Pesawat CN-295 (hasil kerja sama PT DI dan Airbus Military), atau dikenal sebagai C-295 (versi Spanyol), merupakan pesawat angkut taktis militer twin turboprop produksi Airbus Military di Spanyol. Pesawat yang melakukan terbang perdana pada 1998 ini merupakan pengembangan dari pesawat CN-235, dengan peningkatan muatan sebesar 50 persen dan mengalami pembaruan di sektor mesin (engine), yang menggunakan PW127G baru. Pesawat ini diproduksi dan dirakit di kawasan Airbus Military di Bandara San Pablo, Seville, Spanyol.
C-295 Versi AEW&C (Airborne Early Warning and Control) |
C-295, yang membutuhkan 670 meter panjang landasan untuk tinggal landas, dan 320 meter untuk mendarat. Pesawat ini digunakan sebagai pesawat taktis di 14 negara untuk berbagai fungsi.
Pesawat C-295 buatan Spanyol ini memiliki tiga varian.
- Pertama, C-295M (versi transpor militer, kapasitas angkut 73 personel, 48 personel pasukan payung/para, 27 tandu, lima 2,24 × 2,74 m (88 × 108 cm) palet, atau tiga kendaraan ringan.
- Kedua, versi C-295MPA/Persuader (versi patroli maritim/anti-kapal selam).
- Ketiga versi C-295 AEW&C (Prototype airborne early warning and control version with 360 degree radar dome).
Pesawat C-235 bakal menjadi pengganti beberapa pesawat angkut taktis, seperti de Havilland Kanada DHC-5 Buffalo (Canadian Forces), de Havilland DHC-Kanada 4 Caribou (Australia), dan Fokker F-27 (TNI AU). Kelebihan dari pesawat buatan Spanyol ini, memiliki pintu belakang/ram door sebagaimana C-130 Hercules.
Spesifikasi
|
|
Tipe
|
C-295/CN-295
|
Kru
|
Dua Orang
|
Payload
|
9.250 kg
|
Berat Take-off
|
23.200 kg (51,146 lbs)
|
Mesin
|
2 × Pratt & Whitney Canada PW127G Hamilton Standard 586-F (six bladed), masing-masing 1.972 kW (2.645 hp)
|
Kecepatan maksimum
|
576 km/jam (311 knots)
|
Cruise speed
|
480 km/jam (260 knots, 300 mph)
|
Ferry range
|
5.220 km (3.240 mi; 2.820 nmi)
|
Take-off run
|
670 meter (2200 kaki)
|
Landing run
|
320 meter (1.050 kaki)
|
Pengguna
|
|
Sumber : Artileri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar