Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 30 Mei 2014

Indonesia Verifikasi Batas Wilayah dengan Malaysia

INDONESIA akan melaksanakan verifikasi batas wilayah dengan Malaysia, terkait pembangunan mercusuar Malaysia di wilayah sengketa Tanjung Datuk, Kalimantan Barat. Kesepakatan itu adalah salah satu hasil pertemuan antara perwakilan kedua negara yang dilaksanakan awal pekan ini di Jakarta terkait pembangunan mercusuar oleh Malaysia di wilayah sengketa Tanjung Datuk di Kalimantan Barat.

ndonesia Verifikasi Batas Wilayah dengan Malaysia
Malaysia menganggap itu wilayah mereka dan jadilah wilayah dispute, wilayah abu-abu

"Kita sudah tahu batas wilayah kita di titik tertentu di Tanjung Datuk dan Malaysia menganggap itu wilayah mereka dan jadilah wilayah dispute, wilayah abu-abu," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Fuad Basya seperti dilansir BBC (28/5/2014). Pelaksanaan verifikasi wilayah akan dilakukan bulan depan.

"Itu lah yang akan dilihat berdasarkan aturan atau hukum yang berlaku selama ini dan kita lihat peta Inggris dan Belanda tahun 1891 dimana batas wilayah itu," kata Fuad lagi. Selain verifikasi wilayah, hasil pertemuan juga menyatakan bahwa Malaysia harus menghentikan semua pembangunan di daerah yang dimaksud


Kasus ini berawal dari laporan resmi TNI Angkatan Laut kepada Kementerian Luar Negeri mengenai adanya kegiatan pembangunan tiang pancang rambu suar oleh Malaysia. Kedua negara juga setuju menjaga jangan sampai ada ketegangan baru.

"Akan ada pembicaraan lebih lanjut mengenai tapal batas yang akan diselesaikan sebaik mungkin secara bilateral," kata Fuad Basya lagi.

Kementerian Luar Negeri dalam keterangan tertulis mengatakan bahwa hasil koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait mengindikasikan bahwa lokasi pembangunan tiang pancang suar tersebut berada di dalam garis landas kontinen Indonesia berdasarkan perjanjian RI-Malaysia tahun 1969. (POL)

3 komentar:

  1. malaysia benar2 sdg mengganggu raksasa yang tengah tertidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah Bro, yang benar malaysia sedang mengganggu raksasa banci alias omong besar doang, kaga ada nyali, sama ausie sudah di hina, dubes RI kembali bertugas lagi di ausie. Kapal nelayan kita di RI Timur di bakar, para banci tdk berbuat apa2.

      Hapus
  2. seharusnya begitu dpt info..1x24 jam harus ada respon nyata disana.... tp gak heran DPRnya msh sibuk polemik pemilihan lngsung/tdk lngsung... ibukotanya dipindah ke Batam/bintan saja biar loda apa2 DPRnya tau

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters