Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 21 Juni 2016

Identitas Tujuh Awak Kapal China yang Ditangkap di Natuna

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat Laksamana muda TNI A. Taufiq R mmembenarkan bahwa pihak TNI Angkatan Laut telah menangkap kapal ikan berbendera China di Laut Natuna saat menggelar jumpa pers di Markas Komando Armabar, Gunung Sahari, Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Identitas Tujuh Awak Kapal China yang Ditangkap di Natuna

Taufik mengatakan, kapal ikan yang ditangkap tersebut memiliki nama Han Tan Cou 19038 dan terdiri dari 6 awak pria serta 1 awak perempuan. Berikut identitas ketujuh Kapal Ikan China Han Tan Cau 19038:


1. Hou Chin Hong (pria,53 th) selaku nahkoda
2. Kok Khi Fi (pria, 52 th) selaku Anak Buah Kapal (ABK)
3. Mung Ho Hieng (pris, 25 th) selaku ABK
4. Pui Hoi Woi (pria, 28 th) selaku ABK
5. Tjeng Ceng Sin (pria, 36 th) selaku ABK
6. U Cung Lo (pria, 23 tahun) selaku ABK
7. Wan Sou Yien (perempuan, 45 tahun) selaku juru masak.

Menurut Taufiq, sebelum aksi penangkapan, beberapa kapal ikan milik China terlihat berada di kawasan perairan Natuna. TNI Angkatan Laut kemudian menangkap satu kapal karena terdeteksi sedang menebar jala.

"Alasan mereka perairan Natuna adalah traditional fishing ground. Kami bilang tidak ada istilah itu dalam hukum laut. Ini adalah ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif), secara hukum internasional sejauh 200 mil itu milik Indonesia. Itu dasar kami melakukan penangkapan," ungkap Taufiq.

Taufiq mengatakan, saat ini kapal Han Tan Cou sedang ditahan di Sabangmawang dan sedang dilakukan proses investigasi atas dugaan illegal fishing.

"Tujuh ABK dalam kondisi baik Tidak terluka sedikitpun. Jadi kalau ada kabar bahwa 1 ABK tertembak itu tidak benar. Saat ini mereka masih menjalani proses investigasi," ungkap Taufiq. (Kompas)

2 komentar:

  1. kapal nelayan china masih beruntung tidak tembaki dengan rudal yang sekali tembakan hancur lebur perahunya karena sudah melanggar zee indonesia, ini pelanggara zee indonesia sangat patal merugikan indonesia untuk menjaga kedaulatan nkri dari semua negara yang ada di seluruh muka bumi ini,
    kata menteri puji indonesia kuat , besar, hebat raksasa , dan berdaulat

    BalasHapus
  2. semoga presiden jokowi dan yusuf kala mendukung nya, karena china tertinggal tegnologi dengan indonesia hanya saja pengusaha banyak yang investasi di indonesia jadi china rakyat nya cemburu sosial.

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters