Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 21 September 2012

Misteri Keberadaan Kapal Selam Indonesia

Kalau dipikir-pikir,  ada yang ganjil dengan armada bawah laut Indonesia.  Saat ini TNI AL hanya memiliki dua kapal selam gaek namun harus menjaga wilayah laut  Indonesia yang demikian luas. Bayangkan saja, 2/3 dari wilayah Indonesia adalah lautan.

KRI Cakra 401
KRI Cakra 401 (img : jakartagreater.com)

Hal itu kontras dengan pengadaan alutsista untuk matra darat,  udara maupun permukaan laut.  Lihat saja, alutsista untuk matra permukaan laut  terus ditambah dengan: 4 Korvet Sigma, 3 Nakhoda Ragam Class, 1 PKR Sigma 10514, PKR Trimaran KRI Klewang, 4 Heavy Landing Platform Dock KRI Makassar Class,  KCR-40 dan kapal-kapal patroli lainnya, BMP-3, Ruda C-705 dan lain-lain.

Matra udara ada penambahan: 6 Sukhoi SU30MK2, 16 Super Tucano, 34 pesawat F-16 Block 32++, 9 C-295, 4 Hecules, , Bell 412, CN 235,  Rudal anti udara dan lain-lain.


Sementara untuk matra darat ada penambahan: 100 MBT Leopard Revo, 50 IFV Marder, MLRS Astros II, ATGM, Meriam Caessar 155mm, Rantis Sherpa, Panser Anoa, 12 Helikopter Fennec,  Rudal anti udara Startreak dan lain sebagainya.

Pengembangan kekuatan bawah laut yang  terkesan ketinggalan, terseok-seok, hanya dijaga  dua kapal selam tua. Apakah keputusan itu masuk akal  ?.

Kapal Selam Changbogo

Memang ada rencana pembuatan 3 kapal selam Changbogo dari Korea Selatan. Namun pengadaan kapal selam ini masih menuai kendala, terkait transfer of technology. Korea Selatan meminta dana yang cukup besar untuk ToT. Bukan itu saja, Korea Selatan pun, mengaku tidak mungkin memenuhi syarat yang diajukan Indonesia untuk pengadaan 3 kapal selam Changbogo.  Artinya proyek kapal selam Changbogo ini belum jelas.


Kapal Selam Changbogo Korea Selatan
Kapal Selam Changbogo Korea Selatan (img : jakartagreater.com)

Dengan demikian, banyak  lubang besar di bawah laut Indonesia yang menjadi titik lemah negeri ini, sekaligus memberikan jalan masuk bagi kapal selam asing. Kondisi ini menempatkan kapal-kapal permukaan TNI AL dalam posisi berbahaya dan menjadi sasaran empuk.  Padahal kita tahu, kapal selam adalah salah satu deteren dalam alutsista militer, karena keberadaannya susah dilacak.

Bahkan negara-negara besar seperti AS, Rusia, Inggris, Perancis dan China terus memodernisasi armada kapal selam mereka.

Dengan kondisi di atas, apakah tidak aneh Indonesia hanya memiliki 2 kapal selam tua, sebagai pertahanan bawah laut ?. Tentu Aneh.



Kapal Selam Tetangga

Sekarang mari kita bandingkan dengan kapal selam negara tetangga, agar kalkulasi yang kita dapatkan lebih cermat.

Negara mini seperti Singapura,  memiliki 6 kapal selam modern. Namun mereka terus memperkuat armada bawah laut  dengan memesan 4 kapal selam Scorpene class SSKs dari DCNS Perancis. Sebentar lagi Singapura akan memiliki 10 kapal selam yang siap tempur dan menggentarkan.

Bahkan Vietnam yang ekonominya masih di bawah Indonesia sedang mendatangkan 6 kapal selam  Improved Kilo (Kilo-636 KMV).  Kontrak pembelian kapal selam itu dilakukan Vietnam ke Rusia pada tahun 2010, dan akan datang satu kapal selam, setiap tahunnya.


Kapal Selam Scorpene
Kapal Selam Scorpene (img : jakartagreater.com)

Adapun Malaysia memiliki dua kapal selam modern Scorpene yang dikerjakan  Galangan Kapal Perancis DCNS bersama rekannya  Navantia Spanyol.  Sebelum menerima kapal selam itu, 150 prajurit Angkatan Laut Malaysia dilatih mengenal dan mengoperasikan kapal selam Agosta Class, yang telah dipensiunkan dari Angkatan Laut Perancis.   Malaysia sedang mempertimbangkan penambahan jumlah kapal selam, setelah Angkatan laut mereka terbiasa dengan 2 kapal selam Scorpene yang dibeli dari Perancis.

Malaysia memang baru memiliki 2 kapal selam, namun jangan salah kapal selam mereka sudah modern. Selain itu luas laut yang harus dijaga kapal selam Malaysia, jauh lebih kecil dibandingkan Indonesia.

Negara tetangga di Selatan, Australia memiliki 6 kapal selam Collin Class yang dibangun bertahap sejak tahun 1996.  Kapal selam ini dibuat oleh Australian Submarine Corporation bekerjasama dengan Galangan kapal Kockums, Swedia- Jerman.

Australia sendiri telah mencanangkan penggantian 6 kapal selam mereka sejak tahun 2007, dengan nama Project SEA 100. Kapal selam Collins akan digantikan oleh 12 kapal selam yang lebih modern.


Kapal Selam Collin Class Australia
Kapal Selam Collin Class Australia (img : jakartagreater.com)

Dengan konstelasi seperti itu, armada kapal selam Indonesia paling kecil secara kualitas-kuantitas dibandingkan negara-negara di sekitarnya.

Jumlah kapal selam Indonesia yang hanya dua unit, memang cukup diragukan oleh berbagai pengamat militer internasional. Alasannya, secara hitung-hitungan militer, jumlah itu sangat minim. Keraguan lain disebabkan, hingga saat ini pihak  Indonesia maupun Rusia belum pernah terdengar membatalkan pembelian 2 kapal selam Kilo Classa. Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin sudah menyetujui kredit ekspor untuk pengadaan kapal selam itu sebesar 700 juta USD.


Presiden SBY melihat model Kilo Class
Presiden SBY melihat model Kilo Class (img : jakartagreater.com)

Bahkan sebagian pengamat militer negara asing mempercayai Indonesia memiliki 4 hingga 6 kapal selam Kilo Class.  Kalaulah dugaan itu betul adanya, beruntunglah Indonesia.  Namun jika dugaan itu tidak benar dan Indonesia hanya memiliki 2 kapal selam tua, tentu kebijakan itu terasa aneh. Yang membuat penasaran adalah, mengapa TNI AL tampaknya tenang-tenang saja, walau hanya memiliki dua kapal selam gaek, sementara armada permukaan laut terus digenjot jumlah dan kualitasnya


Penampakan Kapal Selam Kilo Class Indonesia
Penampakan Kapal Selam Kilo Class Indonesia dalam Sebuah Kalender 
(Img : plus.google.com / Guntur Sasongko)


Sumber : JKGR.

73 komentar:

  1. apa mungkin jumlah kapal selam Indonesia itu dirahasiakan? Ataukah memang Indonesia cuma memiliki 2 unit kapal selam tua itu ya? Weh weh weh,

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu memang menjadi perdebatan dan berita hangat dibeberapa komusitas dan pemerhati militer Indonesia. semoga saja KS kilo benar2 ada meski dirahasiahkan keberadaanya oleh TNI AL.

      Hapus
    2. sy pernah dapet informasi dari orang2 di TNI AL kalau memang indonesia sudah memiliki kilo class pasalnya mereka mengirimkan hampir 100 parajurit ke rusia untuk dilatih sebagai awak kapal selam kayanya ini operasi rahasia TNI AL demi menjaga NKRI

      Hapus
    3. saya percaya itu mas Hantu Laut, tapi apaun yang terjadi biarlah KS Indonesia tetap menjadi misteri...

      Hapus
    4. setau saya yg dapet kabar cerita dri orang puspiptek serpong yg prnah benerin tropong seharga milyaran rupiah, d tabrak tongkang pd wakt latihan ngintip orang mandi hihihi kidding.karena negara lain membandrol 27M untuk maintenance.anak bangsa lah yg bnerin,. emang keadaan itu sangat d rahasiakan keamananya. mungkin takut d embargo kli ye..negara adikuasa takut mlihat kekuatan kita tr gmeteran..krna ne rahasia jd ga sya kasih tau hihhiiih tnang tauya klo kita perang., pasti alat2 canggih siluman pda kluar kandang, jngan kwatir..ini hanyalah strategi kekuatan

      Hapus
    5. pernah juga dapat info dari orang AL katanya Indonesia masih punya yang masih berjalan satu atau dua kapal selam.

      Hapus
  2. Bisa jadi bener sdh ada, khan Menhan suka bikin kejutan contoh: pengadaan Leopard...

    BalasHapus
  3. kilo class memang sudah ada namun itu di rahasiakan kedatangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menhan sepertinya memang masih merahasiahkan keberadaan KS Kilo ini. semoga menjadi kejutan yang berpengaruh terahadap kekuatan maritim RI

      Hapus
  4. Beberapa bln yang lalu dubes rusia pernah blg indonesia tlh membeli kapal selam tipe bnv...cuma tni al aja gak mau pamer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. RI tidak perlu pamer kekuatan KS, biarkan rahasiah kekuatan KS RI menjadi kejutan bagi negara tetangga.

      Hapus
  5. Indonesia punya kapal selam bnv (binocular night virsion) yg dpt melihat di mlm hari made in rusia

    BalasHapus
  6. Dlm daftar calon user kelas kilo rusia,indonesia memang memesan 2 kapal selam dari Rusia.
    Yg terbaru adalah,saat 3negara berlomba untuk memenangkan tender 3 kapal selam.Dan dimenangkan korsel,jerman dan turki ditenangkan dengan tetap fokus untuk k.s tipe 214.
    Dalam KTT ASEAN Tahun lalu,seorang menteri mengatan.Bahwa untuk pengamana dilaut,indonesi jg mengirim 3 k.s(dan pernah jadi perdebatan di DPR).
    Di era Bung.Karno,indonesia mengoperasikan 12 Kapal Selam(Wiskey Class).
    Tapi dubes Rusia dalam serah terima kilo class awal Tahun 2012 mengatakan,bahwa indonesia pernah mengoperasikan 24 wiskey class.
    Jadi untuk urusan kapal selam,Indonesia selalu Rahasia.Coba tebak,sekarang punya berapa kapal selam? Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh setuju mas Ronggolawe, untuk kapal yg satu ini ada baiknya dirahariahkan. karena KS merupakan senjata pamungkas RI

      Hapus
    2. salah mas, pada KTT ASEAN, bukan ngirim 3 KS tapi 3 kapal Perang

      Hapus
  7. yacch semoga petinggi2 pemerintahan kita melek mata, melihat negara tetangga bada bangun kekuatan bawah lautnya ironis memang pejabat2 kita yg dipikirin itu apa ?

    BalasHapus
  8. Hehe.. Beritanya memang ilang mas,ini jg baik untuk strategi Rahasia Negara.Sebagaimana yg dikatakan Bapak menhan waktu itu,Kapal Selam itu Silent Killer masak DPR malah teriak-teriak.. Aku jg kadang mikirnya begini,kalo 1 k.s dipakai buat latihan berarti yg jaga lautan luas ini tinggal 1 k.S. Aku yakin TNI AL punya yg lainnya buat jaga Samudera Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul setuju sekali KS itu Silent Killer. jadi ga usah terlalu dipublikasikan.

      Hapus
  9. ia ,,anehh dan sangat aneh ,,mngingat luas lautan sekitar 5 juta kilometer persegi masa cuman 2 biji ,,ga masuk di otak tuh ! udah gitu TNI AL ngerasa anteng 2 aja ngeliat negara singapur,malay dan aussie yng masing 2 puny collin 6 biji ,,scorpene dn tender 6 biji scorpene utk singapura ! wah ada yang ga beres tntang pemberitaan ke publik dan sengaja dirahasiakan biar ga ad yg kalang kabut !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. takperlu banyak cerita, kaloupun KS Kilo Class memang ada, biarlah menjadi misteri dan menjadi senjata kejut bahkan senjata pamungkas pertamahan maritim RI.

      Hapus
  10. kapal selam ri kl g salah ada 83 biji bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah banyak bener.... apa iya?

      Hapus
    2. betul tu mas, tapi kalo sebanyak itu bukan kapal selam deh, tapi kapal tenggelam....

      Hapus
    3. bukan kapal tenggelam p.bos tapi empek2 kapal selam.....wkwkwkwk...

      Hapus
  11. Banyak bro dan markas besarnya KS kita di Palembang....he.he,hr

    BalasHapus
  12. atau para tentara kita hanya berusaha menenangkan hati dengan kebijakan belanja militer kita?

    BalasHapus
  13. mantaph....bangga menjadi bangsa Indonesia..SEMANGAT.

    BalasHapus
  14. Liat di http://en.wikipedia.org/wiki/Kilo_class_submarine (yg entah bener atau ngga) juga disitu Indonesia punya tapi classified, semoga aja bener ya gan Indonesia punya beberapa KS
    Terharu ane kalo misal beneran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang Ada Bro . .
      Om Ane Orang Dlem . .
      Kta Om ane Ada Tpi Gmn Mau Liatin orang ngisi bahan bakar nya aja 15 tahun Sekali . .

      Hapus
  15. banyak prediksi yang beredar namun masih kurang tepat, Indonesia hanya memiliki 2 KS dan memesan 3 dari Korsel, semua disebabkan oleh keterbatasan anggaran untuk mengembangkan AL, untuk membeli 1 buah Kapal selam kurang lebih = harga 20 pesawat tempur SU 30 = harga 1000 tank leopard, sehingga sangat membutuhkan banyak biaya. Dengan biaya yang sangat besar maka kapal selam hanya berfungsi sebagai unsur intai dan menyerang bila posisinya sudah terdeteksi, jd bukan untuk menyerang karena efeknya akan sangat merugikan bila kita gunakan untuk menyerang...beda dengan kapal permukaan yang bersifat menyerang ( 1 kapal selam kurang lebih = 4 Kapal permukaan) terutama KCR yang banyakkan untuk taktik hit and run....ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang informasi kayaknya..nich...

      Hapus
  16. Kalo emang bnr NKRI punya KS Kilo class,, pasti jmlh KS kta skitar 12an
    Knp??Itu bsa diliat dr nomor lambung/apalah istilahny....dsitu nomor lambung ditulis 412 sedangkan nomor lambung KS Indonesia dimulai dr nomor 401 dmn ketika kta (NKRI)membeli sebuah kapal,, sistematika penomoran lambung kapal pastilah urut (sesuai jenis/kelas kapal),, misal kapal jenis fregat NKRI dr KRI A.Yani (351) sampai KRI Karel Satsuit Tubun (356),, nomor lambung.ny urut dr 351-356
    Jadi kesimpulannya : Kta mungkin saja punya KS skitar 12an dmn no 401-402 (cakra class),, 403-405 (Chang Bogo class),, & prediksi terakhir 406-412(Kilo Class) ATAU 406-410 (U214 class),,411-412 (Kilo Class)
    Moga-moga aja bnr....hhe :D

    BalasHapus
  17. Artikel yang sangat bagus tentang Kapal selam, gw masih inget di tahun 2005 kalo salah waktu pas pameran epralatan militer, w pernah ngobrol ama TNI AL pangkatnye kapten kalo gasalah, kebetulan yang w liat tuh replika kapal selam, dan w tanya ama die.. tentang kapal selam yg ad di Indonesia, Sang Kapten jawab... Indonesia punya lebih dari 5 kapal selam, tapi yang aktif cuma cuma beberapa, dan kberadaan kapal selam di Indonesia memang di rahasiakan apa lagi pasukan kapal selam berpakaian hitam memang sangat dirahasiakan, memasng sih baru bebreapa saat ini di munculkan isu seputar kapal selam. tapi ane yakin Indonesia masih punya kapal selam walaupun jumlah na tak diketaui hingga saat ini, paling juga yang rusak/ diperbaiki aj... yang shat wal afiat kan ad beritanya...hehhehe

    BalasHapus
  18. Menyimak ulasan agan agan di atas ga sengaja pas ane buka YOU TUBE yang ngebahas tentang KOPASKA yang merupakan siaran dari salah satu TV Swasta judulnya kalo salah HANDMADE... KOPASKA na di flyer awalnya di tampilin kapal selam indonesia ada yang menarik dari cuplikan tersebut..di awal ada gambar kapl selam dengan bendera indonesia dengan no lambung 410 ( bukannya kita punya dua doang? 401 dqn 402) awalnya ane pikir slah liat pas ane ulang dan perhatiin bener nomor lambungnya 410 baru cuplikan keduanya no lambung 402...ko bisa ada nomer 410 ya silahkan agan liat kalo ga percaya,,wasalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. KRI 410 bukannya pasopati yg sudah dimusiumkan mas brooo...

      Hapus
    2. ini link Utubnya ... http://www.youtube.com/watch?v=4w95OlnGNGM

      Hapus
    3. "Sehubungan dengan kerja sama militer antara Rusia dan Indonesia, Ivanov menekankan tentang kerja sama antara angkatan laut kedua negara. Sebagai negara kepulauan yang terluas di dunia, ujarnya, Indonesia perlu memiliki angkatan laut yang kuat. Indonesia telah membeli kapal selam tipe BNV dengan tipe terbaru dengan teknologi termodern dari Rusia. Kapal selam ini antara lain mampu mengejar target dalam posisi di dalam laut ataupun di permukaan laut." (Tempo)

      Link: http://www.tempo.co/read/news/2011/12/21/118372970/Rusia-Jamin-Indonesia-Bebas-Embargo-Militer

      Hapus
    4. ane udah liat acaranya, yang ada di dalam pilem itu KRI 410 Pasopati (Wiskey Class). ane udah tela'ah dari bentuk bagian atas kapal dan kualitas gambarnya dari vidionya yg jelek(mungkin vidionya dibuat tahun 70an).

      Hapus
  19. Indonesia forever tanah tumpah darah ku,,punya kapal selam yg pasti di atas puluhan saya tidak begitu jelas menggamang kannya disini karna berbaha di dunia militer gak ada negara yg pastinya sekuat as,dan rusia yg pasti kita 5 besar katagoro maritim makanya negara2 lain pada mesen tau gak yg gak orasional saja puluhan belum lagi pesanan baru mikir ya makanya tni al...santai anteng2 aj..dodol

    BalasHapus
  20. kapan Ya Tuhan Saya Bisa Masuk dalam Kapal Selam Indonesia.....Dan Melihat Pemandangan di Dalam Laut ......Semoga saya Mendapat Rekomendasi untuk ikut menyelam bersama kapal selam Indonesia. .......Salam Hormat Saya Nasrullah Naim. Tephon 04112671685

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementara cobain naek KS pasopati aja dulu... :)

      Hapus
  21. Kyknya bener ini bukan gosip. dubes rusia kan akhirnya keceplosan kemarin :D

    BalasHapus
  22. Ini liat ini, link ini akan menjawab semuanya. saya yakin jumlah KS kilo Indonesia sekarang ini sudah lebih dari 5 buah, belum lagi nanti taun depan katanya akan memesan 4 KS kilo class 636 dan 2 KS Amur-1650.

    Liat ini pasti anda tercengan!!!:
    http://www.google.co.id/imgres?num=10&hl=id&tbo=d&biw=1024&bih=491&tbm=isch&tbnid=fO634pjm2LSKXM:&imgrefurl=http://archive.kaskus.co.id/thread/12376003/170&docid=VmlXmMvqTsuF0M&imgurl=http://fc05.deviantart.net/fs71/f/2010/324/9/9/tni_al_kilo_class_submarine_by_pandoe-d337wdx.jpg&w=560&h=420&ei=JI3dUImwHIGJrAeTsoGIDg&zoom=1&iact=rc&dur=3&sig=107466061103020067700&page=1&tbnh=150&tbnw=197&start=0&ndsp=10&ved=1t:429,r:4,s:0,i:96&tx=890&ty=244

    Atau kalo gk bisa cari di google gambar "kilo class bnv", liat di pojok kanan atas.
    Tidak bisa dipungkiri lagi karena ini terjadi di pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu hasil Sotosop mas... ueelek tenan..

      Hapus
  23. Eh nggak deh kayaknya photoshop, hopeless banget :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi :) santai saja... yang pasti hingga tahun 2018 dipastikan RI memiliki 5 KS.

      Hapus
  24. Iya, tapi kan KS-nya kecil2 gitu

    BalasHapus
  25. Mohon jangan dibahas lagi soal KS..
    Pelajari Undang2 Rahasia Negara. Ancamannya bisa serius lo buat agan2 yg dengan sengaja atau tidak membuka akses pertahanan Korps Hiu Kencana.

    Diyakini saja bahwa jumlah kapal selam kita cukup dua yakni 401 dan 402.
    Sudah..

    BalasHapus
  26. Gw sih sangat gk yakin, tapi demi rahasia kekuatan negara. ok deh!

    BalasHapus
  27. wah..parah kalau indonesia cuma punya 2 kapal selam...

    BalasHapus
  28. klo saya sampaikan kpl selam kita lebih dari 8 kebanyakan dari russia 3 dari jerman dan 1 buatan turki, memang gk pernah d piblikasikan, karena itu senjata pamungkas NKRI

    BalasHapus
  29. Kalo pun benar berita tersebut, lebih baik tetap dibiarkan menjadi misteri. Karena kita punya tetangga yang usilnya luar biasa. Tetangga yang tidak suka kalo kita memiliki barang bagus.

    BalasHapus
  30. Mas mas dan Agan agan.. biarkan Jumlah dan jenis KS NKRI menjadi misteri.. memang bikin penasaran dan enak kalau dianalisa.. semakin kita gali semakin terpacu adrenalin kita.. Biarlah kita akui saja cuma ada 2 KS (Cakra & Nenggala) kalaupun punya Kilo biar menjadi rahasia negara.. soalnya kalau sampai negara tetangga pada tahu kita punya senjata seperti itu.. bakal terjadi perlombaan senjata di kawasan/regional.. bisa buat kondisi kurang nyaman di kawasan.. yang agan-agan tau apa saja yang bisa ditimbulkan (resiko utamanya adalah stabilitas ekonomi terutama..) Tapi saya yakin Indonesia punya belasan KS atau paling sedikit diatas angka empat saat ini

    BalasHapus
  31. Yg saya yakin Indonesia sekarang sudah memiliki 2 kapal selam kilo class BNV, dan kreditnya diperpanjang sampai 15 tahun kedepan (dari tahun lalu), tapi tentang kilo 412 saya masih ada yg ganjel kayaknya, 2 kapal selam aja kredit 15 tahun, 15 tahun lalu Indonesia masih di bawah rezim Soe yg loyal ke Amerika, jadi saya sih masih bingung tuh kilo 412. Tapi vietnam negara miskin beli 6 kilo class, berapa tahun tuh kreditnya???
    liat juga:http://jakartagreater.com/2013/03/tabir-kapal-selam-indonesia-by-off-ai/

    BalasHapus
  32. ada cerita nih gan..gue kan temen sekolahnya banyak yang dari kluarga AKMIL, saya sering tanya tentang alutsista negara kta, rata rata temn gue intinya ngomng. Indonesia tuh punya pangkalan rahasia, di laut di daerah jawa timur.. modelnya indonesia penimbuan alutsista,telebih kapal selam katnya di simpen di daerah laut bagian timur indonesia. kata temen" saya kita klo beli alutsista indonesia dengn mode "buy alot share a bit" dan "buy many tipe share a tipe" gitu gan... jadi misalnya kita beli 25 shukoi dan 15 F-16 ntar yang di gembar gemborin yang F-16. atau sebagai alih perhatian gan.. thanks gitu aja gan. semoga beneran ya gan !!

    BalasHapus
  33. kalo gambar kalender diatas gambar soto shop mas bro. editan. ane nemu gambar aslinya di sini http://arsipardava.blogspot.com/2011/11/ambisi-meningkatkan-kekuatan-kapal.html

    BalasHapus
  34. KS indonesia turut mensukseskan program KB, buktinya 2 saja cukup... ĦăªĦăĦăĦăª

    BalasHapus
  35. Class kilo indonesia pasti banyak karna kita dari dulu udh dekat ama rusia

    BalasHapus
  36. Nipress: 2025 Kami Suplai Baterai Untuk 18 Kapal Selam TNI AL..??? *(18)*
    http://minsera.blogspot.com/2013/07/nipress-2025-kami-suplai-baterai-untuk.html

    BalasHapus
  37. ane yakin indonesia punya lebih dari 10 kapal selam.soalnya AL santai-santai saja beda ketika AU tidak ada pesawat yang langsung mesen sukoi.indonesia mungkin punya pangkalan militer rahasia itu bisa jadi.

    BalasHapus
  38. ea,, semoga aza TNI AL punya armada bawah laut yang tangguh,,,



    BalasHapus
  39. Biar gak bikin panas dikawasan regional maka dirahasiain. Saya yakin RI sudah punya KS kelas kilo untuk mengawal laut RI yg luas ini, petikan wawancara Wadan KS yang singgah di Sorong dg wartawan RADAR timika: Wakil Komandan Kapal menyebutkan awak kapal selam tersebut berjumlah 66 orang. Jumlah awak tersebut bukanlah muatan dari KRI Nanggala 402 type U-209 buatan Jerman Barat. KRI Nanggala 402 type 209, hanya mampu mengangkut 30-an awak kapal !
    my blog

    BalasHapus
  40. teknologi kapal selam perlu dikuasai Indonesia

    BalasHapus
  41. Kapal selam mungkin menjadi senjata rahasia Indonesia, komentar balasan ke blog saya www.goocap.com

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters