Cari Artikel di Blog Ini

Rabu, 31 Oktober 2012

Pembentukan Provinsi Kaltara Bakal Kuatkan Posisi Indonesia

Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara atau Kaltara sudah lama diprioritaskan untuk direalisasikan. Pertimbangan pembentukan provinsi baru di Kalimantan itu adalah demi kepentingan strategis bangsa Indonesia, terutama untuk menguatkan posisi beranda (depan) Indonesia terhadap negara tetangga.

Pembentukan Provinsi Kaltara Bakal Kuatkan Posisi Indonesia

Hal tersebut disampaikan Asisten Deputi Pengelolaan Lintas Batas Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Soni Sumarsono, dalam diskusi bertajuk "Optimalisasi Kinerja BNPP dalam Rangka Percepatan Pembangunan Kawasan Perbatasan" di Jakarta, Selasa (30/10).


Menurut dia, wacana pembentukan Provinsi Kaltara sudah menguat bahkan sebelum terbentuknya BNPP. "Saat susun grand design otonomi daerah, grand design pengelolaan perbatasan, pembentukan Provinsi Kaltara memang menjadi prioritas, harus terbentuk segera," kata Soni.

Pertimbangannya, kata dia, adalah posisi Kaltara yang strategis dan terkait kepentingan negara, khususnya penguatan posisi beranda Indonesia. Di dekat Kaltara, ada wilayah Ambalat yang sampai sekarang masih diperebutkan Indonesia dan Malaysia.



Sumber : Koran Jakarta

1 komentar:

  1. Marinir Div IV segera dibentuk dikalimantan utara, adar keamanan setempat dpt terjaga dan memberikan lahan baru utk lapangan kerja pertanian dll

    BalasHapus

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters