Cari Artikel di Blog Ini

Sabtu, 28 September 2013

Panglima TNI Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana

Panglima TNI Jenderal Moeldoko bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Budiman dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal IB. Putu Dunia, menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana di Pulau Pabelokan Kepulauan Seribu, Jumat (27/9/2013).

Panglima TNI Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana
Panglima TNI Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana

Sebelum dilaksanakan acara penyematan Brevet didahului paparan Safety Briefing oleh PT. CNOOC tentang beberapa peraturan di wilayah Pulau Pabelokan karena banyak daerah terlarang yang membahayakan.


Brevet tersebut disematkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Dr. Marsetio di dalam kapal selam KRI Nanggala-402 yang menyelam di kedalaman 25 meter dibawah permukaan laut perairan Laut Jawa.  Pengangkatan Panglima TNI sebagai warga kehormatan kapal selam adalah yang ke 125.


Tank Leopard RI dengan Cat Kamuflase Baru

Tak menunggu waktu lama, sang macan Leopard 2A4 TNI-AD segera berdandan diri untuk nantinya dihadapkan ke publik di hari jadi TNI. Proses pengecatan kamuflase Leopard sendiri saat ini sudah selesai. Dan inilah tampang sang Macan saat ini.

Tank Leopard RI dengan Cat Kamuflase Baru

Untuk mendandani sang macan, memang bukan perkara mudah. Segenap upaya dikerahkan jajaran TNI-AD mulai dari Pussenkav, Bengpuspalad, hingga kalangan sipil. Desain corak monster lapis baja ini sendiri merupakan karya dari kalangan sipil. Hal ini membuktikan keterbukaan dari TNI-AD untuk merangkul semua golongan demi kemajuan pertahanan dalam negeri. Sementara proses pengecatan dilakukan oleh Bengpuspalad, dan dilakukan disebuah tempat yang dirahasiakan dengan supervisi dari Pussenkav. Tidak seperti kamuflase Anoa, perpaduan kamuflase kali ini menggunakan 2 warna saja, seperti kamuflase helikopter Nbell-412. ARC sendiri mengikuti detik demi detik proses pengecatan.


Sederet Kekuatan TNI AD Hingga EMF Tahap I

Helikopter serang Apache AH-64E Guardian, MI-35, MBT Leopard-2 serta Pesawat Tempur Anti Gerilya Super Tucano, merupakan kombinasi maut untuk sebuah peperangan di wilayah Indonesia yang berbukit dan berhutan. Helikopter Apache AH-64 E Guardian mampu mendeteksi panas tubuh manusia yang berada di balik pepohonan dan mampu melakukan penghancuran dari jarak jauh baik untuk lapis baja maupun infanteri. Apache AH 64E termasuk kategori heli serang berat yang memiliki transmisi lebih baik dibanding seri D. Apache E juga menggunakan baling-baling dari bahan komposit, yang membuatnya bisa terbang lebih cepat dibanding Apache D Block II.

Apache AH-64E Guardian yang akan dimiliki TNI AD
Apache AH-64E Guardian yang akan dimiliki TNI AD (photo: US Army)

Apache AH-64E Guardian juga dilengkapi pengendalian pesawat nirawak (drone) dari dalam kokpit sehingga meningkatkan kemampuan baik dalam pengawasan maupun tempur. AH-64 E Guardian mampu terbang tinggi dan menembak dari jarak jauh, sehingga sulit untuk ditembak oleh rudal jarak pendek (SAM) yang dibawa infanteri atau kendaraan lapis baja lawan.

Pesawat T-50i Golden Eagle Terbang Perdana di Lanud Iswahjudi

KOMANDAN Skadron Udara 15 Letnan Kolonel Pnb Wastum, melaksanakan terbang perdana dengan pesawat tempur T-50i Golden Eagle, di area terbang Lanud Iswahjudi, Kamis (26/9).

Pesawat T-50i Golden Eagle Terbang Perdana di Lanud Iswahjudi

Terbang perdana dilaksanakan Komandan Skadron Udara 15 Letnan Kolonel Pnb Wastum, dengan menggunakan pesawat T-50i Golden Eagle TT 5003, bersama penerbang dari Korean Aerospace Industries (KAI), Letcol (Ret) Khang Cheol, sedangkan Mayor Pnb Marda Sarjono bersama Letcol (Ret) Dong Kyu Lee, menggunakan pesawat T-50i TT 5004.

10 Kapal Selam Hibah Masih Tunggu Kesepakatan RI-Rusia

Kementerian Pertahanan menyatakan pemerintah Indonesia telah mengirim tim untuk berkunjung ke Rusia. Tim ini terdiri dari perwakilan Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

10 Kapal Selam Hibah Masih Tunggu Kesepakatan RI-Rusia

"Tim ini berkunjung untuk penjajakan awal hibah 10 kapal selam Rusia," kata Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Laksamana Muda Rachmad Lubis saat dihubungi Tempo, Jumat, 27 September 2013.

Rachmad yang ikut dalam rombongan, mengatakan kedua negara belum mencapai kesepakatan dalam rencana hibah itu. Indonesia dan Rusia, dia melanjutkan, masih mengkaji langkah yang akan diambil masing-masing negara soal hibah ini.

Jumat, 27 September 2013

Presiden Puas Dengan Persiapan KTT APEC

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan kepuasannya atas persiapan penyelenggaraan KTT APEC pada Oktober setelah meninjau sarana pada awal pekan ini, kata juru bicara presiden Julian aldrin Pasha.

Presiden Puas Dengan Persiapan KTT APEC
 
"Beliau telah meninjau langsung persiapan APEC nanti, secara keseluruhan cukup puas ya, pak presiden secara keseluruhan sangat puas dengan persiapannya," kata Julian di Kompleks Istana Presiden Jakarta, Jumat.

Julian mengatakan saat ini Presiden fokus pada substansi pertemuan terkait hal-hal yang akan dibahas dalam pertemuan para pemimpin kekuatan ekonomi Asia Paifik tersebut.

BJ Habibie: Usia Saya 77 Tahun Tapi Semangat Saya Umur 17 Tahun

Mantan Menristek dan Presiden BJ Habibie berkisah soal pengalamannya jatuh bangun mendirikan industri pesawat terbang nasional. Namun hingga kini ia masih bersemangat layaknya anak muda.

BJ Habibie: Usia Saya 77 Tahun Tapi Semangat Saya Umur 17 Tahun

Pada umur 28 tahun, Habibie menyabet gelar S3 di sebuah universitas terkemuka di Hamburg, Jerman.

Selepas mendapatkan gelar S3, ia melanjutkan bekerja di salah satu perusahaan pembuat pesawat terbang di Jerman yang tersohor, yaitu Airbus. Habibie mengatakan pernah menjabat sebagai Direktur Teknologi dan Executive Vice President di Airbus.

Habibie: Pesawat R-80 Akan Buat Surprise Dunia!

Bacharuddin Jusuf Habibi atau yang lebih familiar dengan BJ Habibie mengatakan tidak ada jalan lain, agar orang-orang mudah berpindah tempat di benua maritim seperti Indonesia, selain menggunakan pesawat terbang. Oleh karenanya, ia menyambut positif kehadiran NAM Air, yang rencananya mayoritas akan menggunakan pesawat buatan dalam negeri. Artinya, kehadiran maskapai anak Sriwijaya Airlines tersebut turut mendorong industri pesawat terbang di Indonesia.

Habibie: Pesawat R-80 Akan Buat Surprise Dunia!

"Insya Allah R-80 tahun 2016 atau 2017, akan mengudara dan dunia akan surprise," ungkap Habibie dengan bangga penuh haru dalam Grand Launching NAM Air, di Jakarta Teater, pada Kamis malam (27/9/2013).

Sekadar informasi, R-80 adalah pesawat terbang produksi PT Regio Aviasi Industri (RAI) di mana BJ Habibie duduk sebagai komisaris.

Danjen Kopassus: Kami Siap Basmi Preman

Aksi premanisme di Jakarta dan tempat-tempat lain di Indonesia semakin membuat resah masyarakat. Bila memang jajaran Polri membutuhkan dan diperintahkan, pasukan Kopassus TNI AD siap memberi bantuan.

Danjen Kopassus: Kami Siap Basmi Preman

"Kopassus siap membantu, kami dilatih dan dididik untuk menciptakan kemamanan," ujar Komandan Jenderal Kopassus, Mayjen Agus Sutomo di Markasnya, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (26/9/2013).

RI-PNG Mantapkan Kerja Sama Kawasan Perbatasan Negara

Perwakilan Indonesia dan Papua Nugini (PNG) kembali menggelar sidang ke-30 Joint Border Committee (JBC). Sidang ini dalam rangka menindaklanjuti hasil pertemuan dan sidang-sidang sebelumnya yang pernah digelar antarperwakilan kedua negara dalam rangka pengelolaan perbatasan negara.

RI-PNG Mantapkan Kerja Sama Kawasan Perbatasan Negara

“Forum JBC ini merupakan forum bilateral yang sangat strategis bagi Indonesia dan PNG dalam rangka mengelola perbatasan atau wilayah negara masing-masing,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pemerintahan Umum (PUM) Saut Situmorang selaku pimpinan delegasi RI kepada wartawan Jurnal Nasional di Jakarta, Kamis (26/9).

Embargo dan Tsunami Aceh Sadarkan Pemerintah Akan Lemahnya Militer Indonesia

Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin mengungkapkan, peristiwa tsunami di Aceh pada tahun 2004 menjadi momentum kebangkitan militer Indonesia.

Embargo dan Tsunami Aceh Jadi Momentum Kebangkitan Militer Indonesia

Ia mengungkapkan, saat terjadi tragedi tsunami Aceh pada tahun 2004, TNI tak mampu mengevakuasi para korban karena keterbatasan peralatan akibat embargo. Saat itu, TNI tidak hanya tidak mampu melakukan mobilisasi, tetapi juga tidak membangun fasilitas kesehatan.

"Saat terjadi tsunami di Aceh, perlu evakuasi (korban). Tapi tak ada satupun pesawat kita yang mampu mengevakuasi," ujar Sjafrie, saat mengisi Simposium Ketahanan Nasional, di Universitas Paramadina, Jakarta, Kamis (26/9/2013).

Kamis, 26 September 2013

Menhan Akan Bangun Pangkalan Militer Baru di Belang Belang Mamuju

Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro meninjau pelabuhan Belang Belang Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka membangun daerah pertahanan di daerah itu

Menhan Akan Bangun Pangkalan Militer Baru di Belang Belang Mamuju

Menhan didampingi Panglima TNI, Jendral Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Udara, serta Kepala Staf Angkatan Laut mengunjungi pelabuhan Belang Belang Mamuju, Rabu didampingi Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, Bupati Mamuju, Drs Suhardi Duka MM, dan karateker Bupati Mamuju Tengah (Mateng), Junda Maulana

Malaysia Cabut Kartu Masuk Lintas Batas Bagi Warga Sebatik

Rupanya bukan hanya persoalan mencegah peredaran narkoba, senjata dan teroris yang membuat pemerintah Malaysia mencabut Pas (kartu masuk) Lintas Batas bagi masyarakat Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Alasan lainnya adalah karena infrastruktur di Indonesia yang buruk.

Malaysia Cabut Kartu Masuk Lintas Batas Bagi Warga Sebatik

Buruknya infrastruktur yang menjadi pertimbangan Malaysia adalah dermaga yang terletak di Kelurahan Sungai Nyamuk. Dermaga ini memang rusak, sebagian ada yang ambruk. Biasanya saat air pasang, dermaga ini kadang tenggelam.

Tentara Cyber Indonesia Memiliki Kekuatan Penyerangan dan Pertahanan

Rencana pemerintah membentuk cyber army semakin bulat, untuk menangkis segala serangan cyber yang setiap saat bisa mengganggu pertahanan kedaulatan RI.

Tentara Cyber Indonesia Memiliki Kekuatan Penyerangan dan Pertahanan
 
Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro mengatakan, jika nantinya terbentuk, tim cyber army ini memiliki dua kekuatan mendasar untuk menjaga kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yakni menyerang dan bertahan dalam dunia cyber.

Menurutnya, cyber army ini juga memiliki tugas khusus untuk menelusuri siapa saja yang mencoba mengoyak cyber di Tanah Air, dan menguak motif penyerangan tersebut.

Alasan Mengapa Sukhoi dikirim tak disertai persenjataan

Kementerian Pertahanan (Kemhan) menegaskan bahwa enam unit pesawat Sukhoi SU-27 SKM dan SU-30 MK2 yang dibeli dari Rusia dan sudah tiba di tanah air belum lama ini. Hanya saja, proses pengiriman pesawat itu tidak secara sekaligus dengan alat persenjataan atau amunisinya.

Alasan Mengapa Sukhoi dikirim tak disertai persenjataan

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan (Kemhan), Brigjen TNI Sisriadi membantah bahwa sejumlah pesawat tempur Sukhoi buatan Rusia itu dibeli tanpa dilengkapi alat persenjataan.

"Ada (Alat persenjataannya). Jadi begini, itu kan proses kontrak itu kan untuk pembelian sekian jumlahnya. Mungkin ini belum (Tiba). Artinya nanti, ini kapan datangnya, jadi tidak sekali paket," ujar Sisriadi di Kantor Kemhan, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2013).

Kasau: Sukhoi Kini Dilengkapi Persenjataan Bom dan Rudal

DENGAN lengkapnya pesawat ini, bersamaan juga telah diproses dengan pengadaan persenjataanya. “persejataan sebagian sudah datang  dan dalam waktu kedepan akan terus dilengkapi”. Jadi keberadaan Skadron Udara 11 akan lengkap dengan persejataan, baik bom maupun rudalnya.

Kasau: Sukhoi Kini Dilengkapi Persenjataan Bom dan Rudal

Demikian dikatakan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, usai penyerahan pesawat Sukhoi SU-30MK2, di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu (25/9).

Dikatakan, terkait dengan arahan Menhan RI untuk menggati pesawat F-5 Tiger yang sudah perlu penggatian, diharapkan penggantinya memang pesawat yang lebih canggih yang didapatkan dan tentunya itu memerlukan kajian dari segala aspek.

TNI AD Akan Pamerkan Alutsista Terbaru di Monas

TNI Angkatan Darat akan menyelenggarakan pameran “Peralatan tempur TNI Angkatan Darat” pada tanggal 3 s.d tanggal 7 Oktober 2013, Bertempat di Monas, Jakarta. Pameran terbuka untuk umum, masuk gratis. Peralatan tempur yang dipamerkan antara lain peralatan Infanteri, Kavaleri, Penerbangan, Artileri Medan, Artileri Pertahanan Udara, Zeni, Perhubungan. Peralatan tempur terbaru antara lain Tank Leopard, Helly bell 412, MLRS Astros, mistral dan lainnya.


Alat Antisadap Pesanan Kemhan dipasang di Seluruh Atase Pertahanan Indonesia

Dengan kemampuan anggaran yang dimiliki, Kementerian Pertahanan (Kemhan) memiliki kemampuan untuk membeli alat utama sistem senjata (alutsista). Alutsista terbaru yang dibeli Kemhan adalah peralatan intelijen dari sebuah pabrikan Inggris senilai Rp 70 miliar.

Alat Antisadap Pesanan Kemhan dipasang di Seluruh Atase Pertahanan Indonesia

Peralatan ini bakal digunakan untuk kepentingan penyadapan oleh Badan intelijen strategis (BAIS). Namun, patut diakui pembelian ini masih menimbulkan sejumlah kecurigaan dari masyarakat.

"Kita punya sejarah di mana negara cenderung mengawasi warganya untuk kepentingan penguasa. Tak heran kalau, masyarakat khawatir kalau masih ada potensi penyalahgunaan," kata Koordinator Riset Imparsial, Ghufron Mabruri saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (25/9).

Rabu, 25 September 2013

KRI Banda Aceh Dukung Pengamanan KTT APEC 2013

Setelah selesai mendukung kegiatan Sail Komodo 2013, melalui  Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara (Bhakesra) yang baru saja berakhir, KRI Banda Aceh-593 kembali disiapkan untuk mendukung kegiatan operasi pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economy Cooperation (APEC) 2013 yang dilaksanakan di Bali bulan Oktober mendatang.

KRI Banda Aceh Dukung Pengamanan KTT APEC 2013


Dalam rilis yang diterima redaksi Tribunnews.com, Senin (23/9/2013),dalam mendukung operasi pengamanan KTT APEC 2013 tersebut, KRI Banda Aceh-593 yang merupakan kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) ini, Sabtu (19/9/2013) tiba di Benoa, Bali, dengan mengangkut sebanyak 18 unit Ranpur milik Kopassus dan masing-masing dua unit jeep dan sea rider Kopaska.

NAM Air Akan Gunakan Pesawat R80 Buatan PT Regio Aviasi Industri

NAM Air, maskapai bentukan Sriwijaya Air berencana memakai armada buatan anak bangsa yang saat ini tengah dikembangkan oleh PT Regio Aviasi Industri R80. Menurut Direktur Utama Sriwijaya Air Chandra Lie, pihaknya yakin dengan produk dalam negeri ini dan ingin menjadikan NAM sebagai maskapai pertama yang menggunakan R80.

NAM Air Akan Gunakan Pesawat R80 Buatan PT Regio Aviasi Industri

“Pada saat launching NAM Air besok kita juga akan menandatangani kontrak pemesanan 50 R80 plus 50 pesawat lagi sebagai opsi tambahan,” papar Chandra.

Selain berkomitmen untuk mendukung produksi dalam negeri, Sriwijaya Air juga berkomitmen kuat untuk melatih sendiri para pilot dan kru kabinnya. Seperti diberitakan sebelumnya, hampir semua lulusan NAM Flying School langsung diserap oleh Sriwijaya Air.

TNI AD Amankan 8 Rudal Aktif dan 900 Kg Bahan Peledak Milik Warga Kalimantan Barat

900 kilogram bahan peledak diamankan dari sebuah Gudang di Desa Jagoi, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Senin (23/9), pukul 23.00 WIB. Bahan peledak jenis ammonium Nitrate ini diamankan dari gudang yang disewa oleh Agus (38).

TNI AD Amankan 8 Rudal Aktif dan 900 Kg Bahan Peledak Milik Warga Kalimantan Barat

Agus adalah warga Jalan Hj. Sama Gang Terusan RT 01/RW05 Harapan, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas. Wilayah Jagoi Babang sendiri berbatasan langsung dengan Negara tetangga, Malaysia. Bahan peledak itu diduga dipasok dari Malaysia.

Sementara delapan rudal aktif juga ditemukan warga di belakang rumah di Desa Seberuang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

[Foto] Apel Pengamanan KTT APEC di Bali

foto : Widodo S. Jusuf

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko (kedua kanan) meninjau sejumlah alutsista milik Paspamres sebelum Apel Kesiapan Satgaspam VVIP KTT APEC XXI 2013 di Mako Paspampres, Tanah Abang, Jakarta, Selasa (24/9). Sebanyak 1500 Personel gabungan TNI- Polri akan bertugas mengamankan 20 kepala negara asing yang akan menghadiri KTT APEC XXI mulai 2-10 Oktober yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali.

Aparat Keamanan Disiagakan di Mybrat Papua Barat

KAPOLDA Papua Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan untuk menghindari terulangnya bentrok antarwarga di Kabupaten Mybrat, Papua Barat, pihaknya masih menyiagakan aparat keamanan baik Polisi maupun TNI.

foto : Anton Setiawan / Jurnal Nasional

"
Aparat keamanan hingga kini masih terus disiagakan menyusul bentrokan antar warga yang dipicu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dikoreksi pasal 7 UU no 13 tahun 2009 tentang pemindahan Ibu Kota Mybrat dari Kmurkek ke Ayamaru," kata Kapolda Papua, Rabu (25/9).

Pertikaian antarwarga tentang ibu kota Kabupaten Mybrat itu terjadi sejak 2009 lalu, dan pada 19 September lalu terulang kembali dimana sekelompok masyarakat membakar rumah pribadi Bupati Maybrat, Bernard Sagrim.

LAPAN Gratiskan Pelayanan Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi

Bagi instansi pemerintahan yang membutuh data dengan resolusi tinggi, kini tak perlu lagi mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk membayar Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

LAPAN Gratiskan Pelayanan Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi
ilustrasi remot sensing

Sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2012, yang dikeluarkan pada tanggal 8 Mei 2012, yang menginstruksikan kepada para Menteri, Panglima TNI, Kepala POLRI, para Kepala LPNK, para Gubernur, para Bupati/Walikota agar meningkatkan efisiensi dan menghindari duplikasi alokasi anggaran dalam rangka memanfaatkan data satelit indera resolusi tinggi yang disediakan LAPAN.

Selasa, 24 September 2013

TNI AU latihan operasi pertahanan di Timika

TNI AU menggelar latihan operasi pertahanan udara nasional di Timika, Papua mulai Selasa hingga Kamis (26/9).

Komandan Pangkalan TNI AU Timika, Letkol Penerbang Untung Suropati kepada Antara di Timika Selasa mengatakan latihan itu melibatkan dua pesawat F-16 dan satu pesawat Boeing intai maritim milik Skuadron Udara 5 Ujung Pandang.


TNI AU latihan operasi pertahanan di Timika

"Rencana awal memang akan melibatkan pesawat Sukhoi, tapi ada perubahan karena pesawat Sukhoi latihan di tempat lain. Pesawat yang akan dilibatkan dalam latihan ini yaitu pesawat F-16 yang sementara berada di Biak," jelas Untung.

Kemenhan Siapkan Satuan Khusus Cyber Army

Kementerian Pertahanan (Kemhan) segera membentuk satuan khusus tentara siber (Cyber Army) untuk menangkal serangan di dunia siber yang dapat mengganggu kedaulatan negara dan pertahanan negara.

Kemenhan Siapkan Satuan Khusus Cyber Army

"Kami berencana membentuk Cyber Army. Setiap tahun kami lakukan kompetisi cyber dan ada yang dikhususkan bertahan maupun menyerang," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro, setelah menutup pendidikan pelatihan bela negara Kementerian Pertahanan 2013 di Rindam Jaya, Jakarta, Selasa.

Anggota Polri Yang Terlibat Kasus Narkoba Terus Meningkat

Indonesia Police Watch (IPW) menyatakan, anggota Polri yang tersandung kasus narkoba terus meningkat tiap tahunnya. Karenanya IPW meminta Polri memproses kasus-kasus tersebut sesuai hukum yang berlaku.

Anggota Polri Yang Terlibat Kasus Narkoba Terus Meningkat


Presidium IPW, Neta S Pane, mengatakan, data yang dimiliki IPW menunjukkan, terdapat 213 anggota polisi yang dijatuhi sanksi akibat barang haram itu pada 2011. “Sementara pada tahun 2012 jumlah anggota yang terlibat kasus tersebut meningkat menjadi 217 anggota,”kata Neta dalam pesan singkatnya yang diterima jurnas.com, Selasa (24/9).

Enam F-16 Singapura Ikuti Latihan Bersama dengan TNI AU

SEBANYAK enam pesawat tempur jenis F-16 milik Republic Singapore Air Force (RSAF) tiba di Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (23/9). Satu flight dengan Call Sign “ Singa 3310”  tersebut melaksanakan ferry flight Singapura- Pekanbaru yang dipimpin oleh SLTC Nalpon Patrick Selvan dan mendarat mulus di Pekanbaru disambut oleh Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb Andyawan. M.P, S.IP di Shelter Carly Lanud Rsn.

Enam F-16 Singapura Ikuti Latihan Bersama dengan TNI AU

Direncanakan keenam pesawat F-16 yang ber-Home Base di Changi Airforce Base tersebut akan mengikuti latihan bersama antara TNI AU dengan RSAF dengan tajuk “Join Fighter Weapon Cource” (JFWC) di Lanud Roesmin Nurjadin selama dua bulan.

Marder Si Tupai Pohon yang Mematikan

Rusia punya BMP, AS punya M2A2 Bradley, dan Jerman, mendahului Amerika, punya Marder. Dari pihak Barat, Marder merupakan kendaraan tempur (ranpur) pertama (yang operasional) dari Negara NATO, mendahului kehadiran Bradley 15 tahun lebih awal dan memantapkan konsep gerak terpadu antara kavaleri dan infantri mekanis.

Marder Si Tupai Pohon yang Mematikan


Bundeswehr memang memberikan nama yang kurang gahar, Marder (Marten, sejenis tupai pohon) kepada ranpur pertama dari negeri Barat ini. Namun, janganlah tertipu. Marder memiliki kapabilitas sebagai kendaraan tempur dan merupakan pionir dalam jenisnya. Sebelumnya, tidak ada yang mengenal konsep kendaraan pengangkut pasukan yang memiliki daya gempur memadai untuk terus mendampingi gerak maju kavaleri. Yang ada hanya kendaraan angkut pasukan (ranpas) yang dipersenjatai sekedarnya. Yang penting adalah mengantarkan infantri ke garis depan, atau menjemputnya kembali. Tidak ada ceritanya ranpas didapuk untuk dapat berhadap-hadapan dengan ranpur lawan.

Senin, 23 September 2013

Polda Jabar Lalukan Identifikasi Tempat Perakitan Senjata

Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Irjen Suhardi Alius, menyatakan pihaknya sedang mengidentifi kasi tempat perakitan senjata untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan penggunaan senjata.

Polda Jabar Lalukan Identifikasi Tempat Perakitan Senjata

"Identifikasi tempat-tempat yang dipakai untuk pembuatan perakitan senjata-senjata seperti di Cipacing (tempat perajin senjata di Kabupaten Sumedang) dan sebagainya saya identifi kasi kembali," kata Kapolda seusai meninjau pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ciamis, Minggu (22/9).

Dinilai Lembaga Terkorup di Indonesia, Polri Siap Berdiskusi Bersama KPK

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Ronny F Sompie mengatakan, pihaknya akan melakukan diskusi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pernyataan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja yang menyatakan bahwa institusi Kepolisian dinilai sebagai lembaga terkorup.

Dinilai Lembaga Terkorup di Indonesia, Polri Siap Berdiskusi Bersama KPK


"Polri ingin mengajak diskusi beliau (Adnan) dan duduk satu meja untuk berdiskusi bersama terkait hasil kajian dan penelitian tersebut, jika ada parameter yang menjadi dasar pernyataannya tersebut," kata Ronny di Kantor Divisi Humas Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (16/9/2013).

Meluruskan 6 Berita Miring Terkait Pengadaan Tank Leopard Indonesia

Kedatangan Leopard 2A4 di tanah air semalam merupakan kulminasi puncak dari kerja keras berbagai pihak, mulai dari TNI AD khususnya Pussenkav, Kementrian Pertahanan, serta berbagai pihak yang bahu-membahu demi mewujudkan kedatangan MBT pertama dalam sejarah Republik. Sayangnya, di tengah kesatu-paduan upaya dan semangat pantang menyerah tersebut, beberapa pihak yang kurang bertanggungjawab dengan sengaja menghembuskan isu yang tidak berdasar dan menyesatkan, tanpa didukung oleh bukti-bukti yang sahih dan teruji. Apa saja isu-isu tak berdasar yang melingkupi proses pengadaan Leopard 2A4 dan Leopard 2RI? ARC akan mematahkannya satu-persatu.

Meluruskan 6 Berita Miring Terkait Pengadaan Tank Leopard Indonesia

Minggu, 22 September 2013

Kapolda Bengkulu Himbau Jajarannya Hindari Usaha Sampingan!

Kapolda Bengkulu Baru Brigjen Pol Tatang Somantri mengimbau kepada seluruh jajarannya menghindari usaha sampingan. Seluruh jajaran kepolisian di Bengkulu diminta patuh pada aturan dan kode etik yang berlaku di lingkungan Korps Bhayangkara.

Kapolda Bengkulu Himbau Jajarannya Hindari Usaha Sampingan!
Anggota Gegana melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) penembakan anggota Provost Polri bernama Bripka Sukardi, di depan kantor KPK Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2013). Bripka Sukardi tewas ditembak di Jl Rasuna Said tepatnya di depan Gedung KPK pukul 22.20. | TRIBUN / HERUDIN

"Hindari usaha-usaha yang lain selain dari pada pekerjaan polisi tersebut, apalagi bertugas mengawal tanpa dibekali dengan surat perintah," kata Tatang, Sabtu (21/9/2013).

Selain itu, ia juga meminta petugas kepolisian yang bertugas di lapangan untuk selalu waspada. Mereka juga diminta tidak bertugas sendirian. “Polisi harus selalu waspada dan usahakan jangan bertugas sendirian, wajib untuk waspada dan meningkatkan kemampuan bela diri yang baik,” tambahnya.

200 Karateka Shotokan TNI Berlatih Bersama Master Karateka Jepang

Sebanyak 200 Karateka Indonesia dari kalangan TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta umum yang beraliran Shotokan, menggelar latihan bersama dengan dua orang Master Karate dari JKA (Japan Karate Association) dan SKIF (Shotokan Karate International Federation).

200 Karateka Shotokan TNI Berlatih Bersama Master Karateka Jepang

Manabu Murakami seorang Juara Dunia KATA dan Kumite SKIF dan Toshihito Kokubun seorang Juara Dunia JKA dan WKF (World Karate Federation), menjadi tamu dalam acara Shotokan Coaching Clinic 2013, yang dibuka secara resmi oleh Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Mabes TNI selaku Ketua Penyelenggara, Kolonel Laut (S) Ivan Yulivan, di Futsal Hall Vidi Arena, Jln. Gatot Subroto Kav 72, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (21/9/2013).

Parlemen : BAIS Memerlukan Alat Sadap Canggih Tapi Jangan Sampai Disalahgunakan

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menyatakan proses pengadaan alat sadap baru untuk Bais TNI merupakan bagian dari modernisasi alutsista. Hal itu sudah dibahas dengan DPR  pada rencana tahun anggaran 2012.

Parlemen : BAIS Memerlukan Alat Sadap Canggih Tapi Jangan Sampai Disalahgunakan

"Namun realisasi pengiriman memang dijadwalkan akhir tahun ini," kata Mahfudz dalam keterangannya, Minggu (22/9/2013).

Komisi I DPR,  kata Mahfudz, tidak membahas rencana pengadaan ini secara rinci karena soal spesifikasi menjadi domain Kementerian Pertahanan. Namun yang ditegaskan Komisi I bahwa pengadaan ini bagian dari modernisasi alutsista pendukung TNI untuk jalankan tupoksinya.

Tank Leopard dan Marder Telah Tiba di Indonesia [FOTO]

Dalam kemilau senja dan angin yang bertiup sepoi-sepoi, kapal barang Isolde merapat dengan panduan kapal pilot. Seraya melihat jam tangan, ARC bergumam, tepat waktunya. Sesuai jadwal, kapal merapat di salah satu dermaga pelabuhan Tanjung Priok.


Matahari telah kembali ke peraduannya saat ramp utama Isolde turun perlahan, menampakkan isinya. Bak hewan buas yang terkungkung lama, aura ganas terpancar dari sosok Leopard 2A4 dan Marder 1A3 yang terlilit rantai ke lantai dek kapal. Sungguh pemandangan yang mengagumkan, melihat untuk pertama kalinya, dalam senja tanggal 21 September tersebut, TNI AD mengukir sejarah dengan kedatangan Main Battle Tank pertama dalam jajaran aktif Kavaleri berupa 2 unit Leo 2A4 dan 2 tank Marder.

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters