Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 29 Agustus 2012

Latancab 2012 - Gerak Maju Pasukan TNI AD Berhasil Masuk Daerah Musuh

Ribuan personel peserta Latihan Antar Kecabangan (Latancab)  tingkat Brigade tahun 2012 melakukan pemindahan pasukan untuk melaksanakan Operasi Penggabungan di Lanudad Gatot Subroto Waituba, Waikanan, Lampung Utara, Selasa (28/08).

Latancab 2012
Pasukan Latancab 2012 - Kolone merah melewati rute Jalur Barat Lintas Sumatra
 
Pemindahan Pasukan dibagi menjadi tiga  kolone, yaitu kolone biru, kolone kuning dan kolone merah. Kolone merah dan kuning bergerak satu arah untuk menuju Tanjung Raya Giham, Waikanan Lampung Utara. Sedangkan kolone biru  bergerak menggunakan kereta api  juga dengan tujuan way Tuba.

Kolone biru dipimpin langsung oleh Dan BTP Letkol Inf Suparlan terdiri dari Yonif 514/R/Kostrad, Yonif 509/Kostrad, Kompi Pernika, Kompi Zeni Tempur dan Satgaspen yang bergerak dari Lapangan Saburai Bandar Lampung menuju stasiun KA. Tanjung Karang pukul 07.00 Wib dengan perjalanan kurang lebih empat jam.


Sedangkan kolone merah dan kuning dipimpin Wadan BTP Letkol Inf Erwan Subekti. Kolone merah terdiri dari Satuan Armed, Satuan Arhanud, Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin) sedangkan kolone kuning terdiri dari satu Kompi Mekanis dengan kendaraan Anoa, Satuan Kavaleri, Satuan Armed yang bergerak dari Yonif 143/TWEJ.

Kolone kuning  pada pukul 07.00 Wib dan Kolone merah bergerak pada pukul 08.00 Wib dengan rute terpisah setelah melewati terminal Terbanggi, kolone merah melewati rute Jalur Barat Lintas Sumatra, kolone kuning melewati rute  Ketapang-Balaraja. Kedua Kolone bertemu kembali di Simpang Negeri Baru Waikanan dan melanjutkan pergerakan menuju Waituba untuk bergabung dengan Kolone biru.

Selanjutnya pada hari Rabu (29/8) pagi sekitar pukul 06.15 Wib pasukan Yonif Linud 501 akan penerjunan taktis di Simpang Lengot way Tuba.  Sesudah penerjunan  taktis tersebut akan melaksankan perebutan sasaran di dua tempat yaitu di Bandara Lanudad Gatot subroto Way Tuba dan Jembatan Kota Baru.



 "Jadilah Prajurit yang Selalu Dicintai Rakyat“

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Budiman mengadakan kunjungan kepada para peserta Latihan Antar Kecabangan Angkatan Darat Tingkat Brigade tahun 2012 bertempat di Giham Way Tuba Lampung Utara, Rabu (29/8).

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Budiman Sedang Memberikan Arahan
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Budiman Sedang Memberikan Arahan

Wakasad dalam arahannya menyampaikan bahwa TNI adalah berasal dari rakyat dan untuk rakyat. Oleh sebab itu kita harus bersatu dengan rakyat sehingga kita harus buktikan bahwa TNI yang selama ini menjadi kebanggaan rakyat dapat menjalankan tugas dalam latihan ini dengan penuh semangat dan kesungguhan hati, karena ini Sebagai pertanggungjawaban TNI AD kepada rakyat dan bangsa Indonesia.

Lebih lanjut Wakasad menyampaikan bahwa selain kita menjalankan tugas latihan dengan penuh semangat dan kesungguhan hati, selaku prajurit TNI kita juga harus dapat menjadi prajurit teritorial yang ramah kepada semua rakyat sehingga rakyat dapat menjadi lebih dekat lagi kepada prajurit TNI khususnya TNI Angkatan Darat.

Latihan ini juga latihan pertama yang melibatkan Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) dari Batalyon Pernika dan Batalyon Kesehatan. Oleh karena itu Jenderal bintang tiga menegaskan agar para Kowad yang mengikuti kegiatan latihan ini dapat lebih semangat lagi dan lebih disiplin dalam menjalankan latihan antar kecabangan yang diadakan oleh Angkatan Darat. Disamping itu selain berbuat dan bekerja lebih baik dalam melaksanakan latihan Kowad juga dituntut untuk dapat mendidik anak-anaknya menjadi generasi penerus yang dapat menjadi kebanggaan Bangsa dan Negara.

Tampak hadir mendampingi Wakasad dalam kunjungan tersebut Komandan Komando Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat) Letjen TNI Gatot Nurmantio, Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Nugroho Widyotomo, para Asisten Kasad, Dirlat Kodiklat Brigjen TNI P. Agus Irianto selaku Direktur latihan  dan para pejabat teras TNI AD lainnya. (Satgaspen)


Sumber : TNI AD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berita Strategi Militer Terbaru

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters