Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 18 Oktober 2016

[Video] Kapal Latih Layar KRI Bima Suci Resmi Bergabung Dengan TNI AL

Kapal latih layar pengganti KRI Dewaruci resmi diluncurkan dengan nama KRI Bima Suci. Ada pesan emas Megawati Soekarnoputri di Libro de Oro menandai kelahiran KRI Bima Suci.

Peluncuran KRI Bima Suci dilakukan oleh Menhan RI Ryamizard Ryacudu didampingi Ibu Nora Ryacudu, KSAL Ade Supandi, Dubes RI Madrid dan Komandan Satgas KRI Bima Suci di Freire Shipyard, Vigo, Spanyol (17/10/2016).


Kapal Latih Layar KRI Bima Suci Resmi Bergabung Dengan TNI AL

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri hadir menyaksikan peluncuran, juga Wakil Menhan Spanyol, Menteri Ekonomi Xunta de Galicia dan Walikota Vigo.

Pada momen bersejarah itu Megawati menorehkan pesan di Libro de Oro (Buku Emas) yang telah menjadi tradisi Freire sejak 1890:


"Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia. Semoga kerjasama ini dapat terus dilanjutkan untuk ke depan. Kapal KRI Bima Suci ini adalah salah satu bentuk persahabatan antara Indonesia dan Kerajaan Spanyol -- ttd, Megawati Soekarnoputri, Vigo"


Kapal Latih Layar KRI Bima Suci Resmi Bergabung Dengan TNI AL

Megawati sendiri tidak memberi pernyataan apa pun atau wawancara. Kehadiran Megawati pada peluncuran KRI Bima Suci "anak" KRI Dewaruci karena undangan perusahaan Freire Shipyard yang mengetahui hubungan emosional Presiden RI ke-5 dan putri pertama proklamator dan Presiden RI pertama Soekarno itu dengan KRI Dewaruci.

"Tidak hanya karena KRI Dewaruci diluncurkan oleh Presiden Soekarno sebagai kapal latih kebanggaan seluruh bangsa Indonesia dan TNI, melainkan juga karena Ibu Megawati sangat perhatian dan bangga kepada KRI Dewaruci," jelas Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Yuli Mumpuni Widarso kepada detikcom Den Haag seusai peluncuran.

Berkat upaya Megawati, KRI Dewaruci yang pernah lama istirahat karena mesinnya rusak, bisa berlayar kembali.

"Bahkan beliau yang memimpin upacara Golden Anniversary HUT ke 50 KRI Dewaruci pada 2002 melepas KRI Dewaruci bermuhibah ke pabriknya di Jerman," imbuh Dubes.



Dubes menggaris bawahi pernyataan Walikota Vigo bahwa warga Spanyol sangat bangga kapal buatan galangan kapal Spanyol akan melahirkan perwira-perwira dan pemimpin TNI AL masa depan.

"KRI Bima Suci akan menjadi simbol persahabatan masa depan kedua bangsa yang sama-sama bangsa pelaut," pungkas Dubes.

Sebelumnya Menhan Ryamizard Ryacudu dalam sambutannya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Freire Shipyard yang telah menyelesaikan tahapan KRI Bima Suci tepat waktu.

"Diharapkan total rampung pada Juni 2017 sehingga dapat dipamerkan di Indonesia pada Hari TNI 5 Oktober 2017," ujar Menhan Ryamizard.

Sementara itu CEO Freire Shipyard Guillermo Freire mengatakan sangat bangga ketika pada 2013 memenangkan tender pembuatan kapal latih ini.

"Karena (KRI Bima Suci) ini akan seperti pendahulunya, KRI Dewaruci, menjadi legenda dan kebanggaan TNI AL," ujar Freire.




Freire mengharapkan KRI Bima Suci juga akan menjadi simbol persahabatan Indonesia-Spanyol, menjadi tempat berlatih para taruna TNI AL dalam mengarungi 7 samudera, dan melahirkan taruna TNI AL yang profesional.

Menurut Freire, kapal ini sangat modern, dilengkapi dengan peralatan multimedia dan ruang kelas cukup luas untuk 100 taruna, mampu memuat 203 personil, berdaya jelajah 30 hari dengan teknologi pemurnian air laut menjadi air tawar, didukung alat komunikasi, data digital dan navigasi pelayaran yang canggih.

Kapal tiang tinggi ini juga gagah, dengan panjang total 111,20 meter, lebar 13,65 meter, ketinggian dek utama 9,20 meter dari permukaan laut, kedalaman draft 5,95 meter, dengan tinggi maksimal tiang layar 49 meter, dan memiliki 26 layar dengan total lebar layar 3.352 meter persegi.

Acara peluncuran berupa pengguntingan pita oleh Ibu Nora Ryacudu dan tekan tombol oleh Menhan RI Ryamizard Ryacudu bersama Presiden Freire Shipyard Jesus Freire, disusul kembang api dan tari Ba Dinding (Sumatera Barat) oleh para remaja putri Vigo yang menuai aplaus panjang.  (Detik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters