Cari Artikel di Blog Ini

Sabtu, 17 Januari 2015

Prajurit Petarung Harimau Sumatera Adakan Latihan PAM VVIP Korps Marinir

Prajurit petarung harimau Sumatera julukan Brigif-3 Marinir adakan latihan Pam VVIP Korps Marinir di Brigif-3 Mar di Piabung, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung, Jumat (16/01/2015).

Dalam kesempatan itu, Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Indra Hidayat R didampingi oleh Asops Dankormar Kolonel Marinir Hasanudin beserta rombongan melaksanakan peninjauan latihan tersebut.


Asops Panglima TNI dan Asops Dankormar tinjau Latihan pam VVIP di Lampung (Foto: Dispen Kormar)
Asops Panglima TNI dan Asops Dankormar tinjau Latihan pam VVIP di Lampung | Foto: Dispen Kormar

Rombongan Asops Panglima TNI diterima langsung oleh Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir (Danbrigif-3 Mar) Kolonel Marinir Suherlan di Mako Brigif 3 Mar. Selanjutnya rombongan menerima paparan dari Danbrigif-3 Mar berkaitan dengan latihan Pam VVIP yang dilaksanakan oleh para prajurit Brigif-3 Mar tersebut.

Menko Maritim: Penetapan Batas Wilayah Maritim Selesai dalam Tiga Tahun

Penetapan batas wilayah maritim Indonesia ditargetkan selesai dalam tiga tahun ke depan. Batas wilayah tersebut meliputi batas wilayah laut territorial, Zona Ekonomi Eksklusif, dan batas Landas kontinen.

Menurut menteri Koordinator kemaritiman Indroyono Soesilo, penyelesaian batas maritim yang masih tersisa saat ini diantaranya untuk batas laut territorial belum diselesaikan sebesar 305 mil atau tersisa 44%. Sedangkan untuk Zona Ekonomi Ekslusif masih tersisa sebesar 2258 mil atau sebesar 54%. Untuk batas landas kontinen masih menyisakan sebesar 1288 mil atau sebesar 70%.


Menko Maritim Indroyono Soesilo. (Foto: Adityo Nugroho)
Menko Maritim Indroyono Soesilo. | Foto: Adityo Nugroho

“Sebelum kementerian luar negeri bernegosiasi dengan negara tetangga lain, kita (kemenko maritim) harus siap dengan data-data oceanografi, hidrografi, dan sebagainya,” ujar Indroyono dalam rapat kerja bersama kementerian Ristek Dikti, kepala Bappenas, beserta instansi terkait lain, Kamis (15/1/15).

Jumat, 16 Januari 2015

Tunda Pelantikan Kapolri Presiden Tunjuk Komjen Pol Badrodin sebagai Pelaksana Tugas Kapolri

Presiden Joko Widodo menyatakan pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian RI ditunda. Langkah penundaan ini ditempuh Jokowi karena ingin menunggu proses hukum yang harus dijalani oleh Budi Gunawan.

"Kami pandang perlu untuk menunda pengangkatan sebagai Kapolri. Menunda, bukan membatalkan. Itu yang perlu digaris bawahi," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 16 Januari 2015.


Tunda Pelantikan Kapolri Presiden Tunjuk Komjen Pol Badrodin sebagai Pelaksana Tugas Kapolri

Kata Jokowi, sejak proses seleksi kompolnas, ia kemudian menyampaikan surat kepada DPR, yang lalu mendapat persetujuan dewan. "Berhubung Komjen Pol Budi Gunawan sedang menjalani proses hukum maka kami pandang perlu untuk menunda pengangkatan sebagai Kapolri," kata dia.

Seperti diketahui, penunjukan Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri mendapat sorotan, setelah Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji pada Selasa 13 Januari lalu.

RI - Rusia Bahas Jet Tempur SU-35 dan Kapal Selam Kilo Class

Pemerintah Rusia melalui Duta Besar yang berada di Indonesia, mengatakan ditahun 2015 pihak Rusia siap untuk meneruskan pengembangan kerjasama bidang teknik militer dan bidang pertahanan dengan pemerintah Indonesia.

Dubes Rusia juga berharap hubungan kerjasama militer dan pertahanan yang telah tercapai ditahun lalu akan menjadi fondasi yang baik untuk perkembangan di tahun selanjutnya.  


RI - Rusia Bahas Jet Tempur SU-35 dan Kapal Selam Kilo Class

Demikian dikatakan Duta Besar Rusia untuk Indonesia M.Y.Galuzin saat bertemu dengan Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu, Kamis (15/01) di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta.

Putusan kesiapan pihak Rusia tersebut merupakan tindak lanjut atas kesepakatan yang telah dicapai antara Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden Rusia,  Vladimir Putin disela-sela pertemuan APEC tahun 2014 lalu. Adapun salah satu kesepakatannya adalah perkuat hubungan teknik militer dan kerjasama di bidang pertahanan diantara kedua negara.

Ini 13 Kawasan Industri Baru Pendukung Program 'Tol Laut' Jokowi Butuh

Program 'tol laut' yang dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak bisa berdiri sendiri. Selain tambahan pelabuhan-pelabuhan baru, tol laut butuh dukungan kawasan-kawasan industri baru sebagai pusat produksi, agar terhubung dengan kawasan non produksi.

Ini 13 Kawasan Industri Baru Pendukung Program Tol Laut Jokowi Butuh

"Dengan kawasan industri baru. Maka kapal bisa berangkat tanpa harus kosong," kata Direktur Pengembangan Fasilitas Industri Wilayah I Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan pada acara diskusi di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Selasa (13/1/2015).

Pemerintah saat ini sedang mendorong pembangunan 13 pusat ekonomi baru. Pusat ekonomi atau kawasan industri baru ini antara lain di :

Polemik Kapolri, Antara Perang Bintang & Konflik Elite Parpol

Polemik pencalonan Kapolri Komjen Budi Gunawan bukan semata soal rekening gendut yang berujung penetapan tersangka. Hal ini membuat geger, karena proses pencalonan telah dituntaskan DPR dengan menerima usul Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Budi Gunawan. Namun mencuat ke permukaan yakni, persaingan petinggi atau para jenderal Polri dan persaingan elite partai politik (parpol) yang belum tuntas.

Polemik Kapolri, Antara Perang Bintang & Konflik Elite Parpol
Komjen Pol Budi Gunawan, (Foto:SINDOnews)

“Saya melihat, ini persaingan para (bintang) jenderal polisi untuk eksistensi kelompok atau faksi mereka," kata pengamat politik muda Yasin Muhammad saat dihubungi, Jumat (16/1/2015).

"Penetapan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Budi Gunawan, jelas menguntungkan kelompok pesaing Budi Gunawan,” imbuhnya.

Kamis, 15 Januari 2015

Dokumen Ditahan Dit Polair NTB, Awak Kapal Pengangkut Pupuk Kelaparan di Tengah Laut

Sebanyak 20 awak, atau anak buah kapal (ABK) yang mengangkut pupuk dilaporkan dalam kondisi mengenaskan. Mereka telantar di tengah laut Perairan Lembar, Nusa Tenggara Barat, selama lebih sebulan.

Kapal itu adalah Kapal Motor Canci Ladjoni-3 milik PT Surya Bintang Timur yang berkantor di Surabaya‎, Jawa Timur. Direktorat Polisi Perairan Polda Nusa Tenggara Barat menahan kapal dan seluruh ABK, karena dianggap tak memiliki izin.


Para awak Kapal Motor Canci Ladjoni-3 telantar di tengah laut Perairan Lembar, Nusa Tenggara Barat, selama lebih sebulan. (Tudji Martudji/Surabaya)

Kapal dan semua ABK kini masih berada di tengah laut yang berjarak sekitar satu mil dari dermaga. Menurut pemilik kapal itu, Lukman Ladjoni, dokumen yang sudah disahkan Syahbandar dirampas oleh petugas Direktorat Polisi Perairan Polda Nusa Tenggara Barat. Para ABK sudah kehabisan persediaan makanan sejak seminggu lalu dan tiga di antaranya sakit.

Petugas Perbatasan Nunukan Gagalkan Penyelundupan Ratusan Botol Miras dari Malaysia

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif Linud 433/Julu Siri kembali menahan minuman keras ilegal asal Malaysia yang akan diselundupkan melalui pelabuhan Tunontaka di Nunukan dari Tawau, Malaysia. Komandan Satgas Pamtas Yonif Linud 433/ Julu Siri, Agustatius Sitepu mengatakan, minuman keras ilegal asal Malaysia tersebut diangkut melalui kapal resmi Nunukan–Tawau.

Petugas Perbatasan Nunukan Gagalkan Penyelundupan Ratusan Botol Miras dari Malaysia

Agus kemudian menjelaskan kronologi kejadian. Saat sedang memantau kapal resmi Tawau-Nunukan yang berlabuh di Tunontaka, sekitar pukul 18.30 anggota satgas memeriksa buruh pelabuhan berinisal R (21).

"Dia sedang membawa 5 kantong besar tas plastik dan 3 kotak dus dari dalam gerobaknya. Setelah diperiksa, ditemukan minuman keras sebanyak 312 botol,” ujar Agustatius Sitepu Rabu (14/01/2015)

Kapal Perang Indonesia Diminati Tetangga

Direktur Utama PT PAL Indonesia M. Firmansyah Arifin mengaku bangga karena kapal perang Indonesia mulai dilirik sejumlah negara tetangga, setelah berhasil mengekspor ke Filipina.

“Produk anak bangsa kini mulai diperhitungkan di negara lain. Ini tidak asal ngomong, soalnya Myanmar juga sudah menyampaikan ketertarikan,” kata Firmansyah di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman di Jakarta, Selasa. 


KRI Banda Aceh
KRI Banda Aceh

Indonesia, melalui perusahaan pelat merah galangan kapal yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur, itu telah berhasil mengekspor dua kapal perang tipe “strategic sealift vessel” (SSV) kepada Kementerian Pertahanan Filipina.

Menurut Firmansyah, dua kapal perang berukuran panjang 123 meter dan lebar 21,8 meter itu merupakan alat utama sistem senjata (alutsista) pertama yang diekspor Indonesia ke negara lain. Pengiriman kapal pertama sudah dilaksanakan dengan kontrak 28 bulan sementara kapal kedua sekitar 36 bulan.

SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU

Tempo online tanggal 12/01/2015 mengeluarkan artikel-foto berjudul : SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU. Membaca tulisan itu, hati terasa senang dan saya pun senyum senyum sendiri (padahal baru tulisan saja ya :D ).

SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU

Tulisan Tempo. Co itu saya harapkan doa. Mbok kali ini, Indonesia bisa punya pesawat tempur canggih, jangan lagi beli yang bekas pakai. TNI AU dan pilot-pilotnya perlu lompatan teknologi, perlu bangga dan perlu merasa memiliki pesawat tempur yang handal.

Saya sedang membayangkan, akan meledak-ledak perasaan mereka saat memiliki pesawat SU-35 yang memang mereka mimpikan. Akankah Indonesia bisa melalui fase ini untuk naik ke fase yang lebih tinggi, atau akan tetap berputar putar di tempat.

Rabu, 14 Januari 2015

Bakamla dapat aset awal 10 kapal TNI AL

Badan Keamanan Laut akan mendapatkan 10 kapal milik TNI Angkatan Laut sebagai aset awal dalam tugasnya memberantas penangkapan ikan ilegal atau "illegal, unreported and unregulated fishing" (IUU Fishing).

"TNI Angkatan Laut akan segera menghibahkan 10 kapal sebagai aset awal untuk menjaga keamanan dan keselamatan laut," kata Menko Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo usai rapat koordinasi di Jakarta, Jumat malam.


Bakamla dapat aset awal 10 kapal TNI AL

Menurut Indroyono, meski Bakamla baru dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 178 Tahun 2014, lembaga tersebut telah beroperasi dengan tujuan khusus menangani penangkapan ikan ilegal.

"Bakamla ini baru embrio. Kita ingin memperkuat otak sistem informasi command control yang diintegrasikan. Nantinya informasi di-databank-kan di Bakamla," katanya.

Dankormar: marinir dukung wujudkan poros maritim dunia

Komandan Korps Marinir (Dankomar) TNI Angkatan Laut Mayjen TNI (Mar) Ahmad Faridz Washington, mengatakan, prajurit Marinir mendukung political will dari pemerintah untuk mewujudkan poros maritim dunia.

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Ahmad Faridz Washington
Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Ahmad Faridz Washington
"Semua kebijakan pemerintah harus disikapi oleh prajurit dengan langkah-langkah proaktif," kata Dankormar saat serah terima jabatan Komandan Pasmar-2 dari Brigjen TNI (Mar) Denny Kurniadi ke Brigjen TNI (Mar) RM Trusono di lapangan Apel Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu.

Ia mengatakan, pimpinan serta seluruh prajurit Pasmar-2 harus dapat berkontribusi sesuai dengan peran dan fungsinya sebagai prajurit matra laut.

Connie Bakrie: Jalur Sutera Maritim Tiongkok Bukan Ancaman

Jalur Sutera Maritim abad 21 (Maritime Silkroad 21st) yang dicanangkan oleh Tiongkok untuk menjadikan negara maritim yang besar memunculkan sebuah paradigma baru bagi pemerintah Indonesia akan sebuah tantangan atau potensi. Pasalnya, lawatan Presiden Joko Widodo dalam forum Kerjasama Tingkat Tinggi Ekonomi Asia Pasific (APEC), di Beijing, Tiongkok, Selasa, 11 November 2014 lalu menunjukan suatu kerjasama serius untuk mensinergikan antara Jalur Sutera Maritim dengan tol laut.

Connie Bakrie: Jalur Sutera Maritim Tiongkok Bukan Ancaman
Jalur Sutera Maritim Tiongkok

Menanggapi hal tersebut, analis pertahanan asal Universitas Indonesia, Dr Connie Rahakundini Bakrie menilai Jalur Sutera Maritim Tiongkok bukan merupakan suatu ancaman bagi Indonesia.

“Adanya jalur sutra Tiongkok sebenarnya tidak seharusnya dilihat sebagai ancaman jika hal ini dapat mendorong kita membangun kekuatan maritime kita yang mandiri, utamanya karena secara geografis Tuhan telah menganugerahkan suatu posisi yang sangat strategis sebagai poros atau sumbu jalur pelayaran dan perdagangan dunia kepada kita,” ungkap Connie.

Capai World Class Navy, TNI AL Fokus Tingkatkan Keunggulan Organisasi

Pencapaian World Class Navy atau TNI AL yang berkelas dunia salah satunya ialah dengan meningkatkan keunggulan organisasi. Dalam meningkatkan keunggulan tersebut, mutasi personil merupakan faktor kunci untuk tingkatkan kinerja organisasi.

Capai World Class Navy, TNI AL Fokus Tingkatkan Keunggulan Organisasi

Korps Marinir TNI AL hari ini menggelar acara exit briefing sekaligus momentum pamitan dari Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Denny Kurniadi di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (13/01/2015).

Pada kesempatan tersebut Brigjen TNI (Mar) Denny Kurniadi, menyampaikan bahwa selama menjabat sebagai Danpasmar-2 tingkat pelanggaran prajurit menurun secara signifikan.”Saya minta kepada seluruh prajurit agar hal ini dipertahankan siapapun yang memimpin kalian,” pesannya.

Selasa, 13 Januari 2015

TNI Teken MoU dengan BMKG Dukung Keselamatan Penerbangan di Bandara

TNI Angkatan Udara menandatangani kerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tentang operasional meteorologi dan klimatologi dalam rangka mendukung keselamatan penerbangan di bandar udara (Bandara)/Pangkalan TNI AU (Lanud).

MOU TNI dengan BMKG

Kesepakatan itu ditandatangani Kadisbangopsau Marsma TNI Agoes Haryadi dengan Deputi Bidang Meteorologi DR. Yunus Subagyo Swarinoto di kantor BMKG Jakarta, Senin (12/1/2015).

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto mengatakan, kerjasama ini meliputi kegiatan operasional bersama sumber daya manusia (SDM), Peralatan meteorologi dan pengamatan unsur cuaca, pengolahan data dan diseminasi informasi meteorologi dan klimatologi dalam rangka mendukung operasional penerbangan di Bandara/Pengkalan TNI AU.

Jokowi Sarankan PT DI Fokus Produksi Pesawat Berpenumpang 30-60 Orang

Setelah membuka Munas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIMPI), dan berkunjung ke Sentra Industri Rajut, serta berkunjung ke PT Pindad, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih melakukan kunjungan ke sejumlah tempat di Bandung, sepanjang Senin (12/1) ini.

Jokowi Sarankan PT DI Fokus Produksi Pesawat Berpenumpang 30-60 Orang

Tercatat lokasi yang dikunjungi Presiden Jokowi pada hari ini antara lain produsen Solar Cell PT LEN; Bandung Techno Park; silaturahmi dengan Keluarga tokoh masyarakat Bandung Almarhum KH. Nanang Iskandar Ma’some; mengunjungi Kampung Kreatif Bandung; dan PT Dirgantara Indonesia.

Fokus Pesawat Penumpang

Saat ditanya wartawan mengenai PT Dirgantara Indonesia (DI), Presiden Jokowi mengatakan, kita patut bangga memiliki PT DI yang memiliki keunggulan. Namun ia mengingatkan, kita juga harus tahu kemana PT DI ini akan dibawa, produk apa yang akan dikerjakan.

Sejarah Pembajakan Pertama Pesawat di Bandara Adi Sucipto

SejarahIndonesia diam-diam ternyata termasuk salah satu negara yg paling jarang mengalami pembajakan pesawat. sejarahpembajakan pesawat, terakhir kali pada 25 April 2014, saat pesawat Boeing 737-800 berkode penerbangan VA41 milik maskapai Australia Virgin Blue Airlines dipaksa mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali oleh seorang penumpang berkewarganegaraan Australia yg mabuk berat.

Pesawat Vicker Viscount MZ-171 Merauke yg dibajak di Bandara Adisucipto Yogyakarta 15 April 1972. Tampak di jendela cockpit, Ipda Bambang Widodo Umar sedang melongok ke dalam u/ membantu pilot Capt. Hindiarto.

Sementara sejarahpembajakan pesawat Indonesia yg paling terkenal adalah pembajakan pesawat DC-9 berkode penerbangan GA 206 Woyla milik maskapai Garuda Indonesia Airways (GIA) pada 28 Maret 1981, yg berakhir di Bandara Internasional Dong Muang, Bangkok pada 31 Maret 1981. Insiden ini melambungkan pamor Kopassanda (sekarang Kopassus) sebagai pasukan elite.

Jokowi: 343 Media Massa Dipantau Intelijen

Presiden Joko Widodo mengingatkan jajarannya dalam Kabinet Kerja agar dalam bekerja juga memperhatikan sorotan media massa. Menurutnya sudut pandang media massa melalui pemberitaan akan mempengaruhi persepsi masyarakat.

Jokowi: 343 Media Massa Dipantau Intelijen

“Meskipun perlu saya sampaikan ekspos media belum tentu mewakili kinerja pemerintahan namun perlu saya ingatkan, media itu sebagai pembawa pesan akan membentuk persepsi atau image kinerja pemerintah,” ujar Jokowi saat membuka rapat kabinet di kantor kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/1).

Jokowi mengaku selama tiga bulan ini pemerintah memperhatikan dan memantau penilaian media massa terhadap kinerja pemerintah. Dalam tiga bulan, kata dia, pemerintah menganalisis 343 media melalui mesin intelijen manajemen.

Panglima TNI: Tidak Boleh Ada Tindakan Memalukan Antara TNI-Polri, Itu Primitif!

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko tegas meminta prajurit TNI membina hubungan baik, dan menghindari perselisihan dengan polisi. Menurutnya bertikai sesama aparat negara adalah tindakan primitif.

Tidak Boleh Ada Tindakan Memalukan Antara TNI-Polri

"Kita harus melakukan komunikasi harmonis dengan rekan-rekan di kepolisian," kata Moeldoko saat bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara Gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi TNI Tahun 2015 di Lapangan Apel Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (13/1/2015) pagi.

"Sekali lagi, antara TNI dan kepolisian. Tidak boleh lagi tindakan-tindakan memalukan. TNI dan Polri adalah satu struktur di bawah suatu komando kepresidenan. Tidak boleh antar dua lembaga terhormat ini melakukan hal-hal yang menodai organisasi. Itu tindakan primitif, saya tekankan itu berulangkali," lanjut Moeldoko tegas.

Satgas FPU Polri Latih Polisi Sudan Agar Bisa Ikut Jaga Perdamaian

Aktivitas Satgas FPU VII Polri di Darfur Sudan di bawah naungan PBB, selain menjaga keamanan juga memberikan peran lain. Satgas FPU Polri ikut membina polisi di Darfur agar mereka memiliki kemampuan guna ikut menjaga perdamaian.

Satgas FPU Polri Latih Polisi Sudan Agar Bisa Ikut Jaga Perdamaian
 
"Program tersebut merupkan program yang positif untuk meningkatkan kemampuan personil Gos Police sekaligus membina hubungan antara aparat lokal dan personil Unamid sehingga kerjasama dalam menciptakan perdamaian di Darfur semakin mudah," kata Kasatgas FPU Indonesia VII AKBP M Rendra Salipu, Selasa (13/1/2015).

Acara pelatihan digelar pada Senin (12/1). Pelatihan diberikan kepada Gos Police Sector North di daerah Darfur dalam rangka melaksanakan program Unamid yaitu capacity building.

Sekti Ambarwati, Pilot Perempuan CN 235 dari 'Squadron Kalong'

Berseragam hijau tua dengan bet bertuliskan squadron udara 2 Halim, Kapten Pnb Sekti Ambarwati terlihat cantik berpose membelakangi pesawat CN 235. Sore itu, Ambarwati baru saja selesai melaksanakan tugas evakuasi jenazah korban Airasia QZ-8501 dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Sekti Ambarwati, Pilot Perempuan CN 235 dari Squadron Kalong
Sekti Ambarwati, Pilot Perempuan CN 235 dari Squadron Kalong

"Squadron dua biasa dikenal dengan Kalong yang artinya harus siap perintah kapan pun juga. Pasti banyak yang bertanya kenapa disebut Kalong, jadi Kalong itu merupakan hewan yang terbiasa terbang malam, begitu juga dengan kami," tuturnya kepada detikcom.

Ibu satu anak ini banggga sebagai pilot wanita yang ikut dalam proses search and rescue AirAsia QZ8501. Salah satu misinya adalah membawa jenazah dari Pangkalan Bun menuju Surabaya.

CVR AirAsia Sudah Ditemukan, Tinggal Diangkat

Badan SAR Nasional (Basarnas) memastikan telah menangkap sinyal yang dipancarkan oleh Cockpit Voice Recorder (CVR) AirAsia QZ8501 pada Selasa (12/1). Kepala Basarnas Marsekal Madya F.H. Bambang Soelistyo mengatakan, lokasi sinyal CVR ditangkap tidak jauh dari tempat penemuan Flight Data Recorder (FDR) pada pagi hari ke-16 operasi.

CVR AirAsia Sudah Ditemukan, Tinggal Diangkat
Petugas KNKT membuka kotak yang berisi rekaman data penerbangan Flight Data Recorder (FDR) salah satu dari bagian kotak hitam QZ8501 di kantor KNKT, Jakarta, Senin, 12 Januari 2015. FDR akan dibuka dan diteliti di laboratorium dengan beberapa saksi dari Mabes TNI dan negara lain. Foto : CNN Indonesia/Safir Makki

"CVR sinyal 'ping'nya sudah ditangkap. Posisi tidak jauh dari lokasi FDR yang sudah dievakuasi. Ditemukan atas kerja sama dari kapal-kapal di area. Ada KN Baruna Jaya, KN Jadayat, Kapal Java Prima," ujar Soelistyo di Kantor Pusat Basarnas, Jakarta, Senin (12/1). Meski sudah ditemukan, namun tim penyelam belum dapat mengangkat alat rekaman pembicaraan di kokpit itu.

Direktur Operasional Basarnas Marsekal Muda SB. Supriyadi sebelumnya telah menyampaikan hasil operasi yang sama dengan pemaparan Soelistyo pada Selasa sore (12/1).

Presiden Jokowi Suntik Dana Rp700 Miliar ke Pindad

Presiden Joko Widodo mengunjungi PT Pindad setelah menghadiri munas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Bandung, Jawa Barat, Senin 12 Januari 2014.

Dalam kunjungannya, Jokowi memantau langsung proses produksi pembuatan kendaraan tempur dan persenjataan. Menurutnya, produksi persenjataan di PT Pindad sudah sangat baik dengan managemen yang baik juga.


Presiden Jokowi Suntik Dana Rp700 Miliar ke Pindad
Presiden Jokowi lihat alutsista TNI AD | Foto : ANTARA/Widodo S. Jusuf

"Saya sebagai orang produksi, sangat bagus. Alur produksinya jelas, tempat untuk produksi juga bersih, itu manajemen produksi baik atau tidak baik ada di situ," ujar Jokowi usai memantau proses produksi persenjataan.

Menteri Maritim Kaji Pembelian Pesawat Amfibi Buatan Rusia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, meminta Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Djauhari Oratmangun, mendalami kemungkinan pembelian pesawat terbang amfibi produksi negara beruang merah itu.

Menteri Maritim Kaji Pembelian Pesawat Amfibi Buatan Rusia
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, dan Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo, meninjau Crisis Center AirAsia QZ8501 di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu, 7 Januari 2015 Foto : Eka Permadi/Kotawaringin Barat

Menurut dia, Presiden Joko Widodo menginginkan TNI Angkatan Udara mempunyai pesawat terbang amfibi yang memiliki kemampuan mendarat di perairan untuk patroli militer.

"Saya minta Dubes (Indonesia untuk Rusia) mengkaji itu," kata Indroyono kepada VIVAnews di kantornya di Jakarta, Senin malam, 12 Januari 2015.

Indroyono menyampaikan bahwa keinginan Presiden muncul saat dia bersama Kepala Negara, Kepala Staf TNI Angkatan Udara dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat melakukan patroli udara dengan Skuadron 5 Angkatan Udara pada 13 Desember 2014, dalam penerbangan dari Banjarmasin ke Tarakan.

Minggu, 11 Januari 2015

Tiga Kapal Berhasil Deteksi Sinyal Black Box

Direktur Operasional Basarnas SB Supriyadi menjelaskan, tiga kapal yang berhasil menemukan sinyal black box pesawat AirAsia, yaitu kapal Baruna Jaya, Java Interior, dan Kapal GeoSurvey.

Tiga Kapal Berhasil Deteksi Sinyal Black Box
ilustrasi Black Box

"Ini lagi mau dicek dengan melakukan penyelaman. Lagi kita kirim penyelam dari kapal KN Pacitan ke kapal-kapal itu," kata Supriyadi, kepada wartawan, di lokasi, Minggu (11/1/2015).

Industri pertahanan didorong untuk serap teknologi terkini

Pemerintah akan mendorong industri pertahanan untuk mampu menyerap dan mengembangkan teknologi terkini sehingga menjadi salah satu lokomotif penggerak industri nasional.

"Misi pertamanya harus bisa menuju kemandirian pertahanan setiap kalau ada pengadaan alutsista atau senjata selalu harus dibarengi transfer teknologi. Kalau bisa industri pertahanan menjadi andalan lokomotif industri ke depan untuk menyerap teknologi terkini," kata Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto kepada wartawan, Sabtu (10/1) saat mendampingi kunjungan Presiden di Surabaya.


Kunjungan Kerja Presiden ke PT PAL

Andi mengatakan pemerintah juga mendorong agar industri pertahanan tidak hanya berguna bagi pengembangan alat-alat militer tetapi juga untuk penggunaan di kalangan sipil.

Seskab mengatakan kunjungan Presiden ke PT Dok dan PT PAL di Surabaya pada Sabtu (10/1) lalu merupakan salah satu langkah untuk memahami sumber masalah di industri pertahanan dan kemudian diselesaikan sehingga industri pertahanan nasional dapat berkembang.

Joko Widodo akui karut-marut penerbangan Indonesia kesalahan pemerintah

Presiden Joko Widodo mengakui karut-marut manajemen penerbangan udara di Indonesia adalah kesalahan pemerintah.

"Kesalahannya memang ada di pemerintah," ujar Jokowi di pelataran VVIP Bandar Udara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (10/1/2015) siang.


Presiden Joko Widodo di Kantor Basarnas bersama Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno dan Kepala Basarnas Mayjen Soelistyo

Jokowi menegaskan, kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 harus menjadi momentum pembenahan manajemen angkutan udara di dalam negeri. "Tidak ada lagi yang terbang tidak punya rute. Ndak bisa, ndak bisa. Ini harus pembenahan total," ujar Jokowi.

Jokowi tidak menumpukkan kesalahan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saja. Menurut dia, kesalahan juga dilakukan oleh sejumlah pihak yang terlibat pemberian izin terbang.

TNI beri kenaikan luar biasa prajurit "AirAsia"

Saya melihat sendiri perjuangan para prajurit, bagaimana mereka berhadapan dengan kondisi alam, untuk itu saya memutuskan kenaikan luar biasa beberapa prajurit saya,".

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko memberikan kenaikan luar biasa bagi prajurit TNI yang ikut dalam pencarian pesawat Air Asia QZ8501 yang jatuh di perairan Teluk Kumai, Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 28 Desember 2014.


TNI beri kenaikan luar biasa prajurit AirAsia

"Saya melihat sendiri perjuangan para prajurit, bagaimana mereka berhadapan dengan kondisi alam, untuk itu saya memutuskan kenaikan luar biasa beberapa prajurit saya," kata Moeldoko di Lanud Islandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Sabtu.

AirAsia: Black Box Mungkin Telah Ditemukan

Bos AirAsia Tony Fernandes mengatakan, black box atau kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata pada 28 Desember 2014 lalu mungkin telah ditemukan.

AirAsia: Black Box Mungkin Telah Ditemukan

Hal ini disampaikan Tony melalui akun Twitter-nya, @tonyfernandes, Minggu (11/1/2015). "Kami dituntun untuk percaya bahwa black box mungkin telah ditemukan. Namun, hal ini masih belum terkonfirmasi. Tapi, info ini kuat. Tapi, staf saya memperkirakan itu badan pesawat," ujar Tony.

Mengenal "Hantu Laut" yang Ditakuti Penyelam Pencari AirAsia

Setelah sempat tertunda selama beberapa hari, penyelaman akhirnya bisa dilanjutkan kembali pada Jumat kemarin oleh pasukan TNI Angkatan Laut dan Basarnas untuk mencari puing-puing pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata, Kalimantan Tengah, pada Minggu 28 Desember 2014.

Mengenal "Hantu Laut" yang Ditakuti Penyelam Pencari AirAsia

Tantangan yang dihadapi oleh para penyelam tergolong berat. Meski rata-rata kedalaman laut di Selata Karimata hanya mencapai 30-40 m, namun kondisi alam yang tidak menentu membuat proses penyelaman cenderung berisiko. Ombak besar, jarak pandang di bawah air yang sangat terbatas, menambah sulit penyelaman.

Bagi sebagian orang yang masih percaya takhayul, ganasnya alam di lokasi pencarian dikaitkan dengan mitos Ratu Junjung Buih, penunggu Selat Karimata. Namun hal ini sama sekali tidak membuat gentar para penyelam. Kapten Laut Pelaut Edy Tirtayasa, justru mengatakan timnya hanya takut kepada dekompresi. Seperti apa wujudnya?

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters