Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 24 Mei 2013

ITB Membuka S2 "Cyber Scurity"

Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka program S2 yang berkonsentrasi di bidang cyber scurity. Program ini dibuka untuk menjawab kebutuhan keamanan di dunia digital atau teknologi komunikasi dan informasi ((Information and Communication Technology/ICT), di tengah makin gencarnya serangan hacker pada situs-situs pemerintah, swasta maupun personal.

ITB Membuka S2 "Cyber Scurity"
foto : penulisjalanan.wordpress.com

Untuk angkatan pertama, program S2 di bawah naungan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB ini akan dimulai September 2013. Namun untuk angkatan pertama, S2 ini belum dibuka untuk umum, tetapi khusus bagi alumni STEI yang mengikuti program fast track di prodi yang punya background informatika. Tetapi ke depan, program pertama di Indonesia ini akan dibuka untuk umum, termasuk untuk mewadahi para hacker.

"Ke depan program S2 ini akan terbuka untuk umum, hanya untuk yang pertama ini khusus untuk alumni kemudian dari instansi yang mendesak," jelas Wakil Rektor ITB bidang Riset dan Inovasi, Prof Dr Wawan Gunawan Abdul Kadir, di Bandung, Kamis (23/5).

Pesan Panglima TNI kepada KSAD baru

Sejumlah pekerjaan rumah harus diselesaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Moeldoko, yang baru saja menggantikan Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, salah satunya melakukan perbaikan profesionalisme bagi prajurit TNI AD.

Pesan Panglima TNI kepada KSAD baru

"Berbekal integritas dan pengalaman, saya dan segenap prajurit sangat yakin bahwa TNI AD dimasa mendatang akan semakin solid dan profesional, modern, dan tangguh, serta dicintai dan mencintai rakyat," kata Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono saat memimpin serah terima jabatan KSAD dari Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo kepada Letnan Jenderal (Letjen) Moeldoko, di Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta, Kamis (23/5/2013).

Korea Selatan Segera Kirim Panser Tarantula Pesanan TNI AD

Doosan DST Korea Selatan akhirnya menyelesaikan produksi Panser Tarantula berbobot 18 ton yang dilengkapi canon 90 mm serta senjata mesin 7,62mm/ 12,7mm. Panser Tarantula (Korsel: Black Fox) merupakan kendaraan tempur beroda 6 yang dioperasikan tiga orang (sopir, kkomandan, petembak) yang melaju dengan kecepatan maksimal 100 km/jam serta 8 km/jam di dalam air.

Korea Selatan Segera Kirim Panser Tarantula Pesanan TNI AD

Menurut Doosan DST, Panser Tarantula telah disesuaikan dengan kondisi alam Indonesia, sehingga dibuat lebih ringan dan memiliki kemampuan amphibi. Dengan senjata meriam 90mm dan senapan mesin, Tarantula didisain untuk bisa menyerang lawan yang memiliki kemampuan penuh ataupun bertempur dengan tank musuh. Panser ini juga memiliki kemampuan operasi gerilya: search and destroy.

Tahun 2009, TNI AD memesan Panser Canon Tarantula ke Doosan DST Korea Selatan. Panser 6×6 ini memasuki tes operasional, uji menembak dan uji manuver lapangan sejak November 2011. Setelah lulus inspeksi, panser mulai diproduksi Korea Selatan pada awal tahun 2012. Tanggal 5 Mei 2013, Doosan DST mengumumkan telah menyelesaikan produksinya untuk dikirim ke Indonesia.

Moeldoko Akan Benahi Sistem Pendidikan di TNI AD

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi melantik Letjen TNI Moeldoko sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), di Istana Negara, Rabu. Ia diangkat menjadi Kasad berdasarkan Keputusan Presiden RI No 24/TNI/2013 mengganggtikan Jenderal Pramono Edhie Wibowo yang masuk pensiun.

Moeldoko Akan Benahi Sistem Pendidikan di TNI AD
Foto : okezone poto

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan dihadiri Ibu Negara Ny. Ani Yudhoyono, hadir pula Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati, ketiga Menteri koordinator, Mensesneg Sudi Silalhi, dan yang lainnya.

Dalam keterangan pers Senin lalu, SBY memberi pesan kepada Letjen TNI Moeldoko agar membangun prajurit TNI-AD yang profesional, capable, senantiasa mengemban tugas negara, dan dekat dengan rakyat.

Waspada.... Papua dan Aceh Menjadi Intaian Intelijen Asing

Pendaratan darurat pesawat militer milik Amerika Serikat (AS) di Aceh beberapa waktu lalu, menyedot perhatian sejumlah kalangan. Tak pelak, kejadian ini kemudian menimbulkan kecurigaan tentang adanya upaya intelijen asing yang berusaha masuk ke Indonesia.

Waspada.... Papua dan Aceh Menjadi Intaian Intelijen Asing


"Kegiatan (intelijen asing) ini patut diwaspadai semua pihak," kata Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan, Mayjen Hartind Asrin, kepada Republika, Kamis (23/5).

Ia mengungkapkan, sejak kejadian tersebut, pemerintah semakin meningkatkan kualitas pengawalan di daerah-daerah perbatasan. Termasuk berbagai pintu masuk, seperti bandar udara dan pelabuhan.

Para aparat yang bertugas di tempat-tempat tersebut pun diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Mendagri: Bendera Aceh masih terus dinegosiasikan

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan terus melakukan lobi-lobi dan negosiasi agar lambang bendera Provinsi Aceh dapat diubah sehingga tidak mirip dengan bendera GAM.

Mendagri: Bendera Aceh masih terus dinegosiasikan
 
"Itu yang masih dalam negosiasi terus," katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, sejuah ini, pembicaraan antara kedua belah pihak (pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Aceh) masih terus berlangsung, di antaranya pertemuan di Bogor.

"Tadi pertemuan di Bogor. saya belum dapat laporan," katanya.

Mendagri menambahkan, malam ini, dirinya juga akan bertemu dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah.

Kamis, 23 Mei 2013

RI Gencar Promosikan Produk Industri Pertahanan Ke Berbagai Negera

Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin bersama Dirut PT Dirgantara Indonesia akan melakukan safari promosi industri pertahanan ke sejumlah negara. Rencananya, selama 10 hari mulai 22 - 31 Mei 2013 mereka akan mengunjungi Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Thailand dan Malaysia.

RI Gencar Promosikan Produk Industri Pertahanan
 
"Ini merupakan salah satu bentuk komunikasi strategis dalam rangka mempererat kerjasama bilateral di bidang pertahanan negara," ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan, Brigjen TNI Sisriadi, Rabu, 22 Mei 2013.

Sisriadi mengatakan Wamenhan akan didampingi oleh Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Budi Santoso. Dirut PT DI secara langsung akan mempromosikan produk–produk PT DI kepada mitra potensialnya.

Sejarah Integrasi Papua ke NKRI perlu Disepakati

SIMPANG Siur soal sejarah integrasi Papua ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang selama ini ditetapkan pada 1 Mei 1963 perlu segera diluruskan dan didiskusikan secara terbuka antara pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Papua. Hal itu dikatakan Dosen pascasarjana sosiologi dari Universitas Cenderawasih (Uncen), Mambraku Nomensen, di Jayapura, Papua, Sabtu.

Sejarah Integrasi Papua ke NKRI perlu Disepakati

Menurutnya, hal itu perlu segera diluruskan, pasalnya, hingga saat ini, masih ada kelompok di Papua dan Papua Barat yang mempertanyakan sejarah integrasi pada 1 Mei 1963 lewat berbagai cara baik itu lewat aksi demo, dengan cara membuat pernyataan di media ataupun yang paling ekstrim adalah mengibarkan bendera "Bintang Kejora".

"Tiap 1 Mei pasti ada saja kegiatan yang dilakukan di Papua terutama dari masyarakat Papua. Yang mana mereka inginkan ruang demokrasi untuk mengekspresikan pendapat mereka," katanya.

Panglima TNI Pimpin Sertijab KSAD Pagi Ini

Laksamana TNI Agus Suhartono bertindak sebagai inspektur upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Kamis (23/5).

Panglima TNI Pimpin Sertijab KSAD Pagi Ini

Dalam upacara yang berlangsung pukul 09.00 WIB, Komandan Brigade Infanteri-2 (Danbrigif-2) Kostrad, Kolonel Inf. Kunto Arief Wibowo bertindak sebagai Komandan Upacara Sertijab KSAD dari Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo kepada Letnan Jenderal TNI Moeldoko.

5 Aksi TNI AU usir pesawat asing di Wilayah Udara NKRI

Swa Bhuwana Paksa, atau sayap yang melindungi udara tanah air. Itulah semboyan TNI Angkatan Udara. Kini mereka kembali menunjukkan taringnya pada pesawat asing yang melanggar kedaulatan udara RI.


Senin (20/5) siang, giliran pesawat militer AS yang kena gertak. Pesawat Dornier seri 328 dari Maldives Srilanka menuju Singapura telah terlacak di radar di Lhokseumawe.

TNI AU memerintahkan pesawat itu mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda. Mereka dilarang terbang sebelum memiliki izin melintasi wilayah udara Indonesia.

Rabu, 22 Mei 2013

Letnan Jenderal TNI Moeldoko dilantik

Presiden Susilo Yudhoyono melantik secara resmi Kepala Staf baru TNI AD, Letnan Jenderal TNI Moeldoko, menggantikan Jenderal TNI Pramono Wibowo, di Istana Negara, Rabu sore.

Letnan Jenderal TNI Moeldoko dilantik

Moeldoko diambil sumpahnya oleh Yudhoyono sekitar pukul 15.40 WIB. Ia diangkat berdasarkan Keputusan Presiden RI No 24/TNI/2013.

Keputusan tersebut menetapkan, memberhentikan secara hormat Wibowo sebagai kepala staf TNI AD dan mengangkat Moeldoko sebagai penggantinya.

Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono, hadir pada upacara di Istana Negara itu. Pula hampir semua anggota Kabinet Indonesia Bersatu II hadir di antaranya Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, dan Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro.

Indonesia miliki cadangan uranium 70.000 Ton

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memperkirakan terdapat cadangan 70 ribu ton Uranium dan 117 ribu ton Thorium yang tersebar di sejumlah lokasi di Indonesia, yang bisa bermanfaat sebagai energi alternatif di masa depan.


Indonesia miliki cadangan uranium 70.000 Ton

"Untuk Uranium potensinya dari berbagai kategori, ada yang dengan kategori terukur, tereka, teridentifikasi dan kategori hipotesis, sedangkan Thorium baru kategori hipotesis belum sampai terukur," kata Direktur Pusat Pengembangan Geologi Nuklir Batan Agus Sumaryanto di sela peluncuran Peta Radiasi dan Radioaktivitas Lingkungan di Jakarta, senin.

Sebagian besar cadangan Uranium kebanyakan berada di Kalimantan Barat, sebagian lagi ada di Papua, Bangka Belitung dan Sulawesi Barat, sedangkan Thorium kebanyakan di Babel dan sebagian di Kalbar.

Presiden SBY Tak Pernah Persilakan Papua Untuk Merdeka

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diyakini tak pernah mengeluarkan pernyataan bila Papua ingin merdeka namun bukan pada saat dirinya masih menjadi Presiden RI.

Presiden SBY Tak Pernah Persilakan Papua Untuk Merdeka
 
Demikian ditegaskan oleh anggota Komisi I DPR RI, Yorris Raweyai di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa menanggapi pernyataan anggota Kaukus Papua, Herman Dogopio.

"Saya yakini presiden tak sampaikan itu," kata Yorris.

Politisi asal Papua itu menambahkan hal yang disampaikan oleh Herman di salah satu media online tak lain bentuk pernyataan provokatif.

"Isu yang diangkat oleh Herman sangat menyesatkan. Pernyataan itu terkesan provokatif, apalagi akan ada 50 tahun Papua berintegrasi ke dalam NKRI, ada kasus pembukaan kantor OPM di Oxford Inggris," kata dia.

Menunggu Hasil Investigasi Terbakarnya KRI Klewang

Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin menegaskan bahwa   Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Laut masih menunggu selesainya produksi kapal cepat rudal pengganti KRI Klewang yang terbakar pada September 2012 lalu. Produsen KRI Klewang, PT Lundin Industry Invest, kabarnya sedang memproses pembuatan kapal berkemampuan antiradar yang kedua.

Menunggu Hasil Investigasi Terbakarnya KRI Klewang

"Kapal itu belum diserahkan ke TNI, jadi itu tanggungjawab produsen (mengganti)," kata Sjafrie saat ditemui di kantornya, Selasa, 21 Mei 2013.

Selain itu Kementerian dan TNI AL masih menunggu hasil investigasi soal penyebab terbakarnya kapal. Ada spekulasi kebakaran dipicu terjadi kesalahan rancang bangun. Meski begitu, menurut Sjafrie, ada informasi kalau KRI Klewang terbakar karena hubungan arus pendek.

5.000 personel diterjunkan dalam latihan TNI AL-US Pacom

Latihan bersama TNI AL dan Angkatan Laut Amerika Serikat bertajuk Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2013 pada 21-28 Mei 2013 melibatkan 5.000 personel.

 5.000 personel diterjunkan dalam latihan TNI AL-US Pacom
Latihan Formasi pada CARAT 2013

"Kami mengerahkan empat kapal perang, helikopter. Sementara Amerika Serikat mengerahkan tiga kapal perangnya, sehingga diharapkan ada teknik-teknik baru dalam mengatasi teror di laut," kata Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, di Jakarta, Selasa.

CARAT 2013 dibuka secara resmi dalam satu upacara di Markas Komando Armada Indonesia Kawasan Barat TNI AL. Segenap pimpinan TNI AL hadir, sementara Amerika Serikat diwakili Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Kristen F Bauer.

Menhan - Anggaran Untuk Penyiapan Komcad Relatif Murah

Menhan RI mengatakan penyediaan anggaran untuk mendukung penyiapan Komponen cadangan relatif murah dan alokasi anggarannya tidak mengambil dari struktur anggaran baru.

Demikian dikatakan Menhan, Purnomo Yusgiantoro pada forum Rapat Dengar Pendapat dengan anggota komisi I DPR RI untuk membahas RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara (KCPN), Senin (20/5) di Gedung DPR, Senayan jakarta.


Menhan - Anggaran Untuk Penyiapan Komcad Relatif Murah

Lebih lanjut Menhan menjelaskan alokasi anggaran yang disediakan untuk proyek pembangunan Komponen cadangan berasal dari kebijakan pemerintah masa KIB ke 2 untuk menerapkan Zero Grwoth Policy kepada Kemhan dan TNI.

Leopard Pesanan Sudah Disesuaikan dengan Kondisi Tropis

Tank Leopard yang dibeli oleh pemerintah Indonesia dari Jerman, disebut sudah mengalami penyesuaian agar main battle tank tersebut cocok digunakan untuk negara tropis. Selain itu, menurut Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro, Indonesia cukup beruntung, karena dengan anggaran untuk 44 tank baru, akhirnya memperoleh hingga 150 tank, dengan 100 main battle tank dan sisanya tank medium Marder.

Leopard Pesanan Sudah Disesuaikan dengan Kondisi Tropis

"Kalau 44 itu brand new, tapi (yang sekarang) bekas. Tapi sudah dimodifikasi. Mereka itu terpakai untuk daerah tropis, karena itu namanya Leopard RI karena sudah di-adjusted yang bisa dipakai di daerah tropis," kata Purnomo, di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5).

Amerika Serikat akui pesawatnya langgar wilayah udara Indonesia

Amerika Serikat mengakui pesawat militernya jenis Dornier Do-328 melanggar wilayah udara Indonesia. Pesawat terbang militer Amerika Serikat itu terbang dari Maladewa menuju Singapura namun terpaksa mendarat darurat di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, kemarin petang (21/5). 

Pesawat terbang Dornier Do-328 110 buatan Fairchild Aircraft, Amerika Serikat. Tipe seperti inilah yang dimiiki militer Amerika Serikat dan mendarat tanpa memiliki security clearance di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Senin lalu. (wikipedia.org)
Pesawat terbang Dornier Do-328 110 buatan Fairchild Aircraft, Amerika Serikat. Tipe seperti inilah yang dimiiki militer Amerika Serikat dan mendarat tanpa memiliki security clearance di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Senin lalu. (wikipedia.org)

Alasan yang dikemukakan pilot, pesawat terbang turboprop bernomor registrasi 13075 itu kehabisan bahan bakar.

"Kesalahan mendaratnya pesawat itu ada di pihak kami," kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel, saat mendampingi Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Wendy Sherman, saat bertemu sejumlah mahasiswa di Pusat Kebudayaan Amerika di Jakarta, Selasa.

Senapan Pindad dan 5 Prestasi Personil TNI AD Dalam Lomba Tembak AASAM

Beberapa tahun belakangan hingga sekarang, nama militer Indonesia menjadi harum atas prestasi yang dilakukan TNI AD dalam mengikuti lomba tembak. Lomba tembak yang rutin diikuti oleh TNI AD adalah Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM).

Senapan Pindad dan 5 Prestasi Personil TNI AD Dalam Lomba Tembak AASAM
Personal TNI AD dalam AASAM 2012
Lomba tembak ini diselenggarakan oleh Angkatan Darat Australia hampir setiap tahunnya, dengan mengundang beberapa negara se-Asia Pasifik. Dalam beberapa kompetisi tersebut, diketahui TNI AD selalu menggunakan senapan buatan negeri.

Senapan tersebut adalah pabrikan dari PT Pindad Indonesia. Senjata pabrikan Bandung ini hingga sekarang masih memproduksi senapan-senapan yang digunakan oleh TNI AD. Dari prestasi tersebut, TNI AD sempat menuai pujian dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Senin, 20 Mei 2013

Calon Kuat Pengganti Kapolri & Panglima TNI

Di kalangan Sekretariat Gabungan (Setgab) muncul dua nama yang diplot menduduki kursi Kapolri dan Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat), kedua nama tersebut sempat dibahas dalam sebuah rapat Setgab beberapa waktu lalu. "Sutarman yang menjabat sebagai Kabareskrim, kemungkinan besar diajukan sebagai Kapolri, menggantikan Pak Timur. Sedangkan Wakasad Moeldoko kemungkinan besar diusulkan menjadi Kasad," .


Menurut sumber itu, usulan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menunjuk Kabareskrim Sutarman untuk posisi Kapolri belum tentu berjalan mulus. Sebab, prosesnya harus lulus tes uji kelayakan (fit and propert test) yang digelar Komisi III DPR. Sedangkan untuk posisi Kasad sepenuhnya di tangan presiden.

Senegal Minati Produk Industri Pertahanan RI

Pemerintah Senegal berminat membeli dua pesawat CN-235 versi 220 produksi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk memenuhi kebutuhan VIP dan transportasi udara.

Senegal Minati Produk Industri Pertahanan RI

"Hal itu ditegaskan Menteri Angkatan Bersenjata Senegal Augustine Tine saat bertemu delegasi Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) antara DPR RI dan Parlemen Senegal di Kantor Kementerian Angkatan Bersenjata Senegal," kata Pimpinan Delegasi DPR Tantowi Yahya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu malam.

Pemerintah Senegal juga ingin memulai kerja sama di bidang pertahanan melalui pelatihan bagi perwira militer dan polisi, selain juga upaya penguatan kerja sama di bidang politik terkait pemilu dan peran parlemen.

Pasukan Khas AU Kompi E Akan Jadi Detasemen Paskhas

Markas Komando Kompi E BS Komando Pasukan Khas Angkatan Udara (Kopaskhasau) Yogyakarta, akan dikembangkan menjadi sebuah Detasemen Paskhas. Hal itu ditempuh sesuai dengan pengembangan dan kebutuhan organisasi.

Pasukan Khas AU Kompi E Akan Jadi Detasemen Paskhas

Komandan Wing II Paskhas Letkol Psk Budi Sumarsono ketika memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Kompi E Paskhasau di Mako Kompi E, Paskhas, Sabtu (18/05/2013) pagi menjelaskan, pengembangan itu akan diikuti pula dengan penambahan personil yang dilakukan secara bertahap.

Termasuk diantaranya penambahan alutsista ditandai dengan kehadiran rudal Arlicon buatan Swiss. Rudal ini, nantinya akan ditempatkan di Mako tersebut. Menurut dia, pihaknya memang tengah menata kembali organisasi yang sesuai dengan keadaan zaman.

Radar Maritim Terintegrasi Memonitor Ujung Timur Kalimantan

ALUR Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) merupakan kawasan strategis dan padat lalu lintas kapal. Mulai kapal yang keluar masuk melalui Selat Malaka (ALKI I), Selat Makassar (ALKI II), hingga perairan Papua (diproyeksikan sebagai ALKI III).

 
Untuk kepentingan strategis tersebut, Kementerian Pertahanan RI bersama TNI AL menempatkan piranti khusus di berbagai titik pantau strategis. Salah satunya di Tanjung Mangkalihat, bagian paling timur dari Pulau Kalimantan.

Piranti tersebut dinamakan Integrated Maritime Surveillance System (IMSS).
IMSS merupakan suatu sistem pengawasan maritim yang terintegrasi antara Coastal Surveillance Station (CSS) atau stasiun pengawas di darat dengan sentra pengawasan lainnya.

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters