Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 15 Agustus 2014

TNI dan GPOI USA Gelar Latihan Bersama

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Global Peace Operation Initiative (GPOI) USA akan menggelar latihan bersama Senior Training Seminar (STS), Staff Training Event (STE) dan Field Training Event (FTE).


Komandan PMPP TNI Brigjen TNI AM Putranto, selaku Direktur Latihan GPOI Capstone Exercise Garuda Canti Dharma 2014 mengatakan, latihan akan digelar mulai tanggal 17 Agustus sampai dengan 1 September 2014 di PMPP TNI Sentul Bogor, melibatkan 486 peserta dari 35 negara dan dibagi dalam tiga tahap.

"Pertama, tanggal 19 sampai 21 Agustus 2014 Senior Training Seminar (STS), melibatkan 28 peserta dari 17 negara yaitu : Bangladesh, Filipina, Indonesia, Inggris, Jepang, Jerman, Jordania,  Kamboja, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Mongolia, Nepal, Perancis, Srilanka, Thailand, Vietnam, dan Amerika Serikat," kata Putranto saat memberikan pengarahan kepada personil jajaran TNI yang tergabung dalam kepanitian GPOI 2014, bertempat di Auditorium Pusat Misi Pemelihara Perdamaian (PMPP) TNI Sentul Bogor, Rabu (13/8/2014).
 

Pesawat R-80 Dalam RITECH Expo

Gelaran tahunan hasil riset nasional kembali digelar dalam acara RITECH Expo. Acara yang termasuk dalam rangkaian Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2014 ini menampilkan 78 stan hasil riset dalam negeri. Namun demikian, pada pelaksanaan RITECH Expo kali ini, tidak terlalu tampak hasil riset baru terutama riset Alutsista. Mungkin hal ini disesuaikan dengan tema Hakteknas 2014 yaitu "Inovasi Pangan, Energi, dan Air untuk Daya Saing Bangsa".

Pesawat R-80 Dalam RITECH Expo

"Jaga Keindonesiaan" Pesan Presiden SBY diakhir Masa Jabatannya

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut ada tantangan yang harus bisa dihadapi oleh Indonesia di zaman modern ini. Tantangan terbesar itu adalah menjaga keindonesiaan.

"Jaga Keindonesiaan" Pesan Presiden SBY diakhir Masa Jabatannya

Di zaman penjajahan, para pemimpin serta warga, berjuang mempertahankan kemerdekaan hingga darah terakhir. Tapi untuk saat ini, tugas seluruh warga negara dan pemerintah adalah menjaga agar keindonesiaan bisa dipertahankan.

"Keindonesiaan harus dipertahankan," kata SBY saat memberikan pidato kenegaraan di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

[Video] Speed Your Flag, Pesan Kemerdekaan dari Jerman

3 hari jelang HUT Kemerdekaan RI ke 69, semarak merah putih telah mewarnai seantero negeri. Para prajurit kita di luar negeri pun tak mau kalah. Seperti yang dilakukan para prajurit Kavaleri yang tengah berlatih menundukan sang Leopard 2 di Unterluss Jerman ini.  Merah putih terpancang teguh di hati dan Tank yang mereka kemudikan.


150 Pesawat Tempur TNI AU akan Pamer Kehebatan Saat HUT TNI [Video]

TNI Angkatan Udara hanya memamerkan 32 pesawat tempur jenis terbaru yang dimiliki saat HUT ke-69 RI nanti. Namun dalam peringatan HUT TNI pada 5 Oktober nanti, TNI AU rencananya akan memamerkan 150 pesawat tempur.



"150 Pesawat (tampil) pada Oktober nanti. Itu TNI AU saja. Angkatan yang lain (saya) tidak tahu," ujar Kasubdit Penum TNI AU, Kol Pnb Agung Sasongkojati, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (14/8/2014).

Agung merinci, dari 150 pesawat itu di antaranya jet tempur 5 jenis sebanyak 50 pesawat, 6 jenis pesawat transpor, dan 3 jenis helikopter.

Dua jurnalis Prancis di Papua resmi tersangka

Kepolisian Indonesia mengatakan, dua orang warga Prancis yang ditangkap di Wamena, Papua, Kamis (07/08), telah ditetapkan sebagai tersangka karena melanggar aturan keimigrasian.

Thomas Dandois pernah ditahan di Nigeria karena liputannya tentang kelompok separatis Tuareg (2008)

Menurut polisi, Thomas Dandois, berusia 40 tahun, dan Valentine Bourrat, 29 tahun, datang ke Indonesia dengan visa kunjungan, namun mereka disebut melakukan kegiatan lain, termasuk jurnalistik.

Polda Papua mengatakan, Kantor Keimigrasian di Papua telah menetapkan dua orang itu sebagai tersangka.

Kamis, 14 Agustus 2014

Polisi tangkap 10 penyerang aparat keamanan di Papua

Kepolisian Sektor Mimika Baru, Timika, Papua, menangkap 10 penyerang aparat keamanan dan menyita barang bukti berupa senjata tajam, termasuk anak panah atau wayar.

 Polisi tangkap 10 penyerang aparat keamanan di Papua

Para penyerang itu ditahan di Markas Kepolisian Sektor Miru pada Rabu malam (13/8).

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw kepada Antara di Timika, Kamis pagi, mengatakan saat ini polisi masih memintai mereka keterangan di Kepolisian Sektor Miru.

Imigrasi Cermati Pemohon Paspor ke Timur Tengah

Kepala Seksi Informasi, Sarana dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Adi Priyanto mengatakan, akan mencermati permohonan pembuatan paspor ke Timur Tengah seiring berkembangnya isu organisasi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Imigrasi Cermati Pemohon Paspor ke Timur Tengah

"Sesuai dengan instruksi Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, kami mencermati permohonan pembuatan paspor dengan tujuan ke Timur Tengah. Apabila dalam proses pelayanan keimigrasian ditemukan adanya warga negara Indonesia atau asing yang diduga terkait sebagai anggota atau simpatisan ISIS, kami segera berkoordinasi dengan aparat keamanan dan instansi terkait," ujarnya di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, pencermatan tersebut untuk memantau pergerakan kelompok itu karena keberadaannya ditentang oleh negara ini.

Jajal Jet Tempur Kapolri dan KSAD Kemudikan Sendiri Sukhoi SU-30 MK2

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Ida Bagus Putu Dunia memberikan kesempatan kepada Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Polisi RI Jenderal Sutarman untuk menerbangkan pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK2.

Jajal Jet Tempur Kapolri dan KSAD Kemudikan Sendiri Sukhoi SU-30 MK2

Ida Bagus memberi misi khusus kepada kedua pilot yang mendampingi kedua petinggi instansi keamanan ini untuk membantu selama penerbangan. "Nanti saat terbang, tolong dipersilakan beliau-beliau (Jenderal Gatot dan Jenderal Sutarman) mengemudikan sendiri pesawat, dampingi untuk berbelok atau terbang lurus," katanya.

Jenderal Gatot dan Jenderal Sutarman pun tampak girang dan antusias mendengar perkataan KSAU.

6 Helikopter Super Cougar Terbaru Segera Tiba di Bandung

Enam helikopter canggih buatan Prancis yaitu Super Cougar akan tiba di Bandung pada akhir tahun dan menjadi tantangan baru bagi Satuan Pemeliharaan 16 Depo Pemeliharaan 10 TNI Angkatan Udara.

6 Helikopter Super Cougar Terbaru Segera Tiba di Bandung

"Helikopter ini merupakan helikopter terbaru dan akan datang mulai akhir tahun, satu persatu secara bertahap masing-masing selama 3 bulan," kata Komandan Depohar 10 TNI Asmawi Prawiro, di Pangkalan Udara Husein Sastranegara, seusai serah terima jabatan Dansathar, Rabu (13/8/2014).

Asmawi meminta para personel yang bertugas khusus memelihara helikopter milik TNI AU ini lebih meningkatkan kemampuannya, karena mereka pun sebenarnya sudah dikursuskan di Prancis untuk perawatan khusus helikopter tersebut.

Rabu, 13 Agustus 2014

Kerahasiahan Alutsista TNI - KPK Tak Bisa Usut Pembeliannya

"Ada sesuatu yang tidak bisa dibuka, karena memiliki standar rahasia."

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi tidak bisa mengusut dalam pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Sebab, pengadaan alutsista merupakan rahasia negara.


"Tidak bisa (KPK periksa TNI). Ada sesuatu yang tidak bisa dibuka, seperti belanja senjata karena memiliki standar rahasia," kata Moeldoko di Mabes TNI, Senin 11 Agustus 2014.

Menurutnya, tidak relevan jika KPK masuk menyelidiki proyek-proyek TNI yang bersifat rahasia. Kendati begitu, lanjut Moeldoko, pihaknya tetap membuka diri jika proyek-proyek di TNI yang bersifat bukan rahasia negara.

"Karena itu pengadaan alutsista harus dirahasiakan. Tetapi yang tidak memiliki value rahasia, pasti akan dibuka," ujar Panglima.

Selasa, 12 Agustus 2014

Tangkal Perkembangan ISIS, TNI Perkokoh Nasionalisme

Komando Rayon Militer (Koramil) Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terus beruapaya memperkokoh pemahaman nasionalisme untuk menangkal masuknya faham Islamic State of Irak-Syria (ISIS).

Tangkal Perkembangan ISIS, TNI Perkokoh Nasionalisme

"Indonesia dikenal sebagai bangsa yang plural, tergabung dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pemahaman nasionalisme ini secara dinamis harus terus didengungkan untuk mencegah masuknya ideologi dan faham radikal, seperti ISIS," ungkap Komandan Koramil Penajam, Kapten Infanteri Laety, di hadapan para siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum, Senin.

Sejumlah elemen bangsa lanjut Laety, terutama para siswa, kelompok-kelompok masyarakat, jika tidak diwaspadai berpotensi menjadi sasaran masuknya faham negatif yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila serta faham-faham keagamaan yang bisa memecah belah kesatuan bangsa dan umat.

Antisipasi ISIS Brimob Maluku Utara Razia Kapal Pelni

Brimob Polda Maluku Utara (Malut), bersama jajaran TNI melakukan razia masuknya sejumlah kapal Pelni ke Ternate, sebagai upaya mendeteksi kemungkinan masuknya jaringan ISIS (Negara Islam Iraq dan Syria) di wilayah Malut

Antisipasi ISIS Brimob Maluku Utara Razia Kapal Pelni

"Tadi malam kami bersama dengan pihak Kesyahbandaraan dan Otoritas Kepelabuhanan (KOP) dan jajaran TNI-AL serta TNI-AD melakukan razia terhadap sejumlah penumpang di KM Lambelu yang diduga membawa atribut ISIS serta senjata tajam," kata Kasat Brimob Polda Malut, Kombes Pol Laksana di Ternate, Selasa.

Ia mengatakan, razia yang dilakukan tersebut bertujuan hanya mengamankan saja, karena Malut merupakan wilayah kepulauan, sehingga harus dibuat kegiatan seperti ini, guna mencegah masuknya jaringan ISIS.

SBY Berterima Kasih Bantuan Modernisasi Kemiliteran Amerika Serikat

Presiden Susilo Yudhoyono mengucapkan terima kasih kepada Amerika Serikat terkait bantuan modernisasi kemiliteran TNI, di antaranya arsenal militer dari negara itu. 

SBY Berterima Kasih Bantuan Modernisasi Kemiliteran Amerika Serikat


Sejak 1991, Kongres Amerika Serikat melarang Indonesia membeli dan meremajakan arsenal militer mengikuti dugaan pelanggaran berat HAM pada Peristiwa Santa Cruz, Provinsi Timor Timur.

Dalam kemiliteran, secara umum pengadaan atau peremajaan harus selalu dilakukan setelah kurun waktu tertentu.

Setelah lebih dari 20 tahun, akhirnya Amerika Serikat bersedia menjual arsenal-arsenal militernya --baru ataupun bekas pakai-- kepada Indonesia. Yang termutakhir adalah tiga dari 24 unit F-16 Fighting Falcon Block 52ID bekas pakai Angkatan Udara Cadangan Nasional Amerika Serikat.

Senin, 11 Agustus 2014

Putra BJ Habibie Paparkan Akar Masalah Industri Penerbangan

Industri penerbangan domestik tengah mengalami masa-masa penuh tantangan. Saat ini, setidaknya sudah ada 3 maskapai yang mengalami masalah yaitu Merpati Nusantara Airlines (Persero), Sky Aviation, dan Mandala Tiger Air.

Putra BJ Habibie Paparkan Akar Masalah Industri Penerbangan

Praktisi industri penerbangan yang juga Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI), Ilham Habibie, menyatakan industri penerbangan memang tengah mengalami tantangan berat. Menurutnya, masalah setiap maskapai memang berbeda tetapi ada satu isu yang seragam yaitu besarnya biaya bahan bakar.

"Ongkos yang paling dahsyat itu apa? Bahan bakar, dan itu dibayar dalam dolar AS," kata Ilham kala ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Perkembangan Terbaru Proyek Jet Tempur IFX

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) sedang mengembangkan dua tipe pesawat asli karya anak bangsa. Pesawat yang dirancang adalah untuk angkutan penumpang dan keperluan tempur. Lantas bagaimana kelanjutan proyek pesawat terbang itu?.

Perkembangan Terbaru Proyek Jet Tempur IFX

Direktur Teknologi dan Pengembangan PTDI Andi Alisjahbana menerangkan pesawat penumpang tipe N219 baru siap diperkenalkan ke publik (roll out) pada awal tahun 2015. Tiga bulan berikutnya atau sekitar bulan Maret, N219 akan menjalani uji coba terbang perdana (first flight).

"Roll out awal 2015. Itu 2-3 bulan habis roll out baru first flight," kata Andi saat acara RITECH Expo 2014 di Kantor BPPT Jalan MH Thamrin Jakarta, Sabtu (9/8/2014).

Minggu, 10 Agustus 2014

Densus 88 Ringkus Anak Buah Baasyir yang Deklarasikan ISIS

Tim Densus 88 Antiteror bersama Subdit Jatanras Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya meringkus Ketua Harian Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) Afif Abdul Majid alias Afif. Penangkapan anak buah Abu Bakar Baasyir (ABB) itu dilakukan pada Sabtu 9 Agustus malam sekitar pukul 22.45 wib.

Anggota Densus 88 menuju lokasi penggerebekan rumah yang diwarnai dengan kontak senjata diduga kuat menjadi sarang teroris Noordin M. Top, di Dusun Beji, Kedu, Temanggung, Jateng.(Antara)

"Tempat penangkapan di pinggir Jalan (Toko Kebab) Jalan Wibawa Mukti, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Ronny F Sompie, di Jakarta, Minggu (10/8/2014).

Ronny menjelaskan, Afif diduga ikut serta mendanai Ubaid di Aceh pada 2010. Selain itu, Afif juga disinyalir terlibat dalam acara deklarasi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) bersama Abu Bakar Baasyir.

Pantau ISIS, Panglima TNI: Kalau Mereka Macam-macam Kami Sikat

Panglima TNI Jenderal Moeldoko kembali menyatakan sikap tentang keberadaan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Tanah Air. Menurut Moeldoko, ISIS sama sekali tidak boleh berkembang lantaran berbeda dengan ideologi Indonesia, yaitu Pancasila.

Pantau ISIS, Panglima TNI: Kalau Mereka Macam-macam Kami Sikat

"Yang penting kami samakan dulu ideologinya, kalau berbeda, ISIS tidak boleh berkembang di Indonesia karena berbeda ideologi," ujar Jenderal TNI Moeldoko di kediaman musisi Iwan Fals, Jalan Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat, dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu (9/8/2014).

Moeldoko juga mengatakan, TNI akan melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk melakukan tindakan preventif. Hal ini menurut Moeldoko, sebagai langkah guna mencegah adanya perpecahan dalam negeri.

Ultimatum Panglima TNI untuk Malaysia Diapresiasi

Ultimatum yang diberikan Panglima TNI Moeldoko kepada Malaysia untuk segera membongkar tiang pancang mercusuar yang dibangun tentara Malaysia di Tanjung Datu, Kalbar, diapresiasi.


Ultimatum Panglima TNI untuk Malaysia Diapresiasi
Panglima TNI Jenderal (TNI) Moeldoko  foto : Antara/Jessica Helena Wuysang

Apalagi Moeldoko tegas menyebut bakal segera membongkar pancang tersebut jika Malaysia lamban merespons.

"Dalam konteks inilah pernyataan Panglima TNI patut diapresiasi. Bila Malaysia tidak melakukan pembongkaran maka sudah sewajarnya TNI sebagai penjaga kedaulatan dan hak berdaulat Indonesia yang akan melakukan pembongkaran tiang pancang Malaysia," kata Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana, di Jakarta, Minggu (10/8).

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters