Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 12 Oktober 2012

LATMA GULTOR TRIMATRA VII 2012 DIBUKA

Denjaka Korps Marinir TNI AL bersama Sat-81 Gultor Kopasus TNI AD dan Den Bravo KopaskasTNI AU melaksanakan Latihan Penanggulangan Teror dengan sandi “Latma Gultor Trimatra- VII tahun 2012”. Latihan bersama tersebut telah di buka oleh Kasum TNI Mayjen TNI Daryatmo di Markas Sat 81 Gultor Kopasus TNI AD tepatnya di lapangan Apel Ahmad Kirang Mako Kopasus TNI AD Cijantung ,Jakarta Timur (11/10/12).

Kasum TNI, Dankormar, Dandenjaka Cek  Material Latihan
Kasum TNI, Dankormar, Dandenjaka Cek  Material Latihan (foto : marinir.mil.id)

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) A Faridz Washington bersama dengan Danjen Kopasus, Komandan Kopaska serta Pejabat teras Mabes TNI dan pejabat teras ketiga Pasukan Khusus TNI hadir dalam acara pembukaan tersebut. Upacara ini dipimpin oleh Asops Danjen Kopasus Kolonel (Inf) Yusran Yusuf.

Dalam amanatnya , Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E yang dibacakan oleh oleh Kasum TNI mennyampaikan “ Latihan anti teror merupakan latihan untuk menghadapi kemungkinan gangguan anti teror di seluruh Tanah Air. Disamping itu juga guna meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan bagi setiap satuan anti teror dilingkungan TNI.


Dengan tegas Panglima TNI mengatakan, “ Kunci mencegah aksi terorisme adalah keterpaduan dan koordinasi antara matra dan intitusi terkait harus terjalin kuat,”

Sebagai pedoman dalam melaksankan latihan tersebut Panglima TNI memberikan beberapa penekanan.


Pertama : Laksanakan latihan ini sebaik-baiknya,guna menyempurnakan dokumentasi strategis yang bersifat operasional bagi TNI serta komunikasi saling mendukung diantara sesama satuan penenggulangan anti teror.
Kedua : Sebagai sarana untuk menguji prosedur dan mekanisme operasi terpadu, kembangkan TACTICAL FLOOR GAME (TFG),TABLE TO GAME DAN TACTICAL AIR MANOUVER GAME (TAGM).
Ketiga : Jadikan latihan ini sebagai aplikasi prosedur tetap dan tolak ukur terhadap kemampuan TNI dalam mengaplikasikan doktrin operasi penanggulangan teror.
Keempat : Jadikan media untuk menguji analisis data terkait kemungkinan variatifmodus aksi teror, serta menilai kemampuan teknis, taktis, respon dan naluri setiap personil.
Kelima : Jadikan latihan ini sebagai momentum semangat kebersamaan dan ketepaduan sesama satuan TNI dalam mendukung tercapainya tugas pokok T NI.

Latihan diawali dengan pelaksanaan gladi posko dan dilanjutkan dengan TACTICAL FLOOR GAME (TFG) di Maskas Sat- 81 Gultor Kopasus TNI AD. Latihan ini akan digelar hingga 17 Oktober 2012 dengan dengan menggunakan medan berpindah pindah sesuai dengan problem latihan darat, laut dan udara.



Sumber : Marinir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters