Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 23 Juli 2013

Light Fregat Nahkoda Ragam Class TNI AL dilengkapi Rudal Anti Pesawat VL Mica Prancis

Tiga Light Fregat Nahkoda Ragam class pesanan TNI AL akan dilengkapi dengan rudal pertahanan udara VL Mica dari Prancis, pemasangan rudal ini merupakan upaya peningkatan kemampuan pertahanan udara fregat ini, dimana sebelunnya mengandalkan rudal sea wolf untuk pertahanan udaranya.

Tiga Light Fregat Nakoda Ragam Class TNI AL
Tiga Light Fregat Nakoda Ragam Class TNI AL
 
Tiga Light Fregat ini merupakan pesanan TNI AL dari galangan kapal di Inggris dimana sebetulnya Fregat ini merupakan pesanan Angkatan Laut Kerajaan Brunei yang ditolak dengan alasan teknis. Banyak kalangan meragukan kapabilitas dan kemampuan kapal perang ini, namun dengan adanya upgrade ini diharapkan kemampuan fregat ini akan semakin meningkat.


Berdasarkan berita yang dilansir ARC. VL Mica sendiri merupakan rudal anti pesawat buatan MBDA Prancis. Rudal ini sanggup membidik sasaran hingga sejauh 20 km dan ketinggian hingga 30 ribu kaki. Dengan kemampuan rudal fire and forget serta bobot hulu ledak mencapai 12 kilogram, menjadikan VL Mica sebuah lompatan besar dalam pertahanan udara armada TNI-AL. Maklum saja, sejauh ini TNI-AL hanya mengandalkan rudal pertahanan udara sekelas Mistral dan Strella. Diharapkan, sebelum tahun 2014, Fregat ini bisa bergabung dengan Armada TNI-AL.




Selain pembelian VL Mica, TNI AL juga tengah berupaya dalam proses pengadaan meriam multilaras (CIWS) serta rudal C-705 lengkap dengan FCS-nya. Kemungkinan besar pengadaan ini untuk melengkapi kapal perang nasional jenis KCR-40. (ARC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters