Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 07 Februari 2014

Kapolri Minta Polisi-TNI Kerja Sama Berantas Teroris di Poso

Kapolri Jenderal Sutarman akan mengevaluasi anggotanya yang bertugas di daerah rawan kontak senjata agar dilengkapi dengan rompi antipeluru. Evaluasi itu mengacu pada tewasnya anggota Brimob Bharatu (anumerta) Putu Satria dalam baku tembak dengan terduga teroris di Poso, Sulawesi Tengah, Kamis (6/2).


"Itu jadi evaluasi kita, setiap anggota yang patroli di tempat rawan itu akan kita lengkapi dengan body protect. Termasuk dengan Papua," kata Sutarman di Mabes Polri, Jl Trunojoyo 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/2).

Sekilas Kecanggihan KRI Usman Harun

Pemerintah Singapura memprotes penyematan nama Sersan Usman Haji Mohamad Ali dan Kopral Harun Said pada tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) baru milik TNI AL. Protes pun dilayangkan Menteri Luar Negeri Singapura, K Shanmugam kepada Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Sekilas Kecanggihan KRI Usman Harun
KRI Usman Harun

Penolakan itu bukan tanpa alasan, masyarakat Singapura menganggap keduanya adalah pelaku kejahatan. Sebab, dua marinir asal Indonesia ini melakukan pengeboman terhadap sebuah bank bernama McDonald's House yang menewaskan tiga orang dan melukai 22 warganya.

Indonesia tidak bergeming, TNI AL sendiri menyatakan disematkannya nama Usman Harun pada satu dari tiga kapal baru sudah melalui prosedur tetap. Pencantuman nama diberikan sebagai penghormatan bagi para pahlawan nasional atau prajurit TNI AL yang berjasa luar biasa untuk bangsa dan negara.

PT Pindad dan FNSS Turki Tandatangani Kesepakatan Pembangunan Bersama Medium Tank

Dirjen Potensi Pertahanan Dr Drs Timbul Siahaan MM, Kamis (6/2), menyaksikan penandatanganan Joint Partnership antara PT Pindad dengan FNSS Turki dalam pembangunan Medium Tank di Gedung Soeprapto, Kemhan, Jakarta. Partnership Agreement antara PT Pindad dengan FNSS Turki ini merupakan langkah penting dalam kerjasama industri pertahanan kedua negara. Dengan kesepakatan yang ditandatangani ini diharapkan selanjutnya project agreement antara kedua Kemhan dapat segera ditandatangani juga sehingga secara resmi program pembangunan bersama medium tank ini dapat segera dilaksanakan.

PT Pindad dan FNSS Turki Tandatangani Kesepakatan Pembangunan Bersama Medium Tank

Kerjasama joint development medium tank kerjasama Indonesia-Turki dimulai pada 29 Juni 2010 setelah Kementerian Pertahanan kedua negara menandatangani persetujuan kerjasama industri pertahanan (Defence Industry Cooperation) di Ankara Turki. Dimana salah satu kesepakatannya adalah Turki dan Indonesia akan melaksanakan pengembangan Medium Tank bersama yang dilaksanakan oleh FNSS Turki dan PT Pindad.

Terkait KRI Usman Harun, Singapura Seharusnya Hormati Pahlawan Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto menyatakan Singapura seharusnya menghormati pahlawan nasional Indonesia terkait dengan pemberian nama Usman dan Harun pada nama Kapal Republik Indonesia.


"PM Lee Kuan Yew tahun 1973 sudah menabur bunga ke makam Usman dan Harun di TMP Kalibata. Jadi seharusnya sudah tidak ada permasalahan lagi terkait isu ini," katanya di Jakarta, Kamis, menanggapi keprihatinan pemerintah Singapura atas pemberian nama Kapal RI itu.

Keprihatinan disampaikan karena Sersan Usman dan Kopral Harun sebagai prajurit KKO (kini Marinir) pernah meledakkan sebuah gedung di Singapura dan dihukum mati atas perbuatannya saat menjadi tawanan, pada masa konfrontasi dengan Malaysia masa lalu.

Kamis, 06 Februari 2014

Menhan tinjau pengganti KRI Dewaruci di Spanyol

Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro, meninjau kesiapan pembangunan kapal layar latih (tall ship) pengganti KRI Dewaruci dan juga peluncuran (roll out) pesawat C-295 nomor enam hasil produksi Airbus, di Sevilla, Spanyol.

Menhan tinjau pengganti KRI Dewaruci di Spanyol
KRI Dewaruci

Lawatan Menhan ke Spanyol selama dua hari tanggal 5 dan 6 Februari itu dalam rangka peningkatan kerja sama bidang pertahanan antara Indonesia dan negara tersebut, khususnya dalam bidang pertahanan, ujar Counsellor Pensosbud KBRI Madrid, Theodorus Satrio Nugroho kepada Antara London, Kamis.

Dikatakannya dalam lawatan kali ini, Menteri Pertahanan RI juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Kerajaan Spanyol, Pedro de Moren Eulate, dan berkunjung ke perusahaan Airbus di Sevilla.

Satu terduga teroris tewas dalam baku tembak di Poso

Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah Brigjen Pol Ari Dono Sukmanto mengatakan seorang terduga teroris tewas tertembak saat baku tembak dengan polisi di Desa Taunca, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Kamis.


"Kami belum mengetahui identitasnya karena masih dalam penyelidikan," kata Ari Dono kepada wartawan di Kota Palu.

Sebelumnya seorang anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah Barada Putu Satria meninggal dunia ditembak kelompok sipil bersenjata ketika sedang berpatroli dengan rekan-rekannya.

TNI AU persiapkan skuadron tempur Indonesia Timur

Mabes TNI Angkatan Udara (TNI AU) tengah mempersiapkan penambahan pesawat tempur untuk pendirian skuadron tempur di wilayah Indonesia Timur.

"Mabes TNI AU tahun ini akan melakukan pengadaan pesawat tempur, yang diprioritaskan untuk wilayah udara Timur Indonesia," ungkap Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, di Biak, Rabu.


TNI AU persiapkan skuadron tempur Indonesia Timur

Ia mengatakan, rencana untuk membentuk skuadron pesawat tempur di Indonesia bagian Timur sudah masuk dalam grand desain Mabes TNI AU.

Hanya saja untuk merealisasikan pembentukan skuadron tempur baru, menurut Marsekal Putu Dunia, diperlukan kesiapan sarana prasarana, personel prajurit serta dukungan langsung kemampuan keuangan Negara.

Republik Indonesia – Belanda Tandatangani MoU Kerjasama Pertahanan

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Purnomo Yusgiantoro dan Menteri Pertahanan Kerajaan Belanda Jeanine Hennis Plasschaert menandatangani Memorandum of Understanding  (MoU) atau Nota Kesepahaman tentang kerjasama pertahanan, Selasa, 4 Februari 2014, di Den Haag, Belanda. MoU ditandatangani saat kunjungan Menhan RI ke Belanda selama tiga hari, mulai tanggal 2 sampai dengan 4 Februari 2013.

Republik Indonesia – Belanda Tandatangani MoU Kerjasama Pertahanan

Penandatanganan MoU tersebut menjadi tonggak sejarah penting bagi hubungan RI-Kerajaan Belanda khususnya di bidang pertahanan. Kedua negara sepakat untuk memperkuat hubungan persahabatan dan kerjasama teknis yang telah terjalin sejak lama berdasarkan penghormatan penuh terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah, prinsip-prinsip kesetaraan, tidak mencampuri urusan dalam negeri dan prinsip saling menguntungkan.

Penamaan Kapal Perang Baru TNI AL diprotes Singapura

Pemerintah Singapura memprotes rencana TNI Angkatan Laut yang berniat untuk menamai salah satu dari tiga kapal fregat yang dibeli Indonesia dari Inggris. Pasalnya nama yang digunakan TNI AL merupakan pelaku tindak pengeboman yang terjadi tahun 1965 silam di Macdonald House di Orchard Road.

Salah Satu Kapal Nakhoda Ragam Class TNI AL akan dinamai KRI Usman Harun

Dilansir dari laman Straits Times, Kamis 7 Februari 2014 , salah satu kapal perang tersebut akan dinamai KRI Usman Harun. Nama tersebut adalah gabungan dari dua marinir Indonesia yang dieksekusi di Singapura setelah dituduh terlibat pengeboman tersebut, yakni Usman Haji Muhammad Ali dan Harun Said.

Latihan Tembak Pasukan Katak TNI AL

Anggota Pasukan Katak TNI Angkatan Laut mengikuti latihan menembak di lapangan tembak Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska ) usai peresmian lapangan tembak tersebut di Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (03/02/2014). Keberadaan lapangan tembak tersebut diharapkan dapat meningkatkan keahlian prajurit.

Latihan Tembak Pasukan Katak TNI AL

Kapal Patroli Ronin Milik TNI AL

Anggota TNI Angkatan Laut Lantamal III mencoba kapal patroli keamanan laut Ronin di Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (03/02/2014). Kapal tersebut merupakan produksi Galangan Bahari Tanjung Priok dengan panjang 10 m dan kecepatan hingga 35 knot. Foto: VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Komandan Lantamal III Brigadir Jendral Ikin Sodikin saat penyerahan kapal patroli keamanan laut di Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (03/02/2014).

10 Tahun Lagi Indonesia Kuasai Industri Alutsista Teknologi Tinggi

Kementerian Pertahanan menjadi juara pertama dalam upaya penggunaan produk dalam negeri. Kementerian itu pun mendapat penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Cinta Karya Bangsa Tahun 2013, Rabu 5 Februari 2014.


Menurut Wakil Menteri Pertahanan Letnan Jenderal (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, pertahanan Indonesia di level menengah memang menggunakan produk dalam negeri selama ini, yaitu hasil produksi PT Pindad. "Kapal combatant dan kapal angkut buatan PT PAL juga sudah digunakan," kata Sjafrie di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

PT Pinpad sudah memproduksi 250 panser dan puluhan ribu senjata api dan pistol yang sesuai standar TNI. Bahkan, kata dia, beberapa alat utama sistem persenjataan (alutsista) sudah diekspor ke beberapa negara ASEAN.

Polisi Baku Tembak dengan Kelompok Bersenjata di Poso

POLISI Poso, Sulawesi Tengah dilaporkan terlibat baku tembak dengan sekolompok bersenjata yang diduga teroris di Poso pesisir selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, siang ini, Kamis (06/02/2014). Baku tembak tersebut tepatnya terjadi di Desa Padalembara, Poso.


Radio swasta menyiarkan bahwa penembakan terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Aksi baku tembak itu terjadi di sebuah perkebunan kakao milik warga.

Indonesia Kecam Kebijakan Australia Tolak Imigran

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Michael Tene mengatakan pemerintah Indonesia berkali-kali menyampaikan kekesalannya terkait pengiriman kembali pencari suaka Australia ke perairan Nusantara.

Skoci yang membawa imigran dari Australia

"Indonesia tak terima dengan kebijakan itu," kata Michael saat dihubungi pada Rabu malam, 5 Februari 2014. Namun, ia tak tegas mengatakan langkah kongkret apa yang akan dilakukan oleh Indonesia berikutnya kendati pengiriman manusia perahu ini terus terjadi.

Juru bicara Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, Ray Marcello, tidak bersedia mengungkapkan alasan negaranya mengirim pencari suaka asal Iran dan Afrika ke wilayah perairan Indonesia. Masalah imigran, kata dia, terkait dengan Australia mengintensifkan Operation Sovereign Borders, operasi keamanan perbatasan. "Ini untuk alasan keamanan operasional," kata Ray.

Pesawat C-130 Hercules Skadron 32 Latihan Operasi Terbang Malam

SETIAP malam selama satu minggu ini, pesawat C-130 Hercules yang ber-home base di Skadron 32 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh, melaksanakan latihan operasi terbang malam. Para penerbang dan crew pesawat C-130 Hercules tersebut melakukan latihan rutin operasi terbang malam di wilayah Malang Raya dan sekitarnya.

Pesawat C-130 Hercules Skadron 32 Latihan Operasi Terbang Malam

“Latihan terbang malam ini harus sering dilakukan, karena selain untuk melatih para penerbang agar lebih terampil dan profesional di bidangnya, juga merupakan operasi penerbangan yang lebih sulit dilakukan dibanding terbang pada siang hari,” kata Komandan Skadron Udara 32, Letkol Pnb Reza Ranesa, Kamis (6/2) dini hari.

Senin, 03 Februari 2014

Pertahanan Udara Kapal Perang Indonesia

Salah satu langkah maju dalam up-grade Nakhoda Ragam Class, adalah pengadaan sistem pertahanan udara VL Mica, buatan MBDA Perancis. Dengan adanya VL Mica, pertahanan udara kapal perang ini, mampu menyergap sasaran sejauh 20 km dengan ketinggian 30 ribu kaki, untuk segala jenis ancaman udara. VL Mica memiliki hulu ledak 12 kg dan berkemampuan fire and forget.

Nakhoda Ragam Class TNI AL
Nakhoda Ragam Class TNI AL

VL Mica menggantikan sistem rudal anti pertahanan udara Seawolf yang dipasang Brunei Darussalam di NR Class pada tahun 2005-an, namun rudal ini sudah tidak diproduksi oleh MBDA. Rudal Seawolf digantikan dengan versi yang lebih baru CAMM-L.

Mengenang 52 Tahun Pertempuran Laut Aru

Ingin Perjuangan Yos Sudarso Difilmkan untuk Luruskan Sejarah

SEJARAH heroik pertempuran Laut Aru yang menenggelamkan KRI Matjan Tutul pada 15 Januari, 52 tahun silam, masih membekas di memori Pelda (pur) Andrijan.


Perjuangan Yos Sudarso


Pensiunan TNI-AL itu merupakan salah seorang saksi hidup pertempuran yang menewaskan 21 prajurit, termasuk perwira tertinggi di kapal itu, Komodor Yos Sudarso.


Wajah Pembantu Letnan Dua (Pelda) Laut (pur) Andrijan terlihat sendu. Tatapan matanya yang tajam berubah drastis tatkala air mata membasahi pelupuk mata. Dengan rasa haru, dia berusaha mengingat peristiwa 15 Januari 1962 itu: perebutan Irian Barat (sekarang Papua) melawan armada Angkatan Laut Belanda.
 

Menggelar Kekuatan Pagar Teritori

Gelar kekuatan angkatan laut Indonesia kembali diperlihatkan dengan menggelar gugus tempur laut bersandi operasi Benteng Hiu 14, mulai bulan Februari 2014 di perbatasan laut Indonesia Malaysia di Kalimantan Utara.  

KRI Oswald Siahaan sedang menembakkan rudal Yakhont
KRI Oswald Siahaan sedang menembakkan rudal Yakhont

Perairan yang menjadi salah satu hotspot NKRI ini memang harus terus dikawal ketat agar gangguan dan provokasi dari negeri jiran bisa dieliminasi sekaligus menunjukkan kekuatan harkat diri untuk tidak bermain api di kawasan kaya sumber daya mineral itu, Ambalat.  Gelar Benteng Hiu dipimpin oleh KRI jenis fregat Oswald Siahaan yang membawa rudal maut Yakhont. Anak buahnya terdiri dari KRI korvet anti kapal selam Lambung Mangkurat, kapal cepat rudal KRI Badik, kapal buru ranjau KRI Pulau Raas dan kapal patroli cepat KRI Badau dan KRI Salawaku. Kapal berjenis KAL, UAV dan kapal nelayan juga ikut bergabung sebagai satuan intelijen.

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters