Cari Artikel di Blog Ini

Rabu, 08 Agustus 2012

ASEAN Berkontribusi dalam Perdamaian Regional

Kelompok negara Asia Tenggara (ASEAN), Rabu, 8 Agustus 2012, merayakan hari lahir ke-45.

Dalam peringatan di gedung Sekretariat ASEAN, Sekretaris Jenderal Surin Pitsuwan mendesak negara-negara anggota ASEAN untuk lebih mempererat hubungan antarnegara anggota agar tercipta ASEAN yang lebih baik. "Banyak tantangan ke depan yang harus diselesaikan secara bersama," kata Surin, Rabu, 8 Agustus 2012.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa juga menyatakan hal yang sama. “Pembangunan kapasitas harus ditingkatkan menuju Komunitas ASEAN pada 2015 mendatang. Ini harus terus menjadi upaya bersama mengingat waktu yang tersisa hanya beberapa tahun lagi," ujarnya.

Selain itu, kata Marty, ASEAN pada usia yang semakin dewasa harus berkontribusi dalam menciptakan perdamaian di kawasan. Meski selama ini ASEAN sudah berkontribusi menciptakan perdamaian di Asia Pasifik, upaya ini harus terus dilanjutkan. “ASEAN juga harus menghadapi berbagai permasalahan yang muncul sebagai satu-kesatuan."


Para pemimpin negara-negara ASEAN berfoto bersama dalam pertemuan ASEAN di Bali (17/11)
 
Peringatan ulang tahun ASEAN ini juga dihadiri oleh sejumlah duta besar, khususnya negara-negara anggota ASEAN dan duta besar negara-negara sahabat. Upacara bendera yang menandai dimulainya acara peringatan hari lahir ASEAN ini diakhiri dengan pelepasan balon udara oleh Surin, Marty, dan Duta Besar Kamboja untuk ASEAN, Kan Pharidh.



Sumber : Tempo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters