Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 13 Desember 2013

Indonesia akan angkat isu Laut China Timur di Jepang

Pemerintah Indonesia akan mengangkat isu Laut China Timur pada pertemuan puncak antara para pemimpin negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang di Tokyo pada akhir pekan.

Indonesia akan angkat isu Laut China Timur di Jepang

"Keadaan politik di Asia Timur saat ini cukup menegangkan, kalau dulu... perhatian kawasan pada Laut China Selatan, justru sekarang ketegangan meningkat tajam, flash point ...itu Laut China Timur," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis, sebelum bertolak menuju Tokyo.

Menurut dia, Indonesia akan menyampaikan pandangan tentang masalah Laut China Timur dalam pertemuan tersebut serta mengajak para pemimpin kawasan menjaga perdamaian dan stabilitas agar ekonomi kawasan dapat terus tumbuh.


Sejak Beijing mengumumkan Zona Identifikasi Pertahanan Udara di laut itu pada 23 November 2013, ketegangan di kawasan Asia Timur meningkat, terutama di kawasan perairan pulau-pulau sengketa.

Pemerintah Jepang telah menyatakan komitmen untuk tidak berkompromi menyangkut kedaulatan atas pulau-pulau itu.


ASEAN-Jepang

Presiden Yudhoyono dan delegasi Indonesia akan menghadiri pertemuan puncak peringatan 40 tahun kerja sama ASEAN-Jepang yang di antaranya akan membahas berbagai bidang kerja sama, termasuk implementasi ASEAN-Japan Strategic Economic Cooperation Roadmap (2012-2022) guna mendukung terwujudnya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk membahas berbagai perkembangan hubungan dan kerja sama kedua negara.

Selain itu, selama di Tokyo Presiden dijadwalkan memberikan kuliah umum mengenai arsitektur keamanan kawasan di Kensei Kinen Kaikan.  (ANtara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters