Cari Artikel di Blog Ini

Sabtu, 21 Maret 2015

Infrastruktur kapal selam dibangun 2016

Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero), M Firmansyah Arifin, mengatakan, pembangunan infrastruktur kapal selam di Indonesia direncanakan pada 2016, untuk menindaklanjuti penunjukkan perusahaan plat merah itu dalam memproduksi kapal selam dari Kementerian Pertahanan.

Infrastruktur kapal selam dibangun 2016

TNI AL memproyeksikan memiliki enam kapal selam baru, melengkapi dua kapal selam saat ini, KRI Cakra-401 dan KRI Nanggala-402, yang merupakan Tipe-209 dari Jerman. Korea Selatan menjadi salah satu alternatif penting sumber pengadaan keenam kapal selam baru itu selain kelas Kilo dari Rusia.

"Kita bangun dulu infrastrukturnya, sebab kita belum punya dan hanya punya landasannya kapal selam. Sehingga dengan ada infrastruktur, ke depan bisa lebih banyak produksi kapal selam," ucap Arifin, di Malang, Sabtu.

Detasemen Jalamangkara TNI AL bebaskan tawanan teroris

Detasemen Jala Mangkara TNI AL berhasil membebaskan sejumlah tawanan teroris, di Pertamina Plaju Palembang pada gelaran latihan pembebasan sandera satuan pasukan khusus elit TNI AL itu, Sabtu.

Latihan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam itu diskenariokan di lokasi Pertamina Plaju sebagai salah satu pusat energi di Sumatera Selatan.


Detasemen Jala mangkara TNI AL

Skenarionya, 25 teroris yang dilengkapi senjata api dan bahan peledak dipasang di kilang serta berhasil menguasai Pertamina Plaju, selanjutnya menyandera beberapa pejabat setempat dengan tujuan minta tebusan uang.

Operasi penyelamatan para sandera ini didudukung oleh beberapa tim yaitu combat free fall, rubber duck operation, advanced fastrope, dan tim perahu serbu sea raider.

MUI Curiga Agenda Terselubung di Balik Buku Berpaham Radikal

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur meminta buku Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti untuk Kelas XI SMA sederajat ditarik dan direvisi. Materi dalam buku itu menyimpang dari Islam karena ajaran boleh membunuh orang di luar keyakinan.

Ketua MUI Jatim, KH Abdussomad Bukhori, mengatakan bahwa kewenangan untuk menarik buku itu ada pada Dinas Pendidikan Jawa Timur dan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).


MUI Curiga Agenda Terselubung di Balik Buku Berpaham Radikal


"MUI hanya dimintai pendapat. Untuk wilayah eksekusi ada di instansi terkait," kata Abdussomad di Surabaya Sabtu, 21 Maret 2015.

Selanjutnya, kata Abdussomad, ada evaluasi kepada tim penyusun buku itu. Dalam proses penerbitan sebuah buku, ada proses-proses yang melibatkan masing-masing Tim.

Ketika buku itu sudah jadi, ada tim korektor untuk mengoreksi isi buku sebelum diedarkan. Saat materi bermuatan paham radikal itu lolos, mereka harus diperiksa.

Jumat, 20 Maret 2015

Pangarmatim : Poros Maritim butuhkan 157 kapal

Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto menegaskan bahwa kebijakan Poros Maritim Dunia membutuhkan 157 kapal untuk memperkuat TNI AL, bahkan jumlah itu hanya merupakan kebutuhan minimal dibandingkan dengan luas wilayah lautan Indonesia.

"Saat ini sudah ada 130-an kapal dengan 80-an kapal di antaranya di wilayah Timur (Armatim), karena wilayah Timur sudah mencakup 2/3 wilayah laut kita," katanya setelah berbicara dalam dialog publik di Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, Kamis.


Pangarmatim Poros Maritim butuhkan 157 kapal

Di hadapan 150-an mahasiswa dan pelajar SMA/SMK yang menghadiri dialog tentang kemaritiman yang digelar BEM Fakultas Hukum UHT Surabaya itu, ia mengatakan pihaknya juga masih menghadapi kendala bahan bakar untuk kapal perang RI (KRI) yang sangat terbatas.

"Kita belum mampu melakukan kejar-kejaran dengan perompak di laut, seperti perompak yang melakukan illegal fishing, karena bahan bakar kapal-kapal kita hanya terpenuhi 37-40 persen, sehingga kita sering menunggu di daerah operasi," katanya.

Militer Indonesia dan Amerika Serikat sepakat perangi ISIS

Militer Indonesia dan Amerika Serikat sepakat memerangi ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) serta meningkatkan kerjasama militer kedua negara yang selama ini telah berjalan dengan baik.

Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, menyatakan itu, saat menerima kunjungan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake Jr, beserta stafnya, di ruang tamu panglima TNI, di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, kemarin (19/3).


Militer Indonesia dan Amerika Serikat sepakat perangi ISIS

Turut mendampingi Moeldoko dalam pertemuan itu, Asisten Intelijen Panglima TNI, Laksamana Muda TNI Amri Husaini, Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayor Jenderal TNI M Fuad Basya, Kepala Pusat Kerja Sama Internasional TNI, Laksamana Pertama TNI Suselo, dan Staf Khusus Panglima TNI, Marserkal Pertama TNI (Purnawirawan) Prayitno.

Bagi TNI, menurut pernyataan Pusat Penerangan TNI, di Jakarta, Kamis, ISIS merupakan ancaman potensial bagi eksistensi Indonesia, sehingga harus dikelola secara baik. Belum lama ini diketahui ada 16 WNI yang ditahan imigrasi Turki di Gazientap, saat akan menyeberang ke Suriah.

Wakil Panglima TNI punya kewenangan komando

Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, menjelaskan rencana penerapan reorganisasi TNI yang akan diberlakukan setelah disetujui presiden selaku panglima tertinggi TNI. Reorganisasi itu juga tentang pembentukan posisi wakil panglima TNI.

“Berbeda dengan kepala staf umum TNI, maka dia tidak memiliki kewenangan komando. Nach, wakil panglima TNI memiliki kewenangan komando itu, sebagai kepanjangan tangan panglima TNI,” katanya dalam pernyataan melalui televisi nasional, di Jakarta, Jumat. 


Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko
Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko

Moeldoko menyatakan, dalam hal panglima TNI berhalangan maka wakil panglima TNI-lah yang akan menggantikan posisinya.

“Di seluruh Indonesia ada 12 batalion yang operasional sehari-hari dan enam batalion dalam penugasan di luar negeri. Jika panglima TNI punya waktu yang baik, maka dia bisa memeriksa dan memantau langsung anak buahnya, jika tidak maka wakil panglima TNI yang menjaga gawang,” kata dia.

Rabu, 18 Maret 2015

Pemerintah akan reorganisasi TNI dalam lima tahun

Pemerintah akan melakukan reorganisasi TNI dalam lima tahun untuk memperkuat struktur dan juga peningkatan kemampuan sebagai organisasi pertahanan negara menghadapi tantangan yang semakin meningkat dan kompleks.

Pemerintah akan reorganisasi TNI dalam lima tahun

"Organisasi itu harus bersifat dinamis. Pasti diharapkan dengan perkembangan lingkungan strategis, yang kedua dihadapkan dengan kebutuhan untuk melakukan penindakan. Yang ketiga menyadari aspek manajemen, kendali. Faktor kontrol dan kendalinya bagaimana. Keempat, bagaimana dengan anggaran. Kalau anggaran sudah bagus ya kita sesuaikan," kata Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Kantor Presiden Jakarta usai mengikuti rapat tentang organisasi dan modernisasi TNI yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Kopaska-AL AS gelar latihan bersama

Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut bersama Angkatan Laut Amerika Serikat menggelar latihan bersama "Flash Iron 15-5524 Joint Combined Exchange Training (JCET)", di Markas Komando Satkopaska Koarmabar, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa.

Kopaska-AL AS gelar latihan bersama

Komandan Satkopaskaarmabar Kolonel Laut (P) Tjatur Soniarto, mengatakan, latihan yang digelar ini dalam rangka pengembangan teknik dan taktik peperangan laut khusus serta kemampuan lain yang disesuaikan dengan perkembangan situasi terkini ancaman global guna mendukung terlaksananya tugas pokok kedua satuan.

Latihan ini juga merupakan wadah kerja sama antara kedua negara terutama di bidang kemiliteran dan sebagai wahana pertukaran ilmu serta memupuk rasa solidaritas sebagai pasukan khusus yang berbasis Naval Special Warfare.

ISIS Mulai Rekrut Anak-anak, Jokowi Diminta Segera Bertindak

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Samsul Ridwan prihatin atas munculnya video 'Education in te Caliphate' di Youtube, beberapa waktu lalu. Video itu menunjukkan anak-anak yang diduga direkrut Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS/ISIS) dan dilatih berperang. 


Menurut Samsul, kemunculan video itu menjadi peringatan bagi Pemerintah Indonesia untuk mencegah anak-anak direkrut menjadi bagian dari ISIS.

"ISIS yang merupakan organisasi terorisme internasional telah menggunakan anak-anak sebagai pasukan antipemerintah dalam aksi propagandanya. Ini harus menjadi perhatian serius semua pihak, khususnya pemerintah karena apabila tidak segera direspon atau diantisipasi, sangat dimungkinkan rekruitmen mujahid cilik ini akan cepat meluas," kata Samsul, dalam siaran pers, Rabu (18/3/2015).

Wakil Panglima TNI Akan Kembali Dimunculkan

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyampaikan adanya rencana melakukan reorganisasi TNI. Salah satu hal yang ia sebut akan direalisasikan kembali adalah jabatan wakil panglima di tubuh TNI.

Moeldoko mengusulkan secara langsung reorganisasi TNI itu kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (17/3/2015). Menurut Moeldoko, Presiden menyetujui reorganisasi TNI, asalkan dilakukan secara bertahap.


Wakil Panglima TNI Akan Kembali Dimunculkan

"Masalah reorganisasi, di antaranya ada wakil panglima TNI. Diharapkan, wakil panglima TNI itu, kalau tidak ada panglima TNI, dia bisa action," kata Moeldoko seusai rapat bersama Presiden.

Jabatan wakil panglima TNI sebelumnya sudah pernah ada, tetapi kemudian dihapus pada masa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid.

Menghadirkan Superioritas Udara Ke Tengah Samudera

TNI Angkatan Udara bertekad menghadirkan superioritas udara ke tengah samudera guna melaksanakan security coverage bagi kekuatan laut dalam mendukung visi Poros Maritim Dunia.

Pesawat intai strategis B-737 AEW&C
Pesawat intai strategis B-737 AEW&C | photo : DID

Visi Poros Maritim Dunia yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo disambut baik dan didukung penuh oleh TNI Angkatan Udara. Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna menandaskan hal tersebut di sela Rapat Pimpinan TNI AU yang dilaksanakan awal Februari lalu di Jakarta dan dihadiri 306 komandan satuan dari seluruh jajaran TNI AU.

Dikatakan, relevansi TNI AU sebagai pembina kekuatan secara signifikan menentukan peran TNI AU sebagai subsistem dalam pertahanan poros maritim dunia. "TNI AU harus bisa menghadirkan superioritas udara ke tengah samudera, melaksanakan security coverage bagi naval forces," ujar Agus Supriatna, alumni AAU 1983. "Ärtinya, Sistem Pertahanan Maritim tidak hanya butuh TNI Angkatan Laut yang kuat, namun juga TNI AU yang lebih kapabel," jelasnya.

Selasa, 17 Maret 2015

BATAN Gelar Soft Launching Pembangunan Reaktor Daya Eksperimental

Bertempat di Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi, BATAN mengumumkan rencana pembangunan Reaktor Daya Non Komersial (RDNK)/Reaktor Daya Eksperimental di hadapan sejumlah media cetak dan elektronik. RDE atau yang lebih dikenal dengan PLTN mini ini direncanakan akan dibangun di Kawasan Puspiptek, Serpong.

BATAN Gelar Soft Launching Pembangunan Reaktor Daya Eksperimental

Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto, mengungkapkan RDE mulai dibangun tahun ini dan diharapkan selesai tahun 2019 menjelang berakhirnya tahun Renstra 2014-2019. Pembangunan RDE, lanjutnya, merupakan komitmen untuk mengenalkan nuklir sebagai sumber daya listrik baru di masa depan.

“RDE merupakan suatu strategi pemerintah untuk mengenalkan reaktor nuklir yang menghasilkan listrik dan sekaligus dapat digunakan untuk eksperimen/riset”, kata Djarot.

Miss Indonesia 2006 Gabung dengan US Army

Kabar Miss Indonesia 2006 Kristania Virginia Besouw menjadi warga negara Amerika Serikat ramai diperbincangkan di media sosial. Kristy sapaan akrab Kristania pindah warga negara diduga karena telah bekerja di US Army.

Miss Indonesia 2006 Gabung dengan US Army
Miss Indonesia 2006 Gabung dengan US Army

Dia mulai bekerja sebagai tentara Amerika Serikat sejak 28 Oktober 2014. Hal itu dia tuliskan dalam statusnya di media sosial Facebook.

"Bekerja di U.S Army 28 Oktober 2014 hingga sekarang," tulisnya, seperti dikutip merdeka.com Senin (16/3).

Sidak Panglima TNI, Prajurit Korps Paskhas Siap dalam 13 Menit

Panglima TNI Jenderal Moeldoko melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Markas Komando Korps Pasukan Khas (Mako Korps Paskhas) Lanud Sulaiman Bandung, Jawa Barat, Senin (16/3/2015).

Dalam tempo kurang lebih 13 menit, para Prajurit Korps Paskhas sudah siap dan berkumpul di lapangan apel walaupun ada kegiatan masing-masing.


Sidak Panglima TNI, Prajurit Korps Paskhas Siap dalam 13 Menit

Kedatangan Panglima TNI disambut langsung oleh Kepala Staf (Kas) Korpaskhas Marsma TNI Seto Purnomo. Sebelum memberikan pengarahan kepada 395 prajurit Korpaskhas, Jenderal TNI Moeldoko beserta rombongan langsung mengecek pos haga, ruang hening, dan euang heritage (Museum) Korpaskhas.

Panglima TNI dalam pengarahannya mengatakan bahwa, kedatangannya ke Mako Korpaskhas tidak diundang karena untuk melihat dan mengecek secara langsung kesiapsiagaan prajurit Korps Paskhas.

Badan Cyber Nasional Harus Segera Dibentuk

Staf Ahli Panglima TNI bidang C4IST, Dr. Yono Reksoprodjo mengharapkan pemerintah segera membentuk Badan Cyber Nasional (BCN) mengingat serangan cyber (cyber attack) sudah dikategorikan sebagai peperangan politik di masa kini, dan menjadi ancaman dan serangan yang sangat serius terhadap keamanan dan ketahanan negara, ekonomi, sosial, politik, budaya dan integrasi nasional.

Badan Cyber Nasional Harus Segera Dibentuk

“Sebagian memang kurang memahami esensi ranah cyber. Karena ini tidak terlihat, bukan komputernya melainkan isi dan datanya, ini yang perlu di protek. Tidak cukup dengan mamasang alat-alat bagus, tapi data bocor. Ini yang perlu dipahami,” ungkap Yono Reksoprodjo dalam seminar "Membangun Kedulatan Cyber Nasional Dalam Kancah Global" yang diadakan oleh Ikatan Alumni Lemhanas angkatan 49 (Ikal) di Jakarta.

Olehkarenanya bentuk dari BCN ini adalah pengawasan yang ketat terhadap cyberspace. Dan badan ini sangat penting untuk menjamin kemanan dan kenyamanan.

Panglima TNI: Kekhawatiran Penguatan TNI Upaya Kotak-kotakkan Permasalahan Bangsa

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menjadi Inspektur Upacara pada pembukaan Pendidikan Reguler (Dikreg) XLII Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI tahun 2015 di Aula Sesko TNI Jl. R.A.A. Martanegara No. 11 Bandung, Jawa Barat, Senin (16/03/2015).

Panglima TNI: Kekhawatiran Penguatan TNI Upaya Kotak-kotakkan Permasalahan Bangsa

Panglima TNI dalam pengarahannya mengatakan bahwa, kerja sama antarnegara dapat dilakukan untuk kepentingan negara dan juga untuk mengumpulkan kekuatan dengan tujuan utama guna mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, serta terciptanya stabilitas dan keseimbangan dunia internasional.

Dalam kaitan perkembangan neorealisme tersebut, diharapkan agar para siswa Sesko TNI memiliki pemikiran cerdas dalam mencerna perkembangan lingkungan, dan memiliki pemikiran strategis dalam menghadapi realisme perkembangan nasional, karena realisme yang terjadi adalah pelemahan terhadap kekuatan negara.

Jupiter Aerobatic Team batal tampil di Langkawi

Jupiter Aerobatic Team (JAT) batal tampil dalam Pameran Internasional Maritim dan Udara (LIMA 15) di Pusat Pameran Antarabangsa Mahsuri, Langkawi, Malaysia pada 17-21 Maret 2015 karena dikhawatirkan penerbang lain merasa trauma pascakecelakaan tersebut.

 Jupiter Aerobatic Team batal tampil di Langkawi

"Penarikan JAT ke tanah air berdasarkan Standard Operation Procedure (SOP) yang ada. Kita cooling down dahulu karena akan mengganggu psikologis dan konsentrasi penerbang yang lain pascakecelakaan dua pesawat Wong Bee KT-1B pada Minggu (15/3)," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Saat ini, tim aerobatik Jupiter tengah dalam perjalanan kembali ke Indonesia dari Lanud Pekanbaru melalui Lanud di Palembang menuju Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Tiga Sukhoi jaga perbatasan timur Indonesia

Tiga pesawat tempur Sukhoi Su-30 Flanker sejak satu bulan ini aktif menjaga ruang udara perbatasan RI wilayah timur untuk mengantisipasi masuk secara sembarangannya pihak luar ke Indonesia.


Tiga Sukhoi jaga perbatasan timur Indonesia

"Operasi pengamanan ruang udara oleh
Sukhoi Flanker ini sudah direncanakan sejak lama oleh pimpinan, baik di wilayah utara, selatan dan timur," kata Komandan Pangkalan Udara Jayapura Kolonel Pnb I Made Susila di Sentani, Senin.

Menurut I Made Susila, bentuk keberadaan angkatan udara diwujudkan melalui tiga pesawat
Sukhoi yang disiapkan di Hanggar Lanud Manuhua, Biak.

Hasil Investigasi Dua Pesawat TNI AU Masuk Ruang Hampa Sebelum Tabrakan

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, dua pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korea Selatan yang tergabung dalam tim Jupiter Aerobatic milik TNI AS jatuh karena faktor non-teknis.

Hasil Investigasi Dua Pesawat TNI AU Masuk Ruang Hampa Sebelum Tabrakan
Dua pilot tim aerobatik Jupiter dari TNI Angkatan Udara terjun berhasil menggunakan kursi pelontar setelah pesawat yang mereka bersenggolan dengan pesawat lain pada latihan menjelang Langkawi International Maritime and Aerospace 2015, Minggu (15/3/2015).

Menurut Moeldoko, berdasarkan hasil investigasi sementara yang dilakukan oleh TNI AU, dua pesawat tersebut sempat masuk ke dalam ruang hampa sebelum jatuh. "Saat pesawat naik, di sana ada ruangan hampa. Jadi, (pesawat) yang di atas bisa turun, (pesawat) yang di bawah bisa naik. Ini yang secara kasatmata tidak bisa dilihat. Kemungkinan investigasi awal seperti itu," ujar Moeldoko di Sesko TNI, Jalan Martanegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (16/3/2015).

Demi lebih memastikan penyebab kecelakaan tersebut, Moeldoko mengaku telah mengirim tim investigasi khusus ke lokasi jatuhnya pesawat di Langkawi International Maritime & Aerospace Exibition (LIMA) 2015, Malaysia. "Kita sudah kirim tim pagi tadi naik Hercules ke sana," imbuhnya.

Senin, 16 Maret 2015

TNI AU Investigasi Penyebab Tabrakan 2 Pesawat Jupiter di Langit Malaysia

Tim investigasi diterbangkan ke Langkawi, Malaysia, guna menyelidiki kecelakaan dua pesawat Wong Bee KT-1B yang digunakan tim aerobatik Jupiter TNI AU.

"Masih dalam proses penyelidikan, kedua pesawat datang dari mana, kena wing mana, tim investigasi dari AU sedang menyelidikinya," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto, saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (15/3/2015).


TNI AU Investigasi Penyebab Tabrakan 2 Pesawat Jupiter di Langit Malaysia

Tim tersebut sudah bergerak ke lokasi kecelakaan sejak menerima kabar insiden yang terjadi saat gladi resik akrobat udara tim Jupiter TNI AU.

"Nanti investigasi yang akan memperlihatkan penyebab bagaimana kecelakaan terjadi," kata Hadi.

Profil dan Nama Unik Pilot Tim Aerobatik Jupiter: Condor Hingga Colibri

Jupiters Aerobatic Team (JAT) sudah lama menjadi kebanggaan TNI dalam urusan terbang indah di udara. Nama mereka dikenal hingga di berbagai belahan dunia. Untuk komunikasi udara, rupanya mereka punya julukan sendiri-sendiri. Seperti apa?

Profil dan Nama Unik Pilot Tim Aerobatik Jupiter: Condor Hingga Colibri

Informasi dari situs jupiteraerobaticteam.blogspot yang dibuat oleh salah satu pilot, nama-nama udara itu cukup menarik. Mulai dari Goshawk hingga Condor.

Namun, sebelum melihat nama udara mereka, nama-nama asli para pilot itu perlu diketahui. Berikut para pilot yang diberangkatkan ke ajang pameran dirgantara Langkawi, Malaysia, adalah:

Jupiter 1: Mayor Pnb Feri Yunaldi
Jupiter 2: Kapten Pnb Idam Satria Utomo
Jupiter 3: Kapten Pnb Made Yogi Indra
Jupiter 4: Mayor Pnb Putu Sucahyadi
Jupiter 5: Mayor Pnb Sri Raharjo
Jupiter 6: Mayor Pnb Humaidi Syarief Romas

Buru penjahat, 14 anggota Polri dan TNI ditahan otoritas Malaysia

Kepolisian Malaysia menahan 17 warga negara Indonesia di dekat Pulau Sebatik karena melanggar aturan imigrasi. Rombongan yang menerobos perbatasan ini terdiri dari 10 anggota Polri, 4 personil TNI, dan tiga warga sipil.

Buru penjahat, 14 anggota Polri dan TNI ditahan otoritas Malaysia
14 personil Polri-TNI ditangkap di Malaysia karena langgar aturan imigrasi

Kepada aparat negeri jiran, personil polisi dan TNI itu mengaku hendak mengejar tersangka pembunuhan yang kabur ke Tawau, Negara Bagian Sabah. Orang yang dicari itu ternyata sedang ditahan Balai Polisi Wallace Bay (setara polsek), seperti dilansir the Star, Minggu (15/3).

Aparat yang ikut dicokok polisi Malaysia semuanya berpangkat rendah dan tidak membawa surat perintah. Mereka mengaku spontan menggeruduk kantor polisi di wilayah Malaysia karena ingin menangkap tersangka.

Minggu, 15 Maret 2015

Peringatan HUT ke-54 Batalyon Intai Amfibi

Dalam rangka memperingati HUT ke 54 Taifib, prajurit Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir melaksanakan apel khusus di lapangan apel Yontaifib-1 Mar Karangpilang, Surabaya, Jumat (13/03/2015).

Kegiatan yang dipimpin Komandan Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir Mayor Marinir Freddy Ardianzah tersebut diikuti seluruh prajurit Yontaifib-1 Mar.


Salami Pasukan – Komandan Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir Mayor Marinir Freddy Ardianzah salami anggota Yontaifib. | Foto : Dispen Kormar
 
Dalam amanatnya, Komandan Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir mengatakan, apel khusus tersebut sebagai wujud pewarisan tradisi dan nilai-nilai semangat para pendiri dan pendahulu Taifib,selain itu juga sebagai sarana menjaga semangat jiwa korsa, dedikasi dan loyalitas prajurit Tri Media dalam menghadapi tugas-tugas dimasa mendatang yang lebih berat dan kompleks.

Saatnya Indonesia Miliki PLTN Terapung

Sudah saatnya Indonesia mengembangkan dan membangun pembangkit listrik tenaga nuklir bergerak terapung, atau Floating Mobile Nuclear Power Plant. Pasalnya, sejauh ini hanya Indonesia yang belum memiliki tenaga nuklir untuk pembangkit listrik, sehingga ekonomi Indonesia masih jauh tertinggal.

Saatnya Indonesia Miliki PLTN Terapung

“Jika pemerintah mulai berpikir mengembangkan dan membangun listrik tenaga nuklir, maka bisa melakukan percepatan pertumbuhan ekonominya,” kata Ketua Umum Persatuan Insinyur Profesional Indonesia, Raswari, kepada Jurnal Maritim, Rabu (12/3) di Kawasan Jakarta Selatan.

Dikatakan Raswari, sudah saatnya Indonesia mempunyai infrastruktur listrik tenaga nuklir, sebab kekayaan alam Indonesia sangat mendukung, terutama adanya uranium. “Apalagi, Pemerintah Jokowi mencanangkan program Poros Maritim Dunia, Tol Laut, dan infrastruktur harus didukung dengan listrik yang memadai.”

HMMWV USA Unjuk Kebolehan kepada Petinggi Korps Marinir

Kepala Staf Korps Marinir (Kaskormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso hadiri acara presentasi dan demontrasi kendaraan tempur produk HMMWV type M1165 DRGN V AM General USA di Hotel Grand Zury BSD City Tangerang Selatan, Rabu (12-03-2015) lalu.

HMMWV USA Unjuk Kebolehan kepada Petinggi Korps Marinir

Acara diawali dengan ramah tamah dan dilanjutkan dengan presentasi yang dibuka oleh Kaskormar. Dalam kesempatan ini, Direktur AM General USA, Robert William Postel menjelaskan karateristik kendaraan HMMWV type M1165 DRGN V.

“HMMWV adalah kendaraan tempur yang dirancang khusus berkapasitas 6500 cc dengan daya angkut 8 personel. Kendaraan tempur semi Amfibi ini bisa melewati segala macam medan dalam bentuk apapun,” ungkap Direktur AM General USA.

Jatuh Saat latihan, 4 Pilot Pesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU Selamat

Dua pesawat Jupiter Aerobatic Team TNI Angkatan Udara jatuh ketika berlatih aerobatik menjelang Pameran Internasional Maritim dan Udara (LIMA 15) di Pusat Pameran Antarabangsa Mahsuri, Langkawi, Minggu.

Jatuh Saat latihan, 4 Pilot Pesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU Selamat

Salah satu pesawat jatuh menimpa rumah penduduk Kampung Gelam, Kedawang, dan mencederai dua penghuni rumah yang kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Langkawi, demikian laman Berita Harian.

DPR dukung TNI tertibkan sumur minyak

Anggota Komisi VII DPR RI Satya Widya Yudha mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Moeldoko, yang akan menertibkan penambangan sumur minyak tua di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, karena menyangkut kekayaan Negara.

DPR dukung TNI tertibkan sumur minyak

"DPR RI mendukung sepenuhnya penertiban pengelolaan sumur minyak tua, sebab dalam pelaksanaanya banyak yang melanggar ketentuan," katanya, ketika mengunjungi lokasi penambangan sumur minyak tua di Bojonegoro, Jumat.

Ia menyatakan hal itu, ketika dimintai tanggapannya soal langkah Panglima TNI Jenderal Moeldoko, yang akan memberikan sanksi kepada pengelola sumur minyak tua di daerah setempat yang melanggar ketentuan.

TNI AL selamatkan penumpang KM Nurah LIPI

TNI AL berhasil menyelamatkan 12 orang peneliti asing, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan beserta delapan anak buah kapal KM Nurah yang tenggelam di sekitar Perairan Anambas Kepulauan Riau pada Sabtu malam (14/3).

TNI AL selamatkan penumpang KM Nurah LIPI

"Kejadiannya kemarin malam, kami langsung berupaya menyelamatkan seluruh ABK dan penumpang kapal, dan berhasil," demikian keterangan Komandan Gugus Keamanan Laut Armada RI Kawasan Barat (Guskamla Armabar) Laksamana Pertama Rasyid melalui pesan singkatnya di Batam Kepri, Minggu.

Seluruh ABK dan penumpang kapal berhasil diselamatkan setelah sekitar tiga jam terombang-ambing di tengah lautan.

Pesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU Alami Kecelakaan di Malaysia

Dua pesawat Jupiter Aerobatic Team milik TNI Angkatan Udara Indonesia mengalami kecelakaan dalam acara Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA) 2015, Malaysia.

Pesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU Alami Kecelakaan di Malaysia

Kapuspen TNI Mayjend Fuad Basyah membenarkan kejadian tersebut. "Info benar dan lain-lain masih didalami," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (15/3/2015). Dia tak bersedia memaparkan lebih lanjut mengenai insiden tersebut.

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters