Cari Artikel di Blog Ini

Rabu, 24 Juli 2013

China dan Indonesia Sumber Utama Cyber Attack

China dan Indonesia memimpin daftar 177 negara yang disebut sebagai sumber serangan Internet, sebuah survei keamanan mengatakan pada Selasa.

Survei dari perusahaan keamanan AS Akamai, menemukan China tetap di puncak daftar dalam kuartal pertama 2013, tetapi pangsanya dari semua serangan turun menjadi 34 persen dari 41 persen pada kuartal keempat 2012, lapor AFP.


China dan Indonesia sumber utama serangan Internet

"Penurunan ini mungkin terkait dengan Indonesia yang mendadak muncul di slot tempat kedua," kata Bill Brenner dari Akamai, mencatat bahwa pangsa Indonesia dalam serangan cyber melonjak menjadi 21 persen dari hanya 0,7 persen pada kuartal sebelumnya.

Amerika Serikat merupakan sumber terbesar ketiga, tetapi pangsanya turun menjadi 8,3 persen dari sebelumnya 10 persen.


Sumber terbesar serangan cyber berikutnya adalah Turki (4,5 persen), Rusia (2,7 persen), India (2,6 persen), Taiwan (2,5 persen), Brazil (2,2 persen), Rumania (2,0 persen) dan Hong Kong (1,6 persen).

"Kami menemukan bahwa hampir 68 persen berasal dari wilayah Asia Pasifik/Oseania, naik dari 56 persen pada kuartal keempat 2012, mungkin karena peningkatan besar terlihat di Indonesia," kata Brenner.

"Eropa menyumbang hanya di bawah 19 persen, sementara yang berasal dari Amerika Utara dan Selatan secara gabungan hanya 13 persen."

Akamai juga mencatat kenaikan empat persen dalam rata-rata kecepatan koneksi global -- menjadi 3,1 megabit per detik.

Korea Selatan memiliki rata-rata tertinggi pada kecepatan koneksi 14,2 Mbps dan masih merupakan negara dengan adopsi "high broadband" tingkat tertinggi, tumbuh menjadi 50 persen, kata laporan itu.

Laporan ini memperkirakan lebih dari 733 juta alamat Internet yang unik dari 243 negara atau wilayah terhubung ke platform Akamai, meningkat 3,1 persen dari kuartal sebelumnya dan 10 persen dari tahun ke tahun.

Karena alamat IP tunggal dapat mewakili beberapa individu dalam beberapa kasus, Akamai memperkirakan jumlah pengguna Web unik yang terhubung ke platform selama kuartal tersebut menjadi lebih dari satu miliar.


Timbulkan Kerugian 1 triliun dolar Pertahun

Pada 2009, McAfee merilis sebuah laporan yang mengatakan pencurian data dan pelanggaran akibat kejahatan siber telah menimbulkan biaya bisnis sebanyaknya 1 triliun dolar secara global akibat hilangnya kekayaan intelektual dan pengeluaran untuk memperbaiki kerusakan.

Sementara angka global dalam laporan terbarunya, McAfee tetap menyatakan kerugian 1 triliun dolar, tapi menyertakan angka 300 miliar dolar sebagai batasan terendah perkiraan kerugian.

Sebuah studi yang dirilis Team Cymru pada Februari lalu mengatakan, peretas telah mencuri sebanyaknya satu terabyte data per hari dari pemerintah,
militer, bisnis, dan fasilitas-fasilitas akademik. (Antara)

1 komentar:

  1. Kena apa AS menelisik kegiatan Indone-Cina, oleh karena Indonesia akrab dg cina baik militer maupun perdagangannya sdh mulai membaik dan perlu diwaspadai oleh AS csnya krn kawasan ASEAN mrpk pengaruhnya dagang AS takut akan lepas dr AS Csnya.

    BalasHapus

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters