Cari Artikel di Blog Ini

Kamis, 16 April 2015

Profil Letkol Firman, Pilot F-16 yang Terbakar di Halim

Jet tempur F-16 terbakar di Bandara Halim Perdanakusuma. Belum diketahui penyebabnya. Sang pilot, Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono, selamat. Ini profil perwira menengah berusia 41 tahun tersebut.

Firman berasal dari Sidoarjo, Jatim, dan lahir dari keluarga TNI AL. Ia merupakan lulusan terbaik SMA Taruna Magelang dan ikut seleksi AKABRI serta lulus di TNI AU.


Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono (dok detikcom)
Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono (dok detikcom)

Saat ini, Firman menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Selain pendidikan di TNI, dia juga meraih gelar S2 dari University of New South Wales Australia tahun 2011.

Awal Juli 2014, ada 3 jet tempur F-16 yang akan dibawa dari AS ke Indonesia. Firman dipercaya menjemput pesawat tersebut. Dia kebagian mengawaki, sebab pilotnya adalah orang AS. Dua pesawat lainnya juga dipiloti personel angkatan udara AS.

Pindad PM-2, Pistol Mitraliur Indonesia Bersentuhan Senapan Serbu

PT Pindad terus berinovasi. Setelah gagal dengan pemasaran senapan PM-1 karena paling pol cuma berfungsi sebagai senjata penjaga hutan, perusahaan alutsista Indonesia itu mempersiapkan PM-2.

Pindad PM-2, Pistol Mitraliur Indonesia Bersentuhan Senapan Serbu

PM-2 yang merupakan jenis sub-machine gun atau pistol mitraliur tersebut punya kaliber 9 mm, sama dengan pendahulunya. Senjata ini memanfaatkan receiver SS-2 dan memiliki sentuhan Daewook K7, senjata produksi Korea yang kini jadi andalan TNI.

Sudah ada tiga prototipe PM-2. Untuk prototipe PM-2V1 dan PM2-V2, desainnya masih terlihat mengadopsi receiver konvensional. Sementara PM-2V3 sudah menggunakan pengokang depan HK MP5 sampai varian Rail Interface System (RIS) yang digunakan pada SS-1 R5.

10 perwira TNI AL raih beasiswa SAAB AB di Swedia

10 perwira TNI AL telah berada di Swedia untuk menempuh pendidikan tentang inovasi dan taktik peperangan litoral di Swedia.

“Mereka akan berada di sana selama beberapa pekan untuk mempelajari hal itu sebagai bagian dari program pengembangan SDM dari SAAB AB,” kata Kepala SAAB Indonesia, Peter Carlqvist, di Jakarta, Kamis.


10 perwira TNI AL raih beasiswa SAAB AB di Swedia
Saab AEW&C

SAAB AB memiliki pertahanan divisi maritim yang bukan cuma mengurusi produk-produk kesenjataan belaka melainkan juga pengembangan konsep pertahanan terkait lini produksi dan kecenderungan lain.

Kronologi F-16 gagal "takeoff" dan Terbakar

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna menjelaskan kronologi pesawat F-16 Fighting Falcon Block 52ID nomor registrasi TT-1643 milik TNI Udara yang gagal takeoff di Lanud Halim Perdanakusuma.

"Pada saat pesawat laksanakan rolling takeoff, penerbang melihat ada sesuatu mall function," kata KSAU, saat jumpa pers di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.


Kronologi F-16 gagal takeoff dan Terbakar

Penerbang Letkol (Pnb) Firman Dwi Cahyono, mengetahui mall function setelah warning light di pesawat menyala. Indikasinya pada sistem hidrolik dan elektrik.

"Penerbang dengan kecepatan untuk takeoff, tetapi belum lepas landas dan laksanakan abort takeoff," ucap KSAU.

Rabu, 15 April 2015

Pilih Eurofighter, Indonesia bakal Menjadi “Basis” Pesawat Tempur Setelah Eropa

Eurofighter menggelar Masterclass 2015 untuk mensosialisasikan keunggulan pesawat tempur yang mereka produksi. Acara ini digelar di Hotel Grand Hyatt, Jl. M. H. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 14 April 2015 kemarin. Tim JKGR pun diundang dalam acara menarik ini.

Pilih Eurofighter, Indonesia bakal Menjadi “Basis” Pesawat Tempur Setelah Eropa

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Export Eurofighter Joe Parker, Capability Development Manager, Paul Smith, Head of Industrial Offset Eurofighter Martin Elbourne, dan Laurie Hilditch, Head of future capabilities Eurofighter. Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Joe Parker mengatakan jika nantinya pemerintah Indonesia memilih Eurofighter, pihaknya akan membantu pengembangan teknologi pesawat tempur Indonesia.

“Kita akan membangun desain center termasuk pembangunan manufacture bersama. Kita akan siapkan Assembly line, peningkatkan kemampuan para insinyur pesawat Indonesia untuk merancang hingga memproduksi jet tempur secara mandiri,” cakap Joe.

Pemerintah siap dukung produksi massal pesawat R-80 milik Habibie

Pemerintah siap mendukung produksi pesawat lokal R-80 karya B.J Habibie. Pasalnya, pesawat perintis model ini dinilai paling cocok untuk kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan.

Pemerintah siap dukung produksi massal pesawat R-80 milik Habibie

Menteri Perindustrian Saleh Husein mengatakan pemerintah segera mengundang perusahaan pemroduksi R-80, Regio Aviasi Industri, untuk membahas apa yang bisa dilakukan pemerintah. "Kita akan mensupport supaya terwujud," ujarnya saat ditemui di kantor presiden, Jakarta, Rabu (15/4).

Saleh menilai Indonesia sangat membutuhkan pesawat R-80. Indonesia, lanjutnya, membutuhkan pesawat tersebut dalam jumlah besar untuk menghubungkan seluruh Indonesia.

Moeldoko: Kawal KTT Asia-Afrika dengan Profesional!

Panglima TNI, Jenderal TNI Dr. Moeldoko secara langsung memimpin Apel Gelar Pasukan Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) VVIP Konferensi Asia Afrika (KAA), di lapangan Silang Monas Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2015).

Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika tahun 2015 akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung. Acara tersebut juga berkenaan dengan peringatan ke-60 Asia-Afrika dan peringatan ke-10 New Asian-African Startegic Partnership.


Moeldoko: Kawal KTT Asia-Afrika dengan Profesional!

Pantauan Jurnal Maritim, tujuan Gelar Pasukan Pengamanan Wilayah ini adalah untuk mengecek secara fisik ihwal kesiapan personel, materiil dan Alutsista dari masing-masing satuan yang terlibat langsung dalam pengamanan KTT KAA tahun 2015. Selain itu, Apel Gelar Pasukan ini juga bertujuan untuk mengetahui secara langsung keadaan dan hambatan yang dihadapi setiap satuan yang mendapat tugas dan tanggungjawab selama berlangsungnya KAA.

Peringatan 60 Tahun KAA, Lalu Lintas Udara Akan Dibuka-Tutup

Peringatan Ke-60 Konferensi Asia Afrika di Kota Bandung, Jawa Barat, akan digelar tanggal 19-24 April 2015. Demi melancarkan dan mengamankan perjalanan tamu-tamu penting, selama acara tersebut akan dilakukan buka-tutup jalur penerbangan di sekitar Jakarta-Bandung.

Peringatan 60 Tahun KAA, Lalu Lintas Udara Akan Dibuka-Tutup
Panglima TNI Jenderal Moeldoko memeriksa pasukan saat apel gelar pasukan pengamanan Konferensi Asia Afrika (KAA) di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (15/4). Apel ini diikuti ribuan anggota TNI dan Polri. Jumlah personel TNI yang disiagakan untuk pengamanan KAA Ke-60 ini sekitar 16.000 personel

Panglima TNI Jenderal Moeldoko seusai apel kesiapan TNI-Polri di Silang Monas, Jakarta, Rabu (15/4), meminta maaf jika kenyamanan masyarakat terganggu untuk sementara. "Bisa menggunakan transportasi udara untuk para kepala pemerintahan yang bepergian Jakarta-Bandung atau kereta api dan kendaraan bermotor. Pilihan angkutan di luar pesawat terbang karena mengikuti kondisi cuaca," kata Moeldoko.

Menurut dia, total ada 16.631 personel gabungan TNI di sekitar Jakarta-Bandung, termasuk bantuan dari Kodam II/Sriwijaya dan Kodam IV/Diponegoro. Pasukan elite dari Komando Pasukan Katak TNI AL, Komando Pasukan Khusus TNI AD, Korps Pasukan Khas TNI AU, dan Detasemen Jala Mangkara Korps Marinir TNI AL terlibat dalam pengamanan Konferensi Asia Afrika (KAA). Selain itu, dikerahkan pula 762 personel satuan tugas (satuan tugas) Intelijen TNI.

Eurofighter Typhoon diyakini bisa tingkatkan kapabilitas Indonesia

Konsorsium Eurofighter GmbH yang menawarkan pesawat tempurnya, Eurofighter Typhoon, sebagai calon pengganti F-5E/F Tiger II yakin bahwa tawarannya itu mampu meningkatkan kapabilitas Indonesia.

Direktur Ekspor Eurofighter GmbH, Joe Parker, di Bandung, Rabu, menyatakan,"Kami paham sekali bahwa Indonesia akan mengambil keputusan penting dan menjadi tinggalan penting."


Eurofighter Typhoon diyakini bisa tingkatkan kapabilitas Indonesia

"Yang kami tawarkan di sini bukan cuma perlindungan untuk negara ini tapi kesempatan membangun dan mempertahankan kapabilitas sejati berdasarkan kemitraan yang telah terbukti," katanya.

Eurofighter GmbH —walau belum resmi— diketahui menawarkan PT Dirgantara Indonesia untuk membuat tangki BBM tambahan (conformal tank) Eurofighter Typhoon jika Indonesia jadi membeli pesawat tempur ini.

Senin, 13 April 2015

Pesawat Baru Gagasan PT DI Bakal Mirip KRL

Pesawat komersial baru yang digagas PT Dirgantara Indonesia punya konsep berbeda dengan biasanya. Bukan mengandalkan ketangguhan teknologi seperti umumnya pesawat baru dibuat, melainkan mengandalkan kekuatannya melayani penumpang.


Presiden Direktur PT Dirgantara Indonesia, Budi Santoso, mengungkapkan, pesawat baru itu ditargetkan akan melayani rute-rute pendek, misalnya Tanjung Karang - Palembang, Jakarta - Cirebon, dan lainnya.

Pesawat yang diberi nama N-245 itu mungkin saja punya target tujuan akhir sama jauhnya dengan pesawat biasa namun memiliki beberapa pemberhentian untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di titik tersebut. Istilahnya, multi hop atau spoke to spoke.

Begini Cara Pilot TNI AU hindari jet Saudi saat evakuasi WNI di Yaman

Pilot pesawat Boeing 737-400 milik TNI Angkatan Udara yang mengangkut WNI dari Yaman, Letkol Penerbang I Gede Putu Setia menceritakan pengalamannya membantu evakuasi WNI di Yaman. Dia berhasil ditemui para awak media di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma pagi tadi (13/4).

"Wilayah udara Yaman itu sudah berada di bawah Saudi. Jadi, segala izin masuk ya harus lewat Saudi," katanya memulai cerita.


TNI AU evakuasi WNI dari Yaman
TNI AU evakuasi WNI dari Yaman

Dia mengatakan, setelah izin diberikan, rupanya tak bisa begitu saja masuk ke wilayah Yaman. Semua harus diperhitungkan lantaran kedua negara tengah bersitegang.

"Kami masuk dari wilayah Jizan, itu ada diperbatasan antara Yaman dan Saudi. Normalnya dari Oman ke Salalah itu hanya 2,5 jam, tapi karena beberapa wilayah dijadikan basis menyerang oleh Saudi, maka kita memutar perjalanan dan memakan waktu sampai 4 jam," kata dia.

Ketika wajah Kopassus tak lagi menyeramkan

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD menggelar sejumlah kegiatan untuk menyambut hari jadi ke-63 tanggal 16 April mendatang. Seluruh lapisan masyarakat ikut merasakan kegembiraan bersama anggota Korps Baret Merah tersebut.

Panglima TNI Sidak Kopassus

Akhir pekan kemarin, tak kurang dari 762 peserta ikut lomba mancing di Kali Ciliwung yang membelah markas Kopassus. Normalisasi kali, penghijauan dan konservasi adalah salah satu program yang terus dilakukan Kopassus.

Ratusan orang juga mengikuti servis motor gratis di Cijantung.

Kopassus juga menggelar lomba menembak untuk masyarakat dan TNI. Termasuk wartawan yang ikut menembak target di Lapangan Satria dengan senapan MP5. Lapangan tembak ini mengalami perubahan jauh lebih baik. Bahkan toiletnya tak kalah bersih dan keren dari toilet hotel berbintang.

Polri ciduk dua terduga teroris di NTB

Dua orang terduga teroris kembali diciduk tim densus 88. Dua orang tersebut ditangkap di wilayah Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (10/4) WITA.

Dua orang ditangkap tersebut adalah HER alias DVD dan Bus alias AT. Her ditangkap di Desa Raba Dusun Parawanga Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, NTB.


Polri ciduk dua terduga teroris di NTB

Her diduga terlibat kasus bom di pos lantas smaker di Poso, Sulteng, Tahun 2013 silam dan kasus bom pos pengamanan Natal di depan Pasar Poso yang diturunkan untuk mengganggu kegiatan serta memancing kerusuhan di Poso. Dia juga diduga terlibat pembuatan bom di kontrakan jipo di Kalora.

PT DI Rencanakan Kelahiran Pesawat Komersial Baru untuk Indonesia

PT Dirgantara Indonesia (DI) kini sedang merencanakan kelahiran pesawat pesawat komersial baru yang digadang-gadang mampu bersaing dengan jenis ATR 42 dan Q 300.

“Sekarang sedang dalam tahap perencanaan. Kita akan evaluasi dulu kelayakan dan nilai ekonomisnya. Kalau layak kita akan mulai kembangkan tahun depan,” kata Presiden Direktur PT DI, Budi Santoso.


PT DI Rencanakan Kelahiran Pesawat Komersial Baru untuk Indonesia

Direncanakan memiliki kapasitas angkut 50 orang, pesawat yang dinamai N-245 tersebut ditargetkan mampu melayani rute jarak dekat yang perlu pelayanan namun memiliki permintaan penumpang rendah.

“Contoh misalnya rute Tanjung Karang ke Palembang, tidak ada pesawatnya sekarang. Nanti kita layani dengan N-245. Ya targetnya untuk jarak antara 100-200 mil laut, 400 kilometer, setara Jakarta ke Semarang,” kata Budi.

PTDI dapat pesanan 75 pesawat N219

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) mendapatkan pesanan 75 unit pesawat jenis N219 dari PT Nusantara Buana Air (NBA), PT Aviastar Mandiri, dan PT Trigana Air Service.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman pembelian 75 unit pesawat N219 itu di Puspiptek Tangerang Selatan, Banten, Senin.


PTDI dapat pesanan 75 pesawat N219

“Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara PTDI dengan tiga perusahaan penerbangan Tanah Air menunjukkan tingkat kepercayaan calon pelanggan pada pesawat N219,” kata Direktur Utama PTDI Budi Santoso.

Penandatanganan nota kesepahaman pembelian N219, menurut dia, juga menunjukkan kecintaan pada karya anak bangsa yang bisa meningkatkan motivasi karyawan PTDI untuk menghasilkan produk-produk lainnya bagi masyarakat Indonesia dan dunia.

Minggu, 12 April 2015

Kisah prajurit Kopassus jujur kembalikan emas dan uang pada rakyat

Kopassus TNI AD tak hanya mengirimkan tim evakuasi saat bencana tanah longsor di Banjarnegara. Mereka juga mengirimkan ribuan bibit pohon untuk ditanam di lokasi yang gundul guna mencegah bencana maut itu terulang.

Saat menyisir lahan bekas tanah longsor untuk dijadikan lokasi penghijauan, mereka menemukan kalung dan gelang emas seberat kurang lebih 13 Gram dan uang sejumlah Rp 7 Juta.


Kisah prajurit Kopassus jujur kembalikan emas dan uang pada rakyat

Prajurit Grup-2 Kopassus kemudian melaporkan penemuan emas dan uang itu kepada Kodim 074 BN. Untuk dicari siapa pemiliknya.

"Para prajurit itu jujur. Mereka mengembalikan uang jutaan rupiah dan emas. Padahal tak ada yang melihat mereka," kata Danjen Kopassus Mayjen Doni Monardo saat berbincang dengan merdeka.com di Lapangan Tembak Satria, Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (11/4).

Polisi Tangkap 4 Anggota Kelompok Bersenjata di Aceh

Empat orang kelompok bersenjata yang diduga kelompok Din Minimi di Aceh berhasil diringkus kepolisian setempat. Dalam penangkapan juga disita enam pucuk senjata api laras panjang berbagai jenis.

Polisi Tangkap 4 Anggota Kelompok Bersenjata di Aceh
Pasukan TNI melintas di kawasan Line Pipa menuju Nisam Antara, Aceh Utara, Provinsi Aceh

Empat orang yang berhasil ditangkap di lokasi yang berbeda, mereka adalah MA alias Teungku Agam (34) ditangkap di Desa Gle Dagang, Sawang, pada Kamis 9 April 2015), DH alias Rungkom ditangkap di rumahnya pada Jumat 10 April 2015 di Desa Riseh Tunong, Kecamatan Sawang, AR ditangkap di Kecamatan Juli, Bireuen pada Jumat 10 April 2015 dan RS (29) ditangkap di Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen.

Informasi terhimpun, berdasarkan hasil pengembangan penangkapan kelompok bersenjata itu, polisi menyita enam senjata api, tiga pucuk AK-56, FN, RPD, dan GLM, serta 700 amunisi kaliber 7,62 milimeter, 12 amunisi kaliber 4,5 milimeter.

Panglima TNI temui pasukan Garuda di Lebanon

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko meninjau dari dekat pelaksanaan tugas para prajurit TNI dalam pasukan Garuda yang tengah bertugas sebagai pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Lebanon, Sabtu (11/4).

Panglima TNI temui pasukan Garuda di Lebanon

Dansatgas FPC Konga XXVI-G2/Unifil, Letkol Inf Muhammad Sjahroni melalui pesan elektroniknya, Minggu, mengatakan, dalam kunjungan itu Moeldoko didampingi Asintel Panglima TNI Laksda TNI Amri Husaini, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Indra Hidayat R, Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Fuad Basya, dan Asops Kasad Mayjen TNI Johny L. Tobing.

Setibanya di Naqoura, Lebanon, Panglima TNI diterima Komandan Kontingen Garuda Kolonel Inf Danni Koswara didampingi Komandan Satgas Indo FPC (Force Protection Company) Konga  XXVI-G2/Unifil Letkol Inf Muhammad Sjahroni, dan langsung menuju markas besar UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon - Headquarter).

1.036 WNI sudah diungsikan dari Yaman

Kementerian Luar Negeri menyatakan, sejauh ini total warga negara Indonesia (WNI) yang telah berhasil dievakuasi dari Yaman adalah 1.036 orang,

"Hari ini (Sabtu, 11/4) sebanyak 43 WNI evakuasi dari Yaman kembali ke tanah air. Dengan ketibaan tersebut, maka total WNI yang telah dievakuasi dari Yaman sejak Desember 2014 hingga hari ini berjumlah 1.036 orang," kata Kemleu dalam keterangan persnya, Minggu.


 1.036 WNI sudah diungsikan dari Yaman

Menurut Kemlu, keamanan Yaman, khususnya di bagian barat sekitar kota Aden dan Sana'a masih memprihatinkan. Kontak senjata semakin meluas.

Keadaan itu mempersulit upaya evakuasi dan mengharuskan Tim Percepatan Evakuasi WNI terus menyesuaikan skenario, langkah dan proses evakuasi.

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters