Cari Artikel di Blog Ini

Sabtu, 03 Agustus 2013

Gegana Ledakkan Kopor Misterius di Medan

Gegana Brimob Sumut berhasil mengamankan dan meledakkan temuan koper misterius yang diduga berisi bom dan bahan peledak dari depan kantor PT PLN Sumatra Utara di jalan Yos Sudarso, Medan, Jumat 3 Agustus 2013.

Gegana Ledakkan Kopor Misterius di Medan
Ilustrasi Gegana Brimob Sumut meledakkan koper misterius yang diduga berisi bom dari depan kantor PT PLN Sumatra Utara, Medan, Jumat 3 Agustus 2013. | VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Hendrik, Satpam PLN yang bertugas Jaga malam mengaku pertama kali melihat sebuah mobil parkir di depan kantornya sekitar pukul 21.00 Wib. Tak lama kemudian, seseorang keluar dari mobil dan meletakkan koper berukuran kecil itu, lalu pergi.

"Tadi ada mobil berhenti dan meletakkan koper itu disitu. Mereka langsung pergi. Saya pikir mereka akan balik lagi mengambilnya, ternyata tidak," kata Hendrk.

Titik Terang Retrofit AMX-13 Pindad

Terkadang, informasi datang dari waktu dan tempat yang tak diduga. Demikian pula yang dialami redaksi ARC. Saat itu sebenarnya adalah ajang berbuka puasa bersama di Kementrian Pertahanan. Di salah satu sudut meja, tampak Dirut PT. Pindad bersama Kabalitbang Kemhan sedang asyik menyantap hidangan berbuka. Kami pun sok akrab menyapa beliau. Karena memang sudah sering melihat tampang kami, ia pun langsung memulai pembicaraan," sudah lihat tank saya yang baru belum?", demikian tanya pak Adik.

Titik Terang Retrofit AMX-13 Pindad

Wah.. informasi anyar ini. Tank apa pak? jawab kami. Itu retrofit AMX-13. Sudah hampir selesai mas, jelas pak Adik. Selanjutnya, mengalirlah informasi hangat itu. Menurut Adik Avianto, hasil retrofit AMX-13 ini nantinya memiliki tampang yang berbeda dengan AMX aslinya. Untuk hull misalnya, terpaksa ditambah panjang sekitar 20cm untuk mengakomodir mesin anyar. Mesinnya sendiri memakai produk Navistar dari Amerika Serikat dengan daya sebesar 400HP. Alhasil, dari samping dan depan akan berbeda total dari AMX-13 asli.

Pemerintah Aceh Sepakati Perubahan Bendera NAD

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi, mengatakan polemik soal pembahasan qanun bendera Provinsi Aceh akan segera berakhir. Hal itu dikarenakan, Pemerintah Aceh sudah melunak dan akan mengubah lambang bendera. Untuk mengubah lambang bendera tersebut, sudah ada tim gabungan dari Pemda Aceh dan Pemerintah Pusat yang akan melakukannya.

Pemerintah Aceh Sepakati Perubahan Bendera NAD


"Iya memang ada semangat untuk mengubah lambang itu. Kemungkinan ada lambang baru nanti. Memang ada tim gabungan untuk mengubah logonya," kata Mendagri sebelum mengikuti sidang kabinet, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (2/8).

Saat ditanya mengenai berapa lama proses untuk menggnati lambang bendera Aceh, Gamawan mengatakan kurang lebih dua bulanan.

Dahlan Iskan Akan Jajal Kemampuan Pesawat CN295 Buatan PT Dirgantara

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berjanji setelah lebaran atau pada tanggal 24 Agustus 2013 akan menjajal pesawat terbang CN295 buatan PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Dahlan Iskan Akan Jajal Kemampuan Pesawat CN295 Buatan PT Dirgantara

Langkah Dahlan naik pesawat yang dirakit dan diproduksi di Bandung, Jawa Barat ini merupakan bagian dari rangkaian safari ke wilayah Indonesia Timur.

"Saya nanti tanggal 24 Agustus akan naik CN295, safari ke Indonesia Timur, karena saya ngomongin CN295 tapi gak pernah naikin," ujar Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (1/8/2013).

Elit Politik Papua Jangan Resahkan Masyarakat

Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Christian Zebua, mengingatkan para elit politik di Papua agar tidak membuat pernyataan-pernyataan yang dapat meresahkan masyarakat.

Elit Politik Papua Jangan Resahkan Masyarakat

"Kalau tidak bisa menyumbangkan sesuatu kepada masyarakat supaya masyarakat senang dan mereka bisa hidup layak dan maju, jangan membuat pernyataan yang membuat rakyat Papua terusik," kata Zebua, di Timika, Jumat.

Dia mempersilahkan sebagian elit politik di Papua berbeda pendapat dalam menyikapi suatu persoalan. Dia juga ke Enarotali, ibu kota Kabupaten Paniai menggunakan helikopter untuk sosialisasi pencegahan HIV/AIDS di kalangan prajurit TNI AD di sana.

"Kalau ada yang berfikir berbeda dengan kita, yah silahkan, tapi masyarakat jangan diganggu," ujarnya mengingatkan.

Di Perbatasan RI-Malaysia Merah Putih Terbentang Sepanjang 7 km

Bendera Merah Putih sepanjang tujuh kilometer kini berkibar di sepanjang jalan di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, sejak Kamis (1/8).

Di Perbatasan RI-Malaysia Merah Putih Terbentang Sepanjang 7 km
ilustrasi

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI--Malaysia (Malindo) memasang bendera tersebut dibantu warga Entikong di jalur darat lintas Malindo untuk menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

"Bendera itu dipasang di sepanjang jalan menuju perbatasan mulai dari Tugu perbatasan antarkecamatan sampai di tugu Pancasila," kata Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia (Malindo) Letnan Kolonel Infanteri Renal Aprindo Sinaga di Entikong, Jumat.

Goliat Tabuni Dicurigai Sebagai Dalang Penembakan di Tingginambut

Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Sebua menduga kelompok Goliat Tabuni sebagai dalang penembakan terhadap kendaraan ambulans di kawasan Puncak Senyum, Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Rabu (31/7).

Goliat Tabuni Dicurigai Sebagai Dalang Penembakan di Tingginambut

Kepada wartawan di Timika, Jumat, Pangdam Cenderawasih Christian Sebua mengatakan mendapat informasi bahwa pelaku penyerangan terhadap kendaraan ambulans yang sedang membawa warga yang sakit dari Tingginambut ke RS Mulia itu berasal dari kelompok Goliat Tabuni.

Goliat Tabuni selama ini dikenal sebagai pimpinan kelompok separatis Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) yang biasa berulah di kawasan Kabupaten Puncak Jaya.

Jumat, 02 Agustus 2013

BIN Harus Minta Klarifikasi CIA Soal Penyadapan Presiden RI

Mantan Kepala Badan Koordinasi Intelijen Negara Letjen Purn HM Soedibyo, mendesak pemerintah segera meminta klarifikasi atas penyadapan yang dilakukan intelijen AS dan Inggris kepada Presiden SBY.

BIN Harus Minta Klarifikasi CIA Soal Penyadapan Presiden RI

Pemerintah dalam hal ini bisa meminta Badan Intelijen Negara (BIN), untuk melakukan klarifikasi ke CIA.

“CIA dapat mengatakan penyadapan yang dilakukan Snowden terhadap beberapa kepala negara Asia adalah inisiatifnya sendiri, bukan perintah Direktur CIA,” kata Soedibyo dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews.com, Kamis (1/8/2013).

China Siap Bantu Indonesia Kembangkan Program Antariksa Nasional

Pemerintah China mengaku siap bermitra dengan Indonesia untuk mengembangkan program antariksa tanah air. Bahkan mereka telah berbicara dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terkait rencana pengembangan proyek tersebut.
China Siap Bantu Indonesia Kembangkan Program Antariksa Nasional

 
Hal itu diungkap Duta Besar China untuk Indonesia, Liu Jianchao, yang ditemui VIVAnews semalam, Selasa 30 Juli 2013 di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Liu menyebut pembicaraan yang dilakukan terkait dengan data-data yang diperoleh selama kapal luar angkasa mereka mengudara.

"Kami sudah bertemu dengan perwakilan LAPAN dan membicarakan soal temuan dan data yang kami peroleh selama mengudara di luar angkasa, khususnya yang menggunakan kapal Shenzou-9 karena waktu itu turut membawa modul Tiangong 1," kata Liu.

Oegroseno resmi gantikan Wakapolri Nanan Soekarna

Wakapolri Komjen Nanan Seokarna resmi digantikan oleh Komjen Oegroseno. Hal itu tersurat berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor 557/VII/2013 tanggal 31 Juli 2013.

Oegroseno resmi gantikan Wakapolri Nanan Soekarna

"Hari ini secara resmi saya umumkan kalau Komjen Oegroseno resmi menggantikan posisi Komjen Nanan Sukarna sebagai Wakapolri," kata Kadiv Humas Polri Irjen Ronny f Sompie, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2013).

Ronny juga mengatakan bahwa posisi Kabaharkam yang sebelumnya dijabat Oegroseno saat ini dijabat Irjen Badrodin Haiti yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Operasi Kapolri.

Dengan begitu, pangkat Badrodin yang sebelumnya Irjen kini naik menjadi Komjen. "Untuk posisi Kabaharkam digantikan oleh Irjen Badrodin Haiti," kata Ronny.

Indonesia - Prancis Tandatangani Perjanjian Kerjasama Industri Pertahanan

Pemerintah Prancis, menyepakati sejumlah hal di bidang pertahanan dengan Pemerintah Indonesia setelah masing-masing Menteri Luar Negeri (Menlu) bertemu di Jakarta, Kamis (1/8/2013).


Indonesia - Prancis Tandatangani Perjanjian Kerjasama Industri Pertahanan

Menurut Menlu Indonesia, Marty Natalegawa dalam jumpa pers bersama dengan Menlu Prancis, Laurent Fabius, sejumlah hal yang disepakati bersama di bidang pertahanan, termasuk di bidang industri pertahanan.

"Menjaga perdamaian, bajak laut, industri pertahanan, dan kerjasama memperkuat minimum force TNI kita," ujarnya.

3 Pernyataan Penting Orang Rusia Tentang Kapal Selam Indonesia

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y. Galuzin melakukan kunjungan ke Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro,  Selasa (23/7) di Kementerrian Pertahanan, Jakarta. Tujuan kunjungan ini membicarakan beberapa hal menyangkut kerjasama teknik militer antara kedua negara, termasuk kerjasama Angkatan Laut kedua negara dalam penyediaan material dan renovasi untuk Kapal Selam.

Presiden SBY memandangi model kapal selam Kilo Rusia (photo: setneg)

Duta besar Rusia juga menyampaikan bahwa pemerintahnya akan mengadakan pameran senjata “Rusian Arms Expo” bulan September mendatang di kota sebelah timur Moskow. Pameran itu merupakan pameran terbesar yang akan menampilkan persenjataan militer khususnya untuk Angkatan Darat. Dubes Rusia berharap Menteri Pertahanan Indonesia dapat menghadiri pameran persenjataan militer tersebut.

Kamis, 01 Agustus 2013

Jenderal Moeldoko siap jadi Panglima TNI

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Moeldoko menyatakan kesiapannya menjadi Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Agus Suhartono yang memasuki masa pensiun pada 25 Agustus 2013.

 Jenderal Moeldoko siap jadi Panglima TNI

"Seorang prajurit dengan segala apa pun harus siap," kata KSAD di sela-sela Acara Bazar Murah TNI AD yang bekerja sama dengan Artha Graha Peduli, di Markas Besar TNI-AD, Jakarta, Kamis.

Ia mengaku, dirinya saat ini masih menyiapkan diri untuk menjadi KSAD yang baik, dan mengenai yang lain belum terpikirkan. Namun, bila ditunjuk sebagai Panglima TNI, dirinya mengaku siap.

Soal kesiapan untuk menghadapi uji kelayakan dan kepatutan di DPR, kata Moeldoko, dilihat saja nanti.

Berkaca dari Penyadapan Presiden, Indonesia Butuh Satelit Sendiri

Inggris bersama Amerika Serikat disebut menyadap delegasi konferensi G-20 di London tahun 2009, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dan, salah satu negara yang diuntungkan adalah Australia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama PM Australia Kevin Rudd. | REUTERS
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama PM Australia Kevin Rudd. | REUTERS

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menilai, Selasa 30 Juli 2013, skandal sadapan Inggris itu menodai hubungan baik bilateral kedua negara. Dia pun meminta otoritas Inggris segera meminta maaf kepada Indonesia.

Mahfudz pun mengkritisi Australia. Sebab, diberitakan The Sydney Morning Herald edisi 26 Juli 2013, Perdana Menteri Kevin Rudd adalah pihak paling diuntungkan dari aksi Inggris dan Amerika Serikat menyadap Presiden di KTT G20 tahun 2009. Laman ini mengutip sumber intelijen Australia dan sumber luar negeri.

Lanal Nunukan Semester Pertama 2013 Terjadi 8 Kali Perampokan

KERAWANAN di wilayah perbatasan laut masih kerap terjadi seperti masuknya narkoba maupun maraknya perompakan.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nunukan sepanjang tujuh bulan terakhir yakni Januari-Juli 2013 mencatat telah terjadi delapan kali perompakan di wilayah perairan Sebatik/Nunukan, Propinsi Kalimantan Timur. Para perompak menggunakan senjata api laras panjang, laras pendek/rakitan dan senjata tajam.


Lanal Nunukan Semester Pertama 2013 Terjadi 8 Kali Perampokan

Untuk menindaklanjuti dan mengantisipasi potensi kerawanan tersebut, Lanal Nunukan beserta Satuan Operasi Tameng Hiu dibawah Komando, Komandan Gugus Tempur Laut Armada RI Kawasan Timur (Guspurlatim), Laksamana Pertama TNI Arie Soedewo, menggelar operasi laut di wilayah perbatasan didukung oleh informasi Intelijen.

KTT APEC 2013 Harus Di Bawah Tuntunan Politik Luar Negeri Bebas-Aktif RI

Menyongsong KTT APEC di Bali Oktober 2013 mendatang,  Global Future Institute menyambut baik prakarsa Kementerian Perdagangan RI bekerjasama dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) menggelar diskusi panel bertema: Inisiatif Strategis Indonesia Memanfaatkan APEC pada 24 Juni lalu. 

KTT APEC 2013 Harus Di Bawah Tuntunan Politik Luar Negeri Bebas-Aktif RI

Dari hasil diskusi panel Kementerian Perdagangan dan ISEI, Global Future Institute setidaknya mencatat ada tiga poin penting yang kiranya bisa menjadi dasar menyusun skema dan strategi memanfaatkan secara maksimal kerjasama antar negara-negara APEC. Tiga poin penting tersebut yaitu:
 

  1. Indonesia perlu membuat peta isu-isu prioritas dengan mengukur untung dan ruginya. 
  2. Melakukan kolaborasi intensif dengan pengusaha. 
  3. Melaksanakan peran Think Thank dan membangun sinergitas yang komprehentsif. 
  4. Perlu langkah-langkah Strategis dengan mengedepankan kepentingan nasional.  
  5. Perlu kerjasama yang lebih kuat dari para pemangku kepentingan untuk memanfaatkan kerjasama APEC.   

RUU Komcad Harus Selaras dengan UU TNI dan UU Pertahanan Nasional

Anggota Komisi Hukum Nasional (KHN), Frans Hendra Winarta, menyatakan Rancangan Undang-undang Komponen Cadangan (RUU Komcad) harus selaras dengan UU TNI dan UU Pertahanan Nasional. Untuk itu menurutnya, RUU Komcad harus dikaji dengan teliti.

RUU Komcad Harus Selaras dengan UU TNI dan UU Pertahanan Nasional

"RUU ini (Komcad) harus harmoni dengan UU TNI dan UU Pertahanan Nasional, ini perlu dikaji," kata Frans di Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Frans menuturkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembahasan RUU Komcad. Yaitu mengenai perekrutan dalam wajib militer. Jangan sampai terjadi diskriminasi dalam perekrutan wajib militer.

Rabu, 31 Juli 2013

PT DI Pasok Komponen Tersulit dan Mahal untuk Pesawat Airbus 380

BUMN industri penerbangan, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) sangat diperhitungkan di dunia internasional sebagai produsen pemasok komponen maupun pembuat pesawat terbang dan helikopter.

PT DI Pasok Komponen Tersulit dan Mahal untuk Pesawat Airbus 380

BUMN yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat ini juga menjadi pemasok komponen-komponen pesawat dan helikopter penting untuk pabrik pesawat Airbus, European Aeronautic Defence and Space Company (EADS). Misalnya PT DI sudah rutin memasok komponen penting untuk pesawat super jumbo Airbus 380 (A380).

"A380 kita pasok komponan in board leading edge. Itu komponen di sayap. Istilahnya di ketiaknya. Itu komponen sulit dan mahal," ucap GM Marketing PT DI Arie Wibowo saat berbincang dengan detikFinance, Selasa (30/7/2013).

Calon Panglima TNI Baru Harus Segera Petakan Potensi Ancaman Nasional

Pengamat militer dari Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (Lesperrsi), Rizal Darma Putra, mengatakan Jenderal TNI Moeldoko hampir pasti menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Agus Suhartono. Untuk itu, Moeldoko mesti mulai mempersiapkan catatan terhadap potensi ancaman nasional, baik dari dalam dan luar negeri.

Calon Panglima TNI Baru Harus Segera Petakan Potensi Ancaman Nasional

"Untuk ancaman dari luar, calon Panglima TNI harus berani menyebutkan ancaman apa saja yang mengarah ke Indonesia," kata Rizal saat dihubungi Koran Jakarta, Selasa (30/7). Ancaman yang datang dari luar, antara lain ancaman dari negara lain, ancaman dari organisasi kejahatan internasional, terorisme, dan persoalan perbatasan.

Selain itu, calon Panglima juga harus bisa memetakan ancaman yang timbul dari dalam, seperti ancaman yang timbul akibat gerakan separatis, kejahatan terorganisasi, bahkan terorisme. "Setelah memetakan ancaman-ancaman itu, barulah seorang Panglima merencanakan membangun postur yang ideal," kata dia.

Pajak Barang Mewah Untuk Pembelian Pesawat PT. DI Mecapai 50%

BUMN industri penerbangan, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mengaku harus menjual lebih mahal produknya kepada pihak swasta atau instansi di luar TNI/Polri dalam negeri. Alasannya karena setiap pembelian pesawat dan helikopter buatan PT DI oleh kena Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPn BM).

Pajak Barang Mewah Untuk Pembelian Pesawat PT. DI Mecapai 50%

Peraturan ini membuat instansi pemerintahan di luar TNI/Polri atau perusahaan swasta Tanah Air harus membayar 50% lebih mahal dari harga seharusnya yang dijual PT DI.

"Betul kita ada kelemahan kalau jual di dalam negeri di instansi pemerintahan non TNI/Polri atau ke airlines. Ini ada PPn BM. Ini diatur UU, besarannya 50%," ucap GM Marketing Dirgantara Indonesia Arie Wibowo kepada detikFinance Selasa (30/7/2013).

Presiden Ingatkan Generasi Muda Tak Tergoda Terorisme

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan generasi muda Indonesia agar tidak tergoda dengan aksi-aksi terorisme yang terjadi di dunia belakangan ini. Menurut Kepala Negara, dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia justru harus menjadi contoh bagi umat beragama di negara lain.

Presiden Ingatkan Generasi Muda Tak Tergoda Terorisme


Demikian disampaikan SBY saat buka bersama dengan ulama dan masyarakat di Pendopo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (30/7).

SBY mengatakan aksi-aksi kekerasan, terorisme, hingga bom bunuh diri bukan cara yang tepat untuk mengamalkan ajaran agama. Tindakan tersebut justru merugikan umat Islam sendiri. “Saya juga memperjuangkan kepentingan Islam, di forum PBB, di Afrika, di Eropa, agar keadilan itu tegak. Tapi bukan dengan cara terorisme atau pengeboman. Oleh karena itu baik kita selamatkan putra-putri kita agar jangan tergoda aksi-aksi seperti itu,” kata Presiden.

Komandan Kompi Filipina Kunjungi Markas Satgas Kizi TNI di Haiti

KOMANDAN Kompi Filipina, Colonel Larida beserta seluruh jajarannya mengunjungi Bumi Garuda Camp yang merupakan Markas Satgas Kizi TNI Konga XXXII-B/MINUSTAH (Mission des Nations Unies pour la Stabilisation en Haïti) di Gonaives-Haiti, Senin (29/7/2013).

Komandan Kompi Filipina Kunjungi Markas Satgas Kizi TNI di Haiti

Kunjungan Komandan Kompi Filipina beserta jajaran diterima oleh Wakil Komandan Satgas Kizi TNI, Mayor Czi Donny Ardhiwidha beserta seluruh perwira yang sedang tidak berdinas khusus di ruang kerja Dansatgas.

Donny menjelaskan, kunjungan tersebut sebagai kunjungan balasan atas kunjungan Dansatgas Kizi TNI Konga XXXII-B/Minustah, Letkol Czi Arief Novianto beberapa waktu yang lalu.

Selasa, 30 Juli 2013

Penyadapan Presiden SBY di Mata Kalangan Intelijen

Kabar mengenai penyadapan pembicaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak mustahil merupakan sinergi antarnegara persemakmuran.

Penyadapan Presiden SBY di Mata Kalangan Intelijen


"Kalau dilihat aktor politiknya adalah melibatkan Inggris dan Australia, dan juga Amerika Serikat, sangat mungkin memang ada kepentingan seperti itu," kata Analis politik Mayjen TNI (Pur) Glenny Kairupan, M.Sc  kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Glenny merupakan mantan perwira Direktorat B urusan luar negeri Badan Intelejen Stategis (BAIS) TNI.

Kabar mengenai penyadapan itu dilansir Sydney Morning Herald, Jumat (26/7), yang menyatakan bahwa Perdana Menteri Australia Kevin Rudd memperoleh keuntungan atas kegiatan mata-mata melalui penyadapan saat pertemuan Puncak G20 di London pada 2009..

Parlemen : Alutsista TNI Out of Date..!!

Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso mengatakan, alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki TNI sudah out of date atau ketinggalan zaman dibanding negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Parlemen : Alutsista TNI Out of Date..!!

"Alutsista TNI sudah bisa dikatakan dan dinilai out of date, ketinggalan dibanding dengan negara lain seperti Singapura. Alutsista TNI sudah tak layak digunakan," kata Priyo di Jakarta, Selasa.

Dikatakan Priyo, postur TNI yang ada sekarang ini terlalu gemuk dan perlu perampingan.

"Perlu dirampingkan jumlah tentara seraya memperbaiki alutsista dengan peningkatan teknologi alutsista TNI," kata dia.

Polisi Buru Otak Penyelundupan Manusia

Kepolisian Daerah Jawa Barat masih memburu seorang pelaku berinisial D yang diduga menjadi otak penyelundupan para pencari suaka yang kapalnya tenggelam di lepas pantai Cidaun, Cianjur Selatan hari Rabu (24/07).

Polisi Buru Otak Penyelundupan Manusia

Kepala Divisi Humas Polda Jawa Barat, Kombes Martinus Sitompul mengatakan D diperkirakan adalah warga negara India yang mengatur seluruh proses keberangkatan para pancari suaka ke Australia.

Sebelumnya polisi telah menangkap empat orang yang diduga terlibat dalam upaya pemberangkatan para pencari suaka yang berasal dari Iran, Sri Lanka dan Afghanistan.

"Dari keterangan para tersangka D ini katanya memiliki kewarganegaraan India tapi kita akan pastikan jika dia sudah berhasil diatangkap," kata Martinus kepada BBC Indonesia.

TNI AL Amankan Dua Senjata Api di Karang Unarang

TNI Angkatan Laut menemukan dua pucuk senjata api, pada kegiatan operasi yang dilakukan dalam rangka mengembangkan dan menindaklanjuti seringnya terjadinya perampokan di Perairan Kabupaten Nunukan.

TNI AL Amankan Dua Senjata Api di Karang Unarang
 
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Nunukan Letkol Laut (P) I Bayu Trikuncoro mengatakan, selama kurun waktu 2013 saja, tercatat telah terjadi delapan kasus perampokan.  Kebanyakan korbannya merupakan nelayan di Pulau Sebatik dan Pulau Nunukan.

Dari informasi korban, semua pelaku perampokan menggunakan senjata api laras panjang, laras pendek dan senjata tajam.
Pangkalan TNI AL Nunukan terlibat bersama dalam Operasi Tameng Hiu yang digelar Gugus Tempur Laut Armada RI Kawasan Timur yang dkomandani Laksamana Pertama TNI Ari Soedewo. “Sehari-harinya beliau bermarkas di kapal untuk memantau perbatasan,” ujarnya.

Ribuan Personel Polri Amankan Jalur Pantura

Enam ribu personel Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) diturunkan untuk mengamankan jalur Pantai Utara (Pantura) pada mudik lebaran tahun ini.

Ribuan Personel Polri Amankan Jalur Pantura

Personel tersebut akan ditempatkan di sepanjang jalur Cikopo sampai Losari guna membantu Polda Jawa Barat dalam mengamankan arus mudik dan balik lebaran.

"Untuk Pantura, khususnya Jawa Barat mulai dari Cikopo-Losari ada perkuatan dari Mabes Polri lebih dari 6000 personil akan memperkuat pengamanan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2013).

Polda Lampung Sebar Sniper di Jalan Lintas Barat Sumatra

Polda Lampung bakal menerjunkan sniper dan unit walet untuk pengamanan pemudik di jalan lintas barat (jalinbar) ruas Kota Agung-Semaka.

Polda Lampung Sebar Sniper di Jalan Lintas Barat Sumatra

Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko mengatakan langkah ini dilakukan untuk menindak pelaku pembegalan. Sebab, jalinbar mulai ruas Kota Agung, Wonosobo, Bandar Negeri Semong, Semaka rawan pembegalan.

Senin, 29 Juli 2013

Badan Intelijen Negara Tak Sepenuhnya Percaya Presiden Disadap

Badan Intelijen Negara (BIN) masih menelusuri kebenaran informasi penyadapan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang diduga dilakukan oleh agen intelijen Inggris. Selama penelusuran belum selesai, Kepala BIN Marciano Norman mengaku belum sepenuhnya percaya atas informasi tersebut.

Badan Intelijen Negara Tak Sepenuhnya Percaya Presiden Disadap
Kepala Badan Intelijen Letjen Negara Marciano Norman | RODERICK ADRIAN MOZES
Menurut Marciano, selain mendapat informasi dari pemberitaan di media Inggris dan Australia, pihaknya juga mendapat informasi penyadapan tersebut dari intelijen Indonesia di luar negeri. Namun, hingga saat ini penelusuran kebenaran informasi masih dilakukan.

"Itu pemberitaan sepihak, memerlukan klarifikasi dari pihak lain. Kita berkomunikasi dengan counterpart kita yang ada di tiga negara tersebut untuk kita mencari informasi yang sebenarnya, menurut pandangan mereka seperti apa. Ini sedang dalam proses," kata Marciano di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/7/2013).

Jenderal TNI Moeldoko Dipastikan Jadi Panglima TNI

Panglima TNI baru pengganti Laksamana TNI Agus Suhartono mengerucut.

Melalui surat yang dikirim ke DPR, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hanya menyerahkan satu nama kandidat pimpinan puncak di tubuh TNI mendatang.


Jenderal TNI Moeldoko, kandidat tunggal Panglima TNI
Jenderal TNI Moeldoko, kandidat tunggal Panglima TNI

Yaitu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Moeldoko.

"Iya, sudah masuk," ujar Wakil Ketua Komisi I Ramadhan Pohan saat dikonfirmasi kemarin (28/7/2013).

Komisinya, lanjut dia, siap memproses dengan melakukan uji kelayakan dan kepatutan seusai masa reses terhadap nama yang telah dikirimkan presiden tersebut.

TNI Kontingen Garuda XXXII Cek Peralatan Berat di Haiti

Komandan Satgas (Dansatgas) Kompi Zeni (Kizi) TNI Kontingen Garuda XXXII-B/MINUSTAH (Mission des Nations Unies pour la Stabilisation en Haiti) Letkol Czi Arief Novianto didampingi beberapa orang perwira yang berkompeten di dalam bidang logistik dan pemeliharaan peralatan, melaksanakan pengecekan secara langsung terhadap kondisi alat peralatan berat dan kendaraan operasional yang dimiliki oleh Satgas Kizi TNI, di lapangan Bumi Garuda Camp, Gonaives-Haiti.

 TNI Kontingen Garuda XXXII Cek Peralatan Berat di Haiti

Arief Novianto menjelaskan, kegiatan pengecekan ini dilakukan rutin dan berkala, dengan maksud untuk mengetahui tingkat kesiapan operasional alat peralatan berat dan kendaraan sebagai salah satu bagian dari kegiatan pemeliharaan.

"Ini juga merupakan dalam menjalankan fungsi pengawasan, dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) di Haiti," kata Arief lewat rilisnya kepada Sindonews, Senin (29/7/2013).
 

Tingkatkan pertahanan udara, TNI AU naikan status Lanud

TNI AU tahun ini akan menaikkan status sejumlah pangkalan udara (Lanud) yang ada di Indonesia, dari status B menjadi A dan C menjadi B. Peningkatan status Lanud sendiri bertujuan, untuk meningkatkan pertahanan minimum dan untuk pemabhanan alat utama sistem senjata (Alutsista) di Lanud tersebut.


“Beberapa Lanud yang akan dinaikan statusnya, yaitu Pekanbaru, Supadio, Bali, Kupang, Jayapura dan Ambon. Pekanbaru dan Supadio dari B menjadi A, sedangkan Bali, Kupang, Jayapura dan Ambon dari C menjadi B,” ungkapKSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, usai upacara militer peringatan hari bakti TNI AU ke 66 di lapangan Dirgantara, AAU, Senin (29/7/2013)

Terbukti Tak Terlibat, Densus 88 Lepaskan Terduga Teroris

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror akhirnya mengembalikan Sapari dan Mugi Hartanto, dua warga Muhammadiyah Tulungagung yang menjadi korban salah tangkap saat penggerebekan terduga teroris di depan sebuah warung Jalan Pahlawan, Kota Tulungagung, Jatim, Senin (28/7).

Terbukti Tak Terlibat, Densus 88 Lepaskan Terduga Teroris

Kepastian pemulangan dua warga Muhammadiyah asal Desa Penjor dan Gambiran, Kecamatan Pagerwojo tersebut disampaikan Ketua Majelis Hukum dan HAM Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jatim, Slamet Hariyanto, Minggu malam.

"Iya, barusan kami mendapat konfirmasi dari Ketua PDM (Pengurus Daerah) Tulungagung bahwa saudara Sapari dan Mugi sudah dikembalikan ke keluarganya tadi, ba`da (setelah shalat) Taraweh," terangnya mengabarkan melalui saluran telepon seluler.

Presiden Ajukan Moeldoko Sebagai Panglima TNI Berikutnya

DPR sudah menerima surat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk pengganti Panglima TNI. Dalam surat tersebut, Presiden Yudhoyono hanya menyampaikan satu nama, yakni Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI Moeldoko, tidak ada nama lainnya.

 Presiden Ajukan Moeldoko Sebagai Panglima TNI Berikutnya

"Saya sudah mendapat informasi dari Sekretariat Komisi I DPR. Komisi I DPR, siap memproses Moeldoko, yakni melakukan uji kelayakan dan kepatutan untuk disetujui DPR sebagai calon Panglima TNI," kata anggota Komisi I DPR, Fayakhun Andriadi, di Jakarta, Minggu (28/7).

TNI vs Sipil Bersenjata Baku Tembak di Papua

Pasukan TNI dari Batalyon Infantri 753/AVT, baku tembak dengan kelompok sipil bersenjata pimpinan John Yogi, di Enarotali Paniai Papua, Jumat 26 Juli. Tidak ada korban jiwa dalam aksi saling tembak itu, tapi TNI berhasil menyita sejumlah senjata api dan amunisi.



Dari informasi yang berhasil dihimpun, TNI dibawah pimpinan Mayor Achmad Kabau dan Lettu Pugu melakukan penyergapan terhadap kelompok sipil di Daerah Tanah Merah Enarotali Paniai. Lalu aksi saling baku tembak pecah.

Setelah aksi baku tembak terjadi selama beberapa menit, kelompok sipil bersenjata melarikan diri masuk ke dalam hutan dan meninggalkan beberapa senjata api serta amunisi.

"Tidak ada yang tertembak baik di kubu TNI maupun sipil bersenjata, tapi empat pucuk Pistol, potongan laras pistol empat buah, amunisi minute 16 sebanyak 15  butir, selongsong AK 47 lima butir diamankan dari lokasi," kata saksi mata yang namanya enggan disebut saat dihubungi, Minggu 28 Juli.

Minggu, 28 Juli 2013

Parlemen RI desak Australia Minta Maaf atas Penyadapan Terhadap Presiden SBY

Pemerintah Australia didesak meminta maaf atas penyadapan pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dilakukan agen intelijen Inggris untuk menguntungkan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd. Namun, hal itu diragukan akan dilakukan Pemerintah Australia.

Parlemen RI desak Australia Minta Maaf atas Penyadapan Terhadap Presiden SBY

"Harusnya Australia minta maaf. Tapi apa iya mereka mau melakukan itu?" ujar anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Tantowi Yahya dihubungi pada Minggu (28/7/2013).

Politisi Partai Golkar ini menyampaikan bahwa upaya penyadapan yang dilakukan suatu negara kepada negara lain memang seringkali terjadi. Ia mengaku tak terkejut atas penyadapan itu karena pemerintah Australia selalu menjadikan Indonesia sebagai saingan dan ancaman secara sekaligus.

Intelijen AS dan Inggris Sadap SBY, Australia Ambil Untung

Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, dikabarkan memanfaatkan laporan intelijen Pemerintah Inggris dan Amerika Serikat (AS), tentang sejumlah pemimpin negara Asia, termasuk Presiden SBY, dalam pertemuan puncak G20 di London, Inggris pada 2009.

Intelijen AS dan Inggris Sadap SBY, Australia Ambil Untung
Presiden SBY Berjabat tangan Dengan Barack Obama Pada Pertemuan KTT G-20

Menurut pemberitaan The Age, laporan itu kemudian digunakan Kevin untuk mendukung tujuan diplomatik Australia termasuk kampanye untuk memenangkan kursi di Dewan Keamanan PBB.

''[Perdana Menteri] Rudd sangat tertarik dengan laporan intelijen para pemimpin Asia-Pasifik, diantaranya Yudhoyono, [Perdana Menteri India] Manmoham Singh, dan [mantan presiden Cina] Hu Jintao," ujar seorang sumber di intelijen Australia, yang minta dirahasiakan namanya, Minggu (28/7/2013).

Anggota Polisi Lalulintas Gambir Ditembak Orang Tak Dikenal

Malang benar nasib Aipda Patah Saktiyono (55). Di tengah perjalanannya menuju kawasan Gambir untuk berdinas, Aipda Patah ditembak orang tak dikenal di kawasan Cirende Raya.



Penembakan itu terjadi Sabtu (27/7) subuh tadi sekitar pukul 04.30 WIB. Peluru pelaku menembus dada kiri korban.

"Saat berangkat dari kediamannya di Ciputat menuju Gambir, di daerah Cirende, korban yang mengemudikan sepeda motor ditembak dari belakang oleh dua orang tak dikenal," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto, dalam pesan singkatnya pada wartawan.

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters