Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 22 Mei 2012

KRI Dewaruci Juarai Savannah Tall Ships Challenge 2012

KRI Dewaruci Juarai Savannah Tall Ships Challenge 2012 di Amerika Serikat
 
Kapal Latih Kadet Akademi TNI AL dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) KRI Dewaruci dengan Komandan Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto dalam mengikuti event Savannah Tall Ships Challenge 2012, berhasil menyabet dua gelar sekaligus, masing-masing sebagai juara I kelompok kapal latih ( training ships) dan juara II pada Race pertama Savannah - Cape Fear yang berlangsung 7 - 9 Mei 2012.


Di samping menyabet dua gelar, KRI Dewaruci juga merupakan kapal yang sangat mendapat perhatian khusus dari masyarakat Kota Savannah, mulai pada saat menyambut kehadirannya memasuki alur hingga dermaga tempat kapal merapat. Meriahnya sambutan juga sangat nampak saat peran parade roll oleh seluruh peserta Savannah Tall Ships Challenge 2012.
Mereka antusias berteriak "Dewaruci – Dewaruci" sambil melambaikan tangannya dan para kadet pun sambil memainkan Drum Band Genderang Seruling dan sebagian melaksanakan parade roll dengan menaiki tiang Bima, Arjuna dan Yudistira sambil membalas dengan melambaikan tangannya yang turut menyemarakkan suasana.


Pengumuman hasil pemenang oleh panitia penyelenggara yang diketuai oleh Jack Bussest baru diterima oleh KRI Dewaruci melalui emailnya (16/5) saat kapal berlayar menuju New York. Kelompok A ( cruising ships) Race pertama keluar sebagai juara I Pride of Baltimore II dari Amerika Serikat, juara II KRI Dewaruci dan juara III Eagle ( WIX 327) dari Amerika Serikat. Sedangkan untuk kelompok training ships KRI Dewaruci sebagai kapal latih kadet Akademi TNI Angkatan Laut keluar sebagai juara I, dan juara II diraih kapal latih Coast Guard Academy dari Amerika Serikat.

Savannah Tall Ships Challenge 2012 diikuti 16 kapal dari benua Amerika, Eropa dan benua Asia. Hanya KRI Dewaruci saja, pada Race pertama Savannah-Cape Fear menempuh jarak 185 Nmil ditempuh dalam waktu dua hari. Semua peserta tidak ada yang dapat menempuh hingga finish karena cuaca tidak bersahabat, namun dari pihak panitia kapal peserta yang berhasil mencapai titik terdekat dengan garis finish ( 16 Nmil ) Pride of Baltimore II dinyatakan sebagai juara satu , KRI Dewaruci 68 Nmil dari garis finish dinyatakan sebagai juara dua dan Eagle di belakang Dewaruci sebagai tiga.

Dewaruci sebagai kapal kebanggaan TNI AL berhasil mengharumkan nama bangsa dan negara meskipun di awal start tertatih-tatih untuk bergerak. Namun berkat semangat juang yang ditanamkan oleh Komandan begitu besar akhirnya kapal pun dapat mengembangkan layarnya dan bisa bergerak pelan tapi pasti hingga batas akhir waktu yang ditentukan oleh panitia masih dapat menggunakan layar sebagai penggerak kapal meskipun kapal peserta lainnya sudah menyerah untuk segera menghidupkan mesin.

Saat ini kapal lego di depan lokasi Patung Liberty USA, sambil menunggu waktu untuk masuk ke New York sesuai jadwal dari panitia (23/5) bersama kapal peserta lainnya. Para kadet yang tergabung dalam KJK 2012 USA sesuai jadwalnya masih menempuh praktek Astronomi, Navigasi Datar, Navigasi Lingkaran Besar, Komunikasi, Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut (PPTL), Komunikasi, Peran Layar dan peran-peran di kapal lainnya serta Peraturan Umum Dinas Dalam Khas TNI AL, Keperwirajagaan serta paparan persiapan kapal masuk pelabuhan yang merupakan syarat kenaikan tingkat bagi seluruh kadet tingkat dua untuk naik ke jenjang berikutnya.

Sumber : Tandef

1 komentar:

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters