Cari Artikel di Blog Ini

Kamis, 06 Agustus 2015

Pasal penghinaan presiden kembali hidup, cikal bakal rezim otoriter?

Pasal penghinaan terhadap pimpinan negara, saat ini tengah menjadi perbincangan hangat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan kembali adanya pasal soal penghinaan terhadap Presiden dalam RUU KUHP.

Jokowi hadiri peringatan Hari Bhayangkara ke-69
Jokowi hadiri peringatan Hari Bhayangkara ke-69

Padahal, pada 2006 silam, Mahkamah Konstitusi (MK) telah membatalkan pasal tersebut. Saat itu, Eggi Sudjana dan tim yang menggugat ke MK.

Rencana dihidupkannya lagi pasal penghinaan terhadap presiden langsung mendapat respons dari para elite di negeri ini. Di Senayan, para politikus DPR ramai-ramai menolak rencana itu.

Pulang dari AS, Mayor Agus Yudhoyono promosi jadi komandan batalyon

Pangdam Jaya Mayjen Agus Sutomo melantik sejumlah pejabat baru di lingkungan Kodam Jaya. Selain itu ada tradisi penerimaan kepada para pejabat yang baru bergabung di Kodam Jaya. Salah satunya adalah Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono.

Pulang dari AS, Mayor Agus Yudhoyono promosi jadi komandan batalyon

Putra SBY ini dipromosikan menjadi Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning. Dia akan memimpin batalyon infanteri istimewa yang diperkuat dengan Panser Anoa. Batalyon ini merupakan pasukan elite di Kodam Jaya.

"Acara ini mencerminkan nilai Pancasila, Sumpah Prajurit dan Sapta Marga ini, akan memotivasi para Perwira untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya di satuan baru yang dimasuki" tegas Pangdam Jaya Mayjen Agus Sutomo, Rabu (5/8).

Rabu, 05 Agustus 2015

Putra Cilacap jadi mekanik terbaik di kapal induk Amerika

Dari 3.000 prajurit kapal induk USS Bonhomme Richard (LHD 6) yang turun di Dermaga Benoa Bali, awalnya tidak ada yang menyangka kalau satu di antara mereka ada putra berdarah Indonesia asal Cilacap.

"Ya dia keturunan Indonesia, prajurit laut terbaik kami," kata Komandan kapal Rear Admiral (Laksamana Muda) Hugh D. Wetherald menunjuk sosok prajurit berdarah Cilacap.


Heru Kurniawan Mansell. ©2015 Merdeka.com

Di tengah persiapan meninggalkan Bali, Hugh meyakinkan kalau prajuritnya itu bernama Heru Kurniawan Mansell. Umurnya baru 30 tahun, sayang tidak disebutkan kedudukan dan posisi putra berdarah Indonesia ini dalam kapal induk milik Paman Sam ini.

Komandan kapal hanya menyebutkan, kalau Heru ahli mekanik pesawat dan helikopter di kapal induk ini.

Sementara itu salah seorang prajurit Angkatan Laut Indonesia di Benoa Bali menuturkan, bahwa ayah Heru asal Amerika dan ibunya yang berasal dari Cilacap Jawa Barat. Kabarya, pria tinggi jangkung itu dibawa ke negeri Paman Sam sejak berumur 2 tahun.

Kodim IV Diponegoro Gunakan Aplikasi SiPinter Untuk Operasi Khusus

PT Smartfren Telecom Tbk. (Smartfren) turut menciptakan aplikasi untuk meningkatkan produktivitas Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk jajaran Kodim IV Diponegoro melalui aplikasi SiPINTER (Sistem Pelaporan dan Informasi Pembinaan Teritorial). Aplikasinya ini dapat diakses oleh seluruh anggota Babinsa Kodim IV Diponegoro lewat smartphone besutannya Andromax.

Kodim IV Diponegoro Gunakan Aplikasi SiPinter Untuk Operasi Khusus

Aplikasi ini berisikan fitur-fitur tentang menu pelaporan, komando, data dan mapping, serta operasi khusus. Nah, tak hanya itu saja, sebagai aplikasi yang mendukung tugas teritorial Kodam, SiPINTER dirancang dengan beberapa keunggulan lain.

Seperti yang dikatakan oleh Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, aplikasi besutan perusahaan yang digawanginya itu memang dirancang memiliki kemampuan memetakkan potensi wilayah, sarana alternatif bagi komunikasi dan komando secara langsung, massal, dan terarah. Menariknya lagi, bagi sesama Babinsa yang menggunakan, bisa melakukan gratis telepon.

Selasa, 04 Agustus 2015

TNI AL Terima Tiga Kapal Cepat Rudal (KCR-40) Terbaru

Sebanyak tiga kapal cepat rudal (KCR-40) menambah koleksi alat tempur prajurit TNI AL. Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar), Laksamana TNI A Taufiq mengaku bangga saat menyerahkan ketiga kapal bikinan dalam negeri itu, ke Mako Lantamal IV Batu Hitam Tanjungpinang

TNI AL Terima Tiga Kapal Cepat Rudal (KCR-40) Terbaru

“Tiga kapal perang KRI Surik-645, KRI Siwar-646 dan KRI Parang-647 ini buatan anak-anak dalam negeri,” ujar Taufiq usai upacara penyerahan tunggul masing-masing KRI, kepada ketiga komandan KRI melalui keterangan resminya, Sabtu (1/8/2015).

Taufiq menambahkan, ketiga KCR-40 itu sangat cocok untuk dioperasionalkan di perairan wilayah barat yang kondisi lautnya relatif dangkal serta mempunyai gugusan pulau yang banyak. Sebab itu, ia berharap kapal tersebut memiliki daya pukul.

“Ketiga kapal juga memiliki persenjataan antara lain meriam kaliber 20 mm, meriam 12,7mm dan senjata andalan yaitu Rudal C-705,” imbuhnya.

Senin, 03 Agustus 2015

Pengamat: Moeldoko Bisa Diusung Gantikan Menteri Tedjo

 Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting memperoleh data baru mengenai kinerja pembantu Presiden Joko Widodo. Hasilnya, menko Polhukam mendapatkan rapor merah karena dianggap tidak bekerja dengan baik.

Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Moeldoko
Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Moeldoko

Atas kinerja yang buruk itu, Presiden Joko Widodo juga diminta untuk segera mengganti Tedjo Edhy Purdijatno. Namun, orang yang cocok menggantikannya masih dari kalangan militer, salah satunya mantan Panglima TNI, Moeldoko.

Pengamat militer Al-Chaidir, menilai, kinerja Tedjo sama sekali tidak terlihat dan malah menjadi bulan-bulanan warga dengan menyebut warga tidak jelas.

"Saya kira yang paling kuat kemungkinan diganti, ya, dia (Menko Polhukam) Karena, prestasi nggak ada, terlalu santai, nggak cocok dengan semangat Kabinet Kerja," kata Al-Chaidir saat dihubungi, Jumat, 24 Juli 2015.

Kanada dan China Transfer Teknologi MLRS dan RCWS Untuk Indonesia

Menurut laporan tiga bulanan Kanada dan Pertahanan China, perusahaan Norinco telah mentransfer ke Perusahaan IndoMesin, tiga teknologi produksi senjata yang diproduksi di Indonesia, untuk melengkapi alutsista Angkatan Darat dan Angkatan Laut.

Senjata itu adalah peluncur roket multilaras (MLRS) Type 90B, 40-mount 122mm, UW 1 Remote Control Weapon Station (RCWS), serta meriam laut 30 mm.


Kanada dan China Transfer Teknologi MLRS dan RCWS Untuk Indonesia
MLRS type 90B Norinco China yang ditransfer teknologi ke Indonesia

Indonesia hanya bertanggung jawab untuk perakitan semua bagian yang disediakan oleh Norinco, kemudian secara bertahap akan melakukan produksi lokal terhadap bagian yang mereka buat sendiri. Senjata ini hanya untuk digunakan oleh angkatan bersenjata Indonesia dan tidak dapat diekspor.

Minggu, 02 Agustus 2015

Drone Akan Diawasi Layaknya Pesawat Terbang

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menegaskan bahwa pengoperasian pesawat tanpa awak (drone) harus didaftarkan ke Kementerian Perhubungan.

Kemenhub kata dia akan mengawasi penggunaan drone layaknya pesawat terbang biasa. "Yang diatur itu drone yang beroperasi tinggi dan jarak jauh. Penerapan dan pengawasannya ya sama dengan pesawat biasa," ujar ujar Jonan di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (31/7/2015).


Drone Akan Diawasi Layaknya Pesawat Terbang

Sementara penggunaan drone untuk kepentingan jurnalistik, Jonan menegaskan tetap harus ada izin. Meski begitu, dia menilai bahwa drone yang biasa digunakan untuk kepentingan jurnalistik tak terlalu dipersiapkan karena ukuran dan ketinggian terbangnya tak terlalu tinggi.

Indonesia Akan Tempatkan Intelijen di Turki untuk Antisipasi ISIS

Isu ancaman terorisme yang disebar Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menjadi salah satu isu yang disinggung oleh Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan. Dari pertemuan itu, Jokowi menyatakan bahwa kedua negara siap meningkatkan kerja sama di bidang intelijen.

Indonesia Akan Tempatkan Intelijen di Turki untuk Antisipasi ISIS

"Ya kita kan tahu bahwa banyak dari sini yang menuju ke Suriah itu lewat Turki. Oleh sebab itu, tadi kami juga minta agar ada kerja sama intelijen," ujar Jokowi seusai pertemuan di Istana Merdeka, Jumat (31/7/2015).

Jokowi mengungkapkan, kerja sama intelijen ditujukan agar aparat kedua negara bisa saling berbagi informasi. Dia pun berencana untuk menempatkan aparat intelijen Indonesia di Turki.

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters