Cari Artikel di Blog Ini

Jumat, 27 Juni 2014

Singapura Bakal Surut Bila Indonesia Bangun Pelabuhan-pelabuhan Besar

Bila banyak pelabuhan besar dan kekuatan angkatan laut yang memadai, Indonesia akan menjadi Negara Maritim besar, mengulang kejayaan Sriwijaya dan Majapahit. Hal itu disampaikan Kasubdispenum Dispenal Mabesal, Kolonel Laut Suradi AS, di kantornya, saat ditemui JMOL beberapa waktu lalu.


“(Sejumlah) 80 persen distribusi barang di dunia melalui lautan sebagai sarananya, dan 60 persennya ada di Indonesia,” ucap Suradi.

Dengan potensi tersebut, hampir satu abad terakhir telah menjadikan Singapura sebagai negara kecil yang memiliki jasa pelabuhan terbesar dan kuat perekonomiannya.

Menurut Suradi, sambil menunjuk peta ASEAN dan Indonesia yang ada di ruangannya, Singapura akan surut apabila Indonesia memiliki pelabuhan-pelabuhan besar, tempat kapal-kapal dagang dunia bersandar.


“Wilayah barat Sumatera, selatan Jawa, dan membentang sampai Indonesia Timur cukup potensial untuk dibangun beberapa pelabuhan besar maupun pelabuhan perantara, sehingga kapal-kapal tidak perlu lagi singgah di Singapura,” tegasnya.

Banyaknya pelabuhan dan kapal yang bersandar akan membawa dampak perekonomian setempat, dan tentunya akan membawa kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.

“Potensi tersebut juga diiringi dengan pembangunan angkatan laut kita yang berkelas dunia, yang akan mengamankan jalur pelayaran,” tambahnya.

Pasalnya, berdasarkan Undang-Undang TNI, TNI AL merupakan matra yang bertugas untuk bidang pertahanan di laut, penegakan hukum dan keamanan di wilayah laut, melaksanakan tugas diplomasi, dan melaksanakan pemberdayaan wilayah laut.

“Salah satu ukuran besarnya angkatan laut adalah dengan adanya alutsista yang memadai, dan dalam TNI AL dikenal istilah senjata yang diawaki manusia bukan manusia yang dipersenjatai,” pungkasnya. (JurnalMaritim)

5 komentar:

  1. Singapura sdh mulai menunjukkan kesobongannya, Indonesia melalui proses hukum alam akan merubah menjadi negara mutan dan siapa memusuhi akan ketakutan sendiri. Merdeka...............

    BalasHapus
  2. ane juga paham , itu. semoga aja

    BalasHapus
  3. Akan tetapi terlalu byk pejabat2 politikus2 agen2 pemerintah RI yg bekerja demi kepenti gan singapura mereka2 ini adalah penghianat negara maka hati2 pilih capres jgn sampai NKRI di rugikan secara licik oleh anjing2 singapura.

    BalasHapus
  4. Kita lihat pemerintahan Jokowi, apakah.........kebijakannya menguntungkan singapura atau tdk dan kalau mendukung kebijakan Singapura hrs didemo.........krn akan bertentangan dg kebijakan anak2 bangsa yg ada di UUD 1945. Salam.............

    BalasHapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters