Cari Artikel di Blog Ini

Senin, 04 Maret 2019

Saab Jas 39 Gripen, Jet Tempur Tangguh Penantang Sukhoi su 35 Rusia

Saab Jas 39 Gripen merupakan pesawat tempur multi-peran generasi ke empat yang dikembangkan oleh Saab Military Aircraft,  berkerja sama dengan Ericsson Microwave Systems, Volvo Aero Corporation dan Celsius Aerotech. 

SAAB JAS 39 GRIPEN
SAAB JAS 39 GRIPEN

Jas 39 Gripen menawarkan kelincahan, sistem akuisisi target tembak yang canggih, radar multi-peran yang akurat, persenjataan modern, dan kemampuan dalam peperangan elektronik komprehensif.

Jet tempur ini menggunakan mesin Volvo-Flygmotor RM12 afterburning turbofan untuk varian A sampai D, sedangkan untuk varian terbaru Next Generation 39 E/F telanh menggunkan mesin General Electric F414.


Untuk operasi multi-peran air-to-air dan air-to-ground, Jas 39 Gripen menggunakan radar AESA Selex Galileo Raven ES-05, Skyward-G IRIST.

Sementara persenjataan yang mampuh diusung pesawat ini adalah  dengan rudal AIM-120 AMRAAM, AIM-9 Sidewinder, rudal anti kapal Saab Dynamics RBS 15, rudal serang permukaan Maverick, rudal Meteor dan rudal IRIS-T.

Pesawat ini sudah dipakai oleh angkatan udara Swedia, Britania Raya, Republik Ceko, Hungaria, Swedia, Afrika Selatan, Brazil dan Thailand.

Pada bulan Juli 2016, Saab Indonesia mengkonfirmasi telah mengirimkan proposal pada awal tahun sebagai tanggapan terhadap persyaratan Angkatan Udara Indonesia. Proposal tersebut termasuk akuisisi awal 16 Gripen C / D senilai 1,5 miliar USD, untuk menggantikan Northrop F-5E Tiger II TNI AU yang telah dioperasikan sejak 1980-an. 


Saab telah menyanggupi peraturan Undang-Undang Industri Pertahanan Indonesia Nomor 16 Tahun 2012, yang mengharuskan kontraktor asing untuk bekerja dengan industri lokal, berkolaborasi dalam produksi dan berbagi teknologi. Mereka juga mengindikasikan bahwa tawaran tersebut dapat menggantikan versi C / D dengan versi E, jika Indonesia bersedia menerima waktu pengiriman yang lebih lama. Pesawat yang bersaing dengan gripen pada waktu itu adalah F-16V, Su-35, Rafale, dan Typhoon.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters