Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 05 Juni 2012

Seragam Baru TNI

Mayor Agus Harimurti Yudhoyono



Brigif Linud 17 Kostrad mendapatkan penghormatan, menjadi pasukan AD pertama yang menggunakan Battle Dress Uniform (BDU) terbaru, untuk pasukan TNI. Warna hijau dari Pakaian Dinas Lapangan (PDL) ini lebih menyatu dengan alam, sehingga memaksimalkan kamuflase pasukan. Motif bercak lorengnya pun lebih halus karena menggunakan pixel/ digital effect. Code dress dan atribut diperbaiki penampilannya mendekati model US Army.
 
seragam linud 2 Seragam Baru TNI  
seragam linud 11 Seragam Baru TNI
 

PDL yang baru ini terlihat lebih trendy dan modis. Jika pasukan Indonesia berbaris atau defile memang tidak terlihat ada yang aneh dengan mereka. Namun jika pasukan TNI digabungkan dengan pasukan negara lain, terutama pasukan negara maju, maka loreng/PDL pasukan TNI terlihat sedikit “jadul”, alias jaman dulu.

 
Rasa gagah dan nyaman dengan pakaian dinas diharapkan akan menambah percaya diri pasukan dalam menjalankan setiap kegiatan/ operasi mereka. 

Brigif 17 Kostrad ?
Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, mengapa Brigif Linud 17 Kostrad yang pertama mendapat BDU baru ?. Keputusan ini bisa saja random. Akan tetapi jika dilihat dari jenjang militer, Kostrad merupakan unsur pasukan lapangan yang paling besar di TNI. Panglima Kostrad dipimpin oleh Jenderal bintang tiga. Sementara Kopassus dan Kodam dipimpin oleh Jenderal berbintang dua. 

Kalau pilihannya jatuh ke Kostrad, lalu pasukan mana yang lebih dulu menggunakannya ?. Tentu pasukan yang senior. Dan mereka adalah Linud Kostrad, yang sudah malang melintang di medan pertempuran.

Brigif Linud 17 terdiri dari tiga bataliyon: Yonif Linud 305/Tengkorak (Karawang, Jabar), Yonif Linud 328/Dirgahayu (Cilodong, Kab.Bogor), dan Yonif Linud 330/Tri Dharma (Cicalengka, Kab Bandung). Markas Brigif 17 terletak di Cijantung (Jakarta Timur), satu komplek dengan Mako Kopassus, Yonkav 1 Badak Ceta Cakti/Kostrad, dan Yonkav 7 Panser Khusus/Kodam Jaya.

Brigif Linud 17 Kostrad, telah mencetak jenderal-jenderal ternama, antara lain: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Endriartono Sutarto dan Jenderal (Purn) Feisal Tandjung, Mantan KASAD Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu, Letjen (Purn) Djamari Chaniago, Letjen (Purn) Suaidi Marasabesi, Letjen Purn Prabowo Subianto, Letjen (Purn) Agus Wijoyo, Letjen (Purn) Fachrul Razie, Letjen (Purn), Djadja Suparman, Irjenad Mayjen Geerhan Lentara dan banyak lagi.
seragam linud 4 Seragam Baru TNI

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghabiskan sebagian karir militernya di Brigif Linud 17/Kostrad diawali dengan menjabat sebagai Danton Pan Yonif Linud 330/Kostrad pada 1974-1976. SBY kemudian dipercaya menduduki kursi Danton Pan Yonif Linud 305/Kostrad tahun 1976-1977, Danton MO 81 Yonif Linud 320, Pasi Ops Mabrigif Linud 17/Kostrad, dan Danki Pan Yonif Linud 330/Kostrad.

Karir puncak Yudhoyono di Brigif Linud 17 adalah pada 1993-1994 saat ia menjabat sebagai Komandan Brigif Linud 17/Kostrad dengan pangkat Kolonel Infanteri.
seragam linud 6 Seragam Baru TNI

 
Selain BDU/ PDL, kelengkapan pasukan juga disempurnakan seperti: ransel tempur, sepatu, decker pelindung lutut, sarung tangan, sarung senjata, perlengkapan minum, komunikasi dan lain sebagainya.

seragam linud 51 224x300 Seragam Baru TNI

 Diharapkan BDU dan perbaikan kelengkapan Linud 17 Kostrad ini, segera merata kepada satuan satuan lain. Untuk mengemat biaya, pergantian perlengkapan ini diharapkan dilakukan saat jatuh tempo pemberian seragam dan kelengkapan baru pasukan.
Yang belum diketahui adalah, apakah Battle Dress Uniform (BDU) terbaru ini akan digunakan oleh seluruh pasukan TNI atau per-angkatan. Sebagian tentara asing telah mengubah PDL mereka berdasarkan Angkatan: Darat, Laut dan Udara.

Foto : kaskus.co.id / by kenyot10

 Sumber : http://jakartagreater.com/2012/06/battle-dress-uniform-linud-kostrad/

25 komentar:

  1. ga sabar pengen buru2 pake PDL terbaru..tp ARHANUD dpt ga ya..???

    BalasHapus
  2. keren,,, tapi masih bagusan seragam tni yg baru ini di bandingkan seragam TNI amerika

    BalasHapus
  3. yap, model seragam baru TNI cukup moderen.

    BalasHapus
  4. Doreng TNI semua model pixel aja,skalian satpol PP owokwowkowkow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satpol PP....?? pasukan khusus paling eksis saat ini xixixixixi

      Hapus
    2. kopassus jadi pasukan paling elite no 3 di dunia gan
      pasukan khususnya amerika aja kagak ikut 5 besar

      Hapus
    3. yap karena persolin kopasuss memiliki kemampuan personal diatas rata2 meski mengunakan peralatan tempur seadanya, lain halnya dengan US Army mereka sangat tergantung dengan kecanggihan peralatan militernya.

      Hapus
    4. Saya pernah baca artikel, katanya memang special forces us bobot training kemahiran hardwarenya skrng lbh tinggi porsinya dibanding kemampuan fisik personal. Itu karena tuntutan misi special forces yg semakin hari semakin kompleks, intensitasnya semakin tinggi (bs dibilang amerika perang setiap hari) dan untuk meminimalkan korban dipihak sendiri. Spt penyergapan Osama di pakistan, tanpa hardware2 yg canggih itu tdk akan mungkin terlaksana. Peralatan canggih yg tepat guna itu 'Force Magnifier' di pertempuran. Kopasuss kalau hardwarenya setara special forces us, bukan no.3 lg, pasti no.1!

      Hapus
    5. waw, kalo kopasuss mengunakan full hight military technology dan tepat guna bisa dipastikan kekuatannya makin sangar... :)

      Hapus
  5. wahhh kayak nya masuk tentara jadi lebih semangat dengan baju pdl baru kelihatan seperti tentara us army yang sekarang lgi tenar di dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata baju juga berpengaruh terhadap semangat tempur ya... :)

      Hapus
  6. tni-ad PDL dasarnya kecokloat muda (seperti tanah), ditambah daunnya hijau muda. kalau PDL yang lama kan dasarnya hijau tua, untuk fariasinya coklatnya sangat tua shg kalau dipakai sangat nyolok. kalau yg dasarnya kecoklat muda ini seperti PDL australia, kalau bisa kita buat TNI AD punya ciri khas Indonesia. Bravo, patriot2 TNI abad 21

    BalasHapus
  7. Baju PDL Polisi Minta di Ganti JUga Dunk<< Hehe
    Ngarep BGt ni :(

    BalasHapus
  8. bravo TNI, jgn kalah sama LSM, msa sipil pake loreng! yg bener aja, loreng ko dipake sma odong-odong, kya separatis aja. dasar koplak....!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. seetttt jang kenceng2 ngomongnya nanti ada yg tersinggung.... xixixixi

      Hapus
  9. combat boot nya lupa di update :p

    BalasHapus
  10. Mantap mass fotonyaa! Tapi kelihatannya baru perwira2 tinggi yah yg dapet combat bot yg baru :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, sepertinya belum semua mengunakan combat boot tsb.

      Hapus
  11. Tempat pistol jangan ditempatkan di paha, akan menggangu gerakan pasukan bergerak cepat dan lebih baik ditempatkan semula di pinggul saja sedangkan paha bisa ditempatkan pisau. Keren semakin bagus TNI.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. mantab...maju terus Tentara Nasional Indonesia

    BalasHapus
  14. semoga taun depan TNI ganti PDL full armor kayak IRON MAN. teroris tinggal pithes aja, ditembakin paling geli doank, diBom tinggal cimit aja pake tangan kayak maen petasan, trus bikin pasukan luar negri makin ngeCes liatnya., hehe., sukses TNI, sukses indonesia.,

    BalasHapus
  15. Mas..saya pak Albertus hp.0811295698 dari. pabrik kain kaos PT.Altra Multi Sandang Solo. Saya ingin memproduksi kain kaos dgn motif/design doreng Tentara TNI. Persyaratan dan ijin apa saja yang harus saya punyai dan dimana mengurusnya? Mohon petunjuknya. Matursuwun.

    BalasHapus

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters