Cari Artikel di Blog Ini

Sabtu, 11 Mei 2013

Pengganti KSAD dari angkatan 1978-1981

Pengganti Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Pramono Edhie Wibowo, berasal dari angkatan 1978-1981.

Hal demikian dikatakan Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro, usai meresmikan pembangunan dan perkembangan Assessment Center Kementerian Pertahanan, di Kemenhan, Jakarta, Jumat (10/5/2013).


Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Pramono Edhie Wibowo
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Pramono Edhie Wibowo

"Kepemimpinan di angkatan sekarang ini rata-rata 1978, 1980, dan 1981. Yang akan tampil nanti ya angkatan 78, 80, 81, karena kan berjenjang," ujarnya, Jumat (10/5/2013).

Akan tetapi, kata dia, pengganti Jenderal Pramono adalah hak prerogatif Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Terkait Kasus OPM, Kerja sama Pertahanan RI-Inggris Tak Terganggu

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro memastikan pembukaan kantor perwakilan Organisasi Papua Merdeka di Oxport, Inggris tak akan menggangu kerjasama pertahanan antara Indonesia dan Inggris. Pendirian kantor tersebut hanya strategi OPM untuk cari perhatian internasional.

Terkait Kasus OPM, Kerja sama Pertahanan RI-Inggris Tak Terganggu

"Pembukaan kantor OPM tidak akan mengganggu kerjasama pertahanan Indonesia - Inggris," tegas Purnomo di Jakarta, Jumat (10/5).

Bagi pemerintah Indonesia, keberadaan OPM di Inggris bukan hal mengejutkan. Ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan kenegaraan di Inggris, diakui Menhan, Presiden dihadang unjuk rasa soal Papua yang ingin merdeka.

Densus 88 Harusnya Mencegah, Bukan Cuma Memberantas Terorisme

Detasemen Khusus (Densus) 88 berhasil menembak mati terduga teroris  di beberapa tempat. Wakil Ketua MPR Hajroyanto Y Thohari menilai, penanganan teroris di Indonesia masih pemberantasan bukan pencegahan.

Densus 88 Harusnya Mencegah Bukan Cuma Memberantas Terorisme

"Kita melihat penanganan terorisme di Indonesia itu cenderung lebih menekankan pada pemberantasan, jarang perhatikan aspek pencegahan," ujar Hajriyanto saat dihubungi wartawan, Jumat (10/5/2013).

Pola pemberantasan terorisme, menurutnya, polisi atau Densus 88 hanya waktu peristiwa saja, sehingga tidak ada upaya pencarian akar kenapa bisa muncul teroris. "Tidak dicari akar-akarnya, kenapa timbul sakit kepala itu. Sakit kepala itu kan fenomena gejala yang gambaran terjadi karena gangguan syaraf, yang dilakukan Densus 88, ini kurang melakukan pendekatan kausal. Kausal approach," kata dia.

Jumat, 10 Mei 2013

Jangan tutup mata soal OPM

Anggota DPR utusan Provinsi Papua, Peggy Patricia Patipi, meminta pemerintah serius menyikapi propaganda politik Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang semakin gencar di luar negeri dan tidak menutup mata dengan keberadaan kelompok gerakan separatis tersebut.

Massa yang tergabung dalam Suara Anak Papua menggelar aksi di depan Kedubes Inggris di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Rabu (8/5). Mereka menuntut Pemerintah Inggris menutup tempat yang diklaim sebagai kantor Organisasi Papua Merdeka, di Oxford, Inggris. (FOTO ANTARA/Hendra Nurdiyansyah)

"Pemerintah Indonesia jangan menutup mata dengan gerakan OPM. Orang-orang mereka sudah ada di luar negeri dan terus memperjuangkan ideologinya untuk mendapat simpatik dari dunia internasional," kata Patipi, di Timika, Jumat.

Ia mengatakan hal itu menanggapi pembukaan kantor perwakilan OPM di Oxford Inggris, pekan lalu, yang menuai protes keras dari Pemerintah Indonesia.

Calon KSAD hak prerogratif presiden

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan penunjukan Kepala Staf TNI Angkatan Darat yang baru untuk menggantikan KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo yang memasuki masa pensiun pada Mei 2013 adalah hak prerogatif Presiden.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo (ANTARA/Andika Wahyu)

"Itu nanti diproses di satu peta khusus, tetapi yang menentukan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau punya hak prerogratif menentukan, nanti Panglima TNI yang mengusulkan," kata Purnomo di Jakarta, Jumat.

Ia memperkirakan pengganti Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo berasal dari lulusan Akademi Militer antara tahun 1978 hingga 1981, merujuk fakta kepemimpinan TNI AD saat ini didominasi lulusan angkatan 1978, 1980, dan 1981.

TNI Akan Gelar Latihan Terbesar Pada 2014

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengatakan bahwa TNI akan menggelar sebuah latihan terbesar dan terlengkap pada 2014 untuk mempertanggungjawabkan kepada rakyat Indonesia kekuatan yang dimiliki TNI saat ini.


"Kira-kira akhir September atau awal Oktober 2014 latihan tempur terlengkap dan terbesar digelar dengan menampilkan seluruh alutsista yang telah diadakan Kementerian Pertahanan dan TNI," kata Panglima TNI Agus Suhartono kepada pers di Sangatta, Kalimantan Timur, Kamis.

Sebelum memberikan keteranga pers, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono menyaksikan Latihan Gabungan TNI di Sekerat, Kecamatan Bengalon, Kutai Timur Kaltim, Kamis.

Intelijen Perlu Awasi OPM di Oxford

Kegiatan lobi Organisasi Papua Merdeka (OPM) di dunia internasional harus mendapat pengawasan intelijen secara intensif. Lembaga intelijen harus ditransformasi menjadi lembaga intelijen yang berkemampuan tinggi, baik untuk operasi di dalam negeri maupun di luar wilayah negara.

Intelijen Perlu Awasi OPM di Oxford

"Pengawasan ini agar bisa membendung dukungan internasional terhadap apa yang dikampanyekan OPM. Saya mengimbau supaya reformasi sektor intelijen bisa mencakup transformasi badan intelijen nasional sebagai pilar politik luar negeri Indonesia, terutama untuk mengumpulkan informasi," kata Direktur Kajian Politik Center for Indonesian National Policy Studies, Guspiabri Sumowigeno, di Jakarta, Kamis (9/5).

Teroris Rencanakan Bakar Pasar Glodok

Kelompok terduga teroris pimpinan Abu Roban yang digerebek Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri di berbagai kota pada Rabu (8/5) dan Kamis (9/5) pernah berencana membakar Pasar Glodok, Jakarta Pusat. Kelompok ini juga terkait dengan aksi perampokan untuk mendanai aksi teror atau fai di tiga kantor Bank Rakyat Indonesia dengan hasil mencapai 1,8 miliar rupiah dan perampokan toko emas di Tambora, Jakarta Barat.


Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar, kelompok Abu Roban diduga juga terkait dengan kelompok Poso pimpinan Santoso bersama Taufiq Bulaga. Selain itu, kelompok Roban diduga berafiliasi dengan pemasok senjata teroris yang kini dipenjara, Abu Omar. "Saat ini, kami terus melakukan pencarian terhadap Santoso cs, di samping itu juga ada beberapa tokoh penting yang belum terungkap," katanya di Jakarta, Kamis.

Panglima TNI Tinjau Latgab, Ribuan Prajurit Bombardir Sangatta

PANGLIMA TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., didampingi Kasal Laksamana TNI DR. Marsetio, Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, para petinggi TNI dan sejumlah pejabat sipil meninjau Operasi Amfibi pada Latihan Gabungan (Latgab) TNI Tingkat Divisi tahun 2013, di pantai Sekerat, Sangatta, Kalimantan Timur,  Kamis (9/5/2013).

 
Dari bibir pantai Sekerat, Panglima TNI beserta rombongan menyaksikan langsung proses pendaratan Amfibi oleh pasukan pendarat dalam hal ini prajurit-prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan Operasi Amfibi, serta jajaran Yonif Linud 501/Brajayudha yang akan melaksanakan Lintas Udara (Linud).

ITS dan PT Solusi-247 Kerjasama Kembangkan Radar Maritim

 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan perusahaan penyedia layanan teknologi komunikasi PT Solusi-247 menjalin kerja sama untuk mengembangkan "marine radar" (radar maritim).


ITS dan PT Solusi-247 Berkerjasama Kembangkan Radar Maritim
CONTOH: Integrated Maritime Surveillance System (IMSS), sistem radar maritim bernilai Rp 543,9 miliar ini merupakan bantuan AS kepada Indonesia. Secara konkret, IMSS terdiri atas 18 stasiun pengawas pantai (CSS), 11 radar berbasis kapal, dua pusat komando regional, dan dua pusat komando armada di Jakarta dan Surabaya. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | Radar Maritim IMSS TNI-AL Efektifkan Pengamanan Laut Di Selat Malaka. (Ist)

Kerja sama itu ditandatangani oleh Direktur Utama PT Solusi-247, Beno Pradekso, bersama Pembantu Rektor IV ITS Prof Dr Darminto di Gedung Rektorat ITS Surabaya, Rabu.

Beno Pradekso mengatakan pihaknya kini sedang gencar melakukan riset untuk pengembangan produk perusahaannya, karena itu pihaknya menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, seperti ITS.

Rabu, 08 Mei 2013

Satgas Kizi TNI di Haiti Bangun Fasilitas Klinik


KEBUTUHAN akan pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap personil Satgas Kizi TNI Konga XXXII-B/MINUSTAH (Mission des Nations Unies pour la Stabilisation en Haïti) dalam melaksanakan tugasnya sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB, untuk memenuhi kebutuhan akan pelayanan kesehatan tersebut maka perlu adanya penyediaan alat peralatan serta fasilitas kesehatan yang cukup memadai.

Satgas Kizi TNI di Haiti Bangun Fasilitas Klinik

Salah satu upaya nyata yang dilakukan adalah dengan penyediaan bangunan klinik baru yang cukup representatif guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh personil Satgas Kizi TNI.

Bangunan klinik yang baru ini menggantikan bangunan yang lama, yang dirasakan sudah tidak cukup memadai lagi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada personil Satgas Kizi TNI, selanjutnya bangunan klinik yang lama akan dialihfungsikan menjadi ruang tamu dan ruang sound system.

Proyektil di tubuh anggota OPM Aimas bukan standar

Salomina Kalaibin, korban penembakan di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat , Senin malam, akhirnya meninggal setelah dirawat sejak 1 Mei lalu. Dari tubuhnya dokter forensik mendapati, proyektil peluru yang bersarang bukan dari peluru standar TNI/Kepolisian Indonesia. 

 Proyektil di tubuh anggota OPM Aimas bukan standar
Isak Kalaibin (kiri), dalam seragam gerakan separatis OPM dengan pangkat jenderal, sebagai panglima gerakan separatis Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, saat diangkat pada posisi itu, di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua. Foto ini salah satu dari sekian banyak barang bukti yang diperoleh petugas Kepolisian Daerah Papua, pasca penyerangan patroli gabungan pada 1 Mei di sana. (Kepolisian Daerah Papua | Antara)

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua, Komisaris Besar Polisi Gede Sumerta, secara terpisah mengatakan, korban sempat dioperasi Kamis malam (1/5), sesaat setelah tertembak, di RS Sele Be Selo Aimas.

Dikatakan, dokter yang mengoperasi korban berhasil menggeluarkan proyektil namun jenisnya bukan yang biasa digunakan TNI/Kepolisian Indonesia, alias bukan amunisi standar senjata organik.

Indonesia tunggu perwujudan komitmen Inggris atas Papua

Pemerintah Indonesia menunggu langkah pemerintah Inggris atas komitmen mendukung Negara Kesatuan Republik Indonesia atas insiden pembukaan "kantor" gerakan separatis Papua di Oxford, Inggris.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa
Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa (ANTARA/Dhoni Setiawan)

"Saya menyatakan bahwa langkah Dewan Kota Oxford ini sama sekali tidak menggambarkan posisi pemerintah Inggris dan tetap mendukung Indonesia, mendukung NKRI dan mendukung Papua dan Papua Barat bagian dari NKRI. Kita dengar semua itu kita ketahui semua itu yang kita minta silakan dicerminkan," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa.

Menlu menambahkan,"(Pembukaan `kantor` itu, red.) sama sekali tidak mencerminkan posisi pemerintah Inggris, tetapi sekali lagi saat kami bertemu dengan Dubes Inggris kami tegaskan situasi seperti ini tidak lazim bahwasanya suatu pemerintahan tidak mampu mengelola sikap dari pemerintah daerah di Inggris".

Komodo, Milestone Lain Bagi PT Pindad?

Komodo. Itulah nama yang diberikan pada kendaraan taktis 4×4 terbaru kebanggaan PT Pindad ini. Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi memberikan nama hewan asli Indonesia ini pada perhelatan Indo Defence Expo and Forum, November 2012 yang lalu. Presiden memiliki harapan agar kendaraan taktis ini dapat tangguh di medan perang, kuat di segala medan, dan pulang dengan membawa kejayaan bagi Indonesia.

Komodo, Milestone Lain Bagi PT Pindad?
 
Jika ingin sedikit kembali ke masa lalu, tepat tanggal 26 Oktober 2011, Presiden mengunjungi pameran alutsista di PT Dirgantara Indonesia. Saat itu, Presiden memberikan tantangan pada tim Pengembangan Produk dari Pindad untuk membuat kendaraan taktis 4×4.

Para teknisi Divisi Kendaraan Khusus menyetujuinya. Lalu dimulailah perjalanan mewujudkan kendaraan taktis yang kini menjadi kebanggaan Pindad ini.

Latgab TNI, Pesawat TNI AU Siaga di Balikpapan dan Makasar

DALAM rangka Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2013 yang berlangsung hingga 29 Mei mendatang, sejumlah pesawat tempur TNI Angkatan Udara disiagakan di Lanud Balikpapan dan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Senin (6/5).

Latgab TNI, Pesawat TNI AU Siaga di Balikpapan dan Makasar

Di Lanud Balikpapan disiagakan satu flight Hawk 109/209 dari Skadron Udara 12 Lanud Rusmin Nurjadin Pekanbaru dan satu flight F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun selain itu juga satu flight SU-20/30 Sukhoi di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

Tiga jenis pesawat tersebut ditugaskan untuk berpatroli di wilayah udara Kalimantan Timur hingga Sulawesi Utara serta wilayah Sumbawa.

38 Prajurit TNI Masuki Daerah Kalimantan Timur

DENGAN menggunakan Pesawat Hercules C-130 TNI AU, 38 prajurit TNI yang terbagi dalam dua tim Pasukan Khusus TNI berhasil memasuki daerah Sangatta Kalimantan Timur dan Juwata Tarakan Kalimantan Utara yang dikuasai oleh musuh untuk melaksanakan terjun Kendali Depan Operasi Linud (KDOL), Senin (6/5/2013).

38 Prajurit TNI Masuki Daerah Kalimantan Timur

Terjun dari ketinggian 6.000 feet pada pukul 00.30 WITA, Pasukan Khusus TNI pertama dipimpin oleh Kapten Psk Tobing berhasil mendarat dengan sempurna di daerah Sangatta, selanjutnya pada pukul 01.00 WITA, Pasukan Khusus TNI kedua yang dipimpin Lettu Psk Risky Ramdani berhasil mendarat di Tarakan.

Penerjunan Pasukan Khusus TNI merupakan rangkaian kegiatan operasi militer dalam rangka menyiapkan Dropping Zone (DZ) untuk memandu dan mengendalikan operasi Lintas Udara (Linud) di Sangatta dan Operasi Perebutan Pertahanan Pangkalan Udara (OP3U) di Tarakan yang dikuasai musuh.

Senin, 06 Mei 2013

Kantor OPM di Oxford Jangan Dianggap Sepele

Pemerintah diminta tidak menyederhanakan informasi terkait adanya pembukaan Kantor Perwakilan Papua Merdeka, di Oxford, Inggris. Pemerintah tidak boleh langsung mempercayai begitu saja pernyataan pemerintah Inggris menyikapi masalah tersebut.

Kantor OPM di Oxford Jangan Dianggap Sepele

"Kita tidak bisa menelan begitu saja, tidak bisa terlena. Jangan menyederhanakan permasalahan hanya karena pernyataan resmi Kedutaan Besar Inggris di Jakarta yang bisa saja bersifat sesaat," kata Wakil Ketua Komisi I DPR Agus Gumiwang melalui pesan singkat, Minggu ( 5/5/2013 ).

Hal itu dikatakan Agus menyikapi informasi media massa bahwa ada pembukaan Kantor Perwakilan Papua Merdeka di Oxford. Pemerintah Indonesia menyebut pembukaan kantor tersebut tanpa dukungan resmi pemerintah dan parlemen Inggris.

Ujian Logistik Nuh dalam Latihan Gabungan TNI 2013

Banyak diantara kita yang tidak tahu bahwa sejak pertengahan April 2013 negara ini sedang dalam simulasi pertempuran di tiga hotspot yaitu Situbondo Jatim, Sangatta Kaltim dan Bima NTB. Ada pergerakan dan kesiagaan 20 ribu pasukan TNI, 40 KRI, 30 jet tempur berbagai jenis, 200 tank berbagai jenis termasuk artileri, rudal dan roket. Ada uji tembak rudal strategis TNI AL untuk menenggelamkan KRI Teluk Semangka termasuk pendaratan pasukan.
 
Ujian Logistik Nuh dalam Latihan Gabungan TNI 2013

Nah, diantara semua kesiapan itu 2 skuadron Hercules yang bermarkas di Halim Jakarta dan Abdurrahman Saleh Malang siaga untuk mengangkut logistik perang dan pasukan. Simulasi perang kali ini sengaja mengambil waktu sampai dua bulan (April-Mei) karena salah satunya untuk menguji kesiapan logistik perang TNI yaitu logistik BBM, Air, ransum prajurit dan angkutan alutsista berat beserta amunisi perang. 


SBY Janjikan Modernisasi Alutsista TNI Tuntas 2014

Situbondo -- Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjanji akan menuntaskan modernisasi peralatan utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI sebelum akhir jabatannya. "Insya Allah akhir tahun depan kita tuntaskan modernisasi dan pembangunan pertahanan alutsista kita," kata SBY di Pusat Latihan Tempur, Karangtekok, Situbondo, Jumat, 3 Mei 2013.

SBY Janjikan Modernisasi Alutsista TNI Tuntas 2014

SBY hadir di Situbondo untuk menyaksikan latihan gabungan 16.745 prajurit TNI AD, TNI AL, TNI AU di Puslatpur Karangtekok, Situbondo. SBY didampingi istri, Ani Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono beserta istri.

2 KRI Kolinlamil Dukung Pengamanan Perbatasan

DUA kapal perang TNI Angkatan Laut (KRI) dari jajaran Komando Lintas Laut militer (Kolinlamil) melaksanakan operasi pergeseran Pasukan (serpas) TNI yang tergabung dalam satuan tugas (Satgas) pengamanan pulau-pulau terluar wilayah RI yaitu KRI Teluk Manado-537 dan KRI Teluk Lampung-540.

2 KRI Kolinlamil Dukung Pengamanan Perbatasan

Kepala Dinas Penerangan Kolinlamil, Letkol Laut (KH) Heddy Sakti A dalam siaran persnya, Minggu (5/5), mengatakan KRI Teluk Manado-537 melaksanakan pergeseran pasukan pengamanan pulau terluar perbatasan negara tetangga di wilayah Indonesia bagian barat antara lain Pulau Rondo, Pulau Berhala, Pulau Nipah, Pulau Ranai, dan Pulau Sekatung. KRI jenis Angkut Tank Klas Frosch (ATF) dengan komandan Mayor Laut (P) Dewa Gede Oka, melaksanakan lintas laut menuju pangkalan Jakarta setelah melaksanakan debarkasi pasukan marinir di dermaga Panjang Lampung.

Minggu, 05 Mei 2013

Pemerintah protes pembukaan Kantor OPM di Oxford

Pemerintah Indonesia memprotes keras adanya pembukaan kantor Organisasi Papua Merdeka (OPM) bernama 'Free West Papua', di Kota Oxford, Inggris. Sebagai sikap terkait hal tersebut, Dubes RI di London telah menyampaikan posisi Pemerintah tersebut kepada Pemerintah Inggris.

Pemerintah protes pembukaan Kantor OPM di Oxford

"Pembukaan kantor tersebut jelas tidak sesuai dan bertolak belakang dengan hubungan bersahabat yang selama ini terjalin di antara kedua Negara. Bahkan, posisi Pemerintah Inggris sendiri yang selama ini mendukung integritas wilayah NKRI termasuk di dalamnya Papua dan Papua Barat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah NKRI,” ujar Menlu RI Marty M Natalegawa dalam rilisnya kepada Sindonews, Minggu (5/5/2013).

Pemerintah Naikkan Tunjangan Mantan Anggota KNIP, Perintis Kemerdekaan, dan Veteran

Menimbang bahwa besaran tunjangan kehormatan yang diberikan kepada bekas anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), Perintis Pergerakan Kebangsaan/Kemerdekaan, para Veteran saat ini sudah tidak sesuai dengan perkembangan keadaan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tanggal 11 April 2013 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2013 Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2013 dan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2013 menaikkan tunjangan kepada para pejuang kemerdekaan bangsa itu.

Pemerintah Naikkan Tunjangan Mantan Anggota KNIP, Perintis Kemerdekaan, dan Veteran

Melalui Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2013 kepada bekas anggota KNIP kini diberikan tunjangan kehormatan sebesar Rp 2.128.000,00 setiap bulan (sebelumnya Rp 1.988.000,00). Apabila bekas anggota KNIP meninggal dunia, kepada janda/dudanya yang sah diberikan tunjangan kehormatan sebesar Rp 1.585.000,00 setiap bulan (sebelumnya Rp 1.481.000).

Radikalisasi dan Aksi Terorisme Tanggungjawab Kita Semua

Warga masyarakat, terutama para orang tua, diingatkan untuk makin peduli terhadap keadaan anakanaknya yang beranjak remaja dan dewasa. Sebab, kelompok perekrut teroris tengah mengincar para pemuda, utamanya pemuda yang menghadapi persoalan dalam kehidupannya.


Radikalisasi dan Aksi Terorisme Tanggungjawab Kita Semua


Kepedulian yang tinggi terhadap anggota keluarga, akan membantu tumbuh kembang kaum muda menjadi generasi yang diharapkan. Di samping itu, masyarakat secara umum juga agar lebih memunyai perhatian terhadap lingkungan sekitar. Jika melihat gelagat mencurigakan dari orang atau kelompok yang menjurus pada pemberian ajaran-ajaran agama yang menyimpang, agar menegur dan mengomunikasikan dengan ulama, tokoh masyarakat, maupun aparat, sehingga gerak kelompok teroris bisa dipersempit.

Pemerintah RI diminta tegas terhadap pemerintah Inggris

Pemerintah RI diminta bersikap tegas terhadap pemerintah Inggris, atas pembentukan kantor perwakilan Organisasi Papua Merdeka, di Oxford, Inggris.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengecam pembentukan kantor perwakilan gerakan separatisme terhadap kedaulatan RI, di Inggris.



"Pemerintah RI harus tegas bersikap menolak campur tangan Inggris yang secara resmi membuka kantor perwakilan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Oxford," tegas Fadli, melalui siaran pers yang diterima Sindo, Sabtu (4/5/2013). 

Latihan Gabungan 2013 Tunjukkan TNI Miliki Efek Getar

Latihan Gabungan (Latgab) Tentara Nasional Indonesia (TNI) 2013 yang digelar di Asembagus, Jawa Timur (Jatim), memperlihatkan kalau militer Indonesia telah memiliki efek getar (deterrence effect) untuk mempertahankan kedaulatan negara.

Latihan Gabungan 2013 Tunjukkan TNI Miliki Efek Getar

Namun, efek getar itu masih belum sekuat beberapa negara lain, sehingga TNI harus terus didukung, terutama dalam pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Hanura Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati mengatakan pihaknya mengapresiasi Latgab TNI tahun ini.

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters