Cari Artikel di Blog Ini

Senin, 25 November 2013

Indosat di balik penyadapan oleh Australia..?!

Pakar multimedia yang juga Menpora Roy Suryo menuding ada Indosat di balik penyadapan oleh Australia kepada Indonesia.

Indosat di balik penyadapan oleh Australia

"Hal itu sudah sering saya sampaikan dalam makalah-makalah dan sudah beberapa kali dimuat di media Australia, bahwa penjualan Indosat menjadi awal upaya penyadapan Australia terhadap Indonesia," ujarnya kepada merdeka.com melalui telepon, Minggu (24/11).

Menurut dia, Indosat memiliki infrastruktur telekomunikasi paling lengkap, mulai dari jaringan serat optic pada Lintasarta, satelit pada Satelindo, dan BTS seluler. Roy mengungkapkan sejak satelit Palapa bukan milik Indonesia, sejak itulah penyadapan dilakukan.


Roy mengaku mendukung upaya pencabutan slot orbit 150,5 BT dari Indosat karena terbukti hanya untuk memata-matai, termasuk keluarnya Timor Timur dari Indonesia.

Sebelumnya, Menkominfo Tifatul Sembiring menegaskan akan menutup penyelenggara telekomunikasi yang terbukti melakukan penyadapan terhadap sejumlah pejabat di Indonesia.

Menurut informasi yang disampaikan Sydney Morning Herald, komunikasi Indonesia ternyata selama ini disadap Singapore Telecom (SingTel), operator telekomunikasi milik Pemerintah Singapura.

Seperti diberitakan oleh SMH, apa yang dilakukan SingTel adalah bagian dari kemitraan antara badan-badan intelijen negara, yang meluas ke Inggris dan Amerika, untuk memanfaatkan kabel serat optik bawah laut yang menghubungkan Asia, Timur Tengah dan Eropa (SEA-ME-WE).

Menurut SMH, berdasar data dari intelijen Australia didapat informasi bahwa Singapura bekerja sama dalam mengakses dan berbagi komunikasi yang dibawa oleh kabel SEA-ME-WE-3 kabel. Badan nasional Australia juga mengakses lalu lintas kabel SEA-ME-WE-3 yang mendarat di Perth.

Dengan kabel yang melintasi Asia Tenggara, Timur Tengah dan Eropa Barat, maka hampir semua negara yang dilintasi dalam posisi tidak aman. Pasalnya, selain Singapura dan Australia, Inggris dan Amerika pun mendapat informasi penting hasil penyadapan. Dan praktik ini, disebut-sebut sudah berjalan hingga 15 tahunan.

Selain itu, kabar mengejutkan mengenai penyadapan yang terjadi di Indonesia juga disampaikan harian The Australian. Media ini menuliskan bahwa pemerintah Australia juga menyadap satelit Palapa.

Pihak yang diduga menyadap adalah Australian Signals Directorate (ASD), salah satu direktorat di Kementerian Pertahanan Australia yang bertanggung jawab atas signals intelligence (SIGNIT).

Sementara itu, President Director and CEO Indosat Alexander Rusli mempertanyakan dasar Roy Suryo menuduh Indosat dibalik penyadapan oleh Australia.

"Nomor yang disadap saja bukan nomor Indosat. Coba cek lagi mereka pakai nomor apa?" katanya. (Merdeka)

6 komentar:

  1. PEMERINTAH HARUS MENGHUKUM INDOSAT.PEMERINTAH HARUS MENCABUT IZIN OPERASI INDOSAT KARN GAK ADA GUNANYA. HAPUSKAN INDOSAT DRI INDONESIA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atas Gua Maho ... Kalau semua pemimpin Indonesia punya watak kayak Lu, pasti Indonesia gak kaya-kaya dan sejahtera, yang ada malah melarat dan miskin .... Kalau seumpama Indosat diusir dari Indonesia, Berapa ratus orang yang akan menganggur pe'ak akibat Indosat Out ?...
      Mikir pakek dengkul, pakai tuh otaklu blo'on ...
      Lu kalau ngomong asal njeplak aja dodol ...
      Mending di sanksi aja .. Jangan langsung maen usir gak jelas ...

      Hapus
    2. aalllaaahhh cuma disadap aja ngambek. udahlah ngapain sih terlalu emosional, yg ada diketawain ama yg lain... Merkel aje damai ama Obama. Indonesia bisa apa?????? satelit aja masih dibikinin,ngeorbit aja masih diluncurin.... kalo satelit yg disadap terus kita mau ngapain??? mau perang?? :D :D :D

      Hapus
    3. Menurut saya jangan terburu-buru menuduh kalau tidak ada bukti. Tapi kalau memang ternyata 100% Indosat terbukti bersalah ya harus ditindak Hukum, apakah anda mau negeri kita dimata-matai terus-terusan & dilecehkan negara lain?? terus bagaimana harga diri bangsa ini ???

      Hapus
  2. Kalau temen2 yg menganggap remeh penyadapan berarti bisa dikayakan BODOH kenapa? Bukan masalah politij saja yg dimanfaatkan tetapi ekonomi jg, misal anda mau jual atau beli saham, kalau udah ketahuan ya pasti mereka yang untung.. itu baru saham, belum yang lain.. disadap kok suruh tenang bego....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimana alur kekuatan ekonomi disitulah kita berteman, be smart! jangan mengandalkan nasionalisme semu. intern kita aja dijajah dengan perilaku birokrat kita yg korup,mau bicara harga diri?????!! justru kita minta bantuan aussie,buka smua transkript koruptor!

      Hapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters