Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 30 Agustus 2012

Foto Menjelang Launching Kapal Trimaran - KRI Klewang 625

Foto-foto menjelang launching kapal perang timaran pertama produksi PT. Lundin Industry Invest (North Sea Boats), diambil dari Facebook Fanpage North Sea Boats. Kapal perang timaran rencananya akan di lounching pada tanggal 31 Agustus 2012 di fasilitas galangan kapal PT Lundin di Banyuwangi, Jawa Timur. 

Kapal Timaran - KRI Klewang 625
Kapal Perang Timaran - KRI Klewang 625

Kapal perang trimaran 63 meter merupakan kapal perang paling canggih dari semua jenis kapal perang yang dikembangkan di Asia Tenggara. Bentuk lambung yang radikal memungkinkan kapal ini dapat menembus gelombang sehingga dapat meningkatkan stabilitas, Kapal ini dibangun dengan menggunakan material komposit serat karbon yang memanfaatkan vacuum infusion process dan resin vinylester. Metode ini menghasilkan sebuah struktur yang lebih kuat, tetapi juga memiliki biaya operasional dan pemeliharaan yang efisen.




Spesifikasi KCR Trimaran :
 

Spesifikasi Pisik
  • Panjang Overal : 62.53 m 
  • Panjang Bentuk : 62.77 m 
  • Berat Mati : 53.1 ton 
  • Kecepatan Jelajah : 16/30 knots

Profile Kapal
  • Didesain Sebagai Kapal Moderen tiga Lambung
  • Satu - satunya kapal cepat kombatan TNI AL berbahan composit 
  • Sebagai kapal cepat rudal yang mampu melaksanakan operasi lau

Kemampuan Tempur
  • Patroli Laut dengan kecepatan ekonomis
  • Kecepatan tinggi dalam operasi laut
  • Didukun peralatan navigasi moderen
  • Dilengkapi sistem kendali senjata dan peluncur misil tipe C-705

Didesain sebagai kapal modern tiga lambung berbahan komposit dengan kecepatan tinggi yang ekonomis di laut dan berpeluru kendali C-705 yang rencananya akan di produksi di Indoensia. Merupakan kapal trimaran berpeluru kendali pertama TNI.disamping itu kapal ini juga rencanyan akan dilengkapi dengan kemampuan pertahanan anti-rudal menggunakan senjata Close-in Weapon System (CIWS) Type 730, 7 barel 30 mm, buatan China. 



Kapal Timaran - KRI Klewang 625

Salah satu kemampuan KRI Klewang yang diunggulkan dan dibanggakan adalah stealth. Kapal ini didesain khusus agar tidak terdeteksi oleh radar manapun. Sebab, desain KRI Klewang unik dan bahan dasarnya adalah carbon fiber.

Carbon fiber memiliki karakteristik unik, yaitu tidak menginduksi panas dan lebih kuat daripada baja tapi lebih ringan. “KRI Klewang layak menjadi kebanggaan rakyat Indonesia sebagai salah satu alutsista andalan yang diproduksi industri pertahanan nasional,” tegas Lundin bangga.


Kapal Timaran - KRI Klewang 625

Kapal Timaran - KRI Klewang 625

Kapal Timaran - KRI Klewang 625

Kapal Timaran - KRI Klewang 625

Kapal Timaran - KRI Klewang 625



Sumber : FB North Sea Boat

7 komentar:

  1. Waw... ini klewang paling keren yang pernah saya lihat.... semoga persenjataannya segera di dipasang.

    BalasHapus
  2. Mantaf ... Semoga kapal ini membjadikan negara NKRI ini selalu bersatu padu sampai akhir dunia.Trims Jaket Kulit Murah

    BalasHapus
  3. klu perlu setiap propensi memiliki kapal seperti super canggih dan mudahan alat persenjataannya juga oke dan serasi ada body ada misil krn persenjataan lah yg utama tuk mendukung kecanggihan kapal ini pokoknya mantap dan sy bangga krn ortu sy adl juga seorang mantan KKO klu sekarang MARINIR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali pak negara kepulauan seperti RI harus memperkuat armada kapal tempurnya, saya berangan2 senadanya saja pembangunan kapal ini benar2 sukses, saya berharap juga RI lewat PT PAL bisa membuat kapal selam berteknologi siluman juga... agar kekuatan TNI AL dikawasan asia semakin disegani.

      Hapus
  4. Turut bangga dengan kemampuan ini. Namun sebaiknya (saya tidak tahu apakah sudah dilakukan) dibuat juga protoypenya untuk diujicoba apakah keseluruhan kecanggihan fitur-fitur yang dimiliki kapal ini dapat teruji dengan baik sehingga kehandalannya tidak semata-mata berdasarkan hitungan teoritis. Misalnya apakah bahan komposit serat karbon tersebut mampu menahan serangan peluru/meriam/rudal atau senjata-senjata dengan kekuatan tertentu, dan juga apakan kemampuan siluman (anti radar/stealth) benar-benar teruji. Demikian juga untuk fitur-fitur yang lainnya misalnya apakah pada kapal ini bisa diinstal rudal-rudal yang canggih. Saya sangat berharap ada inovasi lagi misalnya untuk jenis kapal selam, dan mungkin juga kapal induk.. Selamat berinovasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh bener kan, mungkin krn bahan materialnya tdk diuji lab ternyata mudah terbakar hanya dalam selang waktu kurang dari 2 jam..

      Hapus
    2. kita tunggu saja kapal timaran berikutnya pak, setelah hasil kajian kolaborasi antara Ludin dan ITS, semoga menghasilkan produk yang terbaik dan teruji dalam segala hal.

      Hapus

Berita Strategi Militer Terbaru


Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters