Inggris. Hampir sama dengan Land Rover Wolf yang juga dimiliki oleh Gultor.(baca Mamba Mk2)
Spesifikasi :
⚜ Awak : 8 orang(6 prajurit, 1 gunner, 1 sopir)
⚜ Dimensi (PxLxT) : 5,4m; 2,2 m; 2,4 m
⚜ Berat : 5 ton
⚜ Mesin : Mercedes Benz OM-352 Diesel 6 cylinder 5675cc, 123hp
⚜ Kecepatan Maks : 102 km/jam
⚜ Radius : 600 km
⚜ Level proteksi : Balistik 7,62 x 39 mm AK; 7,62 x 51 mm Ball
⚜ Persenjataan : AGL 40 mm/ SMB 12,7 mm
Elang Pindad
Elang Pindad (foto audryliahepburn) |
Kendaraan taktis intai ini terlihat oleh umum pada suatu acara defile militer yang ternyata dikembangkan
oleh Pindad. Rantis ini diberi nama "Elang" merupakan versi
armored dan penampilannya terlihat berbeda dengan versi
standar.
Terdapat perubahan dilakukan oleh Pindad seperti penambahan lobang tembak pada pintu
samping, bentuk kaca anti peluru yang lebih kecil dimensinya serta
turret cupola dibagian atap dan terlihat kendaraan ini resmi sudah menggunakan logo
cakra tepat diatas radiator grill (logo Pindad).
Alasan Pindad memilih basis Sherpa, karena salah satu syarat pengguna (TNI) adalah agar kendaraan intai ini memiliki kemampuan proteksi sampai dengan STANAG III (setara Anoa). Dan bisa di kembangkan sampai dengan STANAG V.
Alasan Pindad memilih basis Sherpa, karena salah satu syarat pengguna (TNI) adalah agar kendaraan intai ini memiliki kemampuan proteksi sampai dengan STANAG III (setara Anoa). Dan bisa di kembangkan sampai dengan STANAG V.
Meskipun payload Sherpa sampai dengan 4 Ton. Kelebihan payload tersebut tidak
diperuntukkan untuk membawa barang, tetapi agar bisa
meng-handle berat armor proteksi yang akan jadi lebih tebal dan
berat bodinya. Dan inilah yang menjadi acuan Kemhan memilih sebagai
kendaraan intai untuk kebutuhan TNI untuk melakukan tugas operasi yang memerlukan kendaraan yang handal dan aman.(baca Elang Pindad)
Banyaknya prototipe rantis diatas
termasuk kedalam kelas yang berbeda dalam fungsi maupun kemampuannya di
medan tugas. Dengan prototipe rantis-rantis tersebut membuktikan bahwa
Indonesia mampu dan siap berkompetisi dengan produk luar tentunya.
Selain membuat Indonesia mandiri, tentunya banyak aspek positif buat
perkembangan teknologi untuk semakin berkembang dan makin menantang
kedepannya. Dari kelas tersebut diatas sebetulnya masih ada celah untuk
diisi produk anak bangsa, yaitu kelas 1/4 ton maupun kelas 2,5 ton, yang
masih didominasi produk luar.
Tentunya semua itu harus di support oleh Pemerintah dengan biaya yang relatif tidak murah maupun kemudahan untuk terus berkembang. Tentunya semua itu tidak akan berhasil kalau Pemerintah tidak mau menerima kekurangan-kekurangannya. Dengan kekurangan tersebut malah membuat pelajaran yang berguna untuk diperbaiki kembali.
Dan konsekuensi dari keanekaragaman tersebut berdampak terhadap rumitnya pengoperasian dan pemeliharaan termasuk tukar alih suku cadang sehingga akan berpengaruh juga terhadap biaya pemeliharaan satuan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, TNI berusaha mengakomodir operational requirement satuan-satuan kavalerinya, maupun untuk kepentingan pengamanan.
Diharapkan, ke depan terdapat keseragaman atau standarisasi kendaraan taktis TNI. Mengacu kepada konsep Minimum Essential Forces (MEF), diharapkan TNI pada 2014 dapat memenuhi kebutuhan alutsista dengan prioritas produksi dalam negeri serta dalam rangka kemandirian alutsista.
Menurut Menhan Purnomo, Pemerintah saat ini terus berusaha mengembangkan BUMN strategis untuk mencukupi kebutuhan alutsista TNI dan Polri. Berbagai cara dilakukan, mulai dari penyertaan modal negara hingga mengembangkan pasar untuk menjual alutsista buatan Indonesia.
“Bagaimana kita mendorong agar terjadi pergeseran yang tadinya impor kemudian produksi bersama kemudian juga bisa jadi produksi dalam negeri,” jelas Purnomo.(♆)
Tentunya semua itu harus di support oleh Pemerintah dengan biaya yang relatif tidak murah maupun kemudahan untuk terus berkembang. Tentunya semua itu tidak akan berhasil kalau Pemerintah tidak mau menerima kekurangan-kekurangannya. Dengan kekurangan tersebut malah membuat pelajaran yang berguna untuk diperbaiki kembali.
Dan konsekuensi dari keanekaragaman tersebut berdampak terhadap rumitnya pengoperasian dan pemeliharaan termasuk tukar alih suku cadang sehingga akan berpengaruh juga terhadap biaya pemeliharaan satuan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, TNI berusaha mengakomodir operational requirement satuan-satuan kavalerinya, maupun untuk kepentingan pengamanan.
Diharapkan, ke depan terdapat keseragaman atau standarisasi kendaraan taktis TNI. Mengacu kepada konsep Minimum Essential Forces (MEF), diharapkan TNI pada 2014 dapat memenuhi kebutuhan alutsista dengan prioritas produksi dalam negeri serta dalam rangka kemandirian alutsista.
Menurut Menhan Purnomo, Pemerintah saat ini terus berusaha mengembangkan BUMN strategis untuk mencukupi kebutuhan alutsista TNI dan Polri. Berbagai cara dilakukan, mulai dari penyertaan modal negara hingga mengembangkan pasar untuk menjual alutsista buatan Indonesia.
“Bagaimana kita mendorong agar terjadi pergeseran yang tadinya impor kemudian produksi bersama kemudian juga bisa jadi produksi dalam negeri,” jelas Purnomo.(♆)
Sumber : http://garudamiliter.blogspot.com/2012/05/kendaraan-taktis-militer-indonesia.html
Mengapa tidak dibuat kendaran taktis dengan bahan komposit serat karbon yang kabarnya 20 kali lebih kuat dari baja namun lebih ringan, seperti halnya kapal siluman Trimaran produksi PT Lundin...
BalasHapus