Cari Artikel di Blog Ini

Sabtu, 27 Juli 2013

Pasukan Tengkorak dan Kujang I Jalani Latihan Terjun Payung

BULAN puasa tidak dianggap sebagai kendala bagi ratusan prajurit Batalyon Infanteri Lintas Udara (Yonif Linud) 305/Tengkorak - Kostrad.

Pasukan tetap melaksanakan latihan terjun payung dengan daerah penerjunan (drop zone) di Desa Karang Anyar, Kecamatan Klari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, selama dua hari sejak kemarin dan hari ini, Jumat (26/7/2013).


Pasukan Tengkorak dan Kujang I Jalani Latihan Terjun Payung

“Justru hal ini merupakan kesempatan baik bagi prajurit untuk melatih dinamika di lapangan, karena situasi pertempuran dapat terjadi kapan saja,” tegas Komandan Yonif Linud 305/Tengkorak yang sekaligus bertindak sebagai Komandan Latihan, Mayor Inf Kristomei Sianturi, S.Sos, M.Si (Han).

AAU Terapkan Sistem Pendidikan Berbasis Internet

Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun ini akan menerapkan sistem pendidikan berbasis elektronik (e-learning), yaitu learning management system (LMS) saat proses kegiatan belajar mengajar (KBM) karbol.

foto : chirpstory.com

Gubernur AAU Marsekal Muda (Marsda) TNI Tabri Santoso mengatakan, penerapan LMS ini bukan tanpa alasan. Selain untuk mengikuti perkembangan teknologi, juga meningkatkan kualitas hasil didik, sekaligus mengenalkan teknologi, baik kepada para karbol maupun tenaga pendidikan.

“Pengusaan teknologi ini penting, sebab nantinya tugas-tugas mereka akan bersinggungan dengan teknologi, sehingga jangan sampai gagap teknologi,” kata Tabri Santoso usai upacara militer HUT AAU ke 48 di lapangan Dirgantara, AAU, Yogyakarta, Jumat (26/7/2013).

Mentri BUMN Ingin Garuda Beli Pesawat CN295 Buatan PT Dirgantara Indonesia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mendorong PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menggunakan pesawat terbang tipe CN 295. Pesawat yang dirakit dan diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (Persero) di Bandung, Jawa Barat ini menurut Dahlan bisa menjadi alternatif rencana pembelian pesawat baling-baling buatan prancis ATR 72-600.


"Siapa tahu beli CN295 bisa mendorong manfaat dalam negeri. Itu bagus karena bisa menghemat devisa," kata Dahlan di Kantornya, Jumat (26/7/2013).

Sebelumnya Dahlan mengaku Garuda Indonesia menunda rencana investasi atau belanja modal untuk pengadaan pesawat ATR senilai Rp 1,2 triliun di 2013. Direktur Keuangan Garuda Indonesia Hendrito Hardjono menjelaskan belanja modal untuk pengadaan dihilangkan namun diubah dari sewa pembiayaan menjadi sewa operasi.

Jumat, 26 Juli 2013

Simulasi Kekuatan TNI AL Vs TLDM (Malaysia)

Written by GUE | KJGR

Saya ingin main games menarik dan teman-teman boleh menambahkan atau mengurangi:
SIMULASI KEKUATAN ANGKATAN LAUT INDONESIA VS MALAYSIA TH 2014-2015 (Head to Head).
Kita coba main games: VERSI “GUE”



Kekuatan Pemukul (Striking Force) TNI AL VS TLDM:
1. 2 kapal selam kelas Cakra. VS 2 ks scorpene = seri
2. 6 Fregat kelas Ahmad Yani VS Fregat Kelas Lekiu 2 unit = TNI AL
3. 3 Fregat kelas Fatahillah VS td ada = TNI AL
4. 1 Fregat kelas Ki Hajar Dewantara VS tdk ada = TNI AL
5. 4 Korvet kelas SIGMA VS Korvet Kelas Kasturi 2 unit = TNI AL

KSAD Akan Tegas Pada Anak Buah yang Jadi Beking Barang Ilegal

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Moeldoko menyatakan akan bersikap tegas bila ada prajuritnya yang menjadi beking distribusi barang ilegal di perbatasan NKRI. Karena menurutnya, TNI AD merupakan bagian dari pengawasan dan pengamanan di perbatasan.

KSAD Akan Tegas Pada Anak Buah yang Jadi Beking Barang Ilegal

"Sikap saya pasti akan tegas dan akan kita sikat jadi ada indikasi prajurit saya yang membekingi distribusi barang ilegal di perbatasan," kata Moeldoko di Mabes AD, Jakarta, Rabu (24/7/2013).

Parlemen - Bentrokan Brimob-Sabhara Rusak Citra Polri

Ketua Komisi III DPR, Gede Pasek Suardika, menilai insiden yang terjadi antara Brimob dan Sabhara Polda Jateng sangatlah memalukan. DPR meminta diberikannya sanksi tegas kepada pihak yang telah memalukan institusi tersebut. "Memalukan. Polisi merusak citranya sendiri," kata Pasek ketika dihubungi, Kamis (25/7).

Parlemen - Bentrokan Brimob-Sabhara Rusak Citra Polri

Politisi Partai Demokrat itu mengungkapkan bahwa kejadian tersebut memperlihatkan atasan tidak disegani dan tidak memiliki wibawa di hadapan anak buahnya. "Apalagi urusannya karena masalah sepele," imbuh dia. Seorang komandan, menurut dia, harus memantau pergerakan anak buahnya. "Masa dibiarkan begitu saja merusak korps sendiri," tandas dia.

Bandara Polonia Jadi Markas Pesawat Intai TNI AU

Seluruh kesibukan penerbangan di Medan kini dialihkan dari Bandara Polonia ke Bandara Kuala Namu. Ke depan, lahan Bandara Polonia rencananya beralih fungsi menjadi pangkalan skuadron pesawat pengintai.

Bandara Polonia Jadi Markas Pesawat Intai TNI AU

Bocoran ini disampaikan langsung Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosek Hanudnas) III Medan, Marsekal Pertama TNI Sungkono di Bandara Kuala Namu, Kamis (25/7).

"Tidak akan ada perubahan fungsi, tetap menjadi pangkalan udara. Akan ada tambahan alutsista. Di sana akan ada skuadron pesawat intai," kata Sungkono kepada wartawan.

Sungkono juga memaparkan, mulai 25 Juli 2013 seluruh areal bekas Bandara Polonia Medan itu akan disebut Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo. Di sana rencananya akan ada tiga atau empat skuadron pesawat pengintai. "Lahannya kan cukup luas, bisa tiga atau empat skuadron," jelasnya.

Pindad Selesaikan Perakitan Panser Canon Tarantula Pesanan TNI-AD

Tanpa banyak gembar-gembor, PT. Pindad telah mengerjakan salah hajatan besar milik Kementrian Pertahanan, khususnya Kavaleri TNI-AD. Sejak awal juli, perusahaan senjata asal Bandung ini telah selesai merakit panser Tarantula yang didatangkan langsung dari Korea Selatan.

 
Total ada 22 unit panser Tarantula yang dibeli pemerintah Indonesia. 11 diantaranya didatangkan dalam bentuk terurai, untuk kemudian dirakit oleh PT.Pindad. Saat ARC berkunjung beberapa waktu lalu, memang bagian hull atau body panser terlihat terpisah dengan bagian turret. Tak perlu waktu lama, Pindad pun menyelesaikan tugas yang diamanatkan.

Kamis, 25 Juli 2013

Jelang Lebaran TNI AD Bantu Distribusi Barang di Perbatasan

Jelang Lebaran, stabilitas harga dan distribusi barang dinilai masih sangat rawan, terutama di daerah perbatasan. Untuk itu, TNI AD dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) menandatangani nota kesepahaman dalam upaya menjamin pengamanan perdagangan di daerah perbatasan.

TNI AD Bantu Distribusi Barang di Perbatasan

"Kebutuhan yang meningkat pada momen hari raya membuat stabilitas harga dan distribusi barang rawan diselewengkan. Kita harus cegah hal itu," kata Kepala Staf TNI AD (Kasad), Jenderal Moeldoko, seusai menandatangani nota kesepahaman, di Mabes TNI AD, Jakarta, Rabu (24/7).

Strategi Peperangan Udara "Dogfight"

Satria Dirgantara, Medan

Saya menduga yang Anda maksudkan adalah konsep OODA Loop, sebuah konsep pengambilan keputusan hasil analisis Kolonel John Boyd seorang penerbang tempur Angkatan Udara Amerika Serikat. Perjalanan terciptanya teori ini diawali pada saat ia menjadi penerbang F-86 Sabre dan harus mengembangkan taktik menghadapi pesawat MiG-15 Korea Utara dalam Perang Korea. 

Strategi Peperangan Udara "Dogfight"

Konsep yang dikenal dengan OODA Loop atau Lingkaran Observe-Orient-Decision-Action (Amati-Orientasi-Putuskan-Kerjakan). Hal ini mengacu pada keuntungan strategis seorang pengambil keputusan jika bisa menempatkan dirinya pada posisi lebih unggul dari lawannya. Dimulai dengan mendapatkan informasi terbaik melalui kemampuan mengamati situasi pertempuran dengan baik, selanjutnya bisa melakukan analisis terbaik serta kemudian mengambil keputuskan terbaik dan akhirnya bertindak sesuai keunggulan itu, dan proses ini berulang terus hingga lawan lumpuh atau kalah cepat dari kita.

AL Indonesia dan Singapura Latihan Peperangan Ranjau Laut

Indonesia sebagai negara kepulauan yang banyak berbatasan dengan negara tetangga, perlu menjalin kerjasama bilateral maupun multilateral khususnya dalam bidang militer agar keamanan kawasan tetap terjaga. Hal ini disebabkan wilayah perairan Indonesia memiliki potensi kerawanan terhadap berbagai bentuk dan jenis ancaman melalui laut. Salah satu ancaman yang paling berbahaya di laut adalah bahaya ranjau, terutama jika terjadi pada jalur-jalur strategis yang berhubungan dengan Alur Pelayaran Internasional.

AL Indonesia dan Singapura Latihan Peperangan Ranjau Laut


Salah satu kerja sama bilateral tersebut adalah latihan tentang bahaya ranjau yang digelar antara TNI AL dan Republic of Singapura Navy (RSN) pada tanggal 1 hingga 8 Juli 2013 di Changi Naval Base dan Perairan timur Pulau Bintan dengan sandi Joint Minex 16/2013. Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmatim yang mempunyai kemampuan dalam menyelenggarakan peperangan ranjau turut serta dan berperan aktif dalam Latma bilateral Joint Minex 16/2013 ini.

Isi Pesan BBM Pemicu Penyerangan Brimob ke Markas Sabhara

Kamis dini hari, Puluhan anggota Brimob terlibat bentrok dengan aparat Sabhara Polda Jawa Tengah. Aksi ini diduga karena telah terjadi kesalah pahaman yang menimbulkan penyerangan brimob ke markas Sabhara di Mijen, Semarang.

Isi Pesan BBM Pemico Penyerangan Brimob ke Markas Sabhara

Puluhan anggota Brimob mengamuk dan menghajar beberapa anggota Sabhara di sana. Penyebabnya sepele. Brimob marah karena ada blackberry messenger (BBM) dari seorang anggota Sabhara yang nadanya menghina.

"Ini cuma miskomunikasi sebenarnya. Berkaitan BBM ejekan menyatakan Brimob Srondol digertak mlayu (lari)," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Dwi Priyatno, Kamis (25/7).

Terdakwa Cebongan Sebut Dicky Cs Remehkan Kopassus

Pengadilan Militer II-11 Yogkarta kembali menggelar sidang kasus penyerangan Lapas Cebongan oleh 12 oknum anggota Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan, Kartosuro, Rabu 24 Juli 2013.

12 Kopassus terdakwa Cebongan dikalungi bunga oleh perempuan cantik
Agenda utama sidang ini adalah mendengar kesaksian dari Serda Ikhmawan Suprapto untuk berkas pertama dengan terdakwa Ucok Cs, dipimpin oleh Majelis Hakim Letkol CHK Joko Sasmito.

Kepada Oditur Militer Letkol Sus Budiharto, Serda Ikhmawan menyatakan perlakuan kelompok preman Marcel cs yang menganiaya Sertu Sriyono dan kelompok Dicky cs yang menghabisi Serka Heru Santoso di Hugo’s CafĂ© Yogyakarta sebagai pelecehan terhadap Kopassus.

Indonesia Butuh KAPOLRI Setegas dan Sejujur Jendral Hoegeng

Sembilan perwira tinggi polisi tengah diseleksi untuk menggantikan posisi Jenderal Timur Pradopo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia. Bursa calon Kapolri selalu menarik, begitu juga dengan alasan penggantian Kapolri. Tak cuma karena peremajaan, pensiun atau rotasi. Kadang kental juga dengan nuansa politik.

Indonesia Butuh KAPOLRI Setegas dan Sejujur Jendral Hoegeng

Ada kisah menarik saat Kapolri Jenderal Hoegeng diberhentikan Presiden Soeharto. Banyak pihak motif politik ada di belakang pencopotan ini.

Sejak mau dilantik sebagai Kapolri, Hoegeng memang sudah tak cocok dengan Soeharto. Tahun 1968, Hoegeng menghadap Soeharto. Saat itu Soeharto meminta agar polisi tak lagi bertugas di medan tempur. Dulu memang Brigade Mobil Polri terjun di berbagai pertempuran seperti TNI, mulai operasi Trikora di Papua, hingga Dwikora di Pedalaman Kalimantan.

3 Mantan Ajudan presiden Bersaing Dalam Bursa Calon Kapolri

Dari sebelas orang yang masuk ke dalam bursa calon Kapolri, tiga di antaranya adalah mantan ajudan presiden. Mereka adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Bayuseno, Kabareskrim Komjen Sutarman dan Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan.

3 Mantan Ajudan presiden Bersaing Dalam Bursa Calon Kapolri
gedung Mabes POLRI. merdeka.com/Imam Buhori

Menurut Indonesia Police Watch (IPW), ketiga orang ini akan menjadi calon terkuat. Putut merupakan mantan ajudan Presiden SBY, Sutarman mantan ajudan Presiden Abdurrahman Wahid, dan Budi adalah salah satu ajudan Megawati saat menjadi presiden.

Rabu, 24 Juli 2013

Perusahaan Komponen Pesawat Terbang AS Tambah Investasi di RI

Perusahaan komponen pesawat terbang asal Amerika Serikat, UTC Aerospace Systems ingin mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Rencananya, investasi kedua akan ditanamkan senilai US$ 40 juta, atau kurang lebih Rp 400 miliar.

Perusahaan Komponen Pesawat Terbang AS Tambah Investasi di RI


Dirjen Kerjasama Industri Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahajana mengatakan, saat ini UTC memiliki perusahaan joint venture dengan BUMN PT Pindad, dan memiliki pabrik pembuatan komponen pesawat seperti landing gear, aerostructure di Bandung. Dengan pertimbangan pasar yang terus berkembang di Indonesia, maka UTC menanamkan investasi yang kedua

"Dengan Bandung sudah dibentuk tahun 1997, sudah joint venture, dan dia ingin memperbesar, mau expand. Dia nanya insentif," kata Agus setelah menerima delegasi dari UTC di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Rabu (24/7/2013).

Komandan Sektor Timur Bangga Dengan Indobatt

KOMANDAN Sektor Timur Unifil Brigjen Lopez Del Pozo, mengatakan dirinya selalu memantau perkembangan wilayah Indobatt juga banyak mendengar tentang kegiatan Kontingen Garuda dalam mendekatkan diri dan mengambil hati masyarakat sekitarnya.

Komandan Sektor Timur Bangga Dengan Indobatt

“Apa yang sudah menjadi keberhasilan agar tetap terus dipertahankan dan selalu meningkatkan kewaspadaan serta berkordinasi terus dengan satuan atas," ujar Brigjen Lopez saat meninjau secara langsung pos-pos pengamanan yang tersebar dan berada di bawah Satgas Indobatt di Lebanon Selatan, Selasa (23/7/2013).

Di Pos Panorama Poin yang keberadaannya dibawah Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-G/Unifil, Letkol Inf Lucky Avianto didampingi Danki Alpha Lettu Inf M. Yahya Ginting menjelaskan kepada Brigjen Lopez tentang keberadaan pos yang berada di Panorama Poin, baik itu batasannya, kegiatan pengamanannya, sampai dengan kegiatannya dalam pendekatan dengan masyarakat sekitar.

Semester Pertama 2013 Kejahatan Maritim Asia Capai 57 Kasus

Pusat informasi Regional Cooperation Agreement on Combating Piracy and Armed Robbery Against Ships in Asia (ReCAAP) menyatakan, selama periode Januari-Juni 2013 terjadi 57 kejahatan maritim di perairan Asia.

Semester Pertama 2013 Kejahatan Maritim Asia Capai 57 Kasus

"Dari jumlah itu 54 merupakan kejadian aktual dan sisanya merupakan sebatas upaya kejahatan," ungkap Kepala Pusat Informasi Keamanan Maritim Indonesia (Pikmi) Moh Yasin dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (24/7/2013).

Ditambahkannya, figur tersebut jauh di bawah statistik kejahatan maritim pada periode yang sama tahun lalu, yakni 64 kejadian.

Lembaga tersebut adalah sebuah unit di bawah The National Maritime Institute/Namarin yang khusus  membidangi informasi aksi kejahatan terhadap kapal. Pikmi merupakan mitra ReCAAP di Indonesia.

RI - Rusia Bahas Kerjasama Penyediaan Material dan Renovasi Kapal Selam

Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, Selasa (23/7) menerima kunjungan  Duta Besar  Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y. Galuzin, di  Kementerian Pertahanan, Jakarta.

RI - Rusia Bahas Kerjasama Penyediaan Material dan Renovasi Kapal Selam
 
Adapun maksud kunjungan Dubes Rusia kepada Menhan ini adalah untuk membicarakan beberapa hal yang menyangkut kerjasama teknik militer antara kedua negara. Diantaranya adalah  kerjasama Angkatan Laut kedua negara dalam hal penyediaan material dan renovasi untuk Kapal Selam.

China dan Indonesia Sumber Utama Cyber Attack

China dan Indonesia memimpin daftar 177 negara yang disebut sebagai sumber serangan Internet, sebuah survei keamanan mengatakan pada Selasa.

Survei dari perusahaan keamanan AS Akamai, menemukan China tetap di puncak daftar dalam kuartal pertama 2013, tetapi pangsanya dari semua serangan turun menjadi 34 persen dari 41 persen pada kuartal keempat 2012, lapor AFP.


China dan Indonesia sumber utama serangan Internet

"Penurunan ini mungkin terkait dengan Indonesia yang mendadak muncul di slot tempat kedua," kata Bill Brenner dari Akamai, mencatat bahwa pangsa Indonesia dalam serangan cyber melonjak menjadi 21 persen dari hanya 0,7 persen pada kuartal sebelumnya.

Amerika Serikat merupakan sumber terbesar ketiga, tetapi pangsanya turun menjadi 8,3 persen dari sebelumnya 10 persen.

Polri Antisipasi Balas Dendam Jaringan Teroris Poso

Markas Besar Polri menginstruksikan seluruh jajarannya untuk mengantisipasi kemungkinan aksi balas dendam oleh jaringan teroris Poso, menyusul penembakan dua anggotanya di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Senin (22/7).

Polri Antisipasi Balas Dendam Jaringan Teroris Poso

"Ini merupakan instruksi langsung dari pusat (Mabes Polri), terutama untuk jajaran kepolisian di Jawa Timur. Bapak Kapolda (Irjen Pol Unggung Cahyono) juga telah memberi arahan peningkatan pengamanan di setiap mako (markas komando kepolisian)," kata Kapolres Tulungagung, AKBP Whisnu Hermawan Februanto, Selasa.

Whisnu mengisyaratkan, Mapolres Tulungagung menjadi salah satu titik yang rentan menjadi sasaran aksi balas dendam kelompok teroris.

Hal itu dikarenakan dua anggota mereka tewas tertembak polisi saat digelarnya operasi penggerebekan di sebuah warung kopi di Jalan Pahlawan, Kota Tulungagung, Senin (22/7) pagi.

Presiden "Indonesia Perlu Tentara Kuat dan Modern"

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa Indonesia membutuhkan kehadiran tentara yang kuat dan modern untuk bisa menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia. Untuk bisa membentuk tentara yang kuat, diperlukan alat utama sistem senjata (alutsista) yang modern.

Presiden "Indonesia Perlu Tentara Kuat dan Modern"

"Kedaulatan adalah harga mati. NKRI tidak bisa kita kompromikan. Maka, Indonesia perlu tentara kuat dan modern," kata Presiden Yudhoyono pada acara peresmian Monumen Perjuangan Mempertahankan NKRI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin (22/7).

Presiden Yudhoyono menuturkan selama lima tahun ini, Indonesia terus memodernisasi alutsista agar tentara menjadi lebih kuat dan modern dalam menjalankan tugas. Hal itu bisa dilakukan karena perekonomian yang baik sehingga Indonesia bisa mengalokasikan anggaran lebih untuk belanja alutsista.

Selasa, 23 Juli 2013

Light Fregat Nahkoda Ragam Class TNI AL dilengkapi Rudal Anti Pesawat VL Mica Prancis

Tiga Light Fregat Nahkoda Ragam class pesanan TNI AL akan dilengkapi dengan rudal pertahanan udara VL Mica dari Prancis, pemasangan rudal ini merupakan upaya peningkatan kemampuan pertahanan udara fregat ini, dimana sebelunnya mengandalkan rudal sea wolf untuk pertahanan udaranya.

Tiga Light Fregat Nakoda Ragam Class TNI AL
Tiga Light Fregat Nakoda Ragam Class TNI AL
 
Tiga Light Fregat ini merupakan pesanan TNI AL dari galangan kapal di Inggris dimana sebetulnya Fregat ini merupakan pesanan Angkatan Laut Kerajaan Brunei yang ditolak dengan alasan teknis. Banyak kalangan meragukan kapabilitas dan kemampuan kapal perang ini, namun dengan adanya upgrade ini diharapkan kemampuan fregat ini akan semakin meningkat.

Presiden Resmikan Monumen Perjuangan Mempertahankan NKRI

Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Wakil Presiden RI Boediono, Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, dan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., meresmikan Monumen Perjuangan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Senin (22/7/2013).  Pada kesempatan tersebut, Presiden RI juga melakukan peninjauan terhadap dinding relief yang terdapat pada monumen tersebut.

Presiden Resmikan Monumen Perjuangan Mempertahankan NKRI
 
Monumen Perjuangan Mempertahankan NKRI merupakan salah satu monumen dalam jajaran Pusat Sejarah TNI (Pusjarah TNI) yang menyajikan visualisasi berbagai kisah pengabdian TNI terutama di bidang militer kepada NKRI, selain itu juga sebagai patung berkelompok terbesar di Indonesia yang  masuk kedalam Rekor Muri.

Presiden Kukuhkan 44 Pengurus Legiun Veteran RI

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengukuhkan 44 orang Pengurus Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) masa bakti 2012-2017, di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, CIlangkap, Jakarta Timur, Senin.

Presiden Kukuhkan 44 Pengurus Legiun Veteran RI
foto : okezone.com

"Dengan ini saya kukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat LVRI dan Dewan Pertimbangan Pusat LVRI untuk masa bakti tahun 2012-2017," kata Presiden Yudhoyono saat mengukuhkan 44 pengurus LVRI itu.

Pengukuhan kepengurusan baru itu yang diketuai oleh Letjen (Purn) TNI Rais Abin itu berdasarkan Keputusan Presiden RI No 26/M Tahun 2013.

Memperkuat Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia

Pakar hukum laut, Hasjim Djalal, mengemukakan bahwa Indonesia harus memperkuat kehadirannya di sejumlah Zona Ekonomi Eksklusif, termasuk yang bersinggungan dengan Malaysia di Laut China Selatan.

Peta Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia
Peta Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia
 
"Hingga kini pembahasan mengenai Zona Ekonomi Eksklusif dengan Malaysia di beberapa titik, termasuk di Laut China Selatan, belum selesai," katanya, saat ditemui ANTARA News di Beijing, Sabtu.

Padahal, lanjut dia, hal tersebut penting karena itu terkait dengan hak Indonesia untuk mengelola sumber daya, termasuk perikanan di Zona Ekonomi Eksklusif.

"Dengan kondisi tersebut, sebelum ada kesepakatan antara Indonesia dengan Malaysia maka kehadiran secara nyata perlu dilakukan oleh Indonesia sesuai dengan batas yang telah ditetapkan berdasarkan UNCLOS 1982 tentang Zona Ekonomi Eksklusif," ujar Hasjim.

Senin, 22 Juli 2013

Densus 88 Tembak Mati 2 Orang Terduga Teroris

Dua terduga teroris ditembak mati oleh petugas Densus 88 anti teror dalam penyergapan di Tulungagung, Jawa Timur, Senin 22 Juli 2013. Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi Ronny Franky Sompie menuturkan kronologi penyergapan itu.


Sekitar pukul 08.45 WIB, empat empat orang yang sudah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) diketahui menunggu kendaraan umum di Jalan Pahlawan, Kecamatan Kedungwaru. Sejumlah petugas mendekat dalam usaha menangkap.

Namun, salah seorang yang belakangan diketahui bernama Dayah langsung mengeluarkan senjata. Sejurus kemudian terjadi kontak senjata yang mengakibatkan tersangka Dayah alias Kim dan Rizal tewas.

Dua Prajurit RSN Singapore Selesaikan Kursus Selam di Kobangdikal

Dua prajurit asal Rayal Sigapore Navy  (RSN) berhasil menyelesaikan Kursus Selam Dasar (Bacic Diving Course) di Sekolah Selam Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus), Komando Pendidikan Operasi Laut, Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal), Rabu (17/7).

Dua Prajurit RSN Singapore Selesaikan Kursus Selam di Kobangdikal

Dua prajurit laut  Negeri Singa tersebut adalah dua dari delapan peserta kursus  Bacic Diving Course yang dihelat selama satu bulan tersebut. Mereka adalah MSG Chen Wellong Melvin dan Tan Teck Loong, sementara enam orang lainnya berasal dari satuan-satuan TNI AL wilayah barat dan timur.

Pelaku Pelempar Bom Polsek Rajapolah Diduga Jaringan Teroris Abu Umar

Pelaku pelempar bom rakitan ke Polsek Rajapolah di Tasikmalaya, Jawa Barat, diduga masuk jaringan teroris paling dicari, yaitu kelompok Abu Umar. Jaringan ini terkait dengan kelompok teroris Poso pimpinan Santoso dan berinduk pada Darul Islam (DI).

Pelaku Pelempar Bom Polsek Rajapolah Diduga Jaringan Teroris Abu Umar
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/BD

"Indikasi tersebut terlihat dari daerah operasi Abu Umar yang meliputi wilayah Banten, Bandung, Banjarnegara, dan Tasikmalaya. Jadi patut diduga mereka itu masuk dalam kelompok pimpinan Abu Umar," kata pengamat terorisme, Al Chaidar, saat dihubungi Koran Jakarta, Minggu (21/7).

Menurut Al Chaidar, kelompok ini memang memunyai target untuk membinasakan anggota Polri sehingga setiap sasaran selalu diarahkan ke anggota Polri. "Bom rakitan kemarin itu memang sengaja untuk melukai anggota Polri, namun karena yang merakit masih amatir, bom hanya bersuara keras tetapi tidak melukai orang," kata Al Chaidar.

KRI Banda Aceh 593 Dukung Mudik Gratis Tahun 2013

KRI Banda Aceh 593, salah satu KRI di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) akan mendukung program mudik gratis tahun 2013. KRI Banda Aceh ini akan mengangkut pemudik sepeda motor secara cuma-cuma dengan tujuan Semarang.

KRI Banda Aceh 593 Dukung Mudik Gratis Tahun 2013

Program rutin tahunan ini merupakan program pemerintah melalui kerja sama Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dengan TNI Angkatan Laut. Tujuannya untuk membantu masyarakat terutama pemudik yang menggunakan sepeda motor agar dapat mudik lebaran dengan lebih aman dan nyaman.

Selain itu, angkutan mudik dengan menggunakan KRI diharapkan dapat mengurangi beban jalan raya darat di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional Gelar Latihan Pertahanan Udara

GUNA kelancaran latihan Pertahanan Udara (Hanud) Perkasa “A Tahun 2013”, Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas), Marsekal Muda TNI Hadiyan Sumintaatmadja, didampingi Pangkosekhanudnas I, Marsekal Pertama TNI Tri Budi Satriy, melakukan check and recheck kesiapan Kosekhanudnas I, khususnya Sector Operation Center (SOC), di Jakarta, Jumat (19/7).

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional Gelar Latihan Pertahanan Udara
ILustrasi

Pejabat Sementara Kepala Penerangan Kosekhanudnas I, Lettu Sus. Sendang Arum Mahardani, dalam siaran persnya, mengatakan, latihan Perkasa “A” akan dilaksanakan, 22-24 Juli 2013. Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional unsur-unsur pertahanan udara TNI sesuai dengan tataran sistem pertahanan udara nasional.

Pembuatan KRI Klewang Kedua Belum Jelas

Pembuatan Kapal Republik Indonesia Klewang kedua oleh PT Lundin Industry Invest hingga kini belum jelas kapan akan dimulai. Kapal pertama yang dibuat perusahaan itu terbakar habis tahun lalu.

Pembuatan KRI Klewang Kedua Belum Jelas
 
"Saya belum tahu kapan mulai dan selesainya," kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Banyuwangi, Letnan Kolonel (P) Edi Eka Susanto, Jumat, 19 Juli 2013.

Menurut Edi, PT Lundin baru saja menyerahkan perencanaan desain dan bahan baku KRI Klewang kedua kepada Kementerian Pertahanan. Klewang kedua, kata dia, akan dibuat dengan bahan berbeda yang lebih tahan api. "Kabarnya sudah disetujui," kata dia.

Pembuatan Klewang kedua ini, kata Edi, akan mendapatkan pengawasan langsung dari TNI AL. "Kita akan dampingi."

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters