Cari Artikel di Blog Ini

Kamis, 20 Juni 2013

Implementasi Pancasila Terdistorsi

Lambatnya pembangunan di Indonesia dinilai karena ideologi Pancasila kerap terdistorsi dalam setiap orde atau masa kepemimpinan. Pada setiap orde, baik Orde Lama, Orde Baru, maupun Orde Reformasi, Pancasila sering kali tak diimplementasikan secara menyeluruh.

Implementasi Pancasila Terdistorsi

"Jika ada penekanan berlebihan pada satu sisi, pada satu sila, Pancasila akan keluar dari rel. Itu yang terjadi sampai saat ini,” kata Direktur Reform Institute, Yudi Latief, saat menjadi pembicara tunggal dalam coff ee morning yang diselenggarakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Jakarta, Rabu (19/6). Menurut dia, Pancasila merupakan jalan keseimbangan. Kemuliaan hidup hanya bisa dicapai melalui jalan keseimbangan.


"Jalan ini susah. Hanya bisa dijalankan ketika penyelenggara negara dan semua pemangku kepentingan punya hikmat kebijaksanaan seperti yang ada dalam Pancasila,” jelas dia. Yudi memaparkan setiap orde kerap salah menerapkan nilai-nilai Pancasila. Orde Lama di bawah pimpinan Soekarno mendistorsikan Pancasila ketika menerapkan demokrasi liberal dengan membuka partai secara besarbesaran. Alhasil, desain demokrasi politik era Orde Lama tak sejalan dengan desain Pancasila. (KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters