Cari Artikel di Blog Ini

Senin, 25 Januari 2016

Bikin Hujan Buatan, Thailand Pakai Pesawat Militer Buatan PT. DI

-Thailand, melalui Department of Royal Rainmaking and Agicultural Aviation, secara rutin sepanjang tahun membuat hujan buatan. Untuk membuat hujan buatan, Pemerintah Thailand memiliki dan mengoperasikan 33 unit pesawat baling-baling dan 7 unit helikopter berbagai jenis.

Dari pesawat-pesawat tersebut, ternyata ada 'burung besi' buatan Indonesia yakni PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang dipakai oleh Thailand dalam misi pembuatan hujan buatan hingga saat ini. 


Bikin Hujan Buatan, Thailand Pakai Pesawat Militer Buatan PT. DI

Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation telah mengoperasikan 15 unit pesawat made in Bandung yakni jenis CN 235-220 sebanyak 2 unit dan Casa C212-200 sebanyak 13 unit.

"Untuk pengelolaan pertanian, Thailand punya departemen khusus yang menangani hujan buatan. Dari jumlah pesawat yang dioperasikan, 15 di antaranya buatan PTDI," tulis Tim KBRI Bangkok kepada detikFinance, Minggu (24/1/2016).


Pengoperasian pesawat-pesawat PTDI itu dipakai untuk membuat hujan buatan antara bulan April sampai November sepanjang tahunnya. Pesawat dioperasikan di wilayah Thailand bagian utara yang mengalami kekeringan.


Bikin Hujan Buatan, Thailand Pakai Pesawat Militer Buatan PT. DI

"Selain untuk pembuatan hujan, pesawat-pesawat itu juga dipakai untuk pemadaman kebakaran lahan/hutan di musim kemarau, evakuasi medis dan observasi," tambahnya.


Thailand sendiri pertama kali membeli pesawat jenis C-212 buatan PTDI, dahulu PT Nurtanio, pada tahun 1978. Menurut catatan KBRI Bangkok, pesawat buatan PTDI dikenal handal, bahkan pesawat jenis CN 235-200 yang dioperasikan oleh Thailand sejak 1999 masih dalam kondisi sangat baik saat menjalankan misi hujan buatan. (Detik)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters