Cari Artikel di Blog Ini

Senin, 26 Oktober 2015

Spesifikasi F-16V Tak Istimewa

Pesawat tempur F-16 Viper atau F-16V, yang ditawarkan pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, ternyata tidak bisa dikatakan istimewa.

Pengamat Penerbangan Chappy Hakim menjelaskan, spesifikasi pesawat jenis F-16V tidak memiliki keunggulan khusus selain sebagai varian tipe F-16 yang sudah diproduksi sebelumnya.


F-16 Viper

“Itu varian saja dari F-16 yang sudah ada. Kalau yang baru kan harusnya sudah sampai 26 (F),” ujar Chappy seperti dilansir Sindonews, Sabtu (24/10/2015).

Klaim AS bahwa F-16V sebagai jet tempur tipe baru, nyatanya  F-16 dan variannya sudah banyak dimiliki Indonesia. Meski begitu, Chappy mengakui pesawat ini cocok untuk kawasan Asia Tenggara.


“Tipe itu (F-16V) yang penting bisa untuk mendeteksi ancaman negara dari penyelundup-penyelundup kejahatan di wilayah perbatasan kita. Kalau soal spesifikasi saya tidak terlalu tertarik, karena itu varian-varian saja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi akan bertolak ke Amerika Serikat dan bertemu Presiden AS, Barack Obama. Salah satu agenda pertemuan juga disinyalir terkait penawaran Amerika Serikat menjual jet tempur F-16V.

Hal itu sempat disampaikan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake Jr di kantornya, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Selain itu, Amerika Serikat juga menawarkan transfer teknologi militer. (SindoNews)

2 komentar:

  1. Buat patroli ga apa2 beli 8 unit....tapi tetap su 35 sebagai tulang punggung utama nkri...nex gen mungkin t50 pak-fa 2 skuad

    BalasHapus
  2. luman f16 indonesia dari 10 + 24 +8 = 42 unit f16 tni, bertambah sambil menunggu kfx/ ifx atau juga sukhoi 35 /50 yang tegnogi nya generasi 5 hampirsama dengan tegnologi jet tempur f22 dan f35

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters