Cari Artikel di Blog Ini

Sabtu, 22 Juni 2013

PT PAL: Kerja Sama dengan Korea Selatan Rugikan RI

Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) M. Firmansyah Arifin mengatakan program transfer of technology (ToT) kapal selam ke Korea Selatan cenderung merugikan kepentingan nasional. Setelah mempelajari klausul kontraknya, Firmansyah melihat program ToT itu lebih menekankan pada learning by seeing, bukan learning by doing.

Kapal Selam KRI Nanggala 402
Kapal Selam KRI Nanggala 402

Akibatnya, tenaga ahli Indonesia yang dikirm ke Korea Selatan sebatas melihat proses pembuatan tanpa terjun langsung mempelajari teknologinya. Skema kerja sama seperti ini, menurut dia, lebih menguntungkan Korea ketimbang Indonesia. "Memang kami harus mencuri teknologinya karena Korea dulu juga mengambil teknologi dari Jerman," kata Firmansyah usai menandatangani nota kesepahaman dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya di gedung Rektorat ITS, Jumat, 21 Juni 2013.

Harga BBM naik, TNI AD tunda beli Helikopter Apache :)

Proyek pengadaan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) di lingkungan TNI AD tahun ini tampaknya tidak semua berjalan mulus. TNI AD sendiri memutuskan untuk menunda pembelian helikopter tempur Apache.

Harga BBM naik, TNI AD tunda beli Helikopter Apache :)

"Apache akan kami tunda," ujar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Moeldoko di Jakarta, Jumat (21/6).

Moeldoko mengatakan, penundaan terjadi karena kondisi keuangan pemerintah sedang tidak kondusif. Ditambah lagi, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) turut mempengaruhi proses pembelian itu.

"Kami sesuaikan dengan kemampuan negara. Ini (pembelian Apache) akan diusulkan lagi," terang Moeldoko.

11 Helikopter Akan Perkuat TNI AL

Sebelas unit helikopter jenis antikapal selam, dalam waktu dekat, akan memperkuat alat utama sistem senjata (alutsista) jajaran penerbangan TNI AL. Ini pertama kalinya militer Indonesia memiliki helikopter antikapal selam setelah terakhir memiliki sekitar tahun 1960-an.

11 Helikopter Akan Perkuat TNI AL

"Secara bertahap, helikopter akan datang paling lambat pada 5 Oktober 2014, dan langsung memperkuat alutsista TNI AL. Saat ini masih dalam proses, masih ada dua calon penyedia helikopter. Hanya saja, persyaratannya harus ada sebelas unit helikopter," kata Kepala Staf TNI AL (Kasal), Laksamana Marsetio, seusai menerima brevet Penerbang Angkatan Laut dan diangkat sebagai warga kehormatan Penerbangan Angkatan Laut, di Surabaya, Jumat (21/6).

Alutsista Konga XXIII-G/UNIFIL Diperiksa Tim COE

MEMASUKI semester kedua penugasannya di Lebanon, Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang digunakan oleh Prajurit TNI Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-G/UNIFIL atau Indobatt (Indonesian Battalion), kembali diperiksa oleh 9 orang Tim COE (Contingent Owned Equipment) UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon).


Kedatangan 9 orang Tim COE yang diketuai oleh Sergiy Mazurov diterima langsung oleh Wadansatgas Konga XXIII-G/UNIFIL Mayor Inf Pio L. Nainggolan mewakili Dansatgas Letkol Inf Lucky Avianto beserta para perwira staf terkait, di ruang rapat Mako Indobatt UN-Posn 7-1, Adshit al Qusayr, Lebanon Selatan, kemarin.

COE merupakan tim yang diterjunkan dari UNIFIL yang dibentuk oleh UN (United Nation) dengan tujuan melihat secara langsung segala bentuk kesiapan materil, mulai dari kendaran tempur (ranpur), kendaraan ringan (ranri), persenjataan, peralatan komunikasi, peralatan pribadi, kebersihan kamar, lingkungan, makanan dan lain sebagainya yang sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh UN.

Hexarator Pesawat Tampa Awak Bertenaga Listrik Akan di Uji Coba di kantor BPPT Jalan MH Thamrin

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) akan menggelar uji coba terbang pesawat tanpa awak bertenaga listrik. Pesawat karya Insitut Teknologi Bandung (ITB) akan bermanufer di halaman kantor BPPT Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Ilustrasi
Uji coba tersebut dilakukan pada Senin (24/6/2013) pukul 09.30 WIB. Pesawat dengan nama 'hexarator' ini, mampu terbang tanpa membutuhkan landasan yang panjang layaknya helikopter.

Ketua Pelasana Harian Hari Kebangkitan Tekonologi Nasional (Harteknas) dan juga Asdep Jaringan Penyedia IPTEK Kementrian Ristek Goenawan Wibisono menjelaskan, pesawat ini mampu terbang vertikal sehingga tidak membutuhkan ladasan pacu.

"Ini bisa terbang vertikal dan nggak perlu landasan. Kalau UAV (pesawat tanpa awak karya BPPT) perlu landasan sepanjang 500 meter," ucap Goenawan di kantor BPPT Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Pesawat Tampa Awak dan Roket Nasional Menjadi Tema Kebangkitan Tekonologi Nasional ke-18

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) menggelar pameran menyambut Hari Kebangkitan Tekonologi Nasional (Harteknas) ke-18 pada Senin tanggal 24 Juni 2013. Pameran itu akan menampilkan produk hasil riset bidang kedirgantaraan dan teknologi pertahanan keamanan asli karya putra-putri Indonesia.

Pesawat Tampa Awak dan Roket Nasional Menjadi Tema Kebangkitan Tekonologi Nasional ke-18
UAV Sriti buatan BPPT

Contohnya, teknologi pesawat tanpa awak dengan konsep flying car. Ada juga tipe pesawat tanpa awak dengan bahan bakar listrik lainnya yang akan ditampilkan, seperti jenis hexarotor dan tricopter.

Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian Ristek Dadit Herdikiagung menuturkan selain pesawat tanpa awak tersebut, juga ditampilkan berbagai produk unggulan dari perusahaan pelat merah, lembaga riset, masyarakat dan perguruan tinggi.

Jumat, 21 Juni 2013

Ketika Prajurit TNI dan Polisi Bersama-sama Membantu Masyarakat

Ketika Prajurit TNI dan Polisi Bersama-sama Membantu Masyarakat

Polantas dan prajurit Korps Marinir menolong seorang pria lanjut usia dengan sepedanya melewati jembatan penyeberangan di Jl. Urip Sumoharjo, Surabaya, Jatim, Kamis (20/6). Aktivitas memberi pertolongan terhadap warga dari petugas merupakan sebuah perbuatan yang terpuji dan semestinya dilakukan. (ANTARA FOTO/Eric Ireng)

KSAD Jamin Tak Ada Intimidasi Kasus Cebongan

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Moeldoko menjamin tak ada intimidasi dalam persidangan kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cebongan, Sleman, di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta.

KSAD Jenderal TNI Moeldoko
KSAD Jenderal TNI Moeldoko (ANTARA FOTO/Saptono)

"Perintah saya kepada jajaran, kita tunjukan persidangan tanpa intimidasi dan tanpa ada keamanan yang menekan," kata Moeldoko usai acara pelatihan beladiri militer TNI AD di Monas, Jakarta, Jumat.

Ia juga mengatakan, pada saat persidangan perdana kasus Cebongan dengan 12 orang terdakwa itu tak banyak prajurit yang diturunkan. Bahkan lebih banyak petugas kepolisian yang berjaga-jaga untuk mengamankan jalannya persidangan di peradilan militer tersebut.

"Saya tak menekankan pengamanan secara berlebihan karena persidangan harus tanpa tekanan. Jadi, penjagaannya tak terlalu ketat," katanya.

TNI AU Libatkan Empat Pesawat Tempur F-16 Dalam Latihan Kilat dan Operasi di Wilayah Papua

Sebanyak 57 prajurit dan empat pesawat tempur jenis F16 dari satuan Skadron 3 TNI AU, dilibatkan dalam kegiatan latihan kilat dan operasi di wilayah teritorial Komando Sektor IV Pertahanan Udara Nasional di pangkalan udara Manuhua Biak, Jumat.


Komandan Skadron 3 Letkol (Pnb) Setyawan di Biak, Jumat mengatakan, empat pesawat tempur F16 selama tiga hari berada di Pangkalan Udara Manuhua Biak guna mendukung latihan kilat dan operasi Kosek IV Hanudnas Biak.

"Jajaran personel tempur Skadron 3 siap mengikuti berbagai perencanaan pelatihan dan operasi yang digelar Kosek IV Hanudnas yang berlangsung dari  21-23 Juni," ujarnya.

Letkol Setyawan mengakui, selama berada di Pangkalan Udara Manuhua Biak selain mengikuti latihan dan operasi TNI AU pihaknya juga akan melakukan pertunjukan umum kepada masyarakat di Kabupaten Biak Numfor.

Foto Pertunjukan Bela Diri TNI AD di Monas

Sebanyak 5.342 prajurit TNI AD menggelar latihan ketangkasan untuk menunjukkan hasil pembinaan oleh komandan satuannya, yaitu pencak silat, tae kwon do, yongmoodo, boxer, karate, silat Merpati Putih, di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Jumat.

Poto Pertunjukan Bela Diri TNI AD di Monas


Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Moeldoko, menjelaskan, latihan ketangkasan militer ini untuk menunjukkan prajurit TNI AD tak hanya mampu melakukan aksi beladiri melainkan memiliki integritas dan profesionalitas dalam bertugas.

"Saya ingin melihat secara dekat hasil pembinaan dari para komandan satuan kalian. Tidak ada prajurit yang hebat karena yang ada ialah prajurit yang terlatih," kata Moeldoko.

Tanda-Tanda Genderang Perang di Jagat Maya

Setiap hari berjuta-juta serangan cyber masuk ke infrastruktur intenet Indonesia. Apakah itu pertanda genderang perang di dunia maya telah ditabuh? Lantas, bagaimana sistem pertahanan cyber itu dirancang?

Genderang Perang di Jagat Maya

Presiden AS, Barack Obama, dan Presiden Cina, Xi Jinping, tampak akrab bercengkerama perihal keamanan cyber (cyber security) di Sunnyland, California, AS, akhir pekan lalu. Pertemuan informal dua pemimpin negara berpengaruh di dunia itu bermaksud merampungkan masalah keamanan cyber yang ditengarai menjadi kunci hubungan Amerika dan China pada masa mendatang.

Obama dan XI membahas keamanan cyber yang mencakup konsep perlindungan hak cipta (paten), menjaga rahasia bisnis maupun militer, serta mempertahankan infrastruktur Internet guna mencegah suatu sabotase yang berpotensi melumpuhkan suatu organisasi.

Pangkoopsau II Buka Latihan Survival Tempur "Wanatirta Yudha 2013"

PANGLIMA Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau ) II Marsda TNI Agus Supriatna, membuka kegiatan latihan Survival Tempur Koopsau II ”Wanatirta Yudha 2013” di lapangan Apel I Makoopsau II, Kamis (20/6). Hadir pada acara tersebut, Kepala Staf Koopsau II Marsma TNI A. Dwi Putranto, Para Asisten dan pejabat Koopsau II, Komandan Batalyon 466 Paskhas, dan para perwira lainnya.

Pangkoopsau II Marsda TNI Agus Supriatna menyematkan tanda latihan kepada salah satu peserta latihan. (pen koopsau II)
Pangkoopsau II Marsda TNI Agus Supriatna menyematkan tanda latihan kepada salah satu peserta latihan. (pen koopsau II)

Pangkoopsau II Marsda TNI Agus Supriatna, dalam Amanat tertulis pada upacara pembukaan latihan survival tempur Koopsau II  menyatakan, ”Kegiatan latihan ini bertujuan memberi bekal kemampuan khusus bagi awak pesawat dalam menghadapi situasi darurat, baik di darat  maupun di air.

Enam Ribu Polisi Amankan HUT Jakarta

Polda Metro Jaya mengerahkan 6000 personel untuk mengamankan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 486 DKI Jakarta pada 22 Juni 2013 nanti dengan menggelar Jakarta Night Festival.

Enam Ribu Polisi Amankan HUT Jakarta
Enam Ribu Polisi Amankan HUT Jakarta

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, ribuan p ppersonel ini akan diturunkan di beberapa titik di sepanjang Jakarta Night Festival yakni di sepanjang jl MH Thamrin mulai dari Patung Sudirman hingga Patung Kuda.

Kamis, 20 Juni 2013

Cerita Terbakarnya Emosi Serda Ucok yang Berujung Penyerangan ke LP

Oleh Komandan Grup-2 Kopassus Kandang Menjangan Kartasura, seluruh prajurit diminta bersabar saat anggota Kopassus Serka Heru Santosa tewas di Hugo's Cafe Yogyakarta. Tapi emosi Serda Ucok Tigor Simbolon tak terbendung saat mendengar kabar anggota Kodim 0734 Yogyakarta yang juga mantan anggota Kopassus Sertu Sriyono dianiaya. Emosi itulah yang 'menuntun' Serda Ucok menginisiasi penyerangan ke LP Cebongan.

Cerita Terbakarnya Emosi Serda Ucok yang Berujung Penyerangan ke LP

Hubungan Sertu Sriyono dengan Serda Ucok sangat dekat. Keduanya sama-sama menempuh pendidikan Kopassus di Batujajar, Bandung. Serda Ucok juga mengaku berutang budi karena pernah diselamatkan saat operasi militer di Aceh.

Karena itu, begitu mendengar Sertu Sriyono dianiaya, emosi Serda Ucok mendidih. Ia mengajak Serda Sugeng Sumaryanto dan Koptu Kodik dari tempat latihan di Gondosuli, Pegunungan Lawu, Karanganyar. Saat ini, keduanya jadi terdakwa, satu berkas dengan Serda Ucok.

Ini Rekomendasi Lengkap Komnas HAM untuk Kasus Cebongan

Komnas HAM memberi rekomendasi perihal investigasi kasus eksekusi 4 tahanan di LP Cebongan. Komnas menyebut, sejumlah pihak harus ikut bertanggung jawab atas insiden pelanggaran HAM itu.

Ini Rekomendasi Lengkap Komnas HAM untuk Kasus Cebongan

"Disampaikan kepada lembaga-lembaga yang kami rekomendasikan. Jadi mulai dari presiden, DPR RI, MA, KY, LPSK, Kapolri, Panglima TNI, dan lain-lain," terang Ketua Komnas HAM SN Laila dalam jumpa pers di Komnas HAM, Jl Latuharhary, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Laila juga menegaskan, pihaknya akan hadir dalam persidangan di Yogyakarta yang digelar, Kamis (20/6) besok. Komnas HAM akan melakukan pengawasan.

Sidang 12 Kopassus Penyerang Lapas Cebongan Dijaga Super-Ketat

Ratusan petugas keamanan menjaga ketat sidang perdana penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman, pada Sabtu 23 Maret 2013 sekitar pukul 01.30 WIB. 4 Tahanan tersangka pembunuhan anggota Kopassus di Hugo's Cafe tewas diberondong senjata tembakan.

Sidang 12 Kopassus Penyerang Lapas Cebongan Dijaga Super-Ketat
Suasana diluar tempat sidang Kasus Cobongan (Foto: detik.com)
 
Meski agenda sidang digelar pada pukul 10.00 WIB, Kamis (20/6/2013), pengamanan ketat dari ratusan personel TNI-Polri sudah tampak terlihat sejak pagi. Dalam sidang perdana ini, Polda DIY menerjunkan kurang lebih sekitar 450 personel.

Petugas gabungan di antaranya berasal dari satuan Antiteror dan Penjinak Bom. Pengerahan anggota pengamanan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Wadanjen Kopassus Brigjen TNI Jaswandi Dimutasikan

Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Wadanjen Kopassus) TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Jaswandi dimutasikan menjadi Kasdam VII/Wirabuana dan digantikan Kolonel Inf Muhammad Herindra dari Danrem 101/ANT Kodam VI/Mulawarman.

Brigjen TNI Jaswandi dan Jendral Eiji Kimizuka
Brigjen TNI Jaswandi Bersama Kasad Jepang Jendral Eiji Kimizuka (foto : liputan6.com)

Kadispenum Puspen TNI Kolonel Cpl Minulyo Suprapto dalam siaran persnya yang diterima Antara, Rabu, mengatakan, pemutasian itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/405/VI/2013 tanggal 10 Juni 2013, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI telah ditetapkan mutasi jabatan 12 Perwira Tinggi TNI.

Dalam mutasi tersebut tercatat TNI Angkatan Darat sembilan orang yaitu Mayjen TNI Muhammad Nizam dari Pangdam VII/Wirabuana menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI, Mayjen TNI Bachtiar dari Aster Kasad menjadi Pangdam VII/Wirabuana, Mayjen TNI Meris Wiryadi dari Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI menjadi Aster Kasad.

Secuil Kisah Roket TNI-AD

Sebenarnya, ini adalah kisah lama. Pada tahun medio 2008-2009, Dislitbang TNI AD bekerja sama dengan Pindad dan PT. DI melakukan kerja sama merintis pembuatan roket darat ke darat. Dan pada maret 2009, roket 2 tingkat kaliber 120-150mm itu meluncur mulus dari punggung panser produksi Pindad. Di hari itu, sebanyak 

Secuil Kisah Roket TNI-AD

Spesifikasi umum roket ini sendiri antara lain, berat total mencapai 80 kilogram dengan diameter tubuh 120 dan 150mm dalam 2 tingkat. Jarak capai horisontal diperkikaran maksimum 21 kilometer dan vertikal sekitar 6 kilometer. Sementara, kecepatannya mencapai 2 hingga 3 kali kecepatan suara.

Pesawat OV-10F Bronco Dihibahkan

PESAWAT tempur Ov-10F Bronco telah banyak menorehkan tinta emas bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Berbagai operasi telah dilakukan untuk mengharumkan nama Indonesia.  Pesawat OV-10 Bronco milik Skadron Udara 21 telah menjadi legenda sejarah perjuangan Indonesia dan telah pensiun sejak enam tahun yang lalu. Dari jumlah 16 unit, kini hanya tersisa empat unit, salah satunya akan disumbangkan untuk museum Soesilo Soedarman Kroya Cilacap.

Pesawat OV-10F Bronco Dihibahkan

Untuk itu pada hari ini Rabu (19/6) Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Gutomo, S. IP. disaksikan para pejabat Lanud beserta Insub menandatangani berita acara serah terima pesawat OV-10F Bronco noreg TT-1008 dari Lanud Abd Saleh kepada Bapak Misnem, Kepala Bidang Kerjasama Museum Soesilo Soedarman Kroya Cilacap.

Wamenhan Laksanakan Keel Laying Pembangunan Kapal Angkut Tank Ke 3 TNI AL

Wakil Menteri Pertahanan RI (Wamenhan) Letjen (Purn) Sjafrie Syamsuddin melaksanakan acara Keel Laying (Peletakan Lunas Kapal) pembangunan Kapal Angkut Tank-3 TNI Angkatan Laut di galangan kapal Srengsem Panjang, Bandar Lampung, Selasa (18/6).
 
Dalam acara tersebut Wamenhan didampingi Asrenum Panglima TNI Laksamana Madya Among Margono dan pejabat Kemenhan serta Pejabat Mabes TNI, Mabes TNI Angkatan Darat, Mabes TNI Angkatan Laut, Kasarmabar Laksma TNI M. Atok Urrahman, Komandan Lanal Lampung Kolonel Laut (E) Ir. Fery Sidjaja, Forkopinda Lampung dan pejabat TNI-Polri yang ada di wilayah Lampung.

Acara Keel Laying di tandai dengan penekanan tombol bersama tanda dimulainya kegiatan peletakan lunas oleh Wamenhan Letjen (Purn) Sjafrie Syamsuddin, Aslog Kasal Laksda TNI Sru Handayanto dan Waaslog Kasad Brigjen TNI Bayu Purwiyono.

Pesawat F-16 Laksanakan Operasi Cakra di Biak Papua

Pen Lanud Iwj, Magetan (19/6). Lanud Iswahjudi memberangkatkan unsur tempurnya berupa Satu Flight pesawat tempur F-16 Fighthing Falcon dari Skadron Udara 3, untuk melaksanakan Operasi Hanud Cakra di wilayah Kosekhanudnas VI Biak, Rabu (19/6).

Pesawat F-16 Laksanakan Perasi Cakra di Biak Papua
 
Operasi Pertahanan Udara (Hanud) dengan sandi Cakra dilaksanakan selama sembilan hari, dengan home base di Lanud Manuhua Biak, berangkat dari Lanud Iswahjudi, dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Letkol Pnb Setiawan.

Implementasi Pancasila Terdistorsi

Lambatnya pembangunan di Indonesia dinilai karena ideologi Pancasila kerap terdistorsi dalam setiap orde atau masa kepemimpinan. Pada setiap orde, baik Orde Lama, Orde Baru, maupun Orde Reformasi, Pancasila sering kali tak diimplementasikan secara menyeluruh.

Implementasi Pancasila Terdistorsi

"Jika ada penekanan berlebihan pada satu sisi, pada satu sila, Pancasila akan keluar dari rel. Itu yang terjadi sampai saat ini,” kata Direktur Reform Institute, Yudi Latief, saat menjadi pembicara tunggal dalam coff ee morning yang diselenggarakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Jakarta, Rabu (19/6). Menurut dia, Pancasila merupakan jalan keseimbangan. Kemuliaan hidup hanya bisa dicapai melalui jalan keseimbangan.

Rabu, 19 Juni 2013

Kontingen Garuda dikenang cegah bentrokan Lebanon-Israel

Kontingen Garuda yang tergabung dalam pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon (United Nations Interim Force in Lebanon/UNIFIL) dikenang karena berhasil mencegah bentrokan antara pasukan Lebanon dan Israel di perbatasan kedua negara.

Satuan Tugas TNI dalam Kontingen Garuda di UNIFIL berpatroli bersama mitranya di Lebanon, beberapa waktu lalu. (dokumentasi TNI)
Satuan Tugas TNI dalam Kontingen Garuda di UNIFIL berpatroli bersama mitranya di Lebanon, beberapa waktu lalu. (dokumentasi TNI)

"Prestasi yang selalu dikenang adalah keberhasilan Kontingen Garuda (Konga) mencegah kontak senjata antara Angkatan Bersenjata Lebanon dengan Angkatan Bersenjata Israel," kata Komandan KontingenGaruda, Kolonel Infantri Karmin Suharna, dalam sarasehan di Lebanon, sesuai keterangan KBRI di Beirut, Selasa.

"UNIFIL memberi apresiasi tinggi terhadap Indonesia atas kerberhasilan Satgas Indobatt (Indonesian Battalion) Kontingen Garuda, dalam mencegah kontak senjata tentara Lebonon-Israel di wilayah perbatasan Al Adeisseh pada Agustus 2010," kata Suharna. 

Tiga hakim agung akan pantau sidang kasus Cebongan

Mahkamah Agung telah menunjuk tiga hakim agung untuk memantau persidangan kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan di Yogyakarta yang melibatkan 11 anggota Komando Pasukan Khusus ( Kopasus).

Tiga hakim agung akan pantau sidang kasus Cebongan
Anggota Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartosuro, Sukoharjo melakukan ziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Yogyakarta, Selasa (18/6). Ziarah tersebut dilakukan sebelum digelarnya sidang militer pada Kamis (20/6) di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta yang melibatkan anggota Kopassus dalam kasus penembakan Lapas 2B Cebongan dengan tujuan agar dapat memberikan dukungan moril kepada para tersangka. (ANTARA FOTO/Noveradika)

Ketiga hakim agung yang ditunjuk memantau sidang kasus itu terdiri atas Ketua Kamar Peradilan Militer Mahkamah Agung Imron Anwari, Hakim Agung Gayus Lumbuun dan Hakim Agung Andi Abu Ayyub.

Australia Awasi Indonesia Lewat Jaringan RADAR OTH

Ari Sukiasto, Pengamat Intelijen 

Karena takut invasi militer Indonesia, Angkatan Bersenjata Australia akhirnya perlu membangun jaringan Radar OTH [Over The Horizon] tembus cakrawala, Jindalee di Darwin-Australia.




Radar OTH ini bekerja pada riak gelombang pendek SW [Short Wave] non stop 24 jam dipancarkan ke udara melalui antena pancar dan gelombang SW memantul di lapisan kedap gelombang SW, di ionosfir Kinnely Heavyside dan ditangkap oleh antena penerima gelombang balik. Sehingga seluruh wilayah udara-laut Indonesia bisa diraba dari Australia.


Sumber : GFI

Pindad Kebut Produksi Panser Anoa dan Rantis Komodo

Setelah TNI memesan 150 panser Anoa produksi Pindad pada tahun 2008, pabrik persenjataan di Bandung, Jawa Barat yang sudah berstatus BUMN  itu seperti  mendapat pasokan darah segar. Jumlah total dana yang dikucurkan pemerintah untuk membeli 150 unit panser Anoa melebihi Rp 1 trilliun sehingga operasional produksi Anoa pun berjalan lancar.

 Panser Anoa

Tidak hanya merampungkan 150 unit panser Anoa, para teknisi senjata Pindad saat ini juga sedang menggeber produksinya demi memenuhi pesanan TNI yang jumlah totalnya  ( termasuk pesanan 150 unit pertama) , mencapai lebih dari 300 unit.  Anoa yang sudah dioperasikan bahkan ada yang dikirim ke Lebanon guna mendukung tugas Pasukan Perdamaian PBB Indonesia, Satgas Indo FPC TNI Konga XXVI-D2/UNIFIL.

TNI AL Segera Miliki Pesawat CN-235 MPA dan Helikopter Anti Kapal Selam

Dalam waktu dekat ini, TNI AL akan menerima pesawat udara CN-235 buatan PT. Dirgantara Indonesia sebanyak tiga unit. TNI AL juga akan terus meningkatkan kemampuan Penerbangan TNI AL tidak hanya personilnya, tetapi juga peralatannya, serta akan menambah alutsista dari luar negeri seperti helikopter antikapal selam, helikopter latih dan alat-alat pengintaian yang nantinya akan digunakan untuk maritime patrol area.

TNI AL Segera Miliki Pesawat CN-235 MPA dan Helikopter Anti Kapal Selam

Hal tersebut disampaikan Kepala Sataf Angkatan Laut dalam amanatnya yang dibacakan Asisten Operasi Kasal (Asops) Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., saat selaku inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun Penerbangan Angkatan Laut yang genap memasuki usia 57 tahun, yang digelar dalam suatu upacara militer bertempat di hanggar Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda, Surabaya, Senin (17/6). Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Penerbangan Angkatan Laut tahun 2013 ini adalah: “Dengan Semangat Dharma Jalakaca Putra, Penerbangan Angkatan Laut Siap Mengefektifkan Pembinaan Kekuatan dan Kemampuan dalam rangka Mendukung Kesiapsiagaan Operasi”.

PNG Tertarik Kerjasama Pengadaan Alutsista

Menteri Pertahanan Papua Nugini (PNG), Fabian Pok, tertarik lakukan kerja sama dengan Indonesia di bidang pertahanan, khususnya dalam pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista).

PNG Tertarik Kerjasama Pengadaan Alutsista

"Industri pertahanan Indonesia sedang berkembang. Kami tertarik membuat kerja sama. Kami butuh alutsista yang berhubungan dengan laut karena banyak kasus illegal logging dan illegal fishing yang diangkut lewat laut," kata Menhan PNG usai melakukan kunjungan kehormatan ke Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Selasa (18/6).

Dijelaskan, saat ini sudah banyak kasus perdagangan orang atau human traficking lintas perbatasan darat. Oleh sebab itu kerjasama di bidang pertahanan dan pengadaan alutsista antar kedua negara sangat dibutuhkan.

Diplomat Disadap Inggris, Menlu RI Minta Penjelasan

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri berharap Inggris memberikan penjelasan terkait aksi penyadapan yang dilakukan oleh agen intelijen mereka (GHCQ) terhadap delegasi konferensi G20 tahun 2009. Hal itu disampaikan oleh Menlu Marty Natalegawa yang ditemui usai menerima kunjungan kerja Menlu Nikaragua, Samuel Santos Lopez, Selasa 18 Juni 2013.

Diplomat Disadap Inggris, Menlu RI Minta Penjelasan

Marty mengaku sudah membaca artikel di harian Guardian tersebut dan berharap pemerintah Inggris menjelaskan duduk permasalahan yang sebenarnya. "Bukan untuk apa pun juga, melainkan supaya masalah ini dapat dikelola dengan baik," ujar Marty.

Kendati berharap penjelasan dari pemerintah Inggris, Marty mengaku tidak akan memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Mark Canning, untuk meminta keterangan. "Penyampaian melalui media itu sudah baik dan cukup. Tapi apabila saya bertemu dengan Dubesnya di suatu acara, tentu akan ditanyakan," kata Marty.

Diplomat Indonesia Jadi Sasaran Penyadapan Inggris?

Intelijen Inggris dilaporkan telah menyadap percakapan telepon dan riwayat email para delegasi pada pertemuan G20, 2009 lalu. Ternyata ini bukan kali pertama Inggris melakukan penyadapan para utusan asing.


Hal ini diberitakan laman The Guardian awal pekan ini. Dalam sebuah artikelnya, Guardian mengatakan bahwa praktik ini sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh Inggris semata, tapi kebanyakan negara tuan rumah.

Inilah yang menyebabkan beberapa Kedubes di ibukota sebuah negara memiliki ruangan khusus tanpa jendela untuk menghindari penyadapan.

Kasus penyadapan oleh intelijen Inggris M15 yang paling terkenal terjadi tahun 1985. Seorang pejabat M15 Peter Wright mengungkapkan kala itu bahwa M15 telah menyadap seluruh konferensi para diplomat asing di gedung pertemuan Lancaster House antara tahun 1950an sampai 1960an, selama perang dingin.

Selasa, 18 Juni 2013

TNI-Pertamina Kerjasama Amankan Obyek Vital Nasional

CORPORATE Social Responsibility (CSR) merupakan suatu komitmen berkelanjutan oleh dunia usaha untuk bertindak etis dan memberikan kontribusi kepada pengembangan ekonomi dari komunitas setempat ataupun masyarakat luas, bersamaan dengan peningkatan taraf hidup personil dalam suatu perusahaan atau dunia usaha. 

Kerjasama Pengamanan Obyek Vital Nasional.
Kerjasama Pengamanan Obyek Vital Nasional.

Hal ini dikatakan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E pada acara  kerjasama Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding / MoU) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan PT. Pertamina (Persero) di Kantor Pusat Pertamina Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. dengan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) Karen Agustiawan untuk mengatur rencana kerjasama tentang “Pengamanan Obyek Vital Nasional Strategis dan Penyaluran Bantuan Corporate Social Responsibility”.

Kapolri Baru Harus Hindari Bujukan Parpol

Menghadapi tahun politik dan suksesi kepemimpinan dalam Kepolisian RI, Kapolri baru harus mampu menjaga institusinya untuk tidak terbujuk parpol tertentu,  kata anggota Komisi III DPR Edy Ramli Sitanggang.

Kapolri Baru Harus Hindari Bujukan Parpol

"Kapolri baru harus menjaga korpsnya untuk tetap independen, harus hindari bujukan parpol tertentu," sambung Edy di Jakarta, Selasa.

Ia menilai Kapolri baru bakal menghadapi tahun politik yang sangat berat sehingga dia harus berfigur kuat, berintegritas, mampu membaca konstelasi politik.

RI–Papua Nugini Kerja Sama Ekstradisi

Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Papua Nugini sepakat meningkatkan hubungan selama ini, yang diwujudkan dengan ditandatanganinya 11 kerja sama. Kerja sama tersebut, antara lain, di bidang penjagaan perbatasan, pendidikan diplomatik, perjanjian ekstradisi, hubungan udara, pengelolaan sumber daya mineral (minyak bumi), pendidikan, pariwisata, serta kepemudaan dan olah raga. 

RI–Papua Nugini Kerja Sama Ekstradisi

"Pada pertemuan ini, kami telah membahas banyak hal, intinya untuk meningkatkan lagi kerja sama dan kemitraan kedua negara. Kami sepakat meningkatkan hunungan bilateral kami menjadi tingkat komperhensif atau comprehensive partnership," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono seusai penandatanganan kerja sama RI–Papua Nugini, di Istana Merdeka, Senin (17/6).

Jatah Posisi Panglima TNI Berikutnya Untuk Angkatan Udara dan Angkatan Darat

Calon pengganti Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dipastikan bukan dari unsur Angkatan Laut (AL). Sesuai ketentuan azas rotasi, peluang calon panglima baru menjadi milik Angkatan Darat (AD) dan Angkatan Udara (AU).

Jatah Posisi Panglima TNI Berikutnya Untuk Angkatan Udara dan Angkatan Darat

"Sesuai perundangan panglima berlaku rotasi. Kalau sekarang Angkatan Laut, tentu pengganti saya bukan dari Angkatan Laut," ujar Panglima TNI Agus Suhartono disela acara bakti sosial dan pelayanan Keluarga Berencana (KB) di lingkungan pasar Legi Kelurahan/Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Senin (17/6/2013).

Jabatan Panglima TNI Agus Suhartono akan berakhir pada Agustus 2013 mendatang. Pria kelahiran Kelurahan Sukorejo, Kota Blitar tersebut telah memasuki masa purnawirawan (pensiun).

TNI AU Siapkan Infrastruktur Untuk Sambut 24 Pesawat F-16 Bekas Amerika

Komando Operasi TNI Angkatan Udara I saat ini tengah sibuk mempersiapkan kedatangan 24 unit pesawat tempur F-16 hibah dari eks Angkatan Udara Amerika Serikat. Persiapan itu antara lain pembangunan infrastruktur Skuadron Udara baru bernomor 16 di Pekanbaru, Riau, yang akan menjadi kandang F-16.

TNI AU Siapkan Infrastruktur Untuk Sambut 24 Pesawat F-16 Bekas Amerika

"Sekarang infrastruktur sudah dibangun, mulai dari hanggar, taxi-way, hingga persiapan lain," kata Panglima Komando Operasi TNI AU I, Marsekal Muda M. Syaugi, saat ditemui dalam upacara peringatan HUT Komando Operasi TNI AU ke-62 di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 17 Juni 2013.

Senin, 17 Juni 2013

Djoko: Tentara Harus Profesional dan Militan

KEAMANAN adalah muara dari semua permasalahan yang tidak selesai di negeri ini, masalah-masalah keadilan, ekonomi, ideologi, dan politik bermuara di masalah keamanan.

Djoko: Tentara Harus Profesional dan Militan
 
Saat proses politik dan sosial tak memenuhi harapan kita harus kembali ke konstitusi (UUD 1945 – red) sebagai kesepakatan dasar yang harus dikawal dan dipedomani dalam mencapai cita-cita bersama.

“Mencapai Indonesia tahun 2045 kembali sebagai negara yang jaya perlu militansi dan kerja keras, harus bersatu dan jangan hanya bertengkar saling menyalahkan,” ujar Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso.

Inilah Ruas Jalan Staregis Nasional Papua - Papua Barat Yang Akan di Bangun TNI

Melalui Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2013 pemerintah menugaskan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menangani pembangunan ruas jalan tertentu pada Jalan Strategis Nasional Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Inilah Ruas Jalan Staregis Nasional Papua - Papua Barat Yang Akan di Bangun TNI

Inilah jalan yang dinyatakan sebagai jalan strategis yang akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum bersama-sama TNI sebagaimana tercantum dalam lampiran Perpres tersebut, yaitu:

Kontingen Paspampres Raih Juara Dua Kejuaraan Yongmodoo World Championship

Kontingen Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) berhasil meraih posisi kedua dengan menyingkirkan Amerika Serikat dan Mongolia dalam perolehan medali pada kejuaraan Yongmodoo World Championship yang digelar di Yongin, Korea Selatan Jumat (14/6). Kontingen Paspampres berhasil meraih 1 medali emas, 4 medali perak dan 6 medali perunggu.

Kontingen Paspampres Raih Juara Dua Kejuaraan Yongmodoo World Championship

Kejuaraan ini merupakan pagelaran kejuaraan yongmoodo yang pertama di dunia dan digelar pada hari Senin (10/6) sampai Sabtu (15/6). Kejuaraan ini dibuka oleh Presiden International Yongmoodo Federation, Rhee Chul Hyee dan didukung penuh oleh 23 negara official serta diikuti oleh atlet - atlet dari 14 negara termasuk Indonesia.

Minggu, 16 Juni 2013

Larang Polwan berjilbab, Polri langgar HAM

Polri didesak untuk tidak melarang Polisi Wanita (Polwan) mengenakan jilbab saat menjalankan tugas. Sebab, kebijakan larangan itu termasuk kategori pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Larang Polwan berjilbab, Polri langgar HAM


"Kami berharap Polri tak melarang anggotanya (polwan) untuk kenakan jilbab saat menunaikan tugas," kata Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Lukman Hakim Sayifuddin kepada Sindonews, Jumat (14/6/2013).

Menurutnya, mengenakan jilbab merupakan kebebasan menjalankan ajaran agama yang seharusnya dipenuhi dan dijamin oleh konstitusi.

Sekbang Adisutjipto Akan Lahirkan 32 Penerbang dan 6 Navigator Baru

Sebanyak 32  orang siswa Sekolah  Penerbang Angkatan ke-83 dan 6 orang Siswa Seknav Angkatan 11, Jumat (14/6) dini hari mendapat penyematan Wing Penerbang dan Navigator. Hal ini menandai akan berakhirnya masa pendidikan dan akan dilantik oleh Kasau tanggal 24 Juni 2013 mendatang.

Para siswa Sekbang Angkatan 83 dan Seknav Angkatan 11 sedang melaksanakan acara tradisi menjelang Upacara Penyematan Wing, Kamis (14/6) di  area Jogja Adventure Zone.(Pentak Adi)
Para siswa Sekbang Angkatan 83 dan Seknav Angkatan 11 sedang melaksanakan acara tradisi menjelang Upacara Penyematan Wing, Kamis (14/6) di  area Jogja Adventure Zone.(Pentak Adi)

Penyerahan Wing Penerbang dan Wing Navigator ini dikemas dalam suatu acara Tradisi Militer, diawali dengan pendadakan di Mess Wirambara menjelang tengah malam setelah itu pasukan dibawa ke Monumen Perjuangan TNI Ngoto untuk selanjutnya digerakkan menuju sekitar Terminal bus Giwangan dan melaksanakan lari malam menuju Base Camp Sekbang dan sejenak istirahat di kawasan kompleks Blok O, lanjut menuju Jogja Adventure Zone (JAZ).

Pemerintah Siapkan Rp 15 Triliun Untuk Pengembangan Jet Tempur IFX/KFX

Dibutuhkan setidaknya dana mencapai US$ 8 miliar atau setara Rp 78,4 triliun untuk menghasilkan prototype jet tempur Korea Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX) yang tersertifikasi dan siap produksi.

Pemerintah Siapkan Rp 15 Triliun Untuk Pengembangan Jet Tempur IFX/KFX
 
Jet tempur ini, merupakan program kerjasama antara Kementerian Pertahanan Indonesia dan Korea Selatan. Sementara, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan mengalokasikan anggaran mencapai US$ 1,8 miliar atau senilai Rp 15,68 triliun. Alokasi ini, setara 20% dari dari keseluruhan biaya pengembangan jet tempur KFX/IFX.

"Kita join, totalnya US$ 8 miliar. Porsinya 20% ditanggung Indonesia dan 80% ditanggung Korsel," ucap Manager Komunikasi PT Dirgantara Indonesia (Persero) Sonny S Ibrahim.

Angkatan Laut dari 18 Negara Bakal Latihan Bersama di Batam

Angkatan Laut dari 18 negara akan menggelar latihan bersama di Batam, Kepulauan Riau pada Maret tahun depan. Komandan Gugur Tempur Laut Armada Barat (Danguspurlaarmabar) TNI AL,  Laksamana Pertama TNI Amarullah Oktavian menyatakan, latihan bersama itu akan menjadi embrio terwujudnya Asean Community pada 2015 nanti.

Angkatan Laut dari 18 Negara Bakal Latihan Bersama di Batam

Menurut Oktavian, ada 10 negara ASEAN bakal bergabung dalam latihan bersama itu. Selain itu, ada delapan negara lain di luar ASEAN yang akan ikut, yakni Amerika Serikat, India, China, Rusia, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru.  “Latihan bersama ini lebih pada operasi penanganan bencana yang akan disosialisasikan di Anambas dan Natuna,” kata Oktavian kepada batampos.co.id, Sabtu (15/6).

Kemenhan Yakinkan DPR Soal Keberlanjuatan Projek IFX/KFX

Meski pihak Korea Selatan masih menunda dan belum menjelaskan kapan kerjasama perancangan jet tempur masa depan IFX/KFX (Indonesia/Korea Fighter Experiment) diteruskan, pihak Indonesia tetap berusaha melanjutkan proyek ini sebatas pada bagian-bagian yang bisa dikerjakan sendiri. Di dalam negeri, program ini dikerjakan tim dari Balitbang Kementerian Pertahanan, BPPT, PT Dirgantara Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan lain-lain. Proyek ini menggantung setelah tim Korea-Indonesia menuntaskan tahap pertama, yakni Technology Development, dalam waktu 18 bulan, pada Desember 2012.

konsep IFX/KFX yang dirilis PT Dirgantara Indonesia. Indonesia-Korea akan memilih salah satu dari konsep ini.
konsep IFX/KFX yang dirilis PT Dirgantara Indonesia. Indonesia-Korea akan memilih salah satu dari konsep ini.

Demikian ungkap Pembina Tim Komunikasi PT DI, Sonny S. Ibrahim, terkait proyek bilateral yang digagas Pemerintah Korea Selatan pada 2010 itu. Pernyataan tersebut disampaikan  Jum’at (14/6) menanggapi pertanyaan Angkasa seputar penjelasan  Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsuddien tentang IFX/KFX kepada anggota Komisi I DPR RI saat meninjau kesiapan dan fasilitas enjiniring IFX/KFX di DI, Bandung, Kamis (13/6) kemarin. Di pihak Indonesia, Kementerian Pertahanan menjadi penanggung-jawab utama atas proyek prestis yang pernah dikatakan menelan ongkos 8 miliar dollar AS itu.

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters