Cari Artikel di Blog Ini

Rabu, 18 November 2015

KRI Teluk Manado-537 Lakukan Debarkasi Yonif-509 Raider Pamrahwan di Papua

Salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Teluk Manado-537 telah melaksanakan operasi angkutan laut militer untuk pasukan Batalyon Infanteri 509/Raider dalam operasi pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) saat ini debarkasi di Dermaga Jayapura, Papua, Senin (16/11) lalu.

KRI Teluk Manado-537 Lakukan Debarkasi Yonif-509 Raider Pamrahwan di Papua.jpg


Komandan Teluk Manado-537 Mayor Laut (P) Priyo Dwi Saputro mengatakan, kapal dan seluruh anak buah kapal selalu siap mendukung operasi angkutan laut militer, yang kali ini melaksanakan dukungan pergeseran pasukan Batalyon Infanteri 509/Raider untuk melaksanakan operasi pengamanan daerah rawan telah berlangsung dengan lancar tanpa terdapat suatu halangan dan kini kapal sedang melaksanakan debarkasi personil serta material.

Menurut lulusan AAL tahun 1999 itu, operasi pergeseran pasukan dan material merupakan salah satu tugas dan fungsi Kolinlamil sebagai pembina kemampuan sistem angkutan laut militer.


“Dengan menyelenggarakan Serpas TNI yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan ini, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis, KRT Teluk Manado-537 telah menjalankan fungsinya sebagai KRI yang berada di bawah binaan Kolinlamil dalam menjalankan undang-undang,” ujarnya.

Bagi mantan Palaksa KRI Banda Aceh-593 itu, Serpas ini merupakan tugas pertamanya sebagai Komandan KRI dalam mendukung fungsi Kolinlamil yang merupakan Kotama di mana secara fungsi di bawah komando Panglima TNI.

KRI Teluk Manado-537 merupakan Kapal Perang jenis Landing Ship Tank (LST) Type Frosch yang memiliki berat 1,900 ton dengan dimensi 90,70 meter x 11,12 meter x 3,4 meter, yang ditenagai oleh dua mesin diesel, dua shaft menghasilkan 12,000 bhp, yang sanggup mendorong kapal hingga kecepatan 18 knot dan mampu mengangkut kargo hingga seberat 600 ton.

KRI Teluk Manado-537 dibuat di galangan VEB Penee Werft Wolgast, Jerman Timur, pada tahun 1977 dan saat ini berada di jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta.  (JMOL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters