Cari Artikel di Blog Ini

Kamis, 12 November 2015

Panglima Besar Jenderal Sudirman Diamata Orang Jepang

Bangsa Jepang tersohor dengan kedisiplinan tinggi, otak cerdas, melek teknologi, namun mereka tak lupa menghargai tradisi serta menghormati pendahulu-pendahulunya. Tapi tahukah kamu, ada satu orang Indonesia yang sangat dihormati dan setiap kepala warga Jepang menundukkan kepala padanya? Siapakah orang itu? Dia adalah Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Patung Jenderal Sudirman di depan kantor kementerian pertahanan Jepang di Ibu Kota Tokyo
Patung Jenderal Sudirman di depan kantor kementerian pertahanan Jepang di Ibu Kota Tokyo

Saking kagumnya dengan tokoh berjuluk Pahlawan Gerilya ini, patung Jenderal Sudirman ada di depan kantor kementerian pertahanan di Ibu Kota Tokyo. Patung ini terbuat dari perunggu setinggi 4 meter. Jenderal Sudirman satu-satunya pahlawan dari luar negara itu yang sangat dicintai rakyat Negeri Matahari Terbit ini.


Setiap memperingati hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, digelar ritual kecil dan meletakkan karangan bunga di kaki patung Jenderal Sudirman. Menurut salah satu pemerhati politik Jepang, Fujii Gemki, Sudirman merupakan sosok penting dalam hubungan Jepang-Indonesia. Melalui Tentara Pembela Tanah Air (PETA) bentukan Jepang, namun dikomandoi Sang Panglima, Indonesia sukses mengusir Belanda dan Inggris. Meski pada akhirnya Sudirman memberontak serta membuat seluruh tentara PETA patuh di bawah perintahnya, namun bagi rakyat Jepang hal itu merupakan keberanian yang luar biasa. (JKGR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters