Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 06 Desember 2013

KSAL : "Saat ini TNI AL memiliki tujuh unit kapal selam" ..???

Tentara Nasional Indonesia (TNI) berencana menambah armada kapal selam untuk mendukung pertahanan laut. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Slamet Soebijanto mengatakan, penambahan kapal selam itu sangat dibutuhkan mengingat dua pertiga wilayah Indonesia merupakan lautan.

KSAL : Saat ini TNI AL memiliki tujuh unit kapal selam..???
Kapal selam INS Chakra buatan Rusia  | Foto : altileri.blogspot.com

Sementara alat sistem utama pertahanan (alutsista) untuk mendukung operasi laut masih jauh dari batas ideal minimum pertahanan. Untuk mendukung pertahanan laut, minimal Indonesia harus memiliki 12 kapal selam.

"Jumlah ini sesuai dengan poin yang ada di wilayah laut Indonesia," kata Slamet di Jakarta, Jumat 6 Desember 2013.


Saat ini TNI AL memiliki tujuh unit kapal selam. Dua kapal selam jenis U-209/1400 dari Jerman. Dua jenis kapal selam jenis Scorten buatan Prancis dan tiga kapal selam jenis U-209 dari Korea Selatan.

"Kita akan menambah kekurangan kapal selam buatan Rusia jenis Kilo Class (B/M), dua kapal selam Kilo (S/H) dan dua Amur Class 950 (B/M). Keduanya dilengkapi senjata seperti seperti peluru kendali, torpedo, antiranjau, anti peluru kendali dan rudal Yakhont," ujarnya.

Slamet menilai, kapal selam buatan negeri beruang merah ini cocok untuk beroperasi di wilayah perairan dalam Indonesia. "Kedalaman laut kita itu 150 meter lebih. Ini cocok buat kapal selam yang akan kita beli dari Rusia," ujarnya.

Ia mengakui pembelian kembali kapal selam dari Rusia membuka memori lama sejarah kekuatan kapal selam Indonesia. Di mana pada era 80-an kekuatan kapal selam di dominasi buatan Rusia. "Sekarang kita punya kekuatan kombinasi dengan kekuatan kapal buatan Jerman, Korea Selatan, Prancis dan Rusia," kata Slamet.

Kapal selam ini kedepan menjadi andalan pertahanan terutama di seluruh wilayah perbatasan. "Kapal selam ini sangat efektif untuk pertempuran, terutama yang akan kita beli dari Rusia. Daya hancurnya satu banding 10 dengan kapal yang beroperasi di permukaan laut," katanya.

Untuk merealisasikan pembelian ini TNI AL sedang menyiapkan tim untuk mengecek dan menguji coba kapal selam yang ditawarkan Rusia. (VivaNews)

23 komentar:

  1. terkuak sudah misteri jumlah kapal selam indonesia....yang selama ini di publikasikan cuma 2 unit,ternyata punya 7 unit....tmbah terus KS nya...

    BalasHapus
  2. Mantap Coy tambah trus usahakan belinya harus dengan rusia

    BalasHapus
  3. Scorpene....??? Neh kasel ga pernah terdengar kabar beritanya ttp tb2 langsung nongol dlm pemberitaan, ttp Scorpene ini tiba2 sdh masuk dinas aktif di TNI AL . Thn berapa masuknya Scorpene ini Gan...?? (Mhn pencerahan)

    BalasHapus
  4. lalu bagaimana dengan tawaran 10 KS Kilo dari Rusia? Apa kita akan membeli baru atau yang bekas sih??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kita berdo'a semoga menhan beli baru

      Hapus
  5. Saat ini TNI AL memiliki tujuh unit kapal selam. Dua kapal selam jenis U-209/1400 dari Jerman. Dua jenis kapal selam jenis Scorten buatan Prancis dan tiga kapal selam jenis U-209 dari Korea Selatan

    iya ya,scorpene nya kapan dtg nya?
    kok tiba" nongol...
    lha nomor lambungnya brp nih?

    BalasHapus
  6. Aduh harusny pada di mengerti jarang negara menpublikasikan senjata strategisnya. Amerika.rusia china inggris gak ada yg mengetahui persis jumlh kapal selamnya.. Paling yg di publikasikan yg uda tua2,

    BalasHapus
  7. Scorpene adalah hasil tawaran Perancis tahun 2011..

    Yang disebut oleh KSAL itu, Scorpene buatan Prancis dan tiga kapal selam Changbogo dari Korea Selatan, semuanya dalam masa pembuatan.. Atau dengan kata lain, fisiknya belum ada. Khusus untuk Scorpene, Kapal Selam itu telah dipesan oleh RI 2 tahun yang lalu, namun dirahasiakan. Hal ini agar tidak "mengagetkan" tetangga yang pada saat itu sedang gencar menambah Kapal Selam..
    Kapal Selam adalah alutsista paling strategis di wilayah Laut. Banyak negara yang merahasiakan informasi tentang Kapal Selamnya (termasuk Indonesia). Entah apa maksud Om KSAL yang membuka itu, padahal seharusnya beliau merahasiakannya (kecuali dapat restu Pakde Beye). Atau mungkin aja informasi ini dianggap tidak RAHASIA lagi setelah Ausi berhasil menyadap Indonesia. Dan ingat,, salah satu point penting hasil sadapan Ausi terhadap indonesia adalah mengenai informasi Kapal Selam..

    BalasHapus
  8. Dan jangan kaget klo sebetulnya Indonesia udah pesan 2 Kapal selam kelas Kilo dari Rusia ya.. hehe

    BalasHapus
  9. KSAL sekarang bukan Bpk. Slamet Soebijanto.... ini berita ga valid

    BalasHapus
  10. berarti 2 KS kilonya udah dalam bentuk fisik dong?
    keren

    BalasHapus
  11. mungkin 2 KS yg dibilang Kilo BNV itu sebenarnya scorphene, ato emang benar ada 2 kilo BNV tp disamarin jd scorphene?

    BalasHapus
  12. Indonesia kalau memiliki 33 KS itu baru hebat, satu provinsi satu kapal selam, JALESVEVA JAYAMAHE

    BalasHapus
    Balasan
    1. YG PALING PAS INDONESIA HARUS PUNYA 66 KAPAL SELAM SATU PROPINSI DUA KS, ITU BARU PAS

      Hapus
  13. 2 skadron minimal... 1 skadron = 18 unit... 1 skad di wilayah arbar... 1 skad di wilayah artim...

    BalasHapus
  14. kata siapa Indonesia punya 7 ekor KS ?
    20 ekor yow. karena sifatnya sangat rahasia jadi tidak akan di publikasikan

    BalasHapus
  15. Jgn kau bongkar ad berapa kpl selam..... itu Rahasia TNI AL. klo di bongkar nanti tetangga sebelah Panas dan pastinya akan menambah kpl selam lagi.

    BalasHapus
  16. Mantaaap...ane dukung,cukup 12 KS negara lain pd mikir kok..

    BalasHapus
  17. fakta, rusia pada tahun 60an kirim 14 ks bukan 12, sumber https://www.youtube.com/watch?v=C-N2jk81N_A lihat di menit ke 42

    BalasHapus
  18. Dah pasnya berapa deh kok pada ribut masalah kapal selam? Bukanya selama ini indonesia tiap hari sudah bisa bikin kapal selam sendiri? Hehehehe

    BalasHapus
  19. Dah pasnya berapa deh kok pada ribut masalah kapal selam? Bukanya selama ini indonesia tiap hari sudah bisa bikin kapal selam sendiri? Hehehehe

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters