Cari Artikel di Blog Ini

Sabtu, 11 Juli 2015

Kisah pesawat pengebom TNI AU usir armada kapal perang Inggris

Armada Angkatan Laut Inggris pernah mencoba menggertak Indonesia. Kapal induk HMS Victorius dan Kapal perusak HMS Countor sengaja lewat di Selat Malaka. Namun bukannya takut, malah Indonesia menggertak balik dengan mengeluarkan pesawat pengebom dari sarangnya.

HMS Victorious
HMS Victorious

Kisah ini terjadi saat ketegangan Indonesia dan Malaysia meningkat. Malaysia meminta bantuan Inggris yang mengirimkan jet tempur dan pasukan elitenya.

Periode 1960an, Indonesia sama sekali tak bisa diremehkan. Mereka punya deretan pemburu MiG dari 15 sampai 21. Untuk pengebom, ada pesawat terbaik pada masa itu, TU-16 dan TU-16 KS. Cukup bikin siapa pun yang mau berurusan berpikir dua kali.

Nah, rupanya Inggris mau coba-coba. 27 Agustus 1965, Kapal Induk HMS Victorius dan Kapal Perusak HMS Countor yang menuju Australia sengaja masuk Selat Sunda tanpa izin.

TNI kerahkan 12.300 personel bantu pengamanan mudik

Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan mengerahkan sekitar 12.300 personel untuk membantu Polri dalam rangka pengamanan arus mudik Lebaran 1436 Hijriyah.

"Pengamanan mudik sudah terkoordinasi dengan baik, terkonsolidasi dengan kepolisian sudah. Kita back up kepolisian sekitar 12.300 personel," kata Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko usai Acara Buka Puasa Bersama dengan 3000 Anak Yatim se-Jabodetabek, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.


TNI kerahkan 12.300 personel bantu pengamanan mudik
Panglima TNI Jenderal Moeldoko (kanan) menyalami anak yatim piatu dan kaum duafa saat acara buka bersama di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Kamis (9/7/15). | Foto : ANTARA,  Indrianto Eko Suwarso

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M Fuad Basya menambahkan, pengamanan mudik merupakan tanggung jawab Polri, namun Panglima TNI sudah memerintahkan Panglima Komando Utama (Pangkotama) baik Angkatan Darat, Laut dan Udara untuk mempersiapkan perbantuan apabila dibutuhkan.

Semua bintang tiga menjadi kandidat KSAD

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang telah disetujui DPR sebagai Panglima TNI menyatakan semua bintang tiga (letnan jenderal) TNI Angkatan Darat adalah kandidat KSAD.

Semua bintang tiga menjadi kandidat KSAD
Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

"Semua bintang tiga mempunyai peluang menjabat Kepala Staf Angkatan Darat," kata dia usai upacara penutupan pendidikan dan wisauda sarjana taruna Akademi Militer Tingkat IV Tahun Pelajaran 2014/2015 di Gedung AH. Nasution kompleks Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Gatot menuturkan prosedur pengajuan calon KSAD diawali pihaknya memimpin sidang Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti).

Indonesia akan bangun pangkalan militer di perbatasan

Pemerintah Indonesia akan membangun pangkalan militer untuk menjaga wilayah perbatasan khususnya yang berhadapan dengan Laut Tiongkok Selatan, kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

Indonesia akan bangun pangkalan militer di perbatasan

Rancangan rencana tersebut sedang disiapkan Bappenas dan Kementerian Pertahanan, demikian terungkap dalam pertemuan Kepala Bappenas dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacuddu di Jakarta, Jumat.

"Pertemuan kita hari ini untuk menyatukan tekad dalam melindungi kepentingan nasional dan menjaga wilayah kedaulatan khususnya wilayah terdepan kita diperbatasan. Tugas kita sesuai amanat UUD melindungi segenap tumpah darah Indonesia kan," ujar Andrinof di Kantor Bappenas.

Jumat, 10 Juli 2015

Obat pahit Presiden Jokowi buat hindari krisis ekonomi

Ekonomi dunia saat ini tengah diliputi ketidakpastian. Di saat ekonomi Amerika Serikat mulai membaik, yang ditandai dengan rencana The Fed menaikkan suku bunganya, kondisi diperparah dengan krisis ekonomi Yunani dan ambruknya bursa saham China.

Obat pahit Presiden Jokowi buat hindari krisis ekonomi

Dua faktor yang membuat Indonesia gamang tak lain ialah perkembangan Amerika dan China. Pasalnya, dua negara ini merupakan negara adidaya yang imbas kondisi dalam negerinya dapat mempengaruhi dunia.

Pemerintah dan sejumlah otoritas keuangan Tanah Air tak lantas tinggal diam. Presiden Joko Widodo sendiri bereaksi dengan kondisi dunia saat ini. Presiden mengingatkan apa yang terjadi pada negara-negara dunia untuk menjadi pelajaran bagi Indonesia.

Polri Kerahkan "Sniper" Saat Lebaran

Penempatan penembak jitu (sniper) di jalur mudik memiliki syarat sendiri. Salah satunya daerah tersebut rawan dengan ancaman oleh pihak-pihak tertentu.

Polri Kerahkan Sniper Saat Lebaran

"Kita lihat ancamannya, tidak harus seluruhnya ada sniper," kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Badrodin menilai, jika ancaman tersebut tinggi, maka daerah tersebut akan ditempatkan sniper. Salah satunya agar pemudik merasa aman melintas di tempat rawan kejahatan tersebut.

Ini Beda Tingkat Kepuasan Masyarakat di Pemerintahan Jokowi dengan SBY

Tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Presiden Joko Widodo masih rendah. Hal itu terlihat dari hasil survei yang dipaparkan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Kamis (9/7/2015) sore.

Secara keseluruhan, tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Jokowi hanya 40,7 persen. Sementara itu, 55,7 persen masyarakat menyatakan tidak puas, dan 3,6 persen menyatakan tidak tahu.


Ini Beda Tingkat Kepuasan Masyarakat di Pemerintahan Jokowi dengan SBY

"Ada dua hal yang membuat masyarakat tidak puas. Pertama, ekspektasi publik terlalu tinggi atau sangat tinggi. Kedua, Jokowi pada masa awal langsung menaikkan harga BBM, dan itu berdampak langsung di masyarakat," kata Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei di Jakarta, Kamis.

SMRC, kata dia, membandingkan kinerja Jokowi dengan dua periode masa awal pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada Juni 2005, tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja SBY mencapai 70 persen. Hanya 26 persen masyarakat menyatakan tidak puas, dan 4 persen masyarakat menyatakan tidak tahu.

Lanal Pontianak Menjadi Pangkalan Utama TNI AL

Pangkalan laut TNI AL (Lanal) di Pontianak akan ditingkatkan statusnya menjadi Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal). Peningkatan status pangkalan ini pula diiringi dengan penguatan prajurit, jika selama ini jumlah pertahanan prajurit semula 280 orang ditingkatkan menjadi 1300 orang.

Salah satu kapal perang TNI AL, KRI Kala Hitam-828, bergerak dari dermaga Mako Lanal Pontianak di Perairan Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat (Antara)

Wakil Kepala Staf TNI AL (Wakasal) Laksmana Madya Widodo mengatakan Lanal di Pontianak akan digeser kedudukannya di Kabupaten Sambas.

“Makanya kita cek lahan dengan wakil Bupati Sambas ini, lahan-lahan mana saja yang bisa dijadikan perkantoran dan perumahan,” ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sambas, Rabu (8/7/2015) siang.

Pilot Indonesia Diduga ISIS

Dugaan pilot Indonesia terlibat ISIS disebut pakar penerbangan Gerry Soejatman bukan hal baru. Menurutnya, pada 2011 dan 2014 dugaan serupa juga menimpa pilot RI lainnya. Mereka berasal dari maskapai penerbangan komersial.

Dua pilot Indonesia yang disebut bergabung dengan ISIS. (Dok. The Intercept)

“Dengan sekarang (tahun 2015) total ada empat pilot yang diduga terlibat ISIS,” kata Gerry kepada CNN Indonesia, Kamis (9/7).

Namun, menurutnya, dua pilot yang diduga bergabung dengan ISIS tahun ini sesungguhnya kasus lama. Indikasi keterlibatan keduanya telah tercium sebelum dokumen rahasia Kepolisian Federal Australia (AFP), dibocorkan oleh majalah online The Intercept dan dirilis di situsnya hari ini.

Dua pilot itu adalah Ridwan Agustin dari AirAsia dan Tommy Abu Alfatih alias Tomi Hendratno dari Premiair. Tomi bahkan disebut pernah bekerja sebagai pilot TNI AU.

100 Kombatan GAM akan Bergabung dengan ISIS

Informasi mengejutkan bertiup dari wilayah Aceh Timur. Sejumlah mantan pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang dimotori Fakhruddin bin Kasem alias Din Robot menyatakan siap bergabung dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Pasukan ISIS berpawai di Raqqa, Suriah, pada awal bulan ini. (AFP).

Mereka juga menyatakan siap untuk berangkat ke Suriah. Din Robot yang merupakan warga Desa Kuta Binje, Kecamatan Julok, Aceh Timur, tercatat sebagai mantan wakil Panglima GAM Wilayah Peureulak, Sagoe Kuta Awe Duek.

Pernyataan siap bergabung dengan ISIS disampaikan Din Robot melalui konferensi pers di salah satu tempat di Idi Rayeuk, Aceh Timur, beberapa waktu lalu.

Ketika menyampaikan pernyataan itu ke wartawan, Din Robot didampingi Ketua Tim Pengacara Muslim (TPM) Aceh, Safaruddin SH.

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters