Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 17 Januari 2014

Angkatan Laut RI - Inggris Bahas Pengembangan Kerja Sama Pertahanan

Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, menerima kunjungan First Sea Lord and Chief of Naval Staff Royal British Navy (KSAL Inggris), Admiral Sir George Zambellas KCB DSC, di Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.

Angkatan Laut RI - Inggris Bahas Pengembangan Kerja Sama Pertahanan

Kunjungan Zambellas dan delegasi yang dia pimpin disambut upacara jajar kehormatan militer di pelataran Gedung Utama Markas Besar TNI AL. Seusai itu Zambellas memasuki gedung utama itu dan berbincang dengan Marsetio.


Zambellas datang ke Jakarta bersamaan dengan pelayaran perdana kapal perang Angkatan Laut Kerajaan Inggris, HMS Daring-D32, di perairan Indonesia. Direncanakan kapal perang sarat teknologi tinggi itu sandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, selama empat hari sejak Jumat besok (17/1).

Kunjungan orang pertama di Angkatan Laut Kerajaan Inggris itu sangat bermakna. Zambellas, menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Untung Surapati, juga untuk memperkuat hubungan antara kedua angkatan laut Indonesia dan Kerajaan Inggris.

Dalam lawatannya ini, Zambellas juga membicarakan tentang kepentingan pembangunan kerja sama di bidang pertahanan. Kehadiran HMS Daring-D32 menjadi perintis perkembangan kerja sama pertahanan ini.

Arsenal buatan Inggris bukan aneh bagi TNI AL. Tercatat helikopter anti kapal selam WASP pernah digunakan aktif di Dinas Penerbangan TNI AL (kini Pusat Penerbangan TNI AL), dan peluru kendali anti serangan udara Sea Cat juga pernah ditawarkan untuk diakuisisi Indonesia.

Selain untuk memperkuat hubungan kedua angkatan laut, kehadiran HMS Daring-D32 di Jakarta juga menjadi tempat persinggahan terakhir pelayaran panjang sembilan bulan dia. Sebelum ini dia menyinggahi Australia, New Zealand, Jepang, Korea Selatan, China, dan Singapura.

HMS Daring-D32  kapal perang kelas destroyer berpeluru kendali, bermarkas di Porthsmouth, Inggris, dengan komandan kini Commander Angus Essenhigh.

Selama di Jakarta, HMS Daring-D32 akan dibuka untuk publik. Di lambung dan geladak kapal perang buatan BAE Systems Surface Ships di Portsmouth itu juga akan digelar pameran industri pertahanan Inggris, selain pertandingan persahabatan antara personelnya dengan personel TNI AL.

Dengan 190 personelnya, mereka juga dijadualkan akan hadir di SMK Hang Tuah, Jakarta, lari pagi di bundaran Hotel Indonesia, dan beberapa yang lain.  (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters