Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 18 September 2012

Embraer Tawarkan Pesawat KC-390 Untuk Transportasi Berat TNI

Setelah pesanan pasti empat dari delapan pesawat tempur kontra penyusup EMB-314 Super Tucano diserahkan kepada TNI AU, Embraer Brazil berniat menawarkan pesawat transport berat.

Embraer C-390, satu pesawat angkut berat militer yang dijagokan pabrikan pesawat terbang Brazil. Bobot maksimal kargonya 20 ton yang di atas C-130 Hercules dan di bawah A-400M Atlas buatan Airbus Military. Berarti dia bisa membawa empat palet standar NATO atau satu helikopter NAS-332 Super Puma atau kargo lain dengan dimensi dan bobot sama.(img. odinflight.odinenglish.odin.com.pt)
 
"Bisa menggantikan C-130 karena daya angkut maksimalnya hingga 20 ton sementara Hercules cuma 12,5 ton saja. Pangsa pasarnya beda karena ini memiliki keunggulan tersendiri," kata CEO Embraer Brazil, Luiz C Aguiar, di Pangkalan Udara Utama TNI AU Abdurrahman Saleh, Malang, Senin siang.

Bersama Duta Besar Brazil untuk Indonesia, Paulo Alberto da Silveira Soares, dia menyerahterimakan empat Super Tucano itu kepada Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, yang kemudian menyerahkan lagi kepada Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Imam Sufaat.


Aguilar sengaja datang dalam upacara serahterima empat Super Tucano yang beberapa waktu lalu menginjakkan ban-ban roda pendaratnya di Tanah Air setelah meninggalkan Brazil dua pekan lalu. Indonesia adalah pengguna pertama Super Tucano di Asia-Pasifik.

Dia tidak mengungkap secara persis jenis dan tipe pesawat angkut militer bermesin jet yang dikatakan itu. Akan tetapi, Embraer memiliki KC-900 yang difungsikan sebagai pesawat angkut berat dan tanker udara. Juga C-390 dengan rancangan futuristik yang fuselage-nya menyerupai paus, ditenagai dua mesin jet.

Pesawat Embraer C-390
Embraer C-390, satu pesawat angkut berat militer yang dijagokan pabrikan pesawat terbang Brazil. Bobot maksimal kargonya 20 ton yang di atas C-130 Hercules dan di bawah A-400M Atlas buatan Airbus Military. Berarti dia bisa membawa empat palet standar NATO atau satu helikopter NAS-332 Super Puma atau kargo lain dengan dimensi dan bobot sama. (Embraer Brazil)

Indonesia telah memilih C-295 buatan Airbus Military sebagai pesawat angkut ringannya, mendampingi CN-235. Bicara soal pesawat transport militer, Embraer berhasil meyakinkan Angkatan Udara India untuk memilih EMB-145 sebagai pesawat peringatan dini dan pengatur pertempuran (AWACS).

Di Indonesia, nama Embraer sebagai produsen pesawat terbang telah lebih dulu ternama di bidang pesawat jet eksekutif dengan konfigurasi mewah, di antaranya Phenom 100 dan Legacy 600.

Bagi Embraer, kata Aguilar, kenyataan Indonesia memilih Super Tucano adalah sangat penting. "Ini memberi kesempatan bagi kita bersama membangun kerja sama yang baru, yang saling menguntungkan," katanya.



SUmber : Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters