Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 26 Juni 2012

Kohanudnas - Latihan Hanudnas Perkasa

KOMANDO Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) baru-baru ini, melaksanakan Penataran Pengawas, Pengendali dan Penilai (Tarwasdalnil) dalam rangka Latihan Hanudnas Perkasa C/D Tahun Anggaran 2012 di gedung Serbaguna Komando Sektor (Kosek) Hanudnas I Halim Perdanakusuma. 



Dalam sambutan tertulis Pangkohanudnas, yang dibacakan Kepala Staf Kohanudnas Marsma TNI Chaerudin Ray mengatakan, Kohanudnas sesuai tugasnya menyelenggarakan upaya pertahanan keamanan terpadu atas wilayah udara Nasional secara mandiri ataupun bekerjasama dengan Kotama operasional TNI lainnya dalam rangka mewujudkan kedaulatan dan keutuhan serta kepentingan lain dari NKRI. Oleh karena itu, Kohanudnas senantiasa berupaya menjaga kesiapsiagaan operasional dengan menggelar latihan Hanudnas Perkasa C/D TA. 2012.


Untuk mencapai pelaksanaan operasi latihan tersebut, maka tahapan-tahapan dari tahap perencanaan, persiapan dan pelaksanaan, harus dilakukan secara cermat, teliti, terinci, dan terkoordinasi antara semua unsur yang terlibat, lanjut Pangkohanudnas.


Semua pihak yang terlibat dalam latihan ini harus mengerti dan memahami skenario maupun materi latihan yang telah dibuat, sehingga dapat diperoleh kesamaan persepsi, pola pikir dan pola tindak, baik itu oleh unsur pelaku, unsur pengawas dan pengendali maupun unsur penilai, sehingga perlu forum penataran Wadasnil sebagai sarana memperoleh informasi, tambahnya. 
 
Para Pelaku Penataran Pengawas, Pengendali dan Penilai (Tarwasdalnil) Lathanudnas Perkasa C/D saat menerima penjelasan dari para Deputy Latihan Hanudnas Perkasa C/D di gedung Serbaguna Kosekhanudnas I Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (22/6). (Foto : Pen kohanudnas)


Unsur yang terlibat pada latihan Perkasa C meliputi Posekhanudnas III Medan, Satuan Radar (Satrad) 231 Lhoksuemawe, Satrad 232 Dumai Satrad 234 Sibolga, 2 flight pesawat Hawk 109/209 dari Skadron Udara 12, pesawat Herky, Helikopter EC-120 B Colibri, satu Satuan Tembak (Satbak) dari Yon Arhanud 13/I/ BB, KRI Hanud, Heli SAR, Brigade Anjing, HP PT Pertamina Unit Pengolahan II Dumai-Riau dan MCC Medan. Sedangkan unsur yang terlibat pada latihan Perkasa D yaitu; Posekhanudnas IV Biak dan Pesawat C 130 Hercules, sebagai pelaku Kosekhanudnas III Medan.


Latihan perkasa D akan dilaksanakan di wilayah Kosekhanudnas IV, Biak yang melibatkan Satrad 242 Tanjung Warari, 1 flight TS Hawk 109/209 skad 1, pesawat Hercules, KRI Hanud, Heli SAR, HP Bandara Franskaisiepo dan MCC Biak. dengan melibatkan, Satrad 242 Tanjung Warari, Denrudal dan KRI Habud, Pesawat Tempur Hawk 109/209 dari Skadron Udara 1, Pesawat C130 Hercules, sementara pada latihan hanud pasif melibatkan Polres dan Kodim setempat.


Tanpak pada gambar para Pelaku Penataran Pengawas, Pengendali dan Penilai (Tarwasdalnil) Lathanudnas Perkasa C/D saat menerima penjelasan dari para Deputy Latihan Hanudnas Perkasa C/D di gedung Serbaguna Kosekhanudnas I Halim Perdanakusuma, Jakarta. 
 
 
Sumber : Pen kohanudnas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters