Cari Artikel di Blog Ini

Kamis, 15 Januari 2015

SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU

Tempo online tanggal 12/01/2015 mengeluarkan artikel-foto berjudul : SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU. Membaca tulisan itu, hati terasa senang dan saya pun senyum senyum sendiri (padahal baru tulisan saja ya :D ).

SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU

Tulisan Tempo. Co itu saya harapkan doa. Mbok kali ini, Indonesia bisa punya pesawat tempur canggih, jangan lagi beli yang bekas pakai. TNI AU dan pilot-pilotnya perlu lompatan teknologi, perlu bangga dan perlu merasa memiliki pesawat tempur yang handal.

Saya sedang membayangkan, akan meledak-ledak perasaan mereka saat memiliki pesawat SU-35 yang memang mereka mimpikan. Akankah Indonesia bisa melalui fase ini untuk naik ke fase yang lebih tinggi, atau akan tetap berputar putar di tempat.


Saya jadi ingat pembicaraan dengan pilot helikopter BO 105 di Korvet Sigma Indonesia. Sore itu, ketika kegiatannya sudah agak longgar, saya tanya, apa kehebatan BO 105 ini, sehingga ditempatkan di Korvet yang modern.

Sang pilot, tidak bisa bercerita banyak dan saya sadar memang tidak banyak yang bisa diceritakan soal kecanggihan Bolcow-105 itu, yang sudah tua. Helikopter itu hanya dipakai terbang memantau laut pakai mata kepala. Tidak punya sonar, senjata ataupun rudal.

Nah terbayang, kalau TNI jadi mengakusisi pesawat tempur SU-35, dan prajurit ditanya apa kehebatan pesawat tempur itu, tentu mereka bercerita dengan bersemangat dan bangga. Semangat dan kebanggan memang sedang dibutuhkan negeri kita ini.

Sekarang, mari kita nikmati ulasan dari Tempo.co tentang SU-35, calon pengganti F-5 TNI AU. Beli 6 unit pun tak apalah, yang penting punya dulu.

SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU

Biro rancang Sukhoi menerbangkan pesawat SU-35 pertama kali, pada tahun 2007. Rencana pembelian pesawat pengganti F5 Tiger TNI AU, membuat para petinggi TNI AU harus berpikir matang sebelum menentukan alutista terbaik untuk menjaga langit Indonesia. Terlebih efek deterens dari pesawat SU-35, lebih tinggi dibanding kandidat lain. Sukhoi.com


SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU

Sukhoi 35, merupakan pesawat jet tempur buatan Rusia, SU-35 pesawat canggih generasi 4++. Rencananya pesawat SU-35 ini calon pengganti pesawat legendaris F5 tiger milik TNI AU, selain SU-35 TNI AU mempunyai kandidat lain yaitu Typhoon Eurofighter, JAS-39 SAAB Gripen dan F16 Block 52+. ERIC FEFERBERG/Getty Images


SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU

Bagi orang awam sangat sulit membedakan SU-35 dengan SU-27 maupun SU-30MK. Namun untuk membedakannya cukup mudah, yaitu dari aerodinamika fuselage atau bodi pesawat. SU-35 lebih ramping dibanding dengan SU-27 milik TNI AU. Tidak adanya canard atau sirip pengendali di hidung pesawat, menjadi ciri dari SU-35. Sukhoi.com


SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU

Banyak pihak meyakini bahwa performa dari SU-35 setara dengan F-35 milik Amerika. Di dalam kabin SU-35 sudah tidak ditemui lagi, insturmen pesawat yang menggunakan jarum penunjuk. Panel kontrol digital menggantikan sistem analog, keuntungan jika Indonesia membeli SU-35, alutista satu ini tidak rawan embargo politik dibandingkan dengan alutista sejenis buatan Amerika. JOHANNES EISELE/Getty Images


SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU

Komsomolsk-on-Amur, merupakan pabrik pembuat dari SU-35, pesawat ini dilengkapi dengan Sturn / UFA AL-31F 117S turbofan engines, mampu mendorong pesawat hingga kecepatan 2.500 km perjam. Dengan daya jelajah 3.600 km, membuat pesawat yang diawaki satu orang, ditakuti banyak pihak. ERIC FEFERBERG/Getty Images


SU 35 Calon Pengganti F5 TNI AU

SU-35 dipersenjatai dengan senapan mesin GSH-30 30mm, KAB-500Kr TV-guided bomb, KAB-500S-E satellite-guided bomb. Selain senjata radar phased array Irbis-E dengan jangkauan 400km, menjadi penentu dalam duel udara. OLS-35 IRST memampukan SU-35 membidik lawan tanpa menggunakan radar, berkemampuan look down shoot down. DMITRY KOSTYUKOV/Getty Images. (Tempo | JKGR)

3 komentar:

  1. di berita militer internasional Pilot Amerika saja mengakui kehebatan Su-35 ini, yg mampu menandingi mgkn hanya F-22 Raptor, klo F-35 masih kalah terutama dalam hal kecepatan dan ketinggian, si Pilot USAF itu berkata "Su-35 ini seperti truk besar yg bs membawa banyak senjata namun memiliki kelincahan dan kecepatan yg mengagumkan"....

    BalasHapus
  2. cepat cepat akuisisikan su 35 atau su 50 pakfa stael pasti yang cinta tanah air indonesia akan memborong tanpa pikir pikir yang terpenting maju kan dan bangga kan bangsa indonesia menjadi besar raksasa, super powerrrrr, apala gi rakyat dari tk sapai sarjana bergulat dengan tegnologi.

    BalasHapus
  3. Betul kita harus ambil su 35, agar tetangga kita tidak berani melecehkan lagi.

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters