Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 25 Maret 2016

Prajurit Kodam III Siliwangi Lakukan 'Operasi Non Militer' di Sungai Citarum

Keterlibatan TNI AD dalam pembersihan sungai tak hanya akan dilakukan hari ini, seperti di Sungai Cikapundung Kampung Cijagra, Kabupaten Bandung. Namun dalam enam bulan ke depan, tentara di Jabar akan turun ke lapangan dalam program Citarum Bestari, yang digagas Pemprov Jawa Barat.

Prajurit Kodam III Siliwangi Lakukan 'Operasi Non Militer' di Sungai Citarum

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kamis (24/3/2016). "Hasil pertemuan dengan Dan Sesko dan Pangdam III Siliwangi tadi pagi, kita akan melakukan operasi militer namun bukan perang," ujar Aher.

Ia menjelaskan operasi militer tersebut akan dilakukan selama enam bulan ke depan untuk mengatasi sampah di sungai. "Targetnya selama enam bulan bekerja minimal secara fisik tidak ada tumpukan sampah," katanya.


Rumusan masalah akan segera dipetakan dan akan langsung dibagi tugas di lapangan. "Ini termasuk pembersihan sungai," tutur Aher.

Selain itu Aher menyebutkan bahwa untuk program Citarum Bestari ini juga akan dibentuk Samsat. "Dari sisi pembangunan ada yang terkait hukum, jadi kita akan bentuk Samsat untuk penyelesaian sosialnya seperti di Jatigede," katanya.

Langkah pertama Citarum Bestari ini, mensterilkan 20 kilometer pertama Sungai Citarum. Dengan begitu, diharapkan kebersihan air di sungai tersebut bisa terjaga. Bahkan, Aher menargetkan air di 20 kilometer pertama aliran Sungai Citarum bisa langsung diminum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters