Cari Artikel di Blog Ini

Selasa, 10 Juli 2012

ASEAN Maritime Security Information Sharing Exercise (AMSISX)

TNI Angkatan Laut bersama dengan Angkatan Laut Singapura (Republic Singapore Navy/ RSN) menyelenggarakan ASEAN Maritime Security Information Sharing Exercise (AMSISX) yang dilaksanakan pada 8 sampai dengan 10 Juli 2012 di Information Fusion Center (IFC), Singapura. Upacara pembukaan AMSISX dihadiri oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno beserta para Kepala Staf Angkatan Laut dan delegasi dari negara-negara di wilayah ASEAN.



Pelaksanaan AMSISX sendiri bertujuan guna memberikan pelatihan kepada perwira Angkatan Laut negara-negara ASEAN, dalam mengoperasikan ASEAN Information Sharing Portal (AIP) yang merupakan metode pertukaran informasi secara real time  di wilayah perairan negara-negara di kawasan ASEAN.

Secara teknis International Liasion Officer (ILO) negara-negara ASEAN yang tergabung di Information Fusion Center (IFC) Singapura akan berinteraksi dan memberikan informasi kepada perwira di Pusat Komando dan Pengendalian Angkatan Laut masing-masing negara, khususnya informasi dari aspek kemanan seperti terorisme dan perompakan yang terjadi di wilayah perairan.




Pelaksanaan kegiatan yang dihadiri pucuk pimpinan Angkatan Laut negara-negara ASEAN ini menggambarkan komitmen dan simbol kerjasama serta saling pengertian dalam menangani isu-isu keamanan maritim regional di kawasan ASEAN.


Sumber : TNI AL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters