Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 02 Agustus 2013

BIN Harus Minta Klarifikasi CIA Soal Penyadapan Presiden RI

Mantan Kepala Badan Koordinasi Intelijen Negara Letjen Purn HM Soedibyo, mendesak pemerintah segera meminta klarifikasi atas penyadapan yang dilakukan intelijen AS dan Inggris kepada Presiden SBY.

BIN Harus Minta Klarifikasi CIA Soal Penyadapan Presiden RI

Pemerintah dalam hal ini bisa meminta Badan Intelijen Negara (BIN), untuk melakukan klarifikasi ke CIA.

“CIA dapat mengatakan penyadapan yang dilakukan Snowden terhadap beberapa kepala negara Asia adalah inisiatifnya sendiri, bukan perintah Direktur CIA,” kata Soedibyo dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews.com, Kamis (1/8/2013).


Makanya, lanjut Soedibyo, bila disebutkan whistleblower informasi tersebut adalah Edward Snowden, ada kemungkinan isu penyadapan dalam rangka pengkhianatan maksimal kepada AS oleh mantan anggota CIA yang sekarang berlindung di Rusia.

“Sampai sekarang belum disebutkan apa motif pengkhianatan Edward Snowden kepada CIA,” ujarnya.

Tapi, kata Soedibyo ada kemungkinan isu penyadapan ini justru rekayasa CIA dalam rangka memburu dan menghabisi nyawa Snowden dengan menciptakan kebencian. Karena, jelas Edward Snowden terlibat dalam aksi penyadapan tersebut.

Soedibyo memaparkan, penyadapan sangat mungkin dilakukan secara teknologis. Karena itu, dalam perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang, pencurian informasi dari pihak lawan sangat terbuka dilakukan oleh negara-negara super maju seperti AS dan Inggris.

Kalau penyadapan dilakukan, Pemerintah AS dan Inggris kerap mengatakan dinas intelijen beroperasi secara independen di luar kontrol.

Itu karena watak AS dan Inggris sebagai  imperialis, tidak bisa dipercaya dan sikapnya sebagai manipulator tidak berubah.

"Karena, ternyata pemerintah menggunakan informasi curian tersebut," cetusnya.

Sebelumnya diberitakan, saat bersama delegasi Indonesia hendak melakukan kunjungan ke London dalam acara G-20, Presiden SBY disadap. Penyadapan terkait posisi Australia di Dewan Keamanan PBB.

Kepala BIN Marciano Norman menyebut, ada pria berinisial ES dalam kasus penyadapan Presiden SBY.

"Satu hal yang harus kita pahami, bahwa sumber berita itu yang namanya ES, yang sekarang ada di salah satu negara pelariannya, jangan dianggap akurat 100 persen," papar Marciano Norman yang kemungkinan ES ditujukan kepada Edward Snowden. (TribunNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters