Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 07 April 2013

Deretan senjata maut yang dimiliki Kopassus

Penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta menggunakan senapan serbu AK-47. Diketahui anggota Kopassus ini baru saja berlatih di Gunung Lawu.

  Deretan senjata maut yang dimiliki Kopassus

Kopassus masih menggunakan AK-47 sebagai salah satu pegangan saat latihan. Tapi senapan legendaris dari Rusia ini sudah tak lagi digunakan dalam misi-misi pertempuran.

Sebagai satuan elite, pastinya Kopassus dilengkapi dengan aneka persenjataan. Senjata terbaik untuk pasukan terbaik. Untuk senjata perseorangan, Kopassus tak kalah dengan pasukan elite dunia lainnya.

Berikut beberapa senjata yang digunakan pasukan korps baret merah ini.


1. Senapan serbu

Untuk senapan serbu organik, Kopassus menggunakan SS2 V5 buatan Pindad. Senapan ini merupakan penyempurnaan dari SS1 yang diadopsi dari pabrikan FNC di Belgia. SS2 V5 lebih ringkas, dan ukurannya disesuaikan dengan ukuran Indonesia. Akurasi dan ketahanan senjata pun diperbaiki.

Senapan serbu harus memiliki jangkauan sekitar 500-800 meter. Tahan banting dan mudah digunakan.

Selain SS2 V5 Kopassus juga memiliki beberapa senapan serbu lain. Hanya jumlahnya terbatas dan tak digunakan setiap saat.

Ada AK47 (Rusia), Steyr Aug A1/A2 (Austria), M16A2 (AS), M4A1 (AS), H&K HK53, SIG 552, H&K G36C (Jerman), Galil (Israel), FAMAS (Prancis).


2. Senapan penembak runduk

Penembak runduk sering disebut sniper atau penembak jitu. Senapan untuk sniper dirancang khusus dengan akurasi tinggi dilengkapi teleskop untuk membidik sasaran.

Moto sniper, satu peluru, satu nyawa. Peran sniper sangat dibutuhkan untuk melumpuhkan target atau memberikan bantuan tembakan.

Beberapa senapan yang digunakan Kopassus antara lain Pindad SPR (Indonesia), Sig-Sauer SG550 (Swiss), H&K MSG 90, H&K G3 Sniper (Jerman), Galil Sniper (Israel), Remington 700 (AS), dan AI AW.


3. Senjata genggam

Senjata genggam atau pistol merupakan senjata tambahan. Biasa digunakan untuk pertempuran jarak dekat atau ketika senapan kehabisan amunisi.

Selain jago menembak dengan senapan laras panjang, personel Kopassus juga harus bisa menembak dengan pistol.

Berikut beberapa pistol yang digunakan korps baret merah ini SIG-Sauer P226/P228, Berreta 92SB/92F, FN high Power, H&K Mk23, M1911, Walther PPK, Pindad P1/2, Glock 17, Glock 19, FN Five-Seven.


4. Senapan mesin

Senapan mesin digunakan untuk memberikan bantuan tembakan dengan berondongan peluru. Senapan ini digunakan di tiap regu atau tim. Biasanya peluru yang berjumlah ratusan dimasukkan ke sabuk peluru atau ditempatkan dalam kotak.

Soal akurasi, senapan ini memang tak seakurat senapan serbu karena tugasnya memang memberondong musuh. Bukan menembak satu demi satu.

Beberapa senapan mesin yang digunakan Kopassus adalah FN Minimi, Ultimax 100, Daewoo K-3 LMG. Dari tiga itu FN Minimi yang berkaliber 5,56 mm paling banyak digunakan.


5. Senjata pertempuran jarak dekat

Tren pertempuran antiteroris menuntut senjata yang handal digunakan untuk pertempuran jarak dekat (PJD). Senjata ini biasa digunakan pasukan elite untuk misi-misi pembebasan sandera atau pertempuran dalam kota.

Senapan MP5 buatan Jerman menjadi favorit pasukan khusus dunia, termasuk Kopassus. Senapan ini legendaris pertempuran jarak dekat.

Selain beberapa varian MP5, Kopassus juga menggunakan Uzi (Israel) dan Daewoo K-7 (Korea Selatan).


6. Shotgun

Shotgun atau senapan sebar biasanya digunakan untuk mendobrak pintu atau pertempuran jarak dekat. Peluru senapan ini berbentuk selongsong yang berisi bola-bola kecil yang menyebar begitu ditembakkan. Dengan peluru yang menyebar, daya rusak menjadi lebih besar.

Dalam tim antiteror, pembawa shotgun berada di depan. Dia akan mendobrak pintu, sementara rekan-rekannya yang menenteng senapan mesin ringan menerobos maju.

Kopassus mengandalkan senapan Benelli M3T buatan Italia untuk shotgun. Pasukan baret merah ini juga menggunakan Franchi SPAS-12, dari negara yang sama.


7. Pisau dan kampak

Tak cuma senjata api, Kopassus juga mengandalkan senjata tajam untuk menyerang dan bertahan. Mereka ahli bertarung dengan pisau.

Setiap lulusan pendidikan komando berhak mendapat pisau komando. Selain bertarung, anggota Kopassus juga dilatih melempar pisau dan kampak.

"Jika pelurumu habis, maka bertempurlah dengan pisau. Jika pisau sudah tak ada, maka bertarunglah dengan tangan kosong."

Itu doktrin pasukan komando untuk bertarung habis-habisan dalam pertempuran.


21 komentar:

  1. kepada yth, bpk presiden RI, ketua DPR RI, Panglima TNI, Group 2 Kopassus Karangmenjangan, Kartosuro. harus di pindahkan..,krna prajurit kopassus disana, jauh dari masyarakat, krna sikap-nya yg sombong, arogan, sewenang2, terhadap masyarakat. KOPASSUS boleh banga atas prestasinya, Tapi dimata masyarakat, KOPASSUS, tidak ada tempat dihati rakyat indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sapa bilang kopassus tdk ada tmpatx d hati msyarakat? Kopassus tetp mnjadi pengawal NKRI trbaik d hati masyarakt. Jangn2 km jg preman atw komnas hewan?

      Hapus
    2. tarik lg tuh ucapan mu sigit, asal berkoar aja!!!!!!

      Hapus
    3. jangan sampai terjadi pepecahan

      Hapus
    4. jangan membuat alasan yg jadi unek unek pribadi lu,,,gmnpun mereka tetap melindungi kita

      Hapus
  2. ini mencirikan bahwa mas yg coment diatas pernah membuat kesalahan dan bandel, sehingga dapat pelajaran dan digambar oleh salah satu anggota kopasus kartosuro...!! kasian,kasian,kasian...!! udah terima nasib aja sebagai korban gamparan anggota komando,harusnya situ masih bersyukur karena baru sebatas dapat gertakan dan gambaran doank,ga sampe dibuat macam ikan pepes...Bravo Para Komando,,Kopassus selalu dan selamanya ada dihati kami,rakyat Indonesia.

    BalasHapus
  3. sigit ini termasuk preman yg beruntung ga ditembak mati Kopassus Bravo Kopassus kalian slalu ada di hati rakyat

    BalasHapus
  4. Soalnya buat kami kopassus itu segalanya.
    Kopassus itu benteng terkokoh NKRI.
    Kalo mas sigit bilang kayak gitu salah besar, Atau mungkin anda kroninya HAM???
    Kopassus/TNI Tetap di hati kami.

    BalasHapus
  5. mas sigit pernah di pushup atau di kengkreng yaaa..??? pasti anggota genk motor yg balapan dekat asrama kopasus

    BalasHapus
  6. ngomong aja salah..,,karangmenjangan ?...gak tamat sekolah ni orang...gak lulus tentara jadi preman ya begini...bego !

    BalasHapus
  7. Aku Cinta Indonesia Berarti kita cinta Isinya ... Begitu Juga Kopassus >>
    Temen ku Kopasus Dia tidak Sombong malah ngajak jalan2...
    Jika ada Kopasusu Sombong itu hanya oknum . . . .

    untuk Sigit, Jaga Omonongan Kamu bisa bisa Di penjara bawa bawa nama President lagi

    BalasHapus
  8. bagaimana pun kopassus adalah prajuriT terdepan kita.

    SIGIT , tolong koreksi ucapan ada. KECUALI anda mau menggantikan tugas KOPASSUS.

    HIDUP TNI KITA.

    jika terdapat kekurangan, silahkan anda semua mengoreksi, mengevaluasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. JALESU BHUMYAMCA JALESVEVA JAYAMAHE.Setuju Sodara

      Hapus
  9. Sigit mabuk tuak!!! Cukup satu sigit saja yg di indonesia ini!!! KOPASUS adlh prjurit kebanggaan NKRI. Pasukan terbaik no 3 dunia setelah sas dan mossad. Navi seal tidak ada dlm catatan pasukan terbaik dunia yang di miliki negara adikuasa.

    BalasHapus
  10. sigit ini mencerminkan seorang penghianat,bukan'y membanggakan koppasus malah mencibir'y. ..buat koppasus sikat aja orang ini...
    salam komando..

    BalasHapus
  11. sapa yang tau kenapa sampai ada kopassus????
    trus sapa yang sebenarnya yang membebaskan sandra yang di pimpin kely kwalik?????

    BalasHapus
  12. Sigit gila ....... kopassus tu berani mati
    jangan anggap remeh kopassus merdeka...... indonesia

    BalasHapus
  13. kita pandang dari sudut,,,jiwa satria sebagai manusia yg sama tapi dia berbuat utk ,,tanah air demi nama baik dan membela masyarakat nantinya,,,apabila kita dlm ke adaan perang,,,dan apakah kita semua bisa berjiwa sperti itu,,,,klw kita kita tidak mampu utuk apa menghujat,,sigit

    BalasHapus
    Balasan
    1. sigit adalah salah satu sosok manusia yg tdk sadar dlm arti mabukk,,,dlm masa perang thn 1945 dia ini kita sebut penghianat,,,dan tipe manusia ini semuanya akan di hancurkan demi kesuksesan dirinya sendiri,,,,presiden aja berani dia suruh,,,apalagi klw kita rakyat ,,,di injeg2 mungkin,...

      Hapus

Berita Strategi Militer Terbaru

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters