Cari Artikel di Blog Ini

Kamis, 23 Agustus 2012

Tarian Nusantara Memukau Warga Lebanon Selatan

PENAMPILAN tarian Nusantara, kolaborasi antara Cakalele (Maluku), tarian Sisingaan (Jawa Tengah) dan Jaran Monel (Malang) yang dibawakan oleh personel Satuan Tugas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-F/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) atau Indonesian Battalyon (Indobatt) memukau ratusan penonton yang hadir pada acara pembukaan festival budaya masyarakat di daerah Tulin, Lebanon Selatan, Selasa (21/8/2012).



Kolaborasi kesenian tarian Nusantara ini disaksikan masyarakat sipil setempat, serta para pejabat tinggi militer Lebanon dan UNIFIL, antara lain Brigadir Jenderal Georges Shreim (South Litani Sector Commander), Mayor Jenderal Paolo Serra (Force Commander UNIFIL), Komandan Sektor Timur UNIFIL Brigadir Jenderal Manuel Romero Carril dan Komandan Sektor Barat UNIFIL. Mereka membaur berdiri bersama penonton lain hingga acara selesai.

Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL, Lettu Inf Suwandi dalam siaran pers Puspen TNI yang diterima Jurnal Nasional menyebutkan, selain menampilkan tarian, Satgas Indobatt juga menggelar stand dan pemutaran film kebudayaan Indonesia. Saat melaksanakan peninjauan di stand Kontingen Indonesia Force Commander UNIFIL didampingi Wadansatgas Indobatt Letkol Mar. FJH Pardosi mewakili Dansatgas menyempatkan diri untuk melihat secara dekat peran serta Kontingen Indonesia dalam partisipasinya mengisi kegiatan tersebut.

Acara yang diberi nama Lebanese Traditional Popular Festival ini merupakan pesta rakyat yang diselenggarakan setiap tahun pada musim panas oleh pemerintah setempat. Pelaksanaannya bekerjasama dengan UNIFIL, dalam hal ini Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobatt) dan Kontingen Spanyol. Selain tarian dan kesenian tradisional Lebanon, juga digelar bazaar rakyat yang menampilkan hasil kerajinan rakyat serta gelar makanan tradisional Lebanon.

Usai performance budaya Indonesia sebagai bentuk penghargaan kepada Kontingen Garuda atas partisipasinya dalam acara ini, Walikota Tulin Mr. Husain Awala menyampaikan ucapan terimakasih dan memberikan plakat penghargaan, yang diterima oleh Wakil Komandan Satgas Indobatt Letkol Mar. FJH Pardosi, mewakili Dansatgas.

Force Commander UNIFIL menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa kagumnya atas penampilan dan ketrampilan para prajurit Kontingen Garuda serta peran aktifnya dalam kegiatan Lebanese Traditional Popular Festival ini, hal tersebut disampaikannya kepada Wadansatgas Indobatt sesaat sebelum meninggalkan tempat acara.




Sumber : Jurnas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lazada Indonesia

Berita Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters