Industri dirgantara Indonesia terus menggeliat dalam merespon pertumbuhan penerbangan di Tanah Air. Setelah pesawat N219 yang akan terbang perdana dalam beberapa bulan lagi, dua pesawat buatan anak bangsa segera menyusul, yakni N245 dan R80.
Wartawan Kompas Dahono Fitrianto dan Hermas Efendi Prabowo, melaporkan, pesawat N245 merupakan pengembangan dari pesawat CN-235 yang juga diproduksi PT Dirgantara Indonesia / PT DI, dengan memperpanjang badan pesawat sehingga kapasitas angkutn bertambah dari 44 menjadi 50 penumpang. PT DI juga akan mengganti mesinnya, dari general electric (GE) pada CN-235 menjadi turboprop buatan Pratt & Whitney pada N245.
“Kami akan menambah sedikit panjang CN-235 dan menghilangkan ramp door sehingga bobotnya lebih ringan. Bobot yang lebih ringan memungkinkan kami menambah enam tempat duduk lagi,” ujar Direktur Teknologi dan Pengembangan PT DI Andi, Alisjahbana di stan PT DI, Singapore Air Show 2016, Changi, Singapura, (17/2/2016).
Pesawat N245 nantinya menjadi kompetitor langsung dari pesawat ATR 42 buatan Perancis-Italia, yang saat ini menjadi satu-satunya pesawat bermesin turboprop dengan kapasitas 50 penumpang.
Proyek pengembangan pesawat N245 telah dimulai dengan desain awal yang melibatkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). “Prosesnya kemungkinan butuh waktu tiga tahun,” ujarnya.
Wakil Presiden Bidang Pengembangan Bisnis dan Pemasaran PT DI Ade Yuyu Wahyuna menambahkan, investasi yang dibutuhkan dalam membuat pesawat N245 tidak terlalu besar karena pengembangan dari pesawat yang telah ada, diperkirakan sekitar 20 persen dari biaya pengembangan pesawat yang baru sama sekali.
“Biaya pengembangan pesawat yang baru membutuhkan investasi sekitar 800-1.000 juta dollar AS. Sementara ini kami perkirakan hanya 150 juta dollar AS,” ujar Ade Yuyu.
Selain N245, pesawat lain buatan Indonesia yang segera menyusul adalah R80 yang sedang dikembangkan PT Regio Aviasi Industri (RAI).
Menurut Komisaris PT RAI Ilham Habibie, saat ini tahapan desain konseptual pesawat telah rampung 80 persen. Setelah desain konseptual selesai, tahapan desain detail, dimulai tahun depan.
“Saat ini tinggal satu-dua pengujian di windtunnel di Puspiptek, Serpong,” ujar putra mantan Presiden BJ Habibie, di Singapore Air Show 2016. (Kompas)
Strategi Militer Indonesia - Menyuguhkan informasi terbaru seputar pertahanan dan keamanan Indonesia
Cari Artikel di Blog Ini
Senin, 22 Februari 2016
PT. Dirgantara Indonesia Siapkan Pesawat N245 dan R80
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Berita Populer
-
AH-64E Apache Untuk Indonesia merupakan tipe terbaru walau bukan tercanggih (AH-64D Longbow sebagaimana dimiliki Angkatan Darat Singapura) ...
-
Kejutan menyenangkan datang di akhir tahun 2013 ini. Sejumlah pengadaan alutsista yang termaktub dalam MEF terus berlangsung, bahkan di perc...
-
Densus 88 menerima pelatihan, dukungan perbekalan dan operasional yang luas dari Kepolisian Federal Australia. Namun muncul bukti yang sema...
-
Ekspedisi Belanda tiba di Nusantara pada 1596. Kapal-kapal Belanda menyusul, hingga terbentuk The Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC). ...
-
Mantan Presiden dan Menristek BJ Habibie angkat bicara soal rencana pengembangan bersama jet tempur canggih antara Indonesia dan Korea Selat...
-
Pembangunan pesawat tempur generasi baru berkemampuan siluman KFX/IFX merupakan projek prestisius dalam bidang militer antara Korea Selatan ...
-
6 Polwan cantik yang merupakan presenter NTMC POLRI, Rabu (2/3) pagi mengikuti kegiatan latihan menembak yang berlangsung di Lapangan Tembak...
-
Pantsir-S short-range air defense system (all images JKGR) Sekilat Perang Yom Kippur 1973 Peperangan Yom Kippur antara Israel dan Mesi...
-
Pesaing utama rudal AIM-120 AMRAAM andalan Amerika Serikat, R-77 kerap dijuluki AMRAAMSKI. Pertanyaan paling mendasar, sehebat apakah rudal ...
-
Presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie mengatakan bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang bisa mengandalkan sumber daya manus...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar