Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 12 April 2013

Tiga jenderal Kandidat Panglima TNI

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono disebut-sebut bakal diganti pada Agustus nanti. Alasannya, karena faktor usia. Agus lahir di Blitar, Jawa Timur, 25 Agustus 1955. Artinya kini dia sudah 57 tahun, dan pada Agustus nanti dia sudah genap berusia 58 tahun.


Lalu siapa pengganti Agus? Juru Bicara Presiden Julian Aldrian Pasha mengatakan, kemungkinan pergantian panglima TNI memang besar. Namun mengenai siapa penggantinya, dia mengaku belum mengetahui pasti karena itu kewenangan prerogatif presiden.


Bila merujuk pada UU TNI Nomor 34 Tahun 2004, pergantian jabatan panglima TNI dilakukan secara bergilir. Tradisi ini sudah dilakukan sejak era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, ketika Jenderal Wiranto digantikan Laksamana Widodo AS.

Julian membenarkan ihwal rotasi itu. Masalahnya, siapa pengganti Laksamana Agus Suhartono? Menurut dia bisa jadi penggantinya dari Angkatan Udara (AU) atau Angkatan Darat (AD). "Yang pasti antara keduanya, bukan dari AL lagi. Tapi siapa, saya belum tahu, itu hak presiden."

Berikut tiga calon kuat pengganti Agus Suhartono versi merdeka.com, yang masing-masing mewakili AD dan AU.  


1. Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia

Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia lahir di Tabanan, Bali, 20 Februari 1957. Kini umur jenderal bintang empat ini 56 tahun. Dia dilantik menjadi Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (KSAU) pada hari Senin, 17 Desember 2012.


 
Putu Dunia mencatat sejarah sebagai KSAU pertama yang berasal dari Bali dan beragama Hindu. Putra daerah Tabanan tersebut menggantikan posisi Marsekal Imam Sufaat yang memasuki masa pensiun.

Lulusan AAU 1981 ini meraih Adhi Makayasa, satu angkatan dengan Laksamana Marsetio yang juga dilantik menjadi Kepala Staf TNI AL. Marsetio juga sama-sama lulusan terbaik. Marsekal Ida Bagus Putu Dunia mengawali kariernya di Wing 300 Kohanudnas, Lanud Iswahjudi, Madiun.

Dia terpilih menjadi penerbang tempur A-4 Skyhawk di Skadron 12 Wing 300, Lanud Pekanbaru, kemudian beralih tugas ke Skuadron Udara 11 di Lanud Hasanuddin, Makassar, sebagai penerbang untuk jenis pesawat sama. Di Lanud Hasanuddin inilah ia sempat menjabat Komandan Skuadron Udara 1, dan beberapa tahun kemudian menjadi Komandan Lanud.

Putu kemudian dipromosikan menjadi Panglima Komando Operasi Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) IV Biak, Papua. Putu juga banyak menjabat komandan pendidikan. Dia pernah menjadi Komandan Sesko TNI AU, Gubernur Akademi Angkatan Udara dan Komandan Sesko TNI hingga menyandang bintang tiga.


2. Wakil Kasad Letjen Moeldoko

Kini Letjen Moeldoko menjabat Wakil Kepala Staf TNI AD. Dia menggantikan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) sebelumnya, Letnan Jenderal TNI Budiman. Moeldoko adalah alumnus terbaik Akmil 1981.

 


Moeldoko lahir di Kediri, 6 Juli 1957, Jawa Timur. Kini dia sudah berumur 55 tahun. Sebelum menjabat sebagai Wakasad, dia pernah menjabat sebagai Kasdam Jaya, panglima Divisi I Kostrad dan Pangdam Tanjungpura dan Pangdam III/Siliwangi.


3. Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Munir

Lahir di Kendal, Jawa Tengah, 28 Oktober 1958. Kini umur Munir 54 tahun. Kini dia menjabat sebagai Pangkostrad sejak 13 Maret 2012. Dia didapuk sebagai orang nomor satu di Kostrad menggantikan Azmyn Yusri Nasution yang pensiun.

 

 

Pengalaman Muhammad Munir di antaranya pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden RI (2004), Kasdivif 1/Kostrad (2010), Kasdam Jaya (2010), Pangdivif 2/Kostrad (2010), Pangdam III/Siliwangi (2011), terakhir Pangkostrad (2012) sampai sekarang.
 


(Merdeka)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters